P. 1
Buah Lemon Dan Khasiatnya

Buah Lemon Dan Khasiatnya

|Views: 333|Likes:
Published by Hendrayandi Yandi
flora
flora

More info:

Published by: Hendrayandi Yandi on Oct 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2014

pdf

text

original

Misteri Buah Lemon

Sejarah Buah Lemon

Hai sahabat …tau tidak misteri asal usul buah lemon, meskipun secara luas dianggap bahwa lemon pertama tumbuh di India, Burma utara, dan Cina. Buah lemon awalnya dikenal karena bersifat antiseptik dan dapat digunakan sebagai penangkal untuk berbagai racun. Lemon masuk ke Eropa (di dekat Italia selatan) paling lambat pada abad ke-1 Masehi, pada masa Romawi Kuno. Namun, mereka tidak banyak dibudidayakan. Ia kemudian diperkenalkan ke Persia dan kemudian ke Irak dan Mesir sekitar tahun 700. Lemon pertama kali tercatat dalam literatur dalam risalah Arab abad ke-10 pada pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di kebun Islam. Ia didistribusikan secara luas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediterania antara AD 1000 dan AD 1150. Asal mula genetik lemon dilaporkan berasal dari perpaduan hibrida antara jeruk asam dan jeruk. Budidaya jeruk terbesar pertama di Eropa dimulai di Genoa pada pertengahan abad ke-15.Kemudian diperkenalkan ke Amerika tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon untuk Hispaniola sepanjang perjalanan itu. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon. Hal ini terutama digunakan sebagai ornamen dan obat Pada abad 18 dan 19, lemon semakin ditanam di Florida dan California, ketika lemon mulai digunakan dalam masakan dan pemberi aroma. Pada 1747, James Lind's melakukan percobaan pada pelaut menderita penyakit kudis dengan menambahkan vitamin C untuk diet mereka dengan jus lemon. Jalur etimologi dari kata lemon ditemukan dalam dokumen Inggris Tengah 1420-1421, berasal dari kata Lama Prancis , Limone Italia, laymūn Arab dan līmūn Persia.

Manfaat-Manfaat Buah Lemon 1.Penyedap Rasa Irisan kulit lemon adalah bahan yang sering digunakan untuk menambah rasa kuat khas sitrus yang berasal dari air pada kulit lemon itu. Umumnya irisan kulit lemon ini digunakan sebagai garnish, tergantung dari resep yang digunakan. Kadang digunakan dengan potongan-potongan kecil, kadang juga digunakan dalam bentuk irisan panjang, yang pasti menghindari bagian putih di bawah kulit lemon karena sangat pahit.
2.Daun Selada Lebih Renyah Tidakkah kesal jika daun selada yang kita ingin makan untuk salad terasa lembek? Coba buat daun selada itu kembali renyah dengan merendamnya dalam air dingin bercampur air perasan setengah buah lemon. Kemudian, simpan rendaman tersebut sekitar 1 jam, keringkan, dan selada siang dinikmati renyah. Namun, cara ini tidak akan berhasil pada daun selada yang sudah terlalu busuk dan mulai keluar cairan. 3.Bikin Tahan Lama Buah alpukat, apel, pir, persik, dan aprikot mudah berubah warna menjadi

kecokelatan setelah dikupas dan didiamkan. Supaya tidak terjadi, siram buah yang sudah dikupas itu dengan air perasan lemon. Namun, tentu, karena rasa lemon yang cukup kuat, ia bisa saja mengubah sedikit rasa dari buah itu. 4.Menambah Rasa Tahukah sahabat, dengan meneteskan perasan air lemon di atas makanan bisa membantu Anda mengurangi asupan sodium? Kebanyakan kita sering makan banyak sodium yang tidak sehat sehingga meningkatkan tekanan darah, yang bisa berakibat pada serangan jantung atau stroke. Perasan air jeruk memberikan tambahan rasa pada makanan yang bisa menggantikan penambah rasa yang tinggi sodium itu. Coba berikan air perasan lemon di atas ayam, daging, seafood, dan sayuran. Air perasan lemon bahkan bisa juga digunakan pada tahu. kita akan melihat bahwa lemon bisa menguatkan rasa alami dari makanan yang umumnya tertutup garam. Selain lemon, hal ini juga bisa kita terapkan menggunakan buah nanas, jeruk, dan limau. 5.Lawan Kanker Menurut BBC, meminum segelas teh hitam atau hijau dengan buah lemon bisa menurunkan sekitar 70 persen risiko kanker kulit. Lemon membantu mencegah kulit terbakar, dan sebagai pencegah kanker kulit. Kandungan dari kombinasi teh dan lemon melindungi tubuh dari bahaya sinar matahari (penyebab utama kanker kulit). Sahabat harus meminum daun teh baru yang baru diseduh bersama buah lemon segar. Es teh tidak seefektif pada pencegahan kanker karena air dari es yang mencair melarutkan zat efektif yang ada di lemon dan teh. 6.Penambah Segar Minuman Cuaca panas bisa membuat mood dan semangat menguap. Salah satu cara yang bisa sahabat lakukan untuk menambah kesegaran adalah dengan membuat es batu dari perasan lemon. Belah dua sebuah lemon segar, lalu campurkan ke dalam air yang akan digunakan untuk mengisi cetakan es batu. Es batu yang berisi perasan air jeruk itu bisa kita gunakan untuk ditambahkan pada minuman segar di hari yang panas. 7.Lemonade jika sahabat memiliki banyak buah lemon, kita bisa membuat minuman lemonade. Tak perlu membuat minuman asam dari buah lemon saja, tambahkan cairan segar lainnya, seperti jus semangka atau nanas. Atau, jika memang ingin mencoba membuat lemonade seperti yang sering di film-film barat, kita bisa buat dari campuran air perasan lemon, gula, air, dan es batu. 8.Menjaga Kesehatan Sebenarnya, air perasan lemon tanpa gula adalah hal yang menyehatkan. Contoh, seperti yang disarankan Wellsphere, saat tenggorokan sedang radang, berkumur dengan campuran air dengan perasan lemon selama 1 menit, 3 kali sehari bisa mengurangi rasa tak nyamannya. Sekaligus bisa membantu membersihkan ginjal, hati, dan darah.

Wow…ternyata buah lemon khasiatnya luar biasa, tidak hanya enak tetapi juga menyehatkan. Sungguh Tuhan itu baik, Dia menciptakan beraneka ragam tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita. (Rosian Pangaribuan).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->