P. 1
KKM Kelas VI Jadi

KKM Kelas VI Jadi

|Views: 55|Likes:
Published by Dedy Santoso Sulus
KKM SD Kelas VI
KKM SD Kelas VI

More info:

Published by: Dedy Santoso Sulus on Oct 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as XLS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/25/2013

pdf

text

original

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI (ENAM) SEMESTER I (SATU) TAHUN ………….

ASPEK Pemahaman Konsep Penalaran dan Komunikasi Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

Kompetensi Dasar 1.1. Menggunakan sifat- 1.1.1. sifat operasi hitung termasuk termasuk 1.1.2. operasi campuran FPB dan KPK. 1.1.3. 1.1.4. 1.1.5. 1.1.6. 1.1.7.

Indikator Menggunakn operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Menggunakan perasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat. Menggunakan operasi campuran pada bilangan bulat. Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari 2 bilangan. Menggunakan faktorisasi prima untukmenentukan FPB dari 3 bilangan. Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK 2 bilangan. Menggunakan faktorisasi prima untuk mennetukan KPK 3 bilangan. Menentukan akar pangkat tiga dari suatu bilangan 3 angka.

1.2. Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik. 1.3. Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat.

1.2.1.

1.3.1.

1.3.2.

Melakukan operasi hitung yeng melibatkan penggunaan akar pangkat tiga. Melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan pembagian yang melibatkan bilangan pangkat tiga.

Kompetensi Dasar 2.1. Mengenal satuan debit. 2.1.1. 2.1.2.

Indikator Menggunakan satuan debit pada aliran air. Mengukur debit air dalam waktu tertentu.

ASPEK Pemahaman Konsep Penalaran dan Komunikasi Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

2.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit. 3.1. Menghitung luas segi banyak yang merupakan bangun gabungan dari bangun datar sederhana.

2.2.1. 2.2.3.

Menentukan kecepatan debit air dalam satuan jam/menit. Menentukan volum tabung berdasarkan debit air dalam satuan menit/jam. Menghitung luas bangun persegi dan segi tiga. Menghitung luas bangun gabungan persegi panjang dan segitiga. Menghitung luas bangun gabungan persegi, persegi panjang dan segitiga. Menghitung luas bangun gabungan persegi dan dua segitiga. Menghitung luas lingkran. Menghitung luas lingkaran dengan manggunakan rumus. Menurunkan rumus volum prisma segi tiga dari volum kubus. Menggunakan rumus volum prisma segitiga dalam pemecahan masalah. Menggunakan rumus volum tabung untuk pemecahan masalah. Mengumpulkan data melalui pencatatn langsung.

3.1.1. 3.1.2. 3.1.3. 3.1.4.

3.2. Menghitung luas lingkaran.

3.2.1. 3.2.2.

3.3. Menghitung volum 3.3.1. prisma segitiga dan tabung. 3.3.2. 3.3.3.

4.1. Mengumpulkan dan 4.1.1. membaca data.

Kompetensi Dasar 4.2. Mengolah dan 4.2.1. menyajikan data dalam bentuk tabel. 4.2.2. 4.2.3. 4.2.4.

Indikator Membaca dan mengurutkan data dari urutan terkecil atau terbesar. Membaca dan dan mengurutkan data dari urutan terkecil atau terbesar. Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang. Menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran. Menafsirkan data untuk menentukan perubahan nilai data di waktu mendatang.

ASPEK Pemahaman Konsep Penalaran dan Komunikasi Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

4.3. Menafsirkan sajian data.

4.3.1.

RATA-RATA

##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### #####

Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mat

________________

___________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI (ENAM) SEMESTER II (DUA) TAHUN …………….. ASPEK Pemahaman Konsep Penalaran dan Komunikasi Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

Kompetensi Dasar 5.1. Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan. 5.1.1. 5.1.2. 5.1.3. 5.2. Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal. 5.2.1. 5.2.2.

Indikator Menyederhanakan pecahan biasa. Membandingkan nilai dari beberapa pecahan. Mengurutkan berbagi bentuk pecahan. Mengubah pecahan biasa ke pecahan bentuk desiimal. Mengubah pesren kepecahan bentuk desimal. Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu (¾ dari 60) Melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan. Melakukan pengurangan berbagai bentuk pecahan. Melakukan perkalian berbagai bentuk pecahan. Melakukan pembagian berbagai bentuk pecahan. Melakukan penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan. Melakukan perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan. Melakuakn penjumlahan, pengurangan dan perkalian berbagai bentuk pecahan.

5.3. Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan.

5.3.1.

5.4. Melakukan operasi 5.4.1. hitung yang melibatkan berbagai 5.4.2. bentuk pecahan. 5.4.3. 5.4.4. 5.4.5. 5.4.6. 5.4.7.

Kompetensi Dasar 5.4.8.

Indikator Melakukan penjumlahan, pengurangan dan pembagian berbagai bentuk pecahan.

ASPEK Pemahaman Konsep Penalaran dan Komunikasi Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

5.4.9.

Melakukan pengurangan, perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan. 5.4.10. Membulatkan hasil perhitungan bilangan desimal sampai 2 angka dibelakang koma. 5.5. Memecahkan masalah perbandingan dan skala. 5.5.1. 5.5.2. 5.5.3. Melakukan operasi hitung menggunakan perbandingan. Menggunakan perbandingan ganda. Menggunakan skala untuk menentukan luas sebenarnya. Menggambar letak benda atau rumah di sekitar. Menentukan letak benda pada denah yang dibuat. Menentukan posisi benda dalam sistem koordinat. Menentukan letak titik pada kuadran tertentu.

6.1. Membuat denah letak benda.

6.1.1. 6.1.2. 6.1.3.

6.2. Mengenal koordinat 6.2.1. posisi sebuah benda.

6.3. Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat.

6.3.1.

Menggambar bangun datar jika diketahui pasangan koordinatnya.

7.1. Menyajikan data ke 7.1.1. bentuk tabel dan diagram gambar, 7.1.2.

Menyusun dan menyajikan data kedalam bentuk tabel. Membuat diagram gambar.

Kompetensi Dasar batang dan lingkaran. 7.1.3. 7.1.4. 7.1.5.

Indikator Membuat diagram batang. Membuat diagram lingkaran. Membuat diagram garis. Menghitung mean (rata-rata hitung) dari suatu data. Menentukan modus dari sekelompok data. Mengurutkan nilai dari sekelompok data. Mengurutkan nilai tertinggi atau terendah. Menafsirkan hasil pengolahan data.

ASPEK Pemahaman Konsep Penalaran dan Komunikasi Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

7.2. Menentukan rata7.2.1. rata hitung dan modus sekumpulan 7.2.2. data. 7.3. Mengurutkan data termasuk nilai tertinggi dan terendah. 7.4. Menafsirkan hasil pengolahan data. 7.3.1. 7.3.2.

7.4.1.

RATA-RATA

##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### #####

…….…………, Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mat

________________

___________

ASPEK Pemecahan Masalah Kom SDP Intake KKM

ASPEK Pemecahan Masalah Kom SDP Intake KKM

ASPEK Pemecahan Masalah Kom SDP Intake KKM

##### ##### ##### #####

Guru Kelas/Mata Pelajaran

_________________

ASPEK Pemecahan Masalah Kom SDP Intake KKM

ASPEK Pemecahan Masalah Kom SDP Intake KKM

ASPEK Pemecahan Masalah Kom SDP Intake KKM

##### ##### ##### #####

…….…………, Guru Kelas/Mata Pelajaran

_________________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI (ENAM) SEMESTER I (SATU) TAHUN 2007/2008 ASPEK Kompetensi Dasar Indikator Pemahaman dan Penerapan Konsep Komp SDP Intake KKM

1.1. Mendeskripsikan hubungan 1.1.1. Mendeskrpsikan ciri khusus hewan (kelelawar, cicak, bebek). antara ciri-ciri khusus yang dimilki hewan (kekelawar, 1.1.2. Mengaitkan ciri khusus yang dimilki hewan tersebut dengan cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya. lingkungan hidupnya. 1.2. Mendeskripsikan hubungan 1.2.1. Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan (kaktus, tumbuhan antara ciri-ciri khusus yang pemakan serangga). dimilki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan 1.2.2. Mengaitkan antara ciri khusus yang dimilki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya. hidupnya.

2.1. Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia. 2.2. Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan. 2.3. Mengidentifikasi cara perkembanganbiakan tumbuhan dan hewan.

2.1.1. Mendeskripsikan perkemabngan manusia dari bayi sampai lanjut usia.

2.2.1. Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan.

2.3.1. Mengidentifikasi cara tumbuhan berkembang biak. 2.3.2. Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkeambang biak dengan cara vegetatif dan generatif.

Kompetensi Dasar

Indikator 2.3.3. Mengidentifikasi bagian-bagian bunga biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan. 2.3.4. Menjelaskan peran penyerbukan. 2.3.5. Membuat laporan proses perkembangan biji. 2.3.6. Mempraktikkan pembiakan stek dan cangkok.

ASPEK Pemahaman dan Penerapan Konsep Komp SDP Intake KKM

2.4. Mengidentifikasi cara 2.4.1. Mengidentifikasi cara perkembang biakan hewan. perkembang biakan manusia. 2.4.2. Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkemabang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan. 2.4.3. Mengidentifikasi cara perkembang biakan manusia. 3.1. Mengidentifikasi keguiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem). 3.1.1. Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekositem. 3.1.2. Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida berlebihan. 3.1.3. Membuat karangan dengan tema "Pelestarian Lingkungan".

3.2. Mengidentifikasi bagian 3.2.1. Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan tumbuhan yang sering dan mengarah pada pemusnahan jeniusnya misalnya kayu jati dimanfaatkan manusia yang dan kayu cendana. mengarah pada keseimbangan lingkungan. 3.3. Mengidentifikasi bagian 3.3.1. Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan tubuh hewan yang sering dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan tersebut, seperti dimanfaatkan manusia yang gading gajah dan kulit ular. mengarah pada 3.3.2. Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya misalnya keseimbangan lingkungan. mengganti gading dengan gading tiruan, melarang pemburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka.

Kompetensi Dasar 4.1. Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.

Indikator 4.1.1. Mengidentifikasi jenis hewan yang mendekati kepunahan. 4.1.2. Menjelaskan berbagai cara mencegah kepunahan hewan. 4.1.3. Mengidentifikasi jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan. 4.1.4 Menjelaskan berbagai cara mencegah kepunahan tumbuhan.

ASPEK Pemahaman dan Penerapan Konsep Komp SDP Intake KKM

4.2. Mendeskripsikan pentingnya 4.2.1. Menjelaskan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup. pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat. 5.1. Menjelaskan alasan 5.1.1. Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat pemilihan benda sebagai konduktor atau isolator. dalamkehidupan sehari-hari 5.1.2. Menggolongkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau berdasarkan kemampuan isolator. mengahantarkan panas. 6.1. Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan). 6.1.1. Mengidentifiksi penyebab erubahan benda (misalnya pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membuasuknya makan). 6.1.2. Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman dan waktu. 6.1.3. Menjelaskan cara menghambat pelapukan, perkaratan dan pembusukan. 6.2.1. Mengidentifikasi sifat-sifat benda/bahan untuk keperluan tertentu misalnya karet bersifat lentur, logam bersifat penghantar panas, kayu bersifat pengahambat panas. ASPEK Kompetensi Dasar Indikator

6.2. Mengidentifikasi faktorfaktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu

Kompetensi Dasar

Indikator

Pemahaman dan Penerapan Konsep Komp SDP Intake KKM

(karet, logam, kayu, plastik) 6.2.2. Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan dalam kehidupan sehari-hari. sehari-hari.

RATA-RATA

##### ##### ##### #####

…….…………, Juli Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mata Pelaja

________________

_________________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI (ENAM) SEMESTER II (DUA) TAHUN 2007/2008 ASPEK Kompetensi Dasar Indikator Pemahaman dan Penerapan Konsep Komp SDP Intake KKM

7.1. Melakukan percobaan untuk 7.1.1. Merancang jungkat-jungkit dan ketapel. menyelidiki hubungan antara 7.1.2. Menentukan alat dan bahan yang sesuai. gaya dan gerak. 7.1.3. Membuat model untuk menunjukkan gaya berpengaruh terhadap gerak, misalnya : membuat model jungkat-jungkit dan ketapel. 7.1.4. Melakukan percobaan untuk menyeledik hubungan antara gaya dan gerak. 7.1.5. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit. 7.1.6. Memberi contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari. 7.2. Menyajikan informasi tentang perpindakhan dan perubahan energi listrik. 7.2.1. Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya pengaruh menggosok benda. 7.2.2. Mengidentifikasi berbagi sumber listrik. 7.2.3. Membuat rangkaian listrik sederhana dengan berbagi variasi. 7.2.4. Menggolongkan berbagi benda yang termasuk konduktor dan isolator. 7.2.5. Menunjukkan berbagi perubahan bentuk energi listrik menjadi gerak, bunyi dan panas. 7.2.6. Mencari contoh alat rumah tangga yang memenfaatkan perubahan energi listrik. 7.2.7. Menunjukkan berbagi perubahan bentuk energi listrik, misalnya energi listrik menjadi gerak, bunyi, dan panas.

Kompetensi Dasar 8.1. Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator 7.2.8. Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik. 8.1.1. Menunjukkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. 8.1.2. Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga. 8.1.3. Mempraktikkan cara menghemat energi listrik dirumah atau di sekolah. 8.1.4. Memberikan alasan-alasan pentingnya menghemat energi listrik. 8.2.1. Menentukan karya yang akan dibuat. 8.2.2. Merancang suatu karya atau alat yang menggunakan energi listrik, misalnya bel listrik/alarm, model lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan, penerangan rumah. 8.2.3. Mengidentifikasi alat dan bahan yang sesuai rancangan. 8.2.4. Membuat karya yang menggunakan energi listrik. 8.2.5. Menyempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang sesuai tujuan.

ASPEK Pemahaman dan Penerapan Konsep Komp SDP Intake KKM

8.2. Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/kapal terbang/mobilmobilan/penerangan rumah).

9.1. Mendeskripsikan sistem tata 9.1.1. Mengenali panet-planet dan benda-benda langit yang berdar surya dan posisi penyusun mengelilingi matahari. tata surya. 9.1.2. Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya. 9.1.3. Mendeskripsikan ciri khusus planet-planet di dalam tata surya. 9.1.4. Menentukan perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya dengan k\skala yang tepat. 9.2. Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan revolusi bulan. 9.2.1. Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi. 9.2.2. Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misalnya : terjadinya siang dan malam ASPEK Kompetensi Dasar Indikator

Kompetensi Dasar

Indikator dan perbedaan waktu. 9.2.3. Mendemonstrasikangerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi). 9.2.4. Menyelidiki dengan menggunakan model revolusi bumi, hubungannnya dengan terjadinya perubahan musim di belahan bumi utara dan selatan. 9.2.5. Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi.

Pemahaman dan Penerapan Konsep Komp SDP Intake KKM

9.3. Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari.

9.3.1. Menjelaskan terjadinya gerhana bulan. 9.3.2. Mengenali beberapa bentuk gerhana bulan menggunakan model, charta atau apron. 9.3.3. Menjelaskan teradinya gerhana matahari. 9.3.4. Mengenali beberapa bentuk gerhana matahari menggunakan model charta atau apron. 9.4.1. 9.4.2. 9.4.3. 9.4.4. Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender Masehi. Menjelaskan dasar penghitungan tahun Masehi. Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender Hijriah. Menjelaskan dasar penghitungan tahun Hijriah. RATA-RATA
##### ##### ##### #####

9.4. Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijrah.

Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mata Pelaja

________________

_________________

ASPEK Kinerja Ilmiah Komp SDP Intake KKM

ASPEK Kinerja Ilmiah Komp SDP Intake KKM

ASPEK Kinerja Ilmiah Komp SDP Intake KKM

ASPEK

Kinerja Ilmiah Komp SDP Intake KKM

##### ##### ##### #####

…….…………, Juli Guru Kelas/Mata Pelajaran

_________________

ASPEK Kinerja Ilmiah Komp SDP Intake KKM

ASPEK Kinerja Ilmiah Komp SDP Intake KKM

ASPEK

Kinerja Ilmiah Komp SDP Intake KKM

##### ##### ##### #####

Guru Kelas/Mata Pelajaran

_________________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS II (DUA) TAHUN2007/2008 ASPEK Mendengarkan Berbicara Membaca Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

Kompetensi Dasar

Indikator

Kompetensi Dasar

Indikator

ASPEK Mendengarkan Berbicara Membaca Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

Kompetensi Dasar

Indikator

ASPEK Mendengarkan Berbicara Membaca Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

ASPEK Kompetensi Dasar Indikator Mendengarkan Berbicara Membaca

Kompetensi Dasar

Indikator Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

RATA-RATA

#### #### #### #### #### #### #### #### #### #### ####

Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mata

________________

____________

KM)

EK Membaca Menulis KKM Kom SDP Intake KKM

EK Membaca Menulis KKM Kom SDP Intake KKM

EK Membaca Menulis KKM Kom SDP Intake KKM

EK Membaca Menulis

KKM Kom SDP Intake KKM

#### #### #### #### ####

Guru Kelas/Mata Pelajaran

_________________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SEMESTER I TAHUN 2007/2008
ASPEK

Kompetensi Dasar 1.1. Mengidentifikasi 1.1.1. jenis motip hias pada karya seni. 1.2. Menjelaskan cara 1.2.1. membatik. 1.3. Menampilkan 1.3.1. sikap apresiatif terhadap keunikan motip hias seni rupa nusantara daerah lain. 2.1. Membatik dengan 2.1.1. teknik sederhana.

Indikator Menyebutkan ciri-ciri jenis motof hias pada karya seni rupa nusantara. Menjelaskan cara membatik.

Mendengarkan Berbicara Membaca Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

Membuat kumpulan berbagai keunikan motif hias karya senirupa nusantara dan mancanegara.

2.1.2.

Membuat kumpulan berbagai jenis karakter ragam hias, dan berbagai jenis teknik pembuatan pola batik. Membuat batik dengan teknik sederhana.

ASPEK

Kompetensi Dasar

Indikator

Kompetensi Dasar 2.2. Mengekspresikan 2.2.1. diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana disekitar sekolah. 2.3. Membuat boneka 2.3.1. berdasarkan rancangan. 2.4.1.

Indikator Menggunakan lingkungan sekolah

Mendengarkan Berbicara Membaca Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

Membuat rancangan boneka kreatip

Membuat boneka dengan berbagai bahan dan teknik. Mengidentifikasi ragam nusantara.

3.1. Mengidentifikasi 3.1.1. ragam musik nusantara. 3.2. Menampilkan 3.2.1. sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah nusantara.

Memainkan ragam musik daerah nusantara.

4.1. Memainkan alat 4.1.1. musik ritmis dan 4.1.2. melodis. 4.2. Menyanyikan 4.2.1. lagu wajib daerah dan dengan iringan sederhana. Kompetensi Dasar

Memainkan alat musik ritmis. Memainkan alat musik melodis. Mencoba membaca notasi baik lagu nasional maupun lagu daerah dan menyanyikan syair lagu, diiringi alat musik ritmis.
ASPEK

Indikator

Mendengarkan

Berbicara

Membaca

Kompetensi Dasar 5.1. Menjelaskan 5.1.1. makna pola lantai pada tarian. 5.2. Membandingkan 5.2.1. pola gerak tari nusantara daerah.

Indikator
Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

Menjelaskan makna pola lantai pada tari.

Membandingkan pola lantai gerak tari nusantara daerah.

5.3. Menganalisis 5.3.1. pola lantai gerak tari nusantara 5.3.2. daerah. 6.1. Menyiapkan 6.1.1. peragaan tari nusntara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan kelompok. 6.2. Memperagakan tari nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan kelompok. 6.2.1.

Menunjukkan peragaan gerak murni dan bermakna. Menjelaskan maksud atau arti gerakan. Membuat persiapan peragaan tarian nusantara (daerah setempat).

Memperagakan tarian nusantara.

7.1. Mendeskripsikan 7.1.1. kesesuaian fungsi kekuatan dan keindahan karya kerajinan. Kompetensi Dasar

Menjelaskan kesesuaian fungsi kekuatan dan keindahan.

ASPEK

Indikator

Mendengarkan

Berbicara

Membaca

Kompetensi Dasar 7.2. Menampilkan sikap aprtesiatif terhadap karya kerajinan anyaman. 8.1. Membuat karya kerajinan. 7.2.1.

Indikator
Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan.

8.1.1. 8.1.2. 8.1.3.

Membuat kerajinan anyaman dari kertas atau bambu. Membuat anyaman benda pakai dari kertas atau bambu. Membuat anyaman benda pakai dari kertas atau bambu.
##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### #####

RATA-RATA

…….……… Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/M

________________

_________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KELAS VI SEMESTER II TAHUN 2007/2008
ASPEK Mendengarkan Berbicara Membaca Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

Kompetensi Dasar 9.1. 9.1.1.

Indikator Menyebutkan dan menjelaskan jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara dan daerah lain. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara dan daerah lain.

9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara dan daerah lain.

9.2.1.

10.1. Mengeksprsikan 10.1.1. Membuat gambar iustrasi diri melalui seni suasana alam sekitar. rupa. 10.2. Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas. 10.2.1. Membuat karya seni rupa untuk pameran seni di kelas.

10.3. Menata karya 10.3.1. Menata, mentatur karya seni seni rupa yang rupa untuk pameran karya diciptakan dalam seni di kelas. bentuk pameran kelas/sekolah.
ASPEK

Kompetensi Dasar

Indikator

Mendengarkan Berbicara Membaca Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

11.1. Membandingkan 11.1.1. Membandingkan berbagai berbagai lagu dan lagu dan musik nusantara. musik nusantar. 11.2. Menampilkan 11.2.1. Menyanyikan berbagai lagu sikap apresiatif nusantara. terhadap berbagai lagu dan musik nuasntara. 12.1. Memainkan lat 12.1.1. Memainkan alat musik ritmis musik ritmis dan mlkarya seni musik. melodis. 12.2. Menyiapkan 12.2.1. Membuat persiapan untuk pertunjukan lagu pertunjukan lagu daerah daerah danlagu dengan iringan musik nusantara dengan sederhana. iringan musik sederhana. 12.3. Mementaskan 12.3.1. Pementasan lagu daerah dan pertunjukkan lagu lagu nusantara dengan iringan daerah dan lagu musik sederhana. nusantara dengan iringan musik sederhana. 13.1. Membandingkan 13.1.1. Membandingkan pola lantai pola lantai gerak gerak tari nusantara. tari nusantara. 13.2. Menganalisis 13.2.1. Menjelaskan pola lantai gerak pola lantai gerak tari nusantara. tari nusantara. Kompetensi Dasar Indikator
ASPEK Mendengarkan Berbicara Membaca Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake

14.1. Memperagakan tari nusantara dengan pola lantai secara berkelompok.

14.1.1. Meragakan tari nusantara dengan pola lantai secara berkelompok.

14.2. Menggelar 14.2.1. Menyiapkan tari nusantara di pertunjukkan tari sekolah. nusantara di sekolah. 15.1. Mendeskripsikan 15.1.1. Mendeskripsikan kesesuaian kesesuaian fungsi fungsi, kekuatan dan kekuatan dan keindahan karya kerajinan karya kerajinan benda mainan beroda. benda mainan beroda. 15.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan. 16.1. Merancang mainan beroda. 16.2. Membuat benda mainan.
15.2.1. Menunjukkan karya kerajinan benda-benda yang beroda.

16.1.1. Membuat rancangan benda mainan yang beroda. 16.2.1. Membuat benda mainan yang beroda. RATA-RATA
##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### #####

Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/M

________________

_________

M)

EK Membaca Menulis KKM Kom SDP Intake KKM

EK

Membaca

Menulis KKM Kom SDP Intake KKM

EK Membaca Menulis

KKM Kom SDP

Intake KKM

EK Membaca Menulis

KKM Kom SDP

Intake KKM

##### ##### ##### ##### #####

…….…………, Juli 2007 Guru Kelas/Mata Pelajaran

_________________

M)

EK Membaca Menulis KKM Kom SDP Intake KKM

EK Membaca Menulis KKM Kom SDP Intake KKM

EK Membaca Menulis KKM Kom SDP Intake KKM

##### ##### ##### ##### #####

Guru Kelas/Mata Pelajaran

_________________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI (ENAM) SEMESTER I (SATU) TAHUN 2007/2008 ASPEK Kompetensi Dasar 1.1. Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia. Indikator Komp 1.1.1. Menjelaskan sistem administrasi wilayah Indonesia. 1.1.2. Menunjukkan pada peta wilayah administrasi Indonesia. 1.1.3. Menjelaskan sistem administrasi Indonesia. 1.2.1. Menceritakan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga. 1.2.2. Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam negara-negara tetangga. 1.2.3. Mengidentifikasi keadaan sosial negaranegara tetangga. 1.2.4. Mengidentifikasi ciri, sifat, cuaca atau iklim wilayah negara tetangga. 1.2.5. Membandingkan ciri-ciri gejala alam dan sosial Indonesia dengan negara-negara tetangga. 1.3.1. Menunjukkan pada peta letak dan namanama benua yang ada di dunia. 1.3.2. Menggambar peta benua-benua yang ada di dunia. 1.3.3. Mengidentifikasi ciri-ciri utama kenampakan alam pada masing-masing benua. 1.3.4. Menceritakan perkembangan yang terjadi pada benua Asia, Australia, Amerika, Eropa, Afrika (pada benua di dunia). Penguasaan Konsep SDP Intake KKM Komp Penerapan SDP

1.2. Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negaranegara tetangga.

1.3. Mengidentifikasi benuabenua.

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI (ENAM) SEMESTER II (DUA) TAHUN 2007/2008 ASPEK Kompetensi Dasar 2.1. Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga. Indikator Komp 2.1.1. Menunjukkan pada peta dan nama-nama negara-negar tetangga Indonesia. 2.1.2. Menguraikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia. 2.1.3. Menguraikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di negara-negara tetangga. 2.1.4. Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara tetangga. Penguasaan Konsep SDP Intake KKM Komp Penerapan SDP

2.2. Mengenal cara-cara 2.2.1. Menunjukkan jenis bencana alam di menghadapi bencana alam. Indonesia dan faktor penyebabnya. 2.2.2. Mendeskripsikan akibat adanya bencana alam. 2.2.3. Menjelaskan cara-cara menanggapi bencana alam. 3.1. Menjelaskan peranan 3.1.1. Menjelaskan terjadinya era globa;lisasi. Indonesia pada era 3.1.2. Mengidentifikasi bukti-bukti adanya globalisasi dan dampak globalisasi di lingkungan masyarakat. positif dan negatif 3.1.3. Membuat daftar perubahan perilaku terhadap kehidupan bangsa masyarakat setempat sebagai dampak Indonesia. dari era globalisasi (misalnya : gaya hidup, makanan, pakaian, komunikasi, nilai dan tradisi). 3.1.4. Menjelaskan peranan Indonesia di era globalisasi. 3.1.5. Menjelaskan dampak globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.

ASPEK Kompetensi Dasar Indikator Komp 3.2. Mengenal manfaat ekspor 3.2.1. Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan dan impor di Indonesia pertukaran barang dan jasa antara sebagai kegiatan ekonomi Indonesia dan luar negeri. antar bangsa. 3.2.2. Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang dan jasa. RATA-RATA #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0! Penguasaan Konsep SDP Intake KKM Komp Penerapan SDP

Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mata Pelajaran

________________

_________________

EK Penerapan Intake KKM

EK Penerapan Intake KKM

EK Penerapan Intake KKM

#DIV/0! #DIV/0!

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VI (ENAM) SEMESTER I (SATU) TAHUN 2007/2008 ASPEK Penguasaan konsep dan Penerapan Nilai-Nilai Komp SDP Intake KKM Komp SDP Intake KKM

Kompetensi Dasar 1.1. Mendeskripsikan nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Indikator 1.1.1. Menceritakan perjuangan para pahlawan untuk meraik kemerdekaan. 1.1.2. Menjelaskan proses perumusan dasar negara. 1.1.3. Menjelaskan berdirinya beberapa organisasi sosial politik. 1.1.4. Menyebutkan beberapa tokoh yang berperan dalam perumusan dasar negara. 1.1.5. Meneladani nilai-nilai Pancasila.

1.2. Menceritakan secara singkat nilai 1.2.1. Menceritakan proses penyusunan Piagam Jakarta. kebersamaan dalam proses 1.2.2. Mejelaskan penerapan nilai kebersamaan dalam perumusan Pancasila sebagai kehidupan sehari-hari. dasar Negara. 1.2.3. Menjelaskan proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. 1.3. Meneladani nilai juang para 1.3.1. Memberi contoh sikap yang meneladani nilai juang tokoh yang berperan dalam proses para pahlawan. perumusan Pancasila sebagai 1.3.2. Menunjukkan sikap meneladani nilai juang para Dasar Negara dalam kehidupan pahlawan. sehari-hari. 2.1. Menjelaskan proses pemilu dan pilkada. 2.1.1. Menjelaskan tujuh kunci pokok pemerintahan RI. 2.1.2. Menjelaskan maksud dan tujuan pemuli dan pilkada.

Kompetensi Dasar

Indikator

ASPEK Penguasaan konsep dan Penerapan Nilai-Nilai Komp SDP Intake KKM Komp SDP Intake KKM

2.2. Mendeskripsikan lembaga2.2.1. Menyebutkan lembaga-lembaga negara yang ada di lemabag negara sesai UUD 1945 Indonesia. hasil amandemen. 2.2.2. Menjelaskan tugas-tugas lembaga negara. 2.2.3. Menjelaskan proses pemilihan anggota lembaga negara.

2.3. Mendeskripsikan tugas dan fungsi 2.3.1. Mendeskripsikan arti pemerintah pusat dan daerah. pemerintah usat dan daerah. 2.3.2. Menjelaskan tugas dan fungsi pemerintah pusat dan daerah. RATA-RATA ##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### #####

Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mata Pelajaran

________________

_________________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VI (ENAM) SEMESTER II (DUA) TAHUN 2007/2008 ASPEK Penguasaan konsep dan Penerapan Nilai-Nilai Komp SDP Intake KKM Komp SDP Intake KKM

Kompetensi Dasar 3.1. Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara.

Indikator 3.1.1. Mengetahui negara-negara yang termasuk kawasan Asia Tenggara. 3.1.2. Menceritakan bentuk0-benteuk kerjasama yang dijalani oleh negara-negara di Asia Tenggara. 3.2.1. Menjelaskan peran Indonesia dalam ASEAN. 3.2.2. Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara. 4.1.1. Menjelaskan pentingnya polotik luar negeri yang bebas dan aktif. 4.1.2. Menjelaskan tujuan politik luar negeri yang bebas dan aktif. 4.2.1. Menjelaskan peranan Indonesia dalam percaturan internasional. 4.2.2. Memberi contoh peranan Indonesia dalam percaturan internasional. RATA-RATA

3.2. Memberikan contooh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara. 4.1. Menjelaskan politik luar negari Indonesia yang bebas dan aktif.

4.2. Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional.

##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### ##### …….…………, Juli 2007

Mengetahui

Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mata Pelajaran

________________

_________________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV (EMPAT) SEMESTER I (SATU) TAHUN 2007/2008 ASPEK Kompetensi Dasar 1.1. Cara mengatur meja makan dan menyajikan makanan. 1.1.1. 1.1.2. 2.1. membuat kue sedrhana (daerah dengan bahan yang mudah didapat. 2.1.1. 2.1.2. 2.1.3. 2.1.4. 2.1.5. 3.1. Cara memotong dan menjahit daster tanpa lengan. 3.1.1. 3.1.2. 3.1.3. 3.1.4. Indikator Siswa dapat memilih makanan yang tepat untuk meja makan pagi, siang, dan malam. Siswa dapat mengatur meja makan. Siswa dapat menceritakan bahan dan alat yang dipakai untuk membuat kue-kue sederhana. Siswa dapat menjelaskan tehnik pengolahan dengan direbus. Siswa dapat menjelaskan tehnik pengelolaan dengan di kukus dan digoreng. Siswa dapat menyajikan kue dengan alat yang tepat. Siswa dapat mengatur meja makan. Siswa dapat membuat pola daster tanpa lengan. Siswa dapat menjelaskan cara memotong daster tanpa lengan. Siswa dapat memotong daster tanpa lengan dengan langkah dan cara yang benar. Siswa dapat menjahit daster tanpa lengan dengan tangan. Penerapan Penguasaan konsep Komp SDP Intake KKM Komp SDP Intake KKM

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV (EMPAT) SEMESTER II (DUA) TAHUN 2007/2008 ASPEK Kompetensi Dasar Cara menggunakan alat pembersih. Cara menggunakan bahan pembersih. Memelihara pakaian dan kain (lenan). Indikator Menggunakan alat pembersih. Penerapan Penguasaan konsep Komp SDP Intake KKM Komp SDP Intake KKM

Menggunakan bahan pembersih.

Mencuci kain (lenan) rumah tangga dengan teknik yang benar. Praktek cara mengeringkan baju dengan benar. Menyetrika baju dan kain (lenan) rumah tangga. Menyampaikan secara lisan cara menyimpan pakaian dan kain (lenan) rumah tangga dengan benar. Menentukan bahan dan alat yang digunakan. Teknik penyajian kue. Praktek penyajian dengan alat yang tepat. Mempersiapkan bahan dan alat-alat. Teknik memperindah ruangan.

Menyajikan makanan khas daerah.

Menunjukkan berbagai cara memperindah ruangan.

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN KELAS II (DUA) TAHUN 2007/2008 ASPEK Kompetensi Dasar 1.1. Mengidentifikasi jenis 1.1.1. motip hias pada karya seni. 1.1.2. Indikator Komp Menyebutkan ciri-ciri motif hias pada karya senirupa nusantara. Menjelskan cara membatik. Apresiasi SDP Intake KKM Komp Kreasi

ASPEK Kompetensi Dasar Indikator Komp Apresiasi SDP Intake KKM Komp Kreasi

Kompetensi Dasar

Indikator Komp

ASPEK Apresiasi SDP Intake KKM Komp Kreasi

Kompetensi Dasar

Indikator Komp

ASPEK Apresiasi SDP Intake KKM Komp Kreasi

Kompetensi Dasar

Indikator Komp

ASPEK Apresiasi SDP Intake KKM Komp Kreasi

Kompetensi Dasar

Indikator Komp

ASPEK Apresiasi SDP Intake KKM Komp

Kreasi

Kompetensi Dasar

Indikator Komp

ASPEK Apresiasi SDP Intake KKM Komp Kreasi

RATA-RATA

###### ###### ###### ###### ######

Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mata Pelajara

________________

_________________

ASPEK Kreasi SDP Intake KKM

ASPEK Kreasi SDP Intake KKM

ASPEK Kreasi SDP Intake KKM

ASPEK Kreasi SDP Intake KKM

ASPEK Kreasi SDP Intake KKM

ASPEK Kreasi SDP Intake KKM

ASPEK Kreasi SDP Intake KKM

###### ###### ######

Guru Kelas/Mata Pelajaran

_________________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS II (DUA) TAHUN 2007/2008
ASPEK

Kompetensi Dasar

Indikator

Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

1.1. Merespon instruksi 1.1.1. Siswa dapat emngucapakan namasangat sederhana dengan nama benda di dalam kelas dan tindakan secara sekitarnya dengan ucapan dan berterima dalam kegiatan lafal yang tepat. di dalam dan di luar kelas. 1.2. Merespon instruksi 1.2.1. Siswa dapat melakukan kegiatan sangat sederhana dengan permainan tebak nama benda tindakan secara dengan tepat. berterima dalam berbagai permainan. 1.3. Memahami cerita lisan 1.3.1. Siswa dapat menentukan benar secara berterima dengan atau salah suatu pernyataan bantuan gambar. berdasarkan cerita gambar. 2.1. Bercakap-cakap untuk 2.1.1. Siswa dapat melakukan menyertai tindakan percakapan untuk memberi secara berterima yang contoh melakukan sesuatu, dan melibatkan tindak tutur : memberi petunjuk dengan ucapan memberi contoh dan lafal yang tepat. melakukan sesuatu, memberi aba-aba dan memberi petunjuk.

ASPEK

Kompetensi Dasar

Indikator

Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

2.2. Bercakap-cakap untuk 2.2.1. Siswa dapat mengucapkan isi teks meminta/memberi percakapan untuk meminta jasa/barang secara bantuan, memberi bantuan, berterima yang meminta sesuatu dan melakukan melibatkan tindak tutur : sesuatu dengan ucapan dan lafal meminta bantuan, yang benar. memberi bantuan, meminta barang dan memberi barang. 2.3. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur, mengingatkan, menyatakan suka/tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat dan mengusulkan. 2.4. Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : Would you please … dan My I. 2.3.1. Siswa dapat menggunakan ungkapan suka atau tidak suka (like/dislike) dalam percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Membaca nyaring teks 3.1.1. Siswa dapat membaca dengan fungsional pendek sangat nyaring teks bacaan dengan sederhana dengan ucapan ucapan dan intonasi yang tepat. dan intonasi
ASPEK

Kompetensi Dasar

Indikator

Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

yang tepat dan berterima. 3.1.2. Siswa dapat menjawab 3.2. Memahami teks 3.2.1. Siswa dapat melengkapi kalimat deskriptif bergambar dengan kata yang tepat sederhana dalam konteks berdasarkan gambar pada teks. sekitar peserta didik.

4.1. Menulis teks fungsional 4.1.1. Siswa dapat mengucapkan namapendek sangat sederhana nama buah-buahan dalam teks secara berterima. bacaan dengan ucapan dan intonasi yang tepat. 4.2.1. Siswa dapat membuat kartu ucapan sangat sederhana dengan ejaan yang tepat dan tujuan yang jelas untuk dapat diterima oleh orang lain. Misal :Happy Birtday … RATA-RATA
#### #### ##### #REF! #### #### ##### #REF! #### #### ##### #REF! #### #### ##### #REF!

…….…………, Juli 2007 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Kelas/Mata Pelajaran

________________

_________________

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VI (ENAM) SEMESTER II (DUA) TAHUN 2007/2008
ASPEK

Kompetensi Dasar

Indikator

Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

5.1. Merespon instruksi 5.1.1. Siswa dapat melengkapi kalimat sangat sederhana dengan yang belum selesai dengan kata tindakan maupun bahasa yang tepat. secara berterima dalam kegiatan di dalam dan di luar kelas. 5.2. Merespon instruksi 5.2.1. Siswa dapat membuat kalimat sangat sederhana dengan kalimat dengan ejaan yang benar tindakan maupun bahasa sesuai dengan gambar. secara berterima dalam berbagi permainan.

5.3. Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar.

6.1. Bercakap-cakap untuk 6.1.1. Siswa dapat melakukan menyertai tindak secara percakapan untuk memberi berterima yang contoh melakukan sesuatu, dan melibatkan tindak tutur : memberi petunjuk dengan ucapan memberi contoh dan lafal yang tepat. melakukan sesuatu, memberi aba-aba dan memberi petunjuk.

ASPEK

Kompetensi Dasar

Indikator

Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

6.2. Bercakap-cakap untuk 6.2.1. Siswa dapat mengucapkan isi teks meminta/memberi percakapan untuk meminta jasa/barangsecara bantuan, memberi bantuan, berterima yang meminta sesuatu dengan ucapan melibatkan tindak tutur : dan lafal yang benar. meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang dan memberi barang. 6.3. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur, mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan,menanyakan dan meminta kejelasn. 6.3.1. Siswa dapat menggunakan kosa kata tentang tempat-tempat umum dalam percakapan dengan lafal dan ucapan yang benar.

6.4. Mengungkapkan 6.4.1. Siswa dapat menggunakan kesantunan secara ungkapan would you please dan berterima yang may I dalam percakapan dan lafal melibatkan ungkapan : yang benar. Would you please … dan may I 7.1. Membaca nyaring teks 7.1.1. Siswa dapat membaca dengan fungsional pendek sangat nyaring teks bacaan dengan sederhana dengan ucapan ucapan dan intonasi yang tepat. dan intonasi yang tepat dan berterima.
ASPEK Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM Kom SDP Intake KKM

Kompetensi Dasar

Indikator

7.2. Memahami teks 7.2.1. Siswa dapat menjawab deskriptif bergambar pertanyaan sesuai dengan isi sederhana dalam konteks bacaan dengan tepat. sekitar peserta didik.

7.3. Memahami teks naratif bergambar sangat sedrehana.

7.3.1. Siswa dapat menentukan benar atau salah berdasarkan teks bacaan dengan tepat.

8.1. Menulis teks fungsional 8.1.1. Siswa dapat membuat kartu pendek sangat sederhana ucapan sederhana untuk orang secara berterima dalam lain dengan kalimat dan bahasa konteks peserta didik yang tepat, sederhana untuk orang pendek sangat sederhana lain dengan kalimat dan bahasa secara berterima dalam yang tepat. konteks peserta didik.

8.2. Menulis kartu-kartu ucapan sederhana secara berterima. RATA-RATA
#### #### ##### #REF! #### #### ##### #REF! #### #### ##### #REF! #### #### ##### #REF!

Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Kelas/Mata Pelajaran

________________

_________________

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->