PENDAHULUAN Adapun yang menjadi latar belakang dari makalah kami ini adalah adab murid terhadap guru

. dalam hal ini seorang guru harus mendidik anak muridnya agar bertingkah laku sesuai dengan ajaran islam, sebaliknya murid harus menghargai guru karena gurulah yang mendidik serta membina kita pada saat kita di sekolah. Oleh karena itu kita harus menciptakan suasana yang harmonis antara guru dan murid agar proses belajar mengajar dapat tercapai dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan. A. Taat dan Patuh Terhadap Guru Salah satu adab murid kepada gurunya adalah tidak melawan gurunya secara lahir dan tidak menolaknya dalam batin. Orang yang durhaka secara lahir dan batin berarti meninggalkan adabnya. Orang yang menolak secara batin berarti menolak pemberiannya. Bahakan, sikap tersebut bisa menjadi permusuhan dengan gurunya. Karena itu dia harus menahan diri untuk tidak menentang gurunya secara lahir maupun secara batin. Diantara adab yang harus dimiliki oleh seorang murid adalah murid tidak diperkenankan berbicara di depan guru kecuali seperlunya, dan tidak menampakkan sedikitpun keadaan dirinya di depan gurunya, dia tidak sepatutnya menggelar sejadah di depan gurunya kecuali pada waktu melaksanakan shalat.1 Bila menemukan kemusykilan guruny, seorang murid hendaknya diam meskipun memiliki penyesalan dan jawaban mengenainya. Akan tetapi , dia boleh mengambil apa yang telah allah swt bukakan baginya melalui lisan gurunya.
1

Zakiayah Derajat, Keperibadian Guru, Jakarta: Bulan Bintang, cet.ii, 1980, hal. 14

1

urid terhadap gurunya yaitu adab internal dan adab eksternal2 1 Adab internal a Seorang murid hendaknya tunduk kepada gurunya dan taat kepadanya dalam semua perintah. Tahap penilaian pada pendidikan atau sekolah pada zaman sekarang bagi orang yang mempunyai prestasi harus didukung dengan keefektifannya dalam kelas. c Seorang murid hendaknya mengetahui bahwa guru boleh jadi melakukan beberapa kesalahan. bandung. dan nasehatnya. dan kognitif. psikomotorik. Dari pernyataan diatas jika kita kaitkan dengan masa sekarang ini tidak lagi berlaku. kemampuan guru dalam proses mengajar. karena guru memiliki lebih banyak pengalaman dan lebih banyak pengetahuan.Murid jadi tidak sepatutnya banyak bergerak sewaktu mendengar di depan gurunya kecuali mendapat isyarat darinya. b Seorang murid hendaknya tidak menentang cara sang guru mengarahkan dan mengendalikan dang murid. Kategori Adab Murid terhadap Guru Dua kategori adab . 1994. hal 117 2 . B. guru sekarang tidak lagi menjadi central pengetahuan tapi muridlah yang mencari sendiri ilmu tersebut. guru hanya sebagai mediator yang menyediakan pelajaran tapi yang mengembangkannya dalah murid. Tabrani. 2 Rusyan A. Dalam penilaian juga harus di dukung oleh tiga aspek yaitu afektif. namun hal ini tidak menghalanginya dari mengangkat murid itu kepada harirat illahi.

c Dia hendaknya melayani gurunya dan membuat dirinya berguna. terbahak-bahak. e Sang guru hendaknya jujur dan setia dengan kebersamaannya dengan gurunya. Dia hendaknya tidak melihat kepada selain gurunya. waktu dan tempat. Kita harus menyanggahnya tapi dengan baik sesuai dengan kondisi.d Seorang murid hendaknya menghormati dan memuliakan guru. f g Dia hendaknya mencintai gurunya dengan cinta yang luar biasa. baik dalam hadir maupun absennya. meninggikan suaranya. Dari pernyataan diatas ada yang tidak sesuai dengan keadaan diatas dimana tidak menentang guru tetapi jika guru tersebut dalam menyampaikan ilmu pengetahuan itu melakukan sebuah kesalahan. psikologi guru dan satu hal lagi kita harus mempunyai dalil yang kuat ketika kita menyanggah. kita tidak boleh diam. Pada zaman sekarang kita tidak sebagai murid kita harus tunduk kepada perintah guru jika perintah guru itu dapat membawa misalkan kejahatan kita tidak boleh mengikuti itu dan lain sebagainya. meskipun dia tetap harus harus mempertahankan hormat kepada guru lainnya. dengan tidak menguap. 2 Adab eksternal a b Dia hendaknya setuju dengan pendapat gurunya secara keseluruhan Dia hendaknya berkelakuan baik kepada gurunya. 3 . jika hanya karena guru dapat melihat dengan mata hati. berbicara tanpa perkenaannya dan selalu duduj dala sikap sopan.

pikiran maupun perbuatan. hendaknya tidak mempelajari satu disiplin ilmu sebelum menguasai disiplin ilmu sebelumnya. 3) Seorang murid yang baik hendaknya mendahulukan mempelajari yang wajib. serta menyediakan inteleknya. 6) Seorang murid. 2) Seorang murid yang baik. Konsep Pendidikan al-Gazali. 1986. Jakarta: P3M. 41 4 . 4) Seorang murid yang baik. b Menurut Ibn Jama’ah 1) Mempunyai kemampuan dan kecerdasan untuk memilik. 3 waktu-wakru tertentu untuk mengembangkan daya Fathiyah Hasan Sulaiman. terhindar dari budi pekrti yang hina dan sifat-sifat tercela. 2) Mematuhi perintah guru 3) Tekun dan betuk-betul giat dalam mengasah kecerdasan akalnya. memutuskan dan mengusahakan tindakan “belajar secara mandiri”. hal. hendaknya bersikap rendah hari atau tawadhu. Adab Murid Menurut Para Ahli a Menurut Al-Gazali3 1) Seorang murid harus berjiwa bersih. baik yang berkaitan dengan aspek fisik. Al-Gazali mengatakan bahwa nilai ilmu itu tergantung pada dua hal yaitu hasil dan argumentasinya. hendaknya mengenai nilai setiap ilmu yang dipelajarinya.C. 5) Seorang murid. hendaknya mempelajari ilmu secara bertahap.

maka siswa dalam interaksi dengan guru merupakan upaya mencari ridha allah. guru merupakan penyebab eksistensi hakikat kita dan penyebab kita memperoleh kebahagiaan sempurna. b Pola kasih sayang Menurut ibn maskawaih. 5 . Untuk itu. 3) Seorang murid hendaknya mau menerima setiap ilmu sepanjang ia mengetahui sumbernya.c Menurut ibn taimiya 1) Seorang murid hendaknya memiliki niat yang baik dalam menuntut ilmu. karena menurut ibn maskawih. yaitu mengharap ridha allah 2) Seorang murid hendaknya mengetahui tentang cara-cara memuliakan gurunya serta berterima kasih kepadanya. 4) Seorang murid hendaknya tidak menolak atau menyalahkan mazhab yang lain. kewajiban cinta kasih terhadap guru berada di antara cinta terhadap allah dan cinta kepada orang tua. D. Pola Sikap Siswa Terhadap Guru Dalam Interaksi Edukatif a Pola ketaatan Ketaatan seorang siswa terhadap gurunya membawa barokah dalam proses pencarian ilmu.

adapun ada dua kategori dalam beradab keada guru yaitu adab internal dan eksternal.KESIMPULAN Adapun yang menjadi kesimpulan dari pemaparan makalah ini adalah bahwa kita sebagai murid harus mempunyai adab atau sopan santun terhadap guru. harus jujur kepada guru dan mencintai guru. tidak menentang guru. diantara adab antara lain kita harus menghomati guru. 6 . mendengarkan dengan seksama jika guru berbicara.