BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Salah satu alasan utama perusahaan melakukan riset pemasaran adalah untuk mengidentifikasi peluang pasar. Setelah riset selesai, perusahaan harus mengukur dan memperkirakan ukuran, pertumbuhan, dan potensi laba tiap-tiap peluang pasar. Ramalan penjualan digunakan oleh departemen keuangan untuk menghimpun kas yang dibutuhkan untuk investasi dan operasi; oleh bagian produksi untuk meningkatkan tingkat kapasitas dan produksi; oleh departemen pembelian untuk memperoleh jumlah perlengkapan yang tepat; dan oleh bagian sumber daya manusia untuk mempekerjakan jumlah pekerja yang dibutuhkan. Pemasaran bertanggung jawab untuk mempersiapkan ramalan penjualan. Bila perkiraannya ternyata jauh dari kenyataan, perusahaan itu akan menanggung beban kelebihan kapasitas dan persediaan atau persediaan barangnya tidak memadai. Ramalan penjualan didasarkan pada etimasi permintaan, para manajer perlu mendefinisikan dengan hati-hati apa yang mereka maksudkan dengan permintaan pasar. B. Rumusan Masalah 
 

Apa maksud dari Pengukuran permintaan Mengestimasi Permintaan Terkini Mengestimasi Permintaan yang akan datang

C. Tujuan pembuatan makalah   Memenuhi salah satu tugas kelompok pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Memberikan pengetahuan pada pembaca mengenai pengukuran

permintaan pasar

Mengukur Permintaan Pasar

1

Hlm 25 William J. Mengukur Permintaan Pasar 2 . Kedua pengertian di atas masih dianggap sempit dan kurang lengkap. Mursid. uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakan.BAB II PEMBAHASAN A. sedangkan pengertian yang kedua disebut sebagai pengertian yang abstrak. akan digunakan pengertian yaitu Pasar adalah sekumpulan orang/keluarga atau instansi yang mempunyai 1 2 M. a. yakni: pasar adalah orang–orang yang mempunyai keinginan untuk puas.menawar (dan melakukan tempat bagi penawaran dan permintaan) sehingga dengan demikian terbentuk harga. ada juga pasar adalah daerah atau tempat (area) yang didalamnya terdapat kekuatan–kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu untuk membentuk suatu harga. Jadi dalam pengertian tersebut terdapat tiga faktor utama yang menunjang terjadinya pasar. Pengertian Pasar Pada dasarnya pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dengan pembeli. where he was elected to Beta Gamma Sigma. sehingga William J. Pasar menurut para ahli:   Tempat pertemuan antara penjual dan pembeli Saling bertemunya kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga Ada banyak pengertian pasar yang dapat ditemui. He received his PhD in marketing from Northwestern University. Orang dengan segala keinginannya b. namun untuk keperluan pembahasan manajemen pemasaran. Tingkah laku dalam pembelian mereka. Stanton2 mengemukakan pengertian yang lain tentang pasar. Stanton is professor emeritus of marketing at the University of Colorado-Boulder. Perngertian pertama biasanya disebut pengertian konkret. Daya beli mereka c. 2008.1 Pasar dapat pula diartikan sebagai suatu kelompok orang–orang yang diorganisasikan untuk melakukan tawar . Manajemen Pemasaran.

Perusahaan mungkin memperkirakan permintaan jangka pendek produk tertentu dengan tujuan untuk pemesanan bahan mentah. ada banyak cara produktif untuk menguraikan pasar:  Pasar potensial adalah sekumpulan konsumen yang menyatakan level minat yang memadai atas tawaran pasar tertentu. Untuk beberapa tawaran pasar. minat konsumen tidak memadai untuk mendefenisikan pasar.  Pasar yang tersedia adalah sekumpulan konsumen yang mempunyai minat. B. Perusahaan itu mungkin pula memperkirakan permintaan regional bagi lini produk utamanya untuk memutuskan apakah akan memulai melaksanakan distribusi regional. Akan tetapi. perusahaan atau negara dapat membatasi Mengukur Permintaan Pasar 3 . Ukuran pasar bergantung pada jumlah pembeli yang mungkin ada untuk tawaran pasar tertentu. Ukuran Permintaan Pasar Perusahaan – perusahaan dapat mempersiapkan 90 jenis estimasi permintaan yang berbeda (lihat gambar 4. dan tiga level waktu yang berbeda. lima level ruang yang berbeda. Masing-masing ukuran permintaan memenuhi tujuan tertentu.kebutuhan dan daya beli. pendapatan dan akses terhadap tawaran pasar tertentu.4). permintaan dapat diukur untuk enam level produk yang berbeda. dan peminjaman uang tunai. Para calon konsumen harus mempunyai pendapatan yang cukup untuk membeli produk tersebut dan akses terhadap produk yang ditawarkan itu. Namun. perencanaan produksi.

Mengukur Permintaan Pasar 4 . Pembendaharaan Kata Untuk Pengukuran Permintaan a. Sementara itu pengertian permintaan pasar atau suatu produk/jasa adalah jumlah keseluruhan yang akan dibeli oleh sekelompok konsumen tertentu di dalam suatu daerah tertentu. Permintaan: jumlah barang yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai kemampuan membeli pada berbagai tingkat harga Permintaan efektif: permintaan yang didukung oleh daya beli. Sedangkan permintaan pasar untuk suatu produk adalah: Jumlah volume total yang akan dibeli oleh kelompok pelanggan tertentu dalam wilayah geografis tertentu dalam jangka waktu tertentu dan dalam lingkungan pemasaran tertentu dibawah program pemasaran tertentu. Permintaan perseorangan tidak akan mempengaruhi harga. bapak Pemasaran Dunia. jelas bahwa keinginan yang tidak didukung oleh daya beli bukanlah permintaan (demand). pendapatan. Permintaan pasar Menurut Kotler. permintaan adalah keinginan terhadap produk tertentu. Kelompok tersebut membentuk Pasar tersedia yang memenuhi syarat (qualified available market) ---sekolompok pelanggan yang mempunyai minat. Pasar yang tertembus adalah sekumpulan konsumen yang telah membeli produk perusahaan. Permintaan potensial: permintaan yang didasarkan pada kebutuhan saja. C. yang didukung oleh daya beli. Untuk dapat dipakai dalam pengambilan keputusan manajemen.penjualan kepada kelompok-kelompok tertentu. akses dan kualifikasi atas tawaran pasar tertentu.   Pasar sasaran adalah bagian dari pasar tersedia yang memenuhi syarat dan telah diputuskan oleh perusahaan untuk dimasuki. dalam analisis antara jumlah barang yang diminta dengan semua jumlah variabel yang mempengaruhinya. Permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan menentukan jumlah barang dan jasa yang harus dihasilkan. Jadi. dalam waktu tertentu dalam lingkungan pemasaran tertentu dan dalam suatu program pemasaran tertentu. namun apabila bersama-sama akan membentuk permintaan dalam pasar.

Tingkat pengeluaran pemasaran yang lebih tinggi. Pasar yang dapat diperluas. yaitu pasar yang dapat diperluas dan yang tidak dapat diperluas. pertama-tama dengan laju yang meningkat. kemudian dengan laju yang semakin menurun. permintaan pasar dapat disebut fungsi permintaan pasar.  Kurva dalam gambar menunjukkan estimasi permintaan pasar yang dihubungkan dengan berbagai tingkat pengeluaran pemasaran yang dilakukan industri tersebut. Ada dua jenis pasar yang ekstrim. ukurannya cukup terpengaruh oleh tingkat pengeluaran pemasaran yang dilakukan Mengukur Permintaan Pasar 5 .Permintaan pasar bukanlah angka yang tetap. melainkan fungsi dari sejumlah kondisi tertentu. Karena alasan itu.  Pada gambar 1: Jarak dantara Q1 dan Q2 yang relatif lebih besar menunjukkan sensitivitas permintaan terhadap pemasaran.  Sumbu vertikal memperlihatkan tingkat permintaan. (a) Permintaan Pemasaran Sebagai Fungsi Dari Pengeluaran (diasumsikan tertentu) Pemasaran lingkungan Industri pemasaran Pengeluaran Pemasaran Industri (b) Permintaan Pemasaran Sebagai Fungsi Dari Pengeluaran Pemasaran Industri (diasumsikan dua lingkungan yang berbeda) Pengeluaran Pemasaran Industri Keterangan:  Sumbu Horisontal menunjukkan tingkat kemungkinan pengeluaran pemasaran suatu industri yang berbeda-beda dalam suatu periode waktu tertentu. Ketergantungan pada permintaan pasar total berdasarkan kondisi tertentu diilustrasikan pada peraga di bawah ini. hal ini menunjukkan batas atas dari permintaan pasar yang disebut Potensi Pasar. Pengeluaran pemasaran yang melewati tingkat tertentu tidak akan lagi merangsang permintaan.

para perusahaan mempengaruhi lokasi tertentu mereka difungsi tersebut ketika mereka memutuskan berapa banyak yang akan di dikeluarkan untuk pemasaran. maka semakin tinggi potensi pasar. kepemilikan rumah (67%).industri yang bersangkutan. 20 Desember 199. Permintaan pasar pada level itu disebut ramalan pasar serta menunjukkan permintaan pasar yang diperkirakan. dan faksimili (12%). yaitu persentase kepemilikan atau penggunaan produk atau jasa tertentu dalam populasi tertentu. Potensi pasar Ramalan pasar menunjukkan permintaan pasar yang diharapkan bukan permintaan pasar yang maksimum. walaupun pernyataan itu mengasumsikan setiap orang akhirnya menjadi pasar bagi setiap produk. mobil (81%). Ramalan pasar Hanya satu level pengeluaran pemasaran industri yang benar-benar akan terjadi. 3 “Will the Have-Nots Always Be With Us?” Fortune. Potensi pasar lebih tinggi selama periode makmur. b. Sedangkan Pasar yang tidak dapat diperluas. Berikut beberapa persentase di AS: televisi (98%). 288-89 Mengukur Permintaan Pasar 6 . Perusahaan-perusahaan yang tertarik dengan potensi pasar memiliki kepentingan khusus terhadap persentase penetrasi produk. asuransi kesehatan (84%). kepemilikan senjata (41%). hlm. Istilah ―untuk ingkungan pasar yang sudah tertentu‖ adalah penting. Perusahaan tidak dapat mengubah posisi fungsi permintaan pasar yang ditentukan oleh lingkungan pemasaran. Para analisis pasar membedakan posisi fungsi permintaan pasar dan pergerakan sepanjang fungsi tersebut. Perhatikan potensi pasar mobil selama periode resensi versus periode makmur.5 (b).3 Perusahaan berasumsi bahwa semakin rendah persentase penetrasi produk. Hubungan ketergantungan potensi pasar terhadap lingkungan tersebut digambarkan pada gambar 4. adalah sebaliknya. kepemilikan saham (48%). Potensi pasar adalah batas yang didekati oleh permintaan pasar ketika pengeluaran pemasaran industri mendekati tak terhingga. untuk lingkungan pemasaran yang sudah tertentu. PC (54%). Akan tetapi. bukannya permintaan pasar maksimum c.

dan aspek lain diperusahaan tersebut dipandang oleh konsumen bila dibandingkan dengan para pesaingnya. bauran pemasaran. Permintaan terhadap perusahaan adalah andil perusahaan dalam permintaan pasar. Ramalan Penjualan Perusahaan Ramalan penjualan perusahaan adalah level penjualan perusahaan yang diharapkan. Q Dimana: Qi = Permintaan perusahaan i Si = Pangsa pasar perusahaan i Q = Total permintaan pasar Pangsa permintaan pasar suatu perusahaan bergantung pada bagaimana produk. dan efektivitas. Mengukur Permintaan Pasar 7 . harga. Ramalan penjualan perusahaan tidak menjadi dasar untuk memutuskan besarnya pengeluaran biaya pemasaran. Dirumuskan: Qi = Si . pemasaran perusahaan tersebut. e. Sebaliknya. Para penyusun model pemasaran telah menyusun fungsi-fungsi tanggapan penjualan untuk mengukur besarnya penjualan perusahaan akibat dari level pengeluaran pemasaran. yakni yang dihitung berdasarkan rencana pemasaran yang dipilih dan lingkungan pemasaran yang diasumsikan.d. Jika hal-hal lain sama. pangsa pasar perusahaan akan tergantung pada ukuran dan efektifitas pengeluaran pemasarannya relatif terhadap pesaing. Permintaan Perusahaan Permintaan perusahaan adalah estimasi pangsa permintaan pasar perusahaan tersebut pada sejumlah alternatif usaha pemasaran perusahaan pada periode waktu yang sudah tertentu. ramalan penjualan merupakan hasil dari rencana pengeluaran pemasaran yang akan diasumsikan. Ada dua konsep lain yang perlu disebutkan yang terkait dengan ramalan penjualan perusahaan. komunikasi. pelayanan.

anggaran penjualan adalah estimasi konservatif mengenai volume penjualan yang diharapkan dan digunakan terutama dalam pembuatan keputusan-keputusan pembelian produksi. divisi perusahaan.1. Pengukuran Permintaan pasar Pengukuran permintaan pasar adalah usaha untuk mengetahui permintaan atas suatu produk atau sekelompok produk di masa yang lalu dan di masa yng sekarang dalam kendala satu asset kondisi tertentu. dan penjualan industri total serta pangsa pasar. dan arus kas terkini. potensi pasar wilayah. atau tenaga penjualan. a) Mengestimasi Potensi Pasar Total Potensi pasar total adalah jumlah penjualan maksimum yang mungkin tersedia bagi seluruh perusahaan pada industri tertentu selama periode yang sudah tertentu. Anggaran penjualan tersebut berdasarkan ramalan penjualan dan tuntutan untuk menghindari risiko yang berlebihan. Kuota penjualan penjualan adalah seperangkat sasaran penjualan untuk lini produk. Apabila perusahaan menemukan suatu pasar yang menarik. Hasil maksimal dari suatu kegiatan peramalan adalah melakukan minimisasi ketidakpastian yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Potensi Penjualan Perusahaan Potensi penjualan perushaan adalah batas penjualan yang didekati oleh permintaan perusahaan ketika usaha pemasaran perusahaan itu meningkat jika dibandingkan dengan para pesaingnya. maka perlu pengestimasi besarnya pasar pada masa sekarang dan masa yang akan datang dengan cepat. f. a. D. Para eksekutif pemasaran ingin mengestimasi potensi pasar total. Peramalan permintaan merupakan usaha untuk mengetahui jumlah produk atau sekelompok produk di masa yang akan datang dalam kendala satu asat kondisi tertentu. 2. Anggaran penjualan umumnya ditetapkan sedikit lebih rendah daripada ramalan penjualan. Mengestimasi Permintaan Terkini Dalam mengkaji sejumlah metode praktis untuk mengestimasi permintaan pasar terkini. bila sudah diketahui level usaha pemasaran industri dan kondisi Mengukur Permintaan Pasar 8 .

Sayangnya. Ia dapat langsung diterapkan apabila kita mempunyai daftar pembeli potensial dan perkiraan yang tepat mengenai apa yang akan mereka beli. b) Mengestimasi Potensi Pasar Wilayah Perusahaan-perusahaan menghadapi masalah dalam memilih wilayah terbaik dan mengalokasikan anggaran pemasaran mereka secara optimal ke berbagai wilayah tersebut. biasanya salah satu atau keduanya tidak ada. Besaran yang paling sulit diestimasi adalah n (jumlah pembeli produk atau pasar tertentu). Cara umum untuk mengestimasi potensi pasar total adalah estimasikan jumlah potensi pembeli dan kalikan dengan jumlah rata-rata yang dibeli seorang pembeli serta kalikan dengan harganya : Q = n. dan harga rata-rata $10. Metode Pembentukan Pasar (Market-Buildup Method) yaitu: metode yang memerlukan identifikasi seluruh pembeli potensial dalam masing-masing pasar dan estimasi potensi pembelian mereka.q. 1. Di Amerika Serikat.p Dimana: Q = Potensi pasar total (total permintaan pasar) n = Jumlah pembeli produk atau pasar tertentu berdasarkan asumsi yang ditetapkan q = Jumlah yang dibeli oleh rata-rata pembeli pertahun p = Harga rata-rata satuan Contoh : Jika 100 juta orang membeli buku per tahun.000. Biro Sensus mereka mengembangkan SIC (Standard Industrial Classification) untuk mengestimasi potensi wilayah pasar secara efisien. maka potensi pasar total untuk buku-buku tersebut adalah $3 milyar (100. dan pembeli buku rata-rata Membeli 3 buku pertahun. SIC menggolongkan Mengukur Permintaan Pasar 9 .lingkungannya.000 x 3 x $10). Ada dua metode yang digunakan untuk menilai potensi pasar wilayah: metode pembentukan pasar (the market-buildup method) yang digunakan khususnya oleh para pemasar bisnis/perusahaan dan metode indeks berbagai faktor (the multiple-factor index method) yang digunakan khususnya oleh para pemasar konsumen/barang konsumsi.

Metode Indeks Banyak – Faktor (Multiple-Factor Index Method) Karena pelanggan sangat banyak. Hal ini mengharuskan pengembangan indeks banyakfaktor. Jika negara bagian Virginia merupakan 2. Namun. 1. Mengukur Permintaan Pasar 10 .28% penjualan total obat-obatan.28% populasi Amerika Serikat. faktor tunggal jarang menjadi indikator yang lengkap bagi kesempatan penjualan. dan 2. mengasumsikan potensi pasar obat-obatan berhubungan dengan ukuran organisasi. atau kota besar yang berbeda-beda. masing-masing mempunyai : kode 2 digit. suatu perusahaan tidak dapat membuat daftar mereka. yang cukup terkenal. 2. Penjualan obat-obatan regional juga dipengaruhi oleh pendapatan per kapita dan jumlah dokter per 1000 penduduk. di mana masing-masing faktor diberikan bobot tertentu.28% dari populasi Amerika Serikat. Contoh: perusahaan farmasi.96% penjualan eceran Amerika Serikat.5 y1 + 0.semua manufaktur menjadi 20 kelompok industri utama. Salah satu indeks banyak faktor untuk permintaan wilayah. perusahaan dapat mengasumsikan bahwa virginia akan merupakan pasar bagi 2.2 p1 Dimana : B1 = persentase daya beli nasional total yang ditemukan di wilayah i y1 = persentase nastional personal income yang dihasilkan dalam wilayah i r1 = persentase penjualan eceran nasional dalam wilayah i p1 = persentase populasi nasional yang berada di wilayah i Contoh: Virginia mempunyai 2% disposable personal income Amerika Serikat. Model yang paling umum digunakan dalam metode ini adalah model indeks langsung (straight forward index method).3 r1 + 0. adalah “Annual Survey of Buying Power” yang diterbitkan oleh Sales and Marketing Management. Indeks daya beli relatif suatu wilayah Sales and Marketing Management adalah sebagai berikut: B1 = 0. negara bagian. Index tersebut menunjukkan daya beli relatif konsumen dalam wilayah.

5 (2) + 0. 2. meskipun tidak merinci penjualan individual perusahaan.04 Maka.2 (2. Mengestimasi penjualan aktual dan pangsa pasar Selain mengestimasi potensi total dan potensi wilayah. a) Survei Minat Pembeli Meramal adalah seni mengantisipasi apa yang mungkin dilakukan pembeli dalam kondisi-kondisi tertentu. c. perusahaan akan meminta Pramuniaganya (tenaga penjual) mengestimasi penjualan produk untuk daerah masing-masing. b. perusahaan perlum engetahui penjualan aktual industri yang terjadi di pasar.04% penjualan obat-obatan nasional dapat diharapkan ada di virginia. Ini menunjukkan bahwa pembeli harus disurvei. masing-masing perusahaan dapat mengevaluasi kinerjanya terhadap industri secara keseluruhan. Hal ini berarti mengidentifikasi pesaing-pesaing perusahaan dan mengestimasi penjualan mereka. melaksanakannya. sering mengumpulkan dan menerbitkan penjualan industri total. yang dimiliki industri. dan akan menggambarkannya pada pewawancara dengan Menanyakan kepada pembeli secara langsung untuk mendapatkan jawaban yang objektif b) Gabungan Pendapat Tenaga Penjual Jika wawancara pembeli tidak praktis.96) + 0. apa yang dilakukan orang. diikuti oleh ramalan industri. Survei akan berharga terutama bila pembeli mempunyai minat yang telah dirumuskan dengan jelas. Mereka mempersiapkan ramalan ekonomi makro. atau apa yang telah dilakukan orang. Dengan cara ini. Semua ramalan dibangun atas satu dari tiga dasar informasi: apa yang dikatakan orang.3 (1. kemudian estimasi individu dijumlahkan untuk ramalan penjualan Mengukur Permintaan Pasar 11 . Cara lain untuk mengestimasi penjualan adalah dengan membeli laporan dari perusahaan riset pemasaran yang mengaudit penjualan total dan penjualan merek. diikuti oleh ramalan penjualan perusahaan.28) = 2. Mengestimasi Permintaan di Masa Mendatang Perusahaan umumnya menggunakan prosedur tida tingkat untuk mempersiapkan ramalan penjualan. Asosiasi perdagangan.Indeks daya beli untuk Virginia adalah: 0.

suklus. dengan persamaan : Yt = a + bt Harga – harga a dan b ditentukan dengan rumus: a= di mana: Y = nilai. Pengujian pasar langsung terutama diperlukan dalam meramal penjualan produk baru.nilai data hasil ramalan n = jumlah data deret waktu t = waktu tertentu dalam bentuk kode dan b= Mengukur Permintaan Pasar 12 . Para ahli tersebut meliputi dealer. e) Analisis Deret Waktu Banyak perusahaan menyiapkan ramalan mereka berdasarkan penjualan di masa lalu. c) Pendapat Ahli Perusahaan juga dapat memperoleh ramalan dari para ahli. musim dan residu yang prosesnya dapat menggunakan prosedur statistika. d) Metode Uji Pasar Saat pembeli tidak merencanakan pembelian mereka dengan hati-hati atau para ahli tidak ada atau tidak dapat diandalkan. Salah satunya memakai metode Kuadrat Terkecil ( Least Square ). pemasok. konsultan pemasaran.keseluruhan. Analisis yang memakai data kuantitatif masa lalu di mana data dirinci menjadi komponen – komponen trend. distributor. Pendapat yang dihasilkan berdasar data dan analisis yang lengkap dan ilmiah baik dari para akademisi maupun para praktisi. dan asosiasi perdagangan. pengujian pasar secara langsung harus dilakukan.

Contoh : Hasil Penjualan Produk Fried Chicken Tahun 1985 – 2000 ( dalam jutaan rupiah ) Tahun 1985 1986 1987 1988 1989 1990 1991 1992 1993 1994 1995 1996 1997 1998 1999 2000 Total : Koding (t) -15 -13 -11 -9 -7 -5 -3 -1 1 3 5 7 9 11 13 15 Jualan (Y) 700 750 700 725 600 700 700 750 775 725 675 760 600 800 1000 1100 12060 txY -10500 -9750 -7700 -6525 -4200 -3500 -2100 -750 775 2175 3375 5320 5400 8800 13000 16500 10320 t2 225 169 121 81 49 25 9 1 1 9 25 49 81 121 169 225 1360 Mengukur Permintaan Pasar 13 .

59(23) = 928.∑X . 928.32 juta rupiah. f) Analisis Permintaan secara statistik (Analisis regresi ) Analisis permintaan secara statistik adalah sekumpulan prosedur statistik yang dirancang untuk menemukan factor real yang paling penting yang mempengaruhi penjualan dan pengaruh relative mereka.x Dimana: Y = variabel tidak bebas x = variabel bebas a = nilai intercept (konstan) b = koefisien arah regresi Harga a dapat dihitung dengan rumus: ∑Y (∑X2) . Y = a + b. b = = 7.75 + 7.∑XY a = ————————— n∑X2 – (∑X)2 Mengukur Permintaan Pasar 14 . Seperangkat prosedur statistik untuk menemukan faktor-faktor nyata yang paling penting mempengaruhi penjual.75 dan.Di mana akan didapat : a = = 753.59 t Pada tahun 2004 dengan koding 23 maka menjadi : Y2004 = 753.32 Pada tahun 2004 hasil penjualan akan menjadi Rp.59 Sehingga persamaannya menjadi : Yt = 753. Kita lakukan jika terdapat 2 variabel penelitian yang sudah diketahui mana variabel bebas dan mana variabel terikat.75 + 7.

PT Amanda Alam Tahun 2000 (dalam milyar rupiah) Y 34 38 34 40 30 40 40 34 35 39 33 32 42 40 42 32 34 X 32 36 31 38 29 35 33 30 32 36 31 31 36 37 38 30 30 Mengukur Permintaan Pasar 15 .Harga b dapat dihitung dengan rumus: n∑XY – ∑X ∑Y b = ——————— n∑X2 – (∑X)2 Contoh : Nilai Penjualan (Y) dan Biaya (X) Produk Sepatu.

36 37 36 37 39 40 33 34 36 37 38 42 41 30 33 32 34 35 36 32 32 34 32 34 35 37 Besaran yang diperlukan setelah dihitung didapat : ∑Y = 1.105 ∑X = 1.105 x 33.599 – 1.895 – 37.001 x 37.094 = —————————— = .001 ∑XY = 37.001)2 37.126.094 ∑Y2 = 41.002.131.094 a = ————————————— 30 x 33.0.970 – 1.029 ∑X2 = 33.599 – (1.001 Mengukur Permintaan Pasar 16 .007.7 1.599 N = 30 1.

Mengukur Permintaan Pasar 17 .002.970 – 1.112.12 1.30 x 37.007.7 + 1.599 – (1.3 milyar.12 X = -0.001 Jadi persamaan regresi liniernya: Y = .7 + 1.106.105 = ————————— = 1.0.105 b = ——————————— 30 x 33.820 – 1.12 (100) = 111. Jika biaya sebesar 100 milyar maka pendapatan penjualan : Y = -0.001 x 1.001)2 1.094 – 1.7 + 1.12 X Dari persamaan di atas kita dapat memprediksikan nilai penjualan jika biaya diberi harga tertentu.

Untuk mengestimasi permintaan terkini. penjualan industri. Untuk mengestimasi permintaan dimasa depan perusahaan dapat melakukan survei atas maksud pembeli. mengumpulkan pendapat para pakar. pembaca disarankan untuk mempelajari literatur-literatur lainya yang terkait dengan materi Mengukur Permintaan Pasar 18 . Untu pengetahuan yang lebih tentang materi Mengukur Permintaan Pasar. Simpulan Pengukuran permintaan adalah usaha untuk mengetahui permintaan atas suatu produk atau sekelompok produk di masa yang lalu dan di masa yng sekarang dalm kendala satu asset kondisi tertentu. Hasil maksimal dari suatu kegiatan peramalan adalah adalah melakukan minimisasi ketidakpastian yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. perusahaan berusaha menentukan potensi pasar total. dan pangsa pasar. Peramalan permintaan merupakan usaha untuk mengetahui jumlah produk atau sekelompok produk di masa yang akan datang dalam kendala satu asat kondisi tertentu. potensi pasar wilayah. meminta masukan dari tenaga penjualnya.BAB III PENUTUP A. Terdapat dua tipe permintaan: permintaan pasar dan permintaan perusahaan. Model matematis. dan prosedur pengumpulan data yang terkomputerisasi menjadi hal yang sangat penting bagi semua tipe peramalan dan penjualan. B. teknik stastistik lanjutan. dan melakukan uji pasar. Saran Inilah yang diwacanakan pada penulisan kelompok kami meskipun penulisan ini jauh dari sempurna minimal kita mengimplementasikan tulisan ini dalam kegiatan perekonomian sehari-hari.

com/2012/04/pemintaan-pasar-dan-keadaanpermintaan.blogdetik.DAFTAR PUSTAKA Kotler. M.html http://id. 2008 Manajemen Pemasaran. http://www.com/doc/40418314/Riset-Pemasaran-Dan-PengukuranPasar http://dala12. 2007 Manajemen Pemasaran edisi 12. Indonesia : PT MACANAN JAYA CEMERLANG Mursid.scribd. jilid 1.papanputih.com/2012/04/18/metode-pengukuran-danperamalan-permintaan/ Mengukur Permintaan Pasar 19 .philip and kevin lane.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful