Pengamanan Jaringan dan Komputer A.

Cybercrime Cybercrime adalah bentuk-bentuk kejahatan yang timbul karena pemanfaatan teknologi internet cybercrime juga dapat berarti penggunaan komputer secara ilegal. B. Modus Operan di Cybercrime Berikut adalah beberapa Modus Operan di Cybercrime: 1. 2. 3. 4. 5. 6. Unauthorized Access to Computer System and Service Illegal Contents Data Forgery Cyber Espionage Cyber Sabotage and Extortion Offense against Intellectual Property Infringements of Privacy

C. Cara Mencegah Cybercrime Beberapa solusi untuk mencegah kasus Cybercrime: 1. 2. 3. 4. Penggunaan enkripsi untuk meningkatkan keamanan. Penggunaan Firewall untuk menjaga agar akses dari orang tidak berwenang tidak dapat dilakukan. Perlunya Dukungan Lembaga Khusus Adanya sistem pemantau serangan yang digunakan untuk mengetahui adanya tamu/seseorang yang tak diundang (intruder) atau adanya serangan (attack).

D. Malware Malware, adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. E. Contoh Malware Berikut adalah contoh Malware:      Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker.
Untuk menghilangkan Malware

F.

Berikut adalah cara untuk dapat menghilangkan Malware dapat dilakukan langkah-langkah penting berikut : 1. 2. 3. Membersihkan Komputer anda dengan antivirus terbaru (wajib) Membersihkan Websites anda dari malware. Disini perlu diingat yang pernah dilakukan terakhir kali sebelum terdeteksi malware seperti upload file terakhir, posting artikel terakhir. Melakukan updates di Google webmaster tools.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful