Analisis Bakteri Coliform dalam Air Sumur dan Kemungkinan Efek Biopatologik

Hastari Wuryastuti, R. Wasito, Siti Chalimah, Sri Andayani, Yuni Indraswati, Leksono Lestariyadi, Prapti K., Mohammad Amien

Abstract

Bakteri coliform metupakan grup bakteri Gram negatif berbentuk batang dan beberapa galur dari bakteri tersebut, terutama Escherichia coil diketahui dapat mengakibatkan diare pada manusia dan hewan. Pada umuninya, penyakit bakterial tersebut ditularkan melalui air yang tercernar. Pada penelitian ini, adanya bakteri coliform ditentukan berdasarkan pada metode most probable number (MPN) yang dibiakkan pada lactose broth dan brillian green bile broth. Hasil analisis MPN menggunakan sampef air sumur yang diambil dari daerah Karangmalang, Sungai Code den Deresan, masing-masing menunjukkan kandungan 150 coliform/100 ml, 210 coliform/100 ml dan 460 coliform/100 ml, Sedangkan, standar jumlah coliform datarn air minum yang direkomendasikan World Health Organization (WHO) adalah 10 coliform1100 ml dan. 1 E. coll1100 ml. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa kandungan coliform dalam air tersebut adalah jauh melebihi nilai ambang batas normal yang ditetapkan oleh WHO. Disarankan, bahwa penggunaan air tersebut untuk konsumsi sehari-hari, terutama jika air tersebut akan digunakan untuk minum ataupun masak memasak di dapur sebaiknya direbus terlebih dahulu. Katakunci: air sumur, coliform, Escherichia coli, WHO.

Abstrak Asih Sugiarti STUDI KANDUNGAN BAKTERI Coliform PADA ES TEH YANG DIJUAL PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN PURWOKERTO TAHUN 2008 xiii + 88 hal : gambar, tabel, lampiran Salah satu yang mempengaruhi terhadap peningkatan derajat masyarakat adalah penyediaan makanan dan minuman yang memenuhi syarat kesehatan, keadaan ini berkaitan dengan minuman yang disediakan oleh pedagang kaki lima termasuk pedagang makanan dan minuman yang menjual es teh di sekitar Alun-alun Purwokerto. Pengelolaan es teh yang kurang baik dapat menyebabkan kerusakan maupun pencemaran mikroorganisme, khususnya bakteri Coliform yang dapat terjadi mulai dari penyediaan bahan, penyimpanan bahan, pengolahan bahan, pengangutan minuman dan penyajian minuman yang dapat menimbulkan penyakit bagi konsumen khususnya pada pengunjung Alun-alun Purwokerto terutama penyakit saluran pencernaan.

Hasil inspeksi tempat penjualan dalam kategori baik (76 % . Dengan adanya penelitian ini menjadi tindak lanjut dari Dinas Kesehatan Banyumas untuk melakukan pemeriksaan pada makanan dan minuman tersebut serta adanya pengawasan kepada para pedagang kaki lima. Hasil pemeriksaan laboratorium pada 17 sampel es teh menunjukkan bahwa 88. Hasil inspeksi tempat penjualan es teh pada pedagang kaki lima yaitu berkategori baik 84.75 %).29 %. Jumlah kandungan bakteri Coliform pada masing-masing sampel adalah sampel es teh yang dijual pedagang kaki lima di Alun-alun Purwokerto dan menggambarkan sanitasi tempat penjualan es teh tersebut. Daftar bacaan : 18 (1989 – 2003) Kata kunci : Bakteri Coliform.100 %).55 %) dan kategori tidak baik (< 40 %). Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman Diposkan oleh DIPLOMA III KESEHATAN LINGKUNGAN di 06:17 Laporan pemeriksaan bakteri coliform pada makanan dan minuman BAB I PENDAHULUAN .23 % melebihi standar atau batas maksimum cemaran mikroba yang telah ditentukan. kategori cukup (56 % . kategori kurang baik (40 % .Penelitian ini merupakan peneliti deskriptif untuk memperoleh gambaran nyata tentang kualitas es teh dilihat dari adanya kandungan bakteri Coliform pada masing-masing sampel.

Landasan Teori Metode MPN biasanya biasanya dilakukan untuk menghitung jumlah mikroba di dalam contoh yang bebentuk cair. Pipet ukur 10 ml dan 1 ml steril dan filternya 4. Untuk setiap pengenceran digunakan 3 seri tabung. salah satunya adalah pemeriksaan adanya bakteri Coliform pada makanan dan minuman dengan metode MPN (Most Probable Number). meskipun dapat pula digunakan untuk contoh berbentuk padat. Inkubator 6. Lalu diamati tabung yang terdapat gas/ gelembung dan berwarna keruh sehingga kombinasi tabung yang positif dari uji duga dan uji penegasan dapat dicocokkan dengan tabel MPN-seri 9 tabung. Setelah diinkubasi selama 2 x 24 jam dengan suhu 37°C.1 ml ke dalam tabung yang berisi Lactosa Broth dan tabung Durham. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghitung atau mengukur jumlah jasad renik dalam suatu suspensi. kemudian masing-masing tabung dengan seri 3-3-3 dimasukkan 10 ml. b. 1 ml dan 0. Latar Belakang Berbagai mikroba patogen seringkali ditularkan melalui air yang tercemar sehingga menimbulkan penyakit bawaan manusia maupun hewan. Dalam praktikum ini suatu bahan makanan/ minuman dengan sampelnya yaitu sirup dilakukan pengenceran secara desimal (10-1). maka akan dapat dilihat tabung yang positif yaitu tabung yang ditumbuhi mikroba yang dapat ditandai dengan terbentuknya gas di dalam tabung Durham.a. Botol contoh steril 2. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai adanya mikroba dalam suatu makanan dan minuman agar dapat dikonsumsi manusia dengan layak sehingga tidak menimbulkan penyakit akibat kontaminasi mikroba dalam makanan dan minuman dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh secara optimal. Alat Alat-alat yang digunakan dalam praktikum pemeriksaan bakteri coliform pada makanan dan minuman dengan metode MPN adalah sebagai berikut : 1. BAB II PELAKSANAAN a. Analisis kuantitatif mikrobiologi pada bahan pangan penting dilakukan untuk mengetahui mutu bahan pangan dan menghitung proses pengawetan yang akan diterapkan pada bahan pangan tersebut. Cawan Petri steril 3. Mikroskop . Pembakar Bunsen 5.

alat dan tempat kerja. kertas payung. Uji Penduga i. iii. iv. maka diduga terdapat Coliform pada tabung. Timbangan Mortal dan pengerus b. Diaseptiskan tangan.1 ml lalu masukkan tabung Durham. Sampel makanan dan minuman 2. Kapas.7. Alkohol 7. ii. Media BGLB/BGBL (Briliant Green Bile Lactose Broth) 4.1 ml Pengencer/ LBDS LBSS LBSS Na Fisiologis 90% Uji Penduga . Media EMB (Eosin Methylene Blue Agar) dan EA (sudah steril) 5. v. Sampel ditimbang sebanyak 10 gram memasukkan ke dalam air pengencer (yang mengandung NaCl fisiologis) 90%. korek api c. Jika terdapat gas atau keruh. Diinkubasi selama 2 x 24 jam dengan suhu 37°C dan diamati tertangkap tidaknya gas dalam tabung Durham setiap 1 jam sekali. karet. 10 ml 1 ml 0. Tabung reaksi 8. Masukkan pengencer/ Na fisiologis dan Lactosa Broth ke dalam ke-9 tabung reaksi sesuai banyaknya yaitu 10 ml. Bahan Bahan-bahan yang digunakan dalam praktikum pemeriksaan bakteri coliform pada makanan dan minuman dengan metode MPNadalah sebagai berikut: 1. Pewarna gas 6. 1 ml dan 0. Tabung Durham 9. Media laktosa cair (sudah steril) 3. Prosedur Kerja Prosedur kerja dari praktikum pemeriksaan bakteri coliform pada makanan dan minuman dengan metode MPN adalah sebagai berikut : 1. Bungkus masing-masing tabung reaksi dengan pembungkus kayu.

2 sehingga diperoleh perhitungan MPN mikroba sebagai berikut : Hasil akhir dari uji penegasan yaitu terdapat. Tujuan Praktikum pemeriksaan bakteri coliform pada makanan dan minuman dengan metode MPN bertujuan untuk melacak adanya bakteri coliform dalam contoh makanan dan atau minuman. Uji Penegasan i. 1 buah tabung reaksi dengan gas/ gelembung di dalam tabung Durham berisi 10 ml.1 ml BGLBDS BGLBSS BGLBSS 2.1 ml. Masukkan jarum ose ke dalam tabung reaksi sampai menyentuh larutan dan angkat. Usahakan tabung dan jarum selalu dekat dengan api agar tetap steril. Lalu amati adanya gas/ gelembung yang terdapat dalam tabung Durham. Nilai MPN dari tabel MPN 9 tabung adalah 7. Maka dari tabel MPN dengan hasil akhir 1-0-1 yaitu 7. ii.2 x 103 . diperoleh hasil bahwa terdapat tabung dalam setiap tabung sehingga terbentuk kombinasi 3-3-3. 10 ml 1 ml 0. MPN mikroba = = = 7. Ambil jarum ose lalu bakar jarum di atas pembakar bunsen sampai membara. tidak ada gas/ gelembung di dalam tabung Durham berisi 1 ml dan terdapat 1 buah tabung reaksi dengan gas/ gelembung di dalam tabung Durham berisi 0.10 ml 1 ml 0.1 ml sirup dengan tabung Durham didalamnya dengan kombinasi 3-3-3. 1 ml dan 0. Masukkan tabung ke dalam inkubator/ diinkubasi selama 2 x 24 jam dan diamati setiap 1 jam. iii. BAB III HASIL PEMERIKSAAN Dari hasil praktikum pemeriksaan bakteri coliform pada makanan dan minuman dengan meode MPN. Dasarnya yaitu hasil dari uji penduga yaitu banyaknya larutan dalam tabung reaksi yang terdapat gas/ gelembung yang berjumlah 4 buah. Lalu jarum ose masukkan ke tabung berisi 10 ml.1 ml BGLBDS BGLBSS BGLBSS d.2 MPN/100 ml.

Dengan demikian setelah inkubasi. 1993). sedangkan tabung lainnya negatif.1 ml menghasilkan 2-1-2 tabung yang positif ditumbuhi jasad renik dan pada pengenceran kedua. maka dapat digunakan kemungkinan masuknya mikroba patogen ke dalam feses manusia dan hewan berdarah panas. 1997). diharapkan terjadi pertumbuhan pada beberapa tabung yang dinyatakan sebagai tabung positif. Ada 3 indikator air minum yang layak untuk diminum. jika digunakan Lactosa Broth. (Fardiaz. 1 ml dan 0. Sebagai contoh. yaitu untuk jasad renik pembentuk gas. Esterichia coli (Kay and Fricker. sehingga beberapa tabung yang berisi medium cair yang diinokulasikan dengan larutan hasil pengenceran tersebut mengandung satu sel. Cara ini biasa digunakan untuk menentukan MPN koliform terhadap air atau minuman karena bakteri Coliform termasuk bakteri yang dapat menfermentasi laktosa. Fecal Coliform 3. . Pada pengenceran pertama kesembilan tabung menghasilkan pertumbuhan positif yaitu dengan seri tabung 3-3-3 pada ukuran 10 ml. kesembilan tabung menghasilkan 1-0-1 tabung yang positif ditumbuhi jasad renik. Pengamatan tabung yang positif dapat dilihat dengan mengamati timbulnya kekeruhan atau terbentuknya gas di dalam tabung kecil (tabung Durham) yang diletakkan pada posisi terbalik. yaitu: 1. beberapa tabung yang lainnya mengandung lebih dari satu sel atau tabung lainnya tidak mengandung sel. Metode MPN digunakan medium cair di dalam tabung reaksi. dimana perhitungannya dilakukan berdasarkan jumlah tabung yang positif yaitu yang ditumbuhi oleh jasad renik setelah inkubasi pada suhu dan waktu tertentu. 1992). Dalam metode MPN. Esterichia coli sebagai indikator kontaminasi fecal yang menggunakan laktosa untuk memproduksi asam dan gas atau banyak enzim βD galaktosidase. meskipun dapat pula digunakan untuk contoh berbentuk padat dengan terlebih dahulu membuat suspensi 1:10 dari contoh tersebut (Fardiaz. pengenceran harus dilakukan lebih tinggi daripada pengenceran dalam hitungan cawan. maka adanya bakteri yang dapat memfermentasi laktosa ditunjukkan dengan terbentuknya gas di dalam tabung Durham. Kelompok Coliform APHA merekomendasikan Bacillus coli. 2.BAB IV PEMBAHASAN Menurut WHO menyatakan bahwa untuk melakukan monitor terhadap air minum. Metode MPN biasanya biasanya dilakukan untuk menghitung jumlah mikroba di dalam contoh yang berbentuk cair. Metode MPN dapat digunakan untuk menghitung jumlah jasad renik tertentu yang terdapat diantara campuran jasad renik lainnya.

Coli. Jakarta Lay. C. Jakarta Kay. BAB V PENUTUP 1. Dibandingkan dengan hasil praktikum yaitu sebesar 7. Mikrobiologi Pangan 1. alasan mendasarnya sich karena beberapa kali muncul pertanyaan akan terminology dari dua kata yang menjadi judul di atas dan . setiap tabung yang menghasilkan gas dalam masa inkubasi diduga mengandung bakteri koliform. Metode MPN merupakan uji deretan tabung yang menyuburkan pertumbuhan koliform sehingga diperoleh nilai untuk menduga jumlah koliform dalam sampel yang diuji. DAFTAR PUSTAKA Fardiaz. Srikandi. Problem or Solution? The Royal Society of Chemistry. 1992. 1994. 1993. 2. Uji peneguhan menggunakan BGLB (Briliant Green Bile Lactose Broth) yang diinokulasikan dengan satu mata ose media yang memperlihatkan hasil positif pada uji duga (Lay. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta ______________. PT Raja Grafindo Persada. MPN standar Coliform menurut Lampiran Surat Keputusan Dirjen POM no: 03726/B/SK/VII/1989 tentang batas maksimal cemaran mikroba dalam makanan adalah 20 MPN/100 ml.Dalam metode MPN (Most Probable Number) untuk uji kualitas mikrobiologi air dalam praktikum digunakan kelompok koliform sebagai indikator. Analisis Mikrobiologi Pangan. PT Gramedia Pustaka Utama. D and Fricker. Uji dinyatakan positif bila terlihat gas dalam tabung Durham. W. uji awal ini disebut uji duga (presumtive test). Analisis Mikroba di Laboratorium. Dalam uji duga. Coliforms and E. Tabung yang memperlihatkan gas diuji lebih lanjut dengan uji peneguhan. 1994). Bibiana. 1997. UK Terbersit juga untuk memposting makna dari bakteri coliform. dapat dikatakan sampel minuman (sirup) masih memenuhi syarat kesehatan untuk dikonsumsi karena kurang dari standar MPN (<20 MPN/100 ml). Untuk uji peneguhan dilakukan untuk meneguhkan bahwa gas yang terbentuk disebabkan oleh kuman koliform dan bukan disebabkan oleh kerja sama beberapa spesies sehingga menghasilkan gas. Uji ini diawali dengan memasukkan 10 ml cairan dari sampel ke dalam lauryl tryptose broth.2 MPN/100 ml.

tapi saat ini telah terbukti bahwa galur-galur tertentu mampu menyebabkan gastroeritris taraf sedang hingga parah pada manusia dan hewan. Keberadaan bakteri di dalam air minum itu menunjukkan tingkat sanitasi rendah. kram perut. misalnya. Lebih tepatnya. Penentuan coliform fekal menjadi indikator pencemaran dikarenakan jumlah koloninya pasti berkorelasi positif dengan keberadaan bakteri patogen. misalnya E coli O:157:H7. Bakteri coliform merupakan parameter mikrobiologis terpenting bagi kualitas air minum. Salah satu contoh bakteri patogen-yang kemungkinan terdapat dalam air terkontaminasi kotoran manusia atau hewan berdarah panas adalah Shigella. Bakteri coliform ini menghasilkan zat ethionine yang pada penelitian menyebabkan kanker. yaitu mikroba penyebab gejala diare. bersifat patogen dan juga dapat menyebabkan diare atau diare berdarah. Semakin tinggi tingkat kontaminasi bakteri coliform. Menurut Pelczar & Chan (2008) walaupun E. Bakteri-bakteri pembusuk ini juga memproduksi bermacam-macam racun seperti Indole.ternyata belum banyak yang memahami dengan benar akan hal ini. antara lain Eschericia coli. Kelompok bakteri coliform. semoga dengan adanya tulisan ini akan memberikan rujukan tambahan akan makna maupun hal-hal yang terkait dengan istilah ini. yang menyebabkan diare hingga muntaber. dan Citrobacter fruendii. Bakteri coliform adalah bakteri indikator keberadaan bakteri patogenik lain. E. deman. lemahnya sistem filterisasi. Keberadaan bakteri ini juga menunjukkan adanya bakteri patogen lain. Bakteri coliform timbul karena buangan kotoran manusia dan laundry dari rumah tangga yang merembes dari sungai-sungai dan juga disebabkan oleh pencemaran mata air atau air baku. skatole . bakteri coliform fekal adalah bakteri indikator adanya pencemaran bakteri patogen. Oleh karena itu. sebenarnya. dan muntah-muntah. coli merupakan bagian dari mikroba normal saluran pencernaan. yaitu hidup dalam saluran pencernaan manusia. Bakteri coliform adalah golongan bakteri intestinal. Jenis bakteri coliform tertentu. dan rasa tidak enak badan. Enterrobacter aerogenes. mual. Shigella. semakin tinggi pula risiko kehadiran bakteri-bakteri patogen lain yang biasa hidup dalam kotoran manusia dan hewan. air minum harus bebas dari semua jenis coliform. kram perut. coli jika masuk ke dalam saluran pencernaan dalam jumlah banyak dapat membahayakan kesehatan.

cenderung berwarna coklat gelap dan pada dasarnya berasa pahit. padahal khan rasanya pahit tetapi kenapa sebutannya Teh Tawar…hahaha. Disini. namanya tetep aja T-E-H. Baik yang produk pilihan maupun murahan. baik yang dalam kemasan ataupun dalam gelas‟an.P-A-H-I-T.. dan Nu Green Tea ES TEH Ngomongin yang namanya makanan dan minuman. Bahkan di jepang ada yang namanya upacara minum Teh dimana proses untuk menikmatinya sangatlah „mremet dan „njlimet plus kaki kesemutan bagi yang „ndak kuat duduk berlama-lama. Es teh Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Walaupun untuk hasilnya teteplah sama. cari Es teh dengan limun. beberapa merek juga menyediakan es teh. es teh sering diminum selain air dingin. Selain itu. . Nah. Aku percaya deh kalau tiap mahasiswa di Yogyakarta pastilah pernah minum yang namanya es ini. Frestea. dan buah-buahan seperti limun. Gw cuman mau ngomongin yang namanya Es teh alis Ice Tea. Teh tarik adalah contoh dari es teh. . Es teh atau Teh es adalah teh yang di dinginkan dengan es batu. tak jarang juga orang-orang memesan Teh tanpa gula alias dibilangin Teh Tawar.. atau susu. dan arbei. At least.yang dapat menimbulkan penyakit bila berlebih didalam tubuh. di warteg. E. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. tiap tempat pastilah punya ciri masingmasing. Dimana mana Es teh ya seperti itu. Es teh adalah minuman yang sering diminum saat siang hari karena suhu udara yang panas. . es teh seringkali ditambahkan rasa seperti melati.nah yang mau kuomongin itu Es Teh yang pakai gula. ceri. coli dapat menyebabkan diare dengan metode 1) produksi enterotoksin yang secara tidak langsung dapat menyebabkan kehilangan cairan dan 2) invasi yang sebenarnya lapisan epitelium dinding usus yang menyebabkan peradangan dan kehilangan cairan. seperti Teh Botol. Like Be the first to like this.

. Mungkin bukannya tidak manis. . kurang manis nih!!”. karena semuanya dikerjakan secara cepat dan juga air Teh yang dimasukkan dingin. Habis itu dimasukkan air putih hangat ke dalam gelas trus dimasukkan Es. hasilnya Es Teh tersebut sampai di depan para pembeli dengan gula yang ngendap di bagian dasar gelas tanpa cair seutuhnya. Es Teh yang kuterima itu bisa dibilang manis sih manis. Intinya sih aku cuman mau bilang kalau ada baiknya kita itu menganalisa proses langkahlangkah yang kita ambil jika ingin mengerjakan sesuatu. tambah gulanya lagi dong!”. Seto Danu .waduh aku bingung sendiri nih!! . ataukah faktor yang lainnya. tapi di angkringan tempat biasa aku nongkrong ini sejauh ini mungkin yang salah adalah urutan penyajian Es Teh yang mungkin kubilang tidak benar. tapi yang kuterima Es Teh dengan gula yang belum cair di dasar gelasnya. Walaupun diaduk-aduk. Proses yang benar dari satu langkah ke lankah yang lain tentunya lebih baik daripada langkah-langkah yang cenderung acak. tambah gulannya dong!!”. tapi gulanya belum larut seutuhnya. .dan tentu saja sedikit nantui yang bilang…”Mang. Gula dimasukkan ke dalam gelas trus di campur dengan „cem-ceman Teh. Ramto ini menyiapkan Teh dengan urutan seperti ini. tetapi apa tidak namanya pemborosan. Walaupun tidak semua tukang angkringan atau warung makan lainnya bertindak hal yang sama. Tentu saja namanya pemborosan jika masih tersisa banyak gumpalan gula di dasar gelas. Seperti halnya Es Teh itu. Tanpa diaduk dengan benar-benar. cenderungnya banyak pembeli yang akhirnya bilang “Mang kurang manis nih. prosesnya juga jadi semakin lambat. semakin lama kuperhatikan jika nongkrong di angkringan tersebut. alhasil akan ditambahkan dengan bongkahan Es lagi. Bukannya ada baiknya jika urutannya diubah sedikit.Tidak cuma sekali – dua kali aku pesan Es Teh di angkringan depan kampus. Namun. Sehinga. hasilnya lebih manis jika gulanya dihancurkan dengan air panas terlebih dahulu daripada dicampur dengan air dingin yang memperlambat proses peleburannya.pemborosan khan…walaupun cuma secakup sendok kecil aja. Nah. Untuk orang sepertiku yang tidak cuka mengaduk-aduk minuman lagi setelah disajikan. Gula tentu saja akan mencair lebih cepat dengan air panas daripada air dingin. Trus apa yang salah dong. Kemudian baru ditambahkan „cem-ceman Teh dan Es masuk terakhir. Masukkan gula ke dalam gelas trus diaduk dengan mengulakan aor putih sedikit yang cenderung panas atau hangat sehinga gulannya akan cepat mencair. Disamping itu. tapi karena air dingin. walaupun ditambah dengan air putih hangat.. ataukah Teh-nya yang terlalu pahit. apa gulanya yang kurang manis.. tentu saja rasanya akan lebih manis daripada gelas yang gumpalan gulanya masih ngendon di bawah…walaupun sebenarnya manis…. Nah. dan ketika sampai di depan pembeli. gula yang dipakai cenderungnya gula cair sehinga tidak terlihat gumpalan gula di dasar gelas. ketika diminum…”Mah. Sedangkan di samarinda ini.

06. yang notabenenya es batu dibuat dari air mentah. memakai air mentah dari sungai dan dicampur dengan pemutih. Hal itu disimpulkan setelah para peneliti Badan Perlindungan Kesehatan AS yang menemukan bakteri pada tangan. dan kafe menyediakan es batu yang tidak steril. Read more at: http://www. Ada juga di Jakarta yang pabrik es batunya di dekat kali Ciliwung. menurut pengamatan. coli yang umum ." Lalu.11:22 ES batu yang biasa kita nikmati bersama teh atau jus buah di berbagai tempat makan ternyata tidak semuanya steril. Senin (12/9).coli) adalah bakteri yang hidup di dalam usus manusia. selain karena kurang bersih dalam membasuh tangan. dan mesin yang kurang bersih.25. Biasanya. bolong di tengah. anda minum air sungai kotor. Bahaya es dari air mentah: Dalam air mentah ada banyak bakteri e coli. Sekarang. Keberadaannya di luar tubuh manusia menjadi indikator sanitasi makanan dan minuman. bukan oleh staf sehingga sangat mungkin terkontaminasi. bahkan di Amerika. Ada penelitian di Florida selatan yang membandingkan es batu dengan air toilet. Keberadaan E. Rincian ini diterbitkan setelah sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan bahwa jumlah orang yang mengalami masalah pada perut melonjak hingga 50 persen jika dibandingkan dengan 1990-an. es kristal sudah banyak dipakai. bagaimana dengan di Tanah Air? Apakah Anda sudah yakin dengan kebersihan es batu yang menyegarkan? (Pri/OL-06) Es dari air mentah berwarna putih karena masih banyak gas yang terperangkap di dalamnya. tiga sampel juga ditemukan mengandung bakteri enterococci dan E coli. es. Ditemukan.html Es dari air matang akan terlihat bening karena gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan. 30 persen tidaknya higienis. 1 dari 3 pub. sendok. Tentu tidak ada beda nya dengan di Indonesia. Penelitian di AS juga menemukan bahwa mesin es di restoran cepat saji dan kafe sebagian besarnya digunakan oleh pelanggan. es seperti ini disebut es kristal.us/2012/09/perhatikan-ini-perbedaan-es-batu-air.Cogito Ergo Sum Samarinda. seperti es batu bolong . Tak hanya di Tanah Air. tercatat.kost.hajsmy. Es ini jelas-jelas tidak baik dikonsumsi. restoran. es yang dibuat dari air mentah adalah es balok. "Sebesar 30 persen sampel es yang ditemukan memiliki kadar bakteri coliform. Bahaya nggak coba ?? ( Tayangan investigasi di Trans TV) Mengenal E. Penyebabnya. terlebih lagi jika airnya diambil dari air sungai yang tercemar (bayangin aja. Tes pun dilakukan terhadap mesin penghasil es di 88 perusahaan." jelas salah satu peneliti seperti dikutip dari Daily Mail.09. "Praktik-praktik kebersihan yang buruk ketika mempersiapkan es dapat menimbulkan risiko bagi bakteri berbahaya untuk mengontaminasi makanan dan minuman. hasilnya es batu mengandung 70% lebih banyak kuman daripada air toilet. Biasanya.Coli Escherichia coli (E. coli dalam air atau makanan juga dianggap memiliki korelasi tinggi dengan ditemukannya bibit penyakit (patogen) pada pangan. Sebanyak 17 juta kasus sakit perut terjadi setiap tahunnya di AS. Ada beberapa jenis E. soalnya berbentuk pipa gitu. apakah pernah tercemar oleh kotoran manusia atau tidak. Dari jumlah tersebut.

Meski teh hangat juga mengandung oxalate.hajsmy. Risiko ini naik secara signifikan pada lelaki ketika berusia lebih dari 40 tahun. Dari penelitian yang dilakukan di Loyola University Medical Center. botol susu bayi sebaiknya direbus setelah dicuci untuk mencegah diare.” ujar Milner.coli Enteropatogenik* Tidak membahayakan pada sebagian orang dewasa tetapi sering kali menyebabkan diare pada bayi. es teh justru merugikan. Dalam penelitian Dewayanti-Hariyadi-et. orang yang minum es teh memiliki kemungkinan mengalami batu ginjal. “Orang sering mendapat informasi bahwa saat musim panas. Es teh sangat jarang disajikan tanpa pemanis. *3. Lebih baik jangan minum kebanyakan. Para peneliti mencatat bahwa perempuan pasca menopause dengan level estrogen rendah dan mereka yang pernah mengalami Teh manis adalah minuman yang terbuat dari larutan teh yang diberi pemanis. sebelum minuman ini siap disajikan. Penambahan pemanis ke dalam air panas memungkinkan proses lepas-jenuh larutan.coli Enterotoksigenik* Banyak menyebabkan diare pada para pelancong (travelers diarrhea). Peneliti lain juga menemukannya pada air limbah rumah potong ayam.html MENIKMATI es teh ditengah hari yang terik memang sangat menggiurkan. *4. maksudnya larutan teh mampu melarutkan pemanis . Mungkin ditularkan melalui air yang digunakan untuk mencuci botol. mereka harus minum banyak air.coli Enterohemoragik* Bakteri yang sangat berbahaya. menurut penelitian terbaru.al.coli Enteroinvasif* Cukup membahayakan karena dapat menyebabkan penyakit disentri. Dr. seringnya mengonsumsi es teh dapat memperparah kondisi ini. untuk kasus batu ginjal. Namun faktanya. teh manis yang diberi es biasa disebut es teh. Oxalate merupakan senyawa kimia yang membentuk formasi kristal kecil yang terdiri dari mineral dan garam yang ditemukan dalam urin. Kemudian banyak orang memilih minum es teh karena rendah kalori dan rasanya lebih enak dari air biasa.us/2012/09/perhatikan-ini-perbedaan-es-batu-air. yaitu: *1. Biasanya ditandai dengan tinja yang mengandung darah. Para peneliti memperingatkan bahwa kristal-kristal tersebut bisa berkembang cukup besar untuk menempati saluran kecil yang mengeringkan urin dari ginjal ke kandung kemih. Read more at: http://www. para peneliti mencatat bahwa teh panas tidak akan membuat orang bisa meminumnya sebanyak orang mengonsumsi teh.E.” Dehidrasi adalah penyebab paling umum dari batu ginjal.E. Meski demikian. asisten profesor di departemen urologi di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine menyebutkan. es teh adalah salah satu minuman terburuk. 2001. lelaki empat kali lebih berisiko mengalami batu ginjal dari perempuan. Karenanya. John Milner. Untuk konteks Indonesia. biasanya gula tebu.E. menurut para peneliti. dinyatakan bakteri ini hidup dalam daging giling mentah.E.ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bakteri ini tidak terlalu membahayakan. peneliti mengklaim. menyebut bahwa es teh memiliki level oxalate yang tinggi. *2. “Bagi orang yang memiliki kecenderungan untuk membentuk tipe batu-batu ginjal.

atau hanya diberi pemanis asli. jeruk nipis. Dua merek teh manis dalam kemasan di Indonesia yang cukup tua adalah teh botol dan teh kotak. teh manis juga banyak dikemas di dalam botol atau kotak. atau aroma cengkeh. selain disajikan menurut cara tradisional. Beberapa merek teh manis dalam kemasan mulai menjamur sejak pertengahan tahun 2000-an. Banyak rumah makan yang memberikan pilihan kepada pengunjung apakah teh yang disajikan akan disajikan panas atau dingin. Variasi rasa manis pada minuman yang khas ini sangat merakyat di Indonesia dan Amerika Serikat Selatan.dalam kadar yang lebih besar dibandingkan ketika pada suhu dingin. Di Indonesia. juga mengalami risiko lebih besar. mawar.pengangkatan rahim. teh manis tersebut diberi perisa tambahan. melati. semisal rasa buah. (HealthDay/OL-06)) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful