P. 1
LANDASAN TEORITIS

LANDASAN TEORITIS

|Views: 13|Likes:
Published by Shinji Ryoichi

More info:

Published by: Shinji Ryoichi on Oct 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2012

pdf

text

original

LANDASAN TEORITIS

Defenisi Komputer Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung. Dalam bahasa Inggrisnya “to compute”. Dengan demikian, maka definisi komputer dapat diartikan sebagai alat hitung. Ditinjau dari segi elektronis dan logika, peralatan komputer dijalankan dan dikendalikan oleh komputer “penggerak elektronik” sehingga komputer tersebut memiliki kemampuan untuk menerima data, mengolah data dan kemudian memberikan hasil dari pengolahan data tersebut berupa data output. Komputer akan melaksanakan tugasnya apabila telah dijalankan dan kita masukkan apa yang dibutuhkan oleh komputer tersebut, antara lain adalah : a. Data b. Program komputer Dalam hal ini komputer adalah merupakan bahan mentah yang diproses dan diolah menjadi suatu informasi yang sesuai dengan keinginan, maksud dan tujuan pengolahan tersebut, sedangkan program komputer merupakan sekumpulan instruksi (instruction), deklarasi (declarative) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa.

7

8

Dalam pengertian diatas dapat disimpulkan : Komputer adalah alat elektronik untuk mengolah data dengan menggunakan suatu program tertentu untuk menghasilkan informasi. Peranan komputer antara adalah berikut: 1. Memiliki alat ketelitian yang tinggi terhadap data yang diolah. 2. Untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam pengolahan data. 3. Mempunyai fasilitas-fasilitas atau hal-hal yang membantu dalam melakukan tugas, misalnya adanya sistem Windows. 4. Mempunyai kemampuan menampung data yang sangat besar dengan penyimpan dan pengaman. Konfigurasi komputer dapat dikelompokkan menjadi tiga komponen yaitu : A. Hardware Perangkat keras ( Hardware ) adalah komponen fisik dalam rangkaian komputer, yang terdiri dari : 1. Central Processing Unit ( CPU ) CPU terdiri dari Control Unit ( CU ), Arithmatical And Logical Unit ( ALU ) dan Sentral struge Unit ( SU ). a. CU berfungsi untuk menerima dan menganalisis intruksi pengolahn data. b. ALU berfungsi untuk menjalankan proses arithmetic operation dan logical operation.

9

c. SU berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan program instruksi selama komputer bekerja.

2. Output Device Peralatan output ( Output Device ) yaitu peralatan untuk mengeluarkan data, contoh : monitor atau printer. 3. Input Device Peralatan input ( Input Device ) yaitu peralatan untuk memasukkan data seperti Keyboard, Disket, Harddisk dan sebagainya. 4. Memori dan storage a. Memori dan storage berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. b. Main storage berhubungan langsung dengan kapasitas CPU. c. Auxilaring storage tidak berhubungan langsung dengan CPU misalnya : disket /harddisk.

B.

Software Perangkat lunak ( software ) yaitu sistem procedure dalam bentuk program,

seperti sistem program dan user program, yang berfungsi untuk memperlancar jalannya komputer. 1. Sistem program yaitu program yang dibuat oleh perusahaan komputer, terdiri dari sistem program dan user program.

10

a.

Operating sistem yaitu program yang berfungsi untuk

mengontrol dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan sistem komputer dalam pengolahan data b. Paket program antara lain : Windows, Linux, Ms.Office

yaitu paket yang dibuat untuk memecahkan masalah tertentu. 2. User program yaitu program yang dibuat sendiri oleh user dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dimengerti oleh komputer. Contoh :C++, Cobol, Visual Basic, dan lain-lain. Perangkat lunak ( Software ) dapat dikategorikan dalam tiga bagian, antara lain : 1. Perangkat lunak sistem operasi ( operating system ), yaitu : Program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer. 2. Perangkat lunak bahasa ( Language Software ), yaitu : Program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin supaya dimengerti oleh bahasa komputer. 3. Perangkat lunak aplikasi ( Aplication Software ), yaitu : Program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan aplikasi tertentu.

11

C.

Brainware Brainware adalah faktor manusia yang memiliki latar belakang pendidikan

teknis komputer yang dapat dibedakan menurut keahliannya yaitu sistem analis, programmer dan operator komputer. 1. Sistem analis adalah para profesional dibidang teknologi dan bertanggung jawab untuk menganalisa, serta perancangan. 2. Programer adalah orang-orang yang secara khusus bertanggung jawab untuk menulis progran komputer. 3. Operator komputer adalah orang-orang yang bertanggung jawab

beroperasinya semua peralatan dipusat komputer atau pusat pengolahan data. 4. Komputer Enggineering ( Maintenance ). 5. Tugas seorang komputer enggineering adalah menjaga kelangsungan bekerjanya mesin komputer secara keseluruhan, termasuk mengganti suku cadang yang baru apabila terjadi kerusakan atau kemacetan.

12

Konsep Jaringan Komputer Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep "downsizing" maupun "lightsizing" yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang sangat diperlukan. Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. (Lihat Gambar 2.) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal

13

terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Gambar 1. Jaringan komputer model TSS. Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 3., dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

14

Gambar 2. Jaringan komputer model distributed processing. Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN. Komponen Pendukung Jaringan a. Kabel Dalam jaringan komputer, kabel merupakan media penghubung utama, karena kabel merupakan media transfer antar PC. Dalam jaringan Lokal, dikenal ada tiga jenis kabel, yaitu :

15

1. UTP (Unshielded Twisted Pair) Merupakan kabel jaringan yang paling banyak digunakan karena kemudahan yang ditawarkan, yaitu kemudahan pengembangan jumlah klien tanpa mengganggu sistem komunikasi atau tanpa harus mematikan server. Namun kelemahan utamanya adalah relatif mahalnya implementasi sistem, diperlukan satu hub yang berfungsi sebagai konsentrator koneksi jaringan. Hub terdiri dari port koneksi yang saling terhubung. Jangkauan maksimumnya dalah 100 m.

Gambar 3. Kabel UTP dan RJ 45 Sebagai connectornya 2. Coaxial. Kabel coaxial banyak digunakan di jaringan lokal karena biaya pembangunan jaringan relatif murah dan tidak memerlukan hub sebagai konsentrator jaringan. Kabel coaxial terdiri dari beberapa jenis, yaitu : a. Thick Co-axial yang memiliki jangkauan antar titik koneksi

sepanjang 500 m. b. Thin Co-axial yang memiliki jangkauan antar titik koneksi

sepanjang 185 m.

16

Kabel tipe ini banyak dipakai di jaringan komunikasi analog. Seperti 2M band. Adapun jenis kabel coaxial yang biasa digunakan adalah RG-58, RG-8, dan lan-lain.

Gambar 4. Co-axial dan T- Connector

3. FDDI. FDDI (Fiber Data Distributed Interface) atau yang sering disebut dengan kabel Fiber Optic, menggunakan 2 buah ring. Pertama, Primary ring yang digunakan untuk komunikasi data. Kedua, Secondary ring yang digunakan sebagai media komunikasi cadangan. Kedua ring ini bertransmisi secara berlawanan (counter rotating). Versi FDDI ada yang menggunakan inti copper dan disebut sebagai CDDI (Copper Distributed Data Interface). FDDI Fiber Optik mempunyai dua mode transmisi, yaitu single mode dan multi mode. Single mode menggunakan sinar laser sebagai media, transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Sedangkan multimode menggunakan LED sebagai media transmisi. Keuntungan menggunakan Fiber Optic, antara lain : a. Fiber Optic tidak mentransmisi sinyal elektrik sehingga tidak ada gangguan secara elektrik dari Radio Frequency Interference (RFI) dan

Electromagnetic Interference (EMI)

17

b. Jangkauan FDDI sekitar 2 km untuk single mode dan 26 km untuk multi mode.

Gambar 5. Kabel FDDI b. Kartu Jaringan ( Ethernet Card ) Kartu jaringan adalah salah satu interface yang memegang peranan besar dalam sistem komunikasi jaringan karena kartu jaringan inilah yang menentukan kecepatan maksimum transmisi data antar titik (node). Kartu jaringan memiliki standar yang diberikan oleh IEEE (Institut of Electrical and Electronics Engineers) sebagai pengembang utama kartu jaringan atau sering disebut dengan Ethernet card. Ethernet adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernet adalah implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University diatas kabel coaxial. Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978 oleh IEEE. (lihat Tabel 2.) Kecepatan transmisi data di ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Saat ini yang umum ada dipasaran adalah ethernet

18

berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian. Pada metoda CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh host komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka host komputer tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian. Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap perangkat ethernet diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia). Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di start dalam urutan angka berbasis 16. Contoh ethernet address :

48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyatakan bilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3 angka didepan adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications Inc. Contoh vendor terkenal bisa dilihat di Tabel Tabel 1. Daftar vendor terkenal chip ethernet

19

Nomer kode 00:00:0C 00:00:1B 00:00:AA 00:00:4C 00:00:74 08:08:08 08:00:07 08:00:09 08:00:20 08:00:2B 08:00:5A

Nama vendor Sisco System Novell Xerox NEC Ricoh 3COM Apple Computer Hewlett Packard Sun Microsystems DEC IBM

Dengan berdasarkan address ethernet, maka setiap protokol komunikasi (TCP/IP, IPX, AppleTalk.) berusaha memanfaatkan untuk informasi masing-masing host komputer dijaringan. c. HUB Hub atau konsentrator lebih berfungsi sebagai media antar koneksi yang jauh, media pengumpul semua koneksi antar PC untuk kemudian disambungkan satu sama lain. Keuntungan menggunakan hub adalah fleksibilitas yang dimiliki sehingga tiap client bisa ditambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi. Hub dikenal pada topologi star dan tree.

20

Gambar 6. Hub 10/100 Mbps

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->