SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

1. Sikap dalam Melaksanakan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara a. Sikap dalam melaksanakan nilai ke-Tuhanan Yang Maha Esa Sikap dalam melaksanakan sila pertama ke Tuhanan yang Maha Esa Diwujudkan dalam bentuk antara lain sebagai berikut. 1) Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing 2) Hormat-Menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dan penganutPenganut kepercayaan yang berbeda sehingga terbina kerukunan hidup. 3) Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan 4) Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain. b. Sikap dalam melaksanakan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab Sikap dalam melaksanakan sila kedua diwujudkan dalam bentuk antara lain sebagai berikut. 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) 9) Mengakui kesamaan derajat , Hak dan kewajiban antara sesame manusia Saling mencintai sesame manusia Mengembangkan sikap tenggang rasa Tidak semena-mena terhadap orang lain Menjujung tinggi nilai kemanusiaan. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan Berani membela kebenaran dan keadilan. Merasa sebagai bagian dari seluruh umat manusia di dunia. Saling menghormati dan bekerja sama dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

c. Sikap Dalam Melaksanakan nilai persatuan Indonesia Sikap dalam melaksanakan sil aketiga diwujudkan dalam bentuk antara lain sebagai berikut. 1) Menempatkan persatuan,kesatuan,kepentingan dan keselamatan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi atau golongan 2) Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara 3) Cinta tanah air dan bangsa. 4) Bangga Sebagai bangsa Indonesia dan ber tanah air Indonesia

2) Bersikap Adil 3) Menjaga Keseimbangan antara hak dan kewajiban. 6) Menjahui sikap Pemerasan terhadap orang lain 7) Tidak Bergaya hidup mewah dan tidak boros 8) Tidak Melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum. e.saling membantu.saling menolong.suka mengalah . 10) Menghargai hasil karya orang lain. 1) Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan susunan dan kegotongroyokan. NIlai-nilai Pancasila Tersebut wajib diamalkan dalam segenap kehidupan manusia. Sikap dalam melaksanakan sila Keempat diwjudkan dalam bentuk antara lain sebagai brikut.bersikap bai.melindungi yang lemah. 9) Suka bekerja keras.rukun dengan semua orang. 4) Menghormati hak-hak oranglain. Sikap dalam melaksanakan nilai keadilan social bagi seluruh Rakyat Indonesia Sikap dalam melaksanakan sila kelima yaitu dalam bentu.5) Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika d. 1) Mengutamakan Kepentingan Negar adan Masyarakat 2) Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan berama dan tidak memaksakan kehendak kepada oranglain 3) Musyawarah untuk mencapai mufakat yang diliputi oleh dasar kekeluargaan 4) Melaksanakan hasil keputusanyang berdasarkan Musyawarah dengan itikad baik rasa bertanggung jawab 5) Musyawarah dilakukan dengan akal sehat budi pekerti yang luhur 6) Menjujung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan. 5) Suka member Pertolongan Orang lain. 11) Mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan social.Takwa Kepada Tuhan kasih saying kepada sesame teman.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful