Berdasarkan tingkatan dan bidang/fungsi Manajemen di bagi menjadi 2, yaitu: I. Tingkatan/hirarki 1.

Manajemen puncak (top management) 2. Manajemen menengah (middle level management) 3. Manajemen tingkat bawah (lower level management) Penjelasan: 1. Manajer tingkat atas bertanggung jawab terhadap perusahaan secara keseluruhan, bertugas menentukan tujuan, strategi dan kebijakan secara umum, kemudian akan diterjemahkan lebih spesifik oleh manajer dibawahnya. Selanjutnya menentukan kelangsungan hidup organisasi. 2. Manajer menengah terdiri atas kelompok manajer yang lebih besar. Tugasnya adalah melaksanakan tujuan, strategi dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajer puncak serta mengkoordinasikan dan mengarahkan aktivitas manajer tingkat bawah dan juga karyawan operasional. Contoh: manajer pemasaran, manajer keuangan, dll. 3. Manajer tingkat bawah mengawasi karyawan secara langsung. Tugasnya adalah mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan operasional yang dilakukan oleh karyawan. Contoh: pengawas / supervisor. II. Bidang / fungsi 1. Manajer umum 2. Manajer fungsional

pengorganisasian. yaitu perencanaan. pengarahan. Contoh: divisi 2.       Tugas-tugas manajer Yang berkaitan dengan tugas utama. penyimpanan dan pemeliharaan surat Penerimaan dan pengamanan informasi Tata hubungan kantor.Penjelasan: 1. Manajer fungsional bertanggung jawab terhadap satu aktivitas organisasi tertentu. Contoh: manajer pemasaran Tingkat manajemen dan ketrampilan manajemen 1. Peran Manajer Antar pribadi (interpersonal) 1. 2. Manajer operasional lebih membutuhkan ketrampilan teknis 1. Manajer puncak lebih membutuhkan ketrampilan konseptual 2. Fungsi atau tugas ketatausahaan (fungsi penunjang) Pencatatan Pengumpulan data Pengolahan data Penerimaan. pengawasan dan pengambilan keputusan. Manajer umum bertanggung jawab mengawasi unit tertentu yang mempunyai beberapa bidang sekaligus. . Manajer tengah lebih membutuhkan hubungan manusiawi 3.

3.2. 4. 3. Informasi Pengambil keputusan Kegagalan Manajer Kurang mampu dalam menjalankan fungsi manajerialnya Tidak mampu mengkoordinir semua sarana manajemen yang tersedia Tidak mampu mengelola fungsi penunjang Tidak mampu menempatkan perannya dalam kedudukannya sebagai manajer 1. . 2.