P. 1
MAKALAH 2 - MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA BERBUDAYA DI UNIVERSITAS GUNADARMA

MAKALAH 2 - MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA BERBUDAYA DI UNIVERSITAS GUNADARMA

|Views: 614|Likes:
Published by anon_826910154

More info:

Published by: anon_826910154 on Oct 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/04/2015

pdf

text

original

Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin Topik Makalah

Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma
Kelas : 1-EA18 Tanggal Penyerahan Makalah : 22 Oktober 2012 Tanggal Upload Makalah : 23 Oktober 2012

PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun

NPM 14212611

Nama Lengkap MITA RAHMAWATI

Tanda Tangan

Program Sarjana Ekonomi Manajemen UNIVERSITAS GUNADARMA
MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page i

KATA PENGANTAR
Asslamualaikum Wr.Wb Segala Puji dan Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan limpahan Rahmat-Nyalah maka saya di izinkan menyelesaikan sebuah malakah dengan tepat waktu. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak. Burhan Amin selaku Dosen Ilmu Budaya Dasar, berkat beliau saya dapat menyelesaikan makalah ini, banyak belajar dalam pembuatan makalah dengan baik dan benar. Dan berterimakasih kepada teman-teman 1EA18 yang sudah memberikan bantuan dalam kesulitan saya membuat makalah ini. Makalah ini membahas tentang “Membentuk Karakter Mahasiswa

Berbudaya di Universitas Gunadarma” yang menurut saya dapat memberikan
manfaat yang besar bagi kita dan saya menyadari makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran saya butuhkan untuk membangun. Harapan saya, semoga malakah ini dapat memberikan sumbangan ilmu yang berharga dalam upaya kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan untuk itulah, segala tegur sapa, kritik dan saran yang bersifat konstrukrif akan sangat saya hargai demi penyempurnaan makalah ini dimasa yang akan datang. Demikian makalah ini saya buat, selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi kita semua amin.

Bekasi, 21 Oktober 2012

Penyusun

MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page ii

DAFTAR ISI
Pernyataan ........................................................................................................................ i Kata pengantar ................................................................................................................. ii Bab I Pendahuluan ........................................................................................................ 1 1.1 LatarBelakang ………………........................................................................ 1 1.2 Tujuan………………………………………………………………………. 3 1.3 Sasaran ……………………………………………………………………... 3 Bab II Permasalahan ……………………..................................................................... 4 2.1 Kekuatan (Strength) ………………………………....................................... 4 2.2 Kelemahan (Weakness) ……………………………………………………. 5 2.3 Peluang (Opportunity) …………………………........................................... 5 2.4 Tantangan/Hambatan( Threats) ……………………………………………. 6 Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi ……………………………………………... 7 1.1 Kesimpulan ................................................................................................... 7 1.2 Rekomendasi.................................................................................................. 7 Daftar Pustaka ................................................................................................................. 8

MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page iii

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang

Mahasiswa sebutan bagi mereka yang menduduki pendidikan di perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Mahasiswa merupakan bagian dari faktor pendorong sekaligus memberikan semangat atau memberikan dukungan positif untuk para generasi muda. Peran mahasiswa dalam masyarakat secara garis besar dapat digolongkan sebagai control social dan peran sebagai pembaharuan yang di harapkan mampu melakukan pembaharuan terhadap system yang sudah ada.

Sebagai mahasiswa yang didalamnya terisi oleh para intelektual bangsa dan calon-calon pemimpin masa depan yang mempunyai spesifikasi ilmu tentunya tidak ingin kebudayaan kita menjadi terkikis bahkan lenyap karena pengaruh karena kebudayaan luar. Mahasiswa memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pelestarian seni dan budaya daerah. Hal ini didasari oleh asumsi bahwa mahasiswa merupakan anak bangsa yang menjadi penerus kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.

Pembentukan kesadaran kultural mahasiswa antara lain dapat dilakukan dengan pengoptimalan peran mereka dalam pelestarian seni dan budaya daerah. Semakin berkembangnya kemajuan di Era Globalisasi ini membuat kita menyadari bahwa tiap individu memilki fungsi serta peranannya masing-masing termasuk sebuah lingkungan universitas atau kampus.

MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page iv

Mereka semua yang berada didalam lingkungan kampus itu menjadi elemen dari satu kesatuan yang memiliki peran yang saling berkaitan. Optimalisasi peran mahasiswa dalam pelestarian seni dan budaya daerah dapat dilakukan melalui intrakurikuler dan ekstrakulikuler dengan menjadikan seni dan budaya daerah sebagai substansi mata kuliah atau dengan memanfaatkan unit kegiatan mahasiswa kesenian dan keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan seni dan budaya yang di selenggarakan oleh berbagai pihak demi melestarikan seni dan kebudayaan kita.

MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page v

1.2 Tujuan
Tujuan utama penulisan makalah ini disamping untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, ialah memberikan pandangan kepada masyarakat dan yang paling penting untuk membentuk karakter mahasiswa berbudaya di Universitas Gunadarma. Agar ikut serta bercampur tangan melestarikan budaya bangsa kita. Makalah ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat untuk lapisan masyarakat terutama kaum muda supaya melihat budaya daerah kita, yang mulai diabaikan bahkan hilang akibat Era Globalisasi. Dan untuk menyadari para mahasiswa dan masyarakat semua untuk melestarikan, menjaga, memperkenalkan kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional kita kepada bangsa luar. Serta sadar akan uniknya kebudayaan nasional Indonesai, sehingga sebagai warga Indonesia patut bangga dengan kebudayaan bangsanya sendiri. Sehingga tidak terjadi pencurian kebudayaan ataupun hilangnya kebudayaan kita dari peradaban.

1.3 Sasaran
Makalah ini dibuat buat untuk generasi-generasi muda baik dilingkungan Universitas Gunadarma, maupun generasi-generasi muda yang berada diluar lingkungan Universitas Gunadarma untuk tetap mau melestarikan kebudayaan bangsa kita ini, yang merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia sekaligus merupakan unsur terbentuknya budaya nasional Indonesia. Sehingga budaya Indonesia dapat terjaga, lestari, digemari, dikenali, dihargai minimal oleh warganya sendiri. Jika semua sudah terjadi seperti halnya di atas, yaitu telah sadarnya warga Indonesia akan budayanya sendiri, maka negara luar pun akan menghargainya dan tidak akan terjadi pencurian kebudayaan ataupun hilangnya kebudayaan kita dari peradaban dan agar pembaca dapat mengetahui serta memahami analisis SWOT yang telah di jelaskan.
MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page vi

BAB II PERMASALAHAN
Kebudayaan Bangsa Indonesia merupakan salah satu yang sangat cepat perkembangannya. Tetapi tidak menutup kemungkinan banyak sekali kebudayaan asing yang sudah mulai menyaingi bahkan mengakui salah satu kebudayaan Indonesia adalah kebudayaan Bangsa lain pada Era Globalisasi saat ini. Hal seperti ini yang sangat harus di perhatikan oleh Generasi kita khususnya di kalangan Mahasiswa Universitas Gunadarma untuk melestarikan, menjaga, memperkenalkan kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional kita kepada bangsa luar. Analisis SWOT permasalahan Membentuk Karakter Mahasiswa

Berbudaya

di

Universitas

Gunadarma

dengan

memperhatikan

dan

mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek : 2.1 Strength (kekuatan)  Rasa Nasionalisme Mahasiswa Universitas Gunadarma yang kuat terhadap kebudayaan Indonesia dapat membangun karakter mahasiswa yang berbudaya.  Mempunyai pemikiran yang dewasa serta mendasar dan mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut melestarikan atau mengembangkan budaya bangsa leluhur kita.  Mahasiswa Gunadarma memiliki rasa simpatik, rasa percaya diri, atau rasa tanggung jawab , maupun rasa nasionalisme untuk melestarikan dan bahkan mengembangkan Budaya Indonesia untuk membentuk Mahasiswa yang berkarakter.  Terciptanya kedisiplinan dan peningkatan rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan Universutas Gunadarma

MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page vii

2.2 Weakness (Kelemahan)  Manusia kini menjadi resah dan gelisah karena Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budaya.  Pengaruh Globalisasi dapat membawa dampak pergaulan oleh Mahasiswa, Mahasiswa kurang menyakini kebudayaan Indonesia yang beranekaragam karena Kurangnya rasa apresiasi dan kebanggaan dari mahasiswa yang kini terbawa Sangat minimnya sosialisasi kebudayaan Indonesia kepada mahasiswa. karena pergaulan yang negative dapat merubah karakter mahasiswa itu sendiri.  dipengaruhi oleh budaya luar.  kabudayaan lain yang menurut mahasiswa lebih keren. 

2.3 Opportunities (Peluang)

Terciptanya infrastruktur sarana dan prasarana ekstrakulikuler di kampus

Gunadarma demi kelangsungan mahasiswa untuk membentuk karakter mahasiswa yang burbudaya.  Pengukuhan rasa solidaritas yang tinggi antar mahasiswa menimbulkan hal yang

positif dalam pelestarian kebudayaan untuk membangun karakter mahasiswa yang berbudaya.  Mahasiswa bertanggung jawab atas kewajibannya selain lulus dengan IPK

terbaik, berorganisasi dimana pun dan juga membangun karakter mahasiswa berbudaya.  Pemanfaatan unit kegiatan mahasiswa (UKM) untuk kelangsungan dan

keikutsertaan mahasiswa dalam membangun/membentuk mahasiswa yang berkarakter budaya.
MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page viii

2.4 Threats (Tantangan dan Hambatan)  Minimnya kestabilan kampus untuk menjalankan perannya, meskipun jumlah

pengurus yang berada didalam kamus tapi tidak berati hal ini dengan mudah untuk dijalankan tetapi selalu saja memiliki kendala untuk melestarikan nilai kebudayaan didalam lingkungna kampus.  Peningkatan dalam mutu kepekaan mahasiswa tehadap hal yang positif dan

kemampuan mahasiswa untuk membentuk karakter mahasiswa berbudaya di lingkungan Gunadarma.  Banyak tempat untuk menampung aspirasi dan kreativitas mahasiswa yang oleh kampus tetapi kurangnya kesadaran mahasiswa untuk

tersedia

memanfaatkannya.  Pengembangan Pusat kebudayaan di Universitas Gunadarma sangat minim

,sehingga untuk pengembangan kebudayaannya sendiri berkurang sehingga semakin terbelakang kebudayaan bangsa indonesia dalam lingkungan kampus.

MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page ix

.

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

KESIMPULAN
Mahasiswa Gunadarma harus memiliki rasa simpatik, rasa percaya diri, atau rasa tanggung jawab, maupun rasa Nasionalism untuk melestarikan dan bahkan mengembangkan Kebudayaan Indonesia demi membentuk karakter mahasiswa Berbudaya. Sebagai intelektual muda yang kelak menjadi pemimpin-pemimpin bangsa, pada mereka harus bersemayam suatu kesadaran kultural sehingga keberlanjutan negara bangsa Indonesia dapat dipertahankan. Pembentukan kesadaran kultural mahasiswa antara lain dapat dilakukan dengan pengoptimalan peran mereka dalam pelestarian seni dan budaya daerah.

REKOMENDASI

A. Mahasiswa Gunadarma memiliki rasa simpatik, rasa percaya diri, atau rasa tanggung jawab , maupun rasa nasionalisme untuk melestarikan dan bahkan mengembangkan Budaya Indonesia untuk membentuk Mahasiswa yang berkarakter. B. Pengaruh Globalisasi dapat membawa dampak pergaulan oleh Mahasiswa, karena pergaulan yang negative dapat merubah karakter mahasiswa itu sendiri. C. Terciptanya infrastruktur sarana dan prasarana ekstrakulikuler di kampus Gunadarma demi kelangsungan mahasiswa untuk membentuk karakter mahasiswa yang burbudaya. D. Peningkatan dalam mutu kepekaan mahasiswa tehadap hal yang positif dan kemampuan mahasiswa untuk membentuk karakter mahasiswa berbudaya di lingkungan Gunadarma.
MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page x

DAFTAR PUSTAKA

http://lppse-dikdas-2.blogspot.com/ http://www.scribd.com/doc/90141226/PERAN-UNIVERSITAS-GUNADARMA http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/04/pengaruh-kampus-terhadap-perilakumahasiswa-dalam-pembentukan-budaya-akademik/ http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/ilmu-budaya-dasar-sebagai-penbentukkepribadian-mahasiswa/ www.google.co.id/url? sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=21&cad=rja&ved=0CBwQFjAAOBQ&url=h ttp://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/ilmu-budaya-dasar-sebagai-penbentukkepribadianmahasiswa/&ei=5IaDUICyLMfSrQer2YHgCg&usg=AFQjCNFmQPBIjPxSYRurvMf9v zTDtwO_OQ&sig2=9GCXK5GHY288vyKnTbJTnA

MAKALAH 2 “Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma”

Page xi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->