Keamanan Wireless

anggota: Fauzan Sandy Pradana (12561) Yohanes Santoso H (12479) Andika Indra Wardana (12607) Adrianus Diyan Pandur (12867)

Denial of Service(DoS) .Serangan Man In The Middle 3.Jenis-jenis Serangan Jenis-jenis serangan yang dapat dilakukan terhadap jaringan wireless antara lain adalah: 1.Akses yang tidak sah 2.

merupakan masalah yang vital dalam pengelolaan jaringan wireless dikarenakan jaringan wireless terbuka di dalam rentang sinyal-sinyal wireless tanpa harus terkoneksi secara fisik. .Akses yang Tidak Sah .

MITM(Man In The Middle) .Cara mengatasi serangan ini yaitu dengan merancang topologi yang dibuat sedemikian sehingga serangan ini tidak dapat dilakukan. . .Penyerang menempatkan diri mereka di antara target dan router atau gateway dari target.

.

dll .serangan teardrops 4. Contoh: 1.ICMP flooding 2.DoS(Denial of Service) adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar.serangan SYN 3.

MAC filtering 5.Penyembunyian SSID 2.Captive portal .Pengamanan dengan kunci WPA-PSK dan WPA2-PSK 4.Pengamanan Jaringan Langkah-langkah pengamanan jaringan yang dapat dilakukan terhadap jaringan wireless: 1.Pengamanan dengan kunci WEP 3.

Penyembunyian SSID Pembunyikan Services Set Id (SSID) jaringan wireless berguna agar hanya yang mengetahui SSID yang dapat terhubung ke dalam jaringan tersebut. Akan tetapi. dengan menggunakan tools tertentu. SSID yang di-hidden dapat terlihat. .

algoritma RC4 yang digunakan dapat dipecahkan dengan mudah 2.kunci yang lemah. Namun demikian.Pengamanan dengan Kunci WEP WEP merupakan standart keamanan & enkripsi pertama yang digunakan pada wireless. kunci WEP memiliki beberapa kelemahan.WEP menggunakan kunci yang bersifat statis . antara lain: 1.

yakni dengan metode brute force attack secara offline. Saat ini yang sudah dapat di crack adalah WPA-PSK. gunakanlah passphrase yang cukup panjang (satu kalimat) . -Untuk mencegah adanya serangan terhadap keamanan wireless menggunakan WPA-PSK. dan WPA-RADIUS.Pengamanan dengan Kunci WPA-PSK dan WPA2-PSK -WPA merupakan teknologi keamanan sementara yang diciptakan untuk menggantikan kunci WEP. Ada dua jenis yakni WPA personal (WPA-PSK).

karena MAC address sangat mudah dispoofing atau bahkan dirubah. -Namun demikian. . MAC filtering bekerja dengan cara mengatur bahwa yang dapat mengakses jaringan hanyalah komputer dengan MAC address tertentu saja.MAC Filtering -Hampir setiap wireless access point maupun router difasilitasi dengan keamanan MAC filtering. hal ini sebenarnya tidak banyak membantu dalam mengamankan komunikasi wireless.

Captive portal masih dimungkinkan digunakan tanpa otentikasi karena IP dan MAC adress dapat dispoofing 2. sehingga dengan mudah dapat disadap oleh para hacker . -Captive portal masih memiliki kelemahan antara lain: 1.Captive Portal -Captive portal merupakan mesin router atau gateway yang memproteksi atau tidak mengizinkan adanya trafik hingga user melakukan registrasi/otentikasi. Komunikasi data atau trafik ketika sudah melakukan otentikasi (terhubung jaringan) yang dikirimkan masih belum terenkripsi.

Kesimpulan Keamanan jaringan wireless memang lebih lemah bila dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. . karena jaringan wireless menggunakan sinyal di mana setiap orang yang masuk dalam jangkauannya dapat terhubung. Pengamanan jaringan wireless pun masih memiliki kelemahankelemahan yang dapat dieksploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

. ndur... sing bagi kowe wae. sing adil...Yooo. bagi sama rata . Iki dibagi-bagi sik wae po? ngko malah dadi bingung lho...