Tata Tertib Perpustakaan Peraturan yang perlu diperhatikan 1.

Pengguna perpustakaan diharapkan melapor kepada pengelola perpustakaan dan mengisi buku daftar pengunjung 2. Di perpustakaan harap menjaga ketertiban dan kesopanan, supaya tidak mengganggu orang lain yang sedang membaca/sedang belajar 3. Peminjam buku harus memiliki kartu anggota 4. Selesai menggunakan koleksi perpustakaan, harus dikembalikan ketempatnya 5. Peminjam harus mengembalikan buku yang dipinjam sesuai dengan waktu yang telah ditentukan 6. Menjaga/merawat koleksi perpustakaan yang dipinjam supaya tidak rusak 7. Apabila koleksi perpustakaan rusak/hilang harap melapor kepada pengelola perpustakaan. 8. Jagalah kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang di dalam ruang perpustakaan untuk kenyamanan bersama. Larangan yang harus diperhatikan 1. Tidak dibenarkan memakai topi, jaket, serta membawa task e dalam ruangan perpustakaan 2. Dilarang membawa makanan/minuman serta benda-benda lain yang tidak berhubungan dengan keperluan perpustakaan 3. Dilarang makan, minum, merokok atau hal-hal lain yang menodai barang-barang di ruang perpustakaan serta membuat udara di dalam ruang tidak nyaman 4. Dilarang mencoret-coret/menggunting, menyobek buku-buku dan lain-lain milik perpustakaan 5. Tidak dibenarkan menggunakan ruang perpustakaan untuk keperluan lain selain sebagai sarana pendidikan di sekolah, serta untuk meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar 6. Tidak dibenarkan menukar buku-buku, dan lain-lain milik perpustakaan dengan buku-buku lain tanpa seijin pengelola perpustakaan, walaupun judul dan pengarangnya sama. Sangsi pelanggaran 1. Setiap pengunjung/peminjam yang tidak mematuhi ketentuan peraturan ketertiban perpustakaan diatas akan dikenai sangsi 2. Koleksi perpustakaan yang rusak akibat kelalaian peminjam, harus bertanggungjawab sesuai dengan kebijakan dan ketentuan yang berlaku di perpustakaan Buku-buku yang hilang harus diganti dengan judul yang hilang atau mengganti dengan uang yang sesuai dengan harga buku pada saat itu

TATA TERTIB PERPUSTAKAAN SD NEGERI INTI JOMBLANGAN YOGYAKARTA

Alumni SD N Jomblangan Yogyakarta 3.000/tahun 3.Menyerahkan 2 lembar Pas Photo 2 x 3 cm.peminjaman koleksi b.15 – 15. E. 2.15 – 12. ANGGOTA TAMU a.d. 10. 10.pengembalian koleksi 2. CIVITAS AKADEMIKA a.Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan f.Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.Sabtu : 07. e.Anggota Tamu D.PEMAKAI PERPUSTAKAAN (USERS) 1.30 WIB ( Ruang Baca dan Referensi ) Senin – Kamis : 07.Civitas Akademika SD N Jomblangan Yogyakarta 2.JAM BUKA PERPUSTAKAAN Senin – Kamis : 07.000/tahun c.Rekomendasi dari Kepala Sekolah b.Fotokopi identitas KTP/SIM yang masih berlaku.Membayar Uang Pendaftaran Rp.00 WIB Jumat – Sabtu : 07.untuk koleksi referensi dan koleksi khusus yang tidak bisa dipinjam keluar.15 – 13.A.00 WIB Jumat .15 – 16.00 WIB C.15 – 16.Membayar Uang Pendaftaran Rp.Membawa surat Rekomendasi dari Instansi yang bersangkutan.Menyerahkan Uang Deposit (titipan) Rp. b.Menyerahkan 2 lembar Pas Photo 2 x 3 cm.30 WIB Jumat – Sabtu : 07.PELAYANAN PEMAKAI SIRKULASI ( Peminjaman dan Pengembalian Pustaka ) Senin – Kamis : 07.Status Civitas Akademika AKTIF pada SD Jomblangan Yogyakarta. b.perpanjangan pinjamanc.Menyerahkan 2 lembar Pas Photo 2 x 3 cm c.LAYANAN DAN FASILITAS 1.00 WIB B.untuk : a.000. ALUMNI a. .SYARAT-SYARAT KEANGGOTAAN 1.Layanan Komputer katalog. 20.berfungsi untuk mencari koleksi yang diperlukan dengan bantuan petugas.Layanan fotokopi. 3. d.Layanan Sirkulasi.15 – 17.Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan c.

PERATURAN PEMINJAMAN 1. 4.Bersikap sopan dan saling menghargai kepada petugas dan sesama pengunjung perpustakaan.Fasilitas Ruang Internet. 8.dan Siswa kelas reguler 2 eksemplar selama 1 minggu. peminjam wajib mengganti dengan pustaka yang sama atau dengan uang seharga pustaka yang berlaku terakhir.Peminjam wajib menjaga agar Pustaka yang dipinjam tetap bersih dan utuh. 7. dengan mengingat situasi dan kondisi. 10.Siswa Kelas Internasional dan Akselarasi berhak meminjam sebanyak 2(dua) eksemplar selama 1 (satu) minggu.Wajib mengisi daftar hadir melalui buku pengunjung.dengan aturan secara terpisah dari perpustakaan F. tidak membuat coretan-coretan 11.Turut menjaga kebersihan dan keberadaan fasilitas serta semua koleksi perpustakaan. maka data yang diberlakukan/diakui adalah data dari komputer. Kartu Anggota bagi Anggota Tamu yang masih berlaku.Asisten Guru dan Guru Tidak Tetap berhak meminjam sebanyak 3 (tiga) eksemplar selama 2 (dua) minggu. F. 3.Kartu Anggota tidak boleh dipinjamkan/ dipergunakan orang lain/ diwakilkan.Pengunjung wajib bersepatu dan berpakaian rapi.4.Untuk kepentingan Peminjaman Pustaka.segala kehilangan di dalam ruangan perpustakaan bukan menjadi tanggung jawab petugas perpustakaan.KEWAJIBAN PENGUNJUNG 1.2.saat hadir di perpustakaan. 2.ATURAN DAN KETENTUAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN F.Anggota Tamu dan Alumni berhak meminjam sebanyak 1 (satu) eksemplar selama 1 (satu) minggu. 4.Proses Peminjaman dan Pengembalian Pustaka dilakukan dengan Komputer.Staf Pengajar/ Guru berhak meminjam sebanyak 5 (lima) eksemplar selama 2 (dua) minggu. 2.Fasilitas Ruang baca dan ruang koleksi 5. 5.Memasuki perpustakaan dengan tertib melalui pintu yang telah ditentukan. 6.(baju dimasukkan pada rok/celana dan tidak memakai kaos oblong/tanpa krah). 6.Peminjam wajib mengembalikan Pustaka yang dipinjam tepat pada waktunya atau sebelum batas waktu habis. 12.Buku-buku Referensi ( kode R ) seperti : Almanak dan buku tahunan. 3.Peminjam harus mempunyai Kartu Pelajar / Kartu Anggota Perpustakaan. 5. 7.1.Wajib menjaga sendiri barang bawaan dengan baik. 9.Pustaka yang hilang atau rusak karena kelalaian peminjam.Perpanjangan waktu peminjaman dapat dilakukan sebanyak 1 (satu) kali.Turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan (bagi yang membawa HP harap suaranya dimatikan).PEMINJAMAN BAHAN PUSTAKA 1. G.Karyawan Non Edukatif berhak meminjam sebanyak 2 (dua) eksemplar selama 1 (satu) minggu.Fasilitas Ruang Referensi 6. Buku pegangan dan .

000. dengan kode “R” dikenakan denda sebesar Rp. Laporan Kerja.1.per buku per hari. 1.000.per hari per buku. dikenakan denda Rp.Penagihan tahab ke-2.manual. 2.Buku Penunjang. 2.. Gazetter (Kamus ilmu bumi). yakni buku-buku anjuran atau wajib yang ditetapkan guru untuk dipakai oleh siswa yang berkepentingan pada bidangnya. 3. 4. H. tetapi hanya boleh dibaca di Ruang Baca. harus dicatatkan pada petugas dan meninggalkan kartu anggota. K. 4. 2. 6.buku-buku penunjang pelajaran boleh dipinjam keluar perpustakaan .Tata tertib ini berlaku mulai tanggal ditetapkannya. dan tidak boleh di fotokopi.Majalah dan Surat Kabar dikenakan denda Rp. 100. Sumber biografi..LAIN – LAIN 1.Penagihan tahab ke-3. Majalah. 18 April 2011 ATURAN DAN KETENTUAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN . Senin.Berlaku wajib untuk semua siswa.Buku Referensi. 3.Surat Kabar dan.Buku Paket.per hari per buku. hanya boleh dibaca di Ruang Perpustakaan.buku bacaan..SANKI KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN PINJAMAN Apabila terlambat mengembalikan pinjaman Pustaka : 1. 5.. Kamus.Setiap memakai pustaka untuk di fotokopi. 3. Sumber Geografi.Bahan Pustaka Karya Ilmiah : Disertasi.pindah atau keluar. Ensiklopedi. buku ini bisa dipinjam selama 1(satu) semester atau 1 (satu) tahun sesuai dengan jenis bukunya.Buku-buku Paket.yaitu setelah 3 hari dari penagihan tahab ke-1 3.Bahan-bahan Pita Kaset/VCD hanya boleh dipakai di Ruang Perpustakaan.Jurnal. Bobliografi. 200. 2.yaitu setelah 1 minggu setelah penagihan tahab ke-2 apabila dalam jangka waktu sampai penagihan tahab ke-3 tidak juga mengembalikan maka anggota akan dikenakan sanksi berupa tidak boleh meminjam buku selama sama dengan waktu keterlambatannya.Bahan Pustaka penunjang : buku karya umum. 7.Pemakaian bahan pustaka tersebut di luar Perpustakaan harus mendapat ijin dari Staf Perpustakaan.Kliping hanya boleh dipakai di Ruang Perpustakaan. dengan dikenakan denda sebesar Rp. tidak boleh dipinjam untuk dibawa pulang.PENAGIHAN Apabila terlambat mengembalikan bahan pustaka akan dilakukan penagihan 1.per hari J.Penagihan tahab ke-1 setelah 3 hari dari jatuh tempo mengembalikan. Indeks dan Abstrak. Direktori. I. Thesis.Hal-hal yang belum termuat dalam tata tertib ini akan ditentukan kemudian. Lembaran Negara.SURAT BEBAS PERPUSTAKAAN Syarat-syarat mendapatkan Surat Bebas Perpustakaan sebagai berikut : 1. Skripsi.

1. E. utuh/ tidak rusak. • Peminjam wajib menjaga agar buku yang dipinjam tetap bersih. atau pulang sekolah (untuk menjaga kelancaran dalam proses kegiatan beajar mengajar) B. • Pengunjung wajib mengembalikan buku yang sudah dibaca ke tempat semula. SANKSI E. ke dalam ruangan perpustakaan. SYARAT-SYARAT KEANGGOTAAN Yang berhak mendapatkan pelayanan perpustakaan adalah : • Siswa – siswi SD BUQ Betengan Demak • Tenaga pengajar SD BUQ Betengan Demak • Staf dan karyawan. • Buku yang hilang atau rusak karena kelalaian peminjam. JAM BUKA PERPUSTAKAAN SENIN – SABTU : 07.000. PERATURAN PEMINJAMAN • Siswa – siswi SD BUQ berhak meminjam buku. . minum di dalam ruangan. atau sebelum batas waktu habis. • Turut menjaga kebersihan dan keberadaan fasilitas serta semua koleksi perpustakaan. • Turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan. • Pengunjung yang membutuhkan informasi tentang koleksi yang dibutuhkan. • Tidak diperkenankan membawa tas. TU SD BUQ Betengan Demak C. SANKSI • Bila terlambat mengembalikan buku yang dipinjam. • Bersikap sopan dan saling menghargai kepada petugas dan sesama pengunjung perpustakaan. maka akan dikenakan denda sebesar Rp. dengan mempertimbangkan situasi dan kondisinya. D. • Tidak diperkenankan makan. • Peminjam wajib mengembalikan buku yang dipinjam tepat pada waktunya.-/buku/hari. dapat meminta bantuan petugas perpustakaan. dan tidak membuat coretan-coretan.TATA TERTIB PERPUSTAKAAN SD BUQ BETENGAN DEMAK A. • Pelanggaran terhadap peraturan perpustakaan dapat mengakibatkan status keanggotaannya dihilangkan sehingga tidak diperbolehkan lagi meminjam buku. ATURAN & KETENTUAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN • Wajib mengisi daftar hadir dengan mengisi Buku Pengunjung yang disediakan. • Proses peminjaman dan pengembalian buku dilakukan pada jam istirahat atau jam pulang sekoah dengan sistem manual. wajib digantikan dengan buku yang sama.00 – PULANG SEKOLAH Layanan sirkulasi buku dilaksnakan pada jam istirahat sekolah. maksimal 2 (dua) buku selama 3 (tiga) hari • Perpanjangan waktu peminjaman dapat dilakukan 1 (satu) kali.

. Ditetapkan di : Demak Tanggal : 21 Februari 2011 Pustakawan SD BUQ.F. • Tata tertib ini berlaku mulai tanggal ditetapkannya. LAIN-LAIN • Perustakaan SD BUQ Betengan Demak menerima sumbangan buku baik FIKSI atau NONFIKSI dari berbagai pihak dalam maupun pihak luar SD BUQ Betengan Demak. • Hal-hal yang belum termuat dalam tata tertib ini akan ditentukan kemudian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful