P. 1
MAKALAH IBD-2

MAKALAH IBD-2

|Views: 63|Likes:
Published by Faisal Reza

More info:

Published by: Faisal Reza on Oct 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin Topik Makalah Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya

di Universitas Gunadarma Kelas : 1-EA18 Tanggal Penyerahan Makalah : 22 Oktober 2012 Tanggal Upload Makalah : 23 Oktober 2012

PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun

NPM 12212695

Nama Lengkap Faizal Reza

Tanda Tangan

Program Sarjana Ekonomi Manajemen UNIVERSITAS GUNADARMA

1

KATA PENGANTAR

Awalnya saya mengucap syukur ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmatNya saya bisa mengerjakan dan menyelesaikan makalah yang berjudu Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma. Makalah ini di buat untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.

Dan penulis tidak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah Ilmu Budaya Dasar ini Bapak Muhammad Burhan Amin yang telah memberikan pengarahan untuk membuat makalah ini. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.

Penulis mengharapkan semoga apa yang sudah di buat di makalah ini dapat memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat bagi pengetahuan kita semua tentang topik penjelasan Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma.

Bekasi, 22 Oktober 2012

Faizal Reza

2

DAFTAR ISI
Pernyataan Kata pengantar Daftar Isi Bab I : Pendahuluan I. II. III. Latar Belakang ………………........................................................................... Tujuan ………………………………………………………………………… Sasaran ………………………………………………………………………… 1 2 3 4 4 5 5 6 6 6 7

Bab II : Permasalahan I. II. III. IV. Kekuatan (Strength) ……………………………….............................................. Kelemahan (Weakness) ………………………………………………………… Peluang (Opportunity) …………………………..................................................

Tantangan/Hambatan ( Threats) ………………………………………………… 7 8 8 8 9

Bab III : Kesimpulan dan Rekomendasi I. II. Kesimpulan ........................................................................................................... Rekomendasi .........................................................................................................

Referensi ...........................................................................................................................

3

BAB I PENDAHULUAN I. LATAR BELAKANG

Karakter tidak bisa diwariskan, karakter tidak bisa dibeli dan karakter tidak bisa ditukar. Karakter harus DIBANGUN dan DIKEMBANGKAN secara sadar hari demi hari dengan melalui suatu PROSES yang tidak instan. Karakter bukanlah sesuatu bawaan sejak lahir yang tidak dapat diubah lagi seperti sidik jari. karakter bisa digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya dimana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri. Karakter seperti: 1. Pemarah 2. Sabar 3. Ceria 4. Pemaaf 5. Tidak percaya diri 6. Bijaksana Dan banyak lainnya karena setiap manusia pasti mempunyai karakter yang berbeda.Manusia sebagai makhluk individu-sosialis mempunyai karakter sosial yang kuat berbeda dengan makhluk-makhluk hidup lainnya.Karakter Bisa disebut juga (Karakteristik), ataupun dalam bahasa inggris (charateristic).Untuk menunjukan ekstitensi dirinya manusia pasti mempunyai ciri khas karakter sendiri-sendiri.

4

II.

TUJUAN Tujuan makalah ini : 1. Memenuhi tugas dari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. 2. Menjelaskan analisis SWOT terhadap mahasiswa/i Universitas Gunadarma dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya. 3. Mengajak para Mahasiswa/i Universitas Gunadarma untuk melestarikan kebudayaan. 4. Memberikan referensi dan pengetahuan bagi penulis dan pembaca.

III.

SASARAN Sasarannya kepada mahasiswa/i Universitas Gunadarma ataupun semua Mahasiswa/i yang lain untuk lebih mengenal dan melestarikan kebudayaan, tidak lupa juga bagi masyarakat, pembaca dapat mengerti apa itu analisis SWOT terhadap Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya dan pembaca dapat melakukan pelestarian terhadap generasi-generasi selanjutnya.

5

BAB II PERMASALAHAN

Analisis permasalahan Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Univeristas Gunadarma dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :

1. Kekuatan (Strength) a) Rasa Nasionalisme Mahasiswa menjunjung tinggi rasa nasionalis terhadap budaya yang di pilih,dan dapat menjaga norma-norma budaya. b) Mahasiswa merupakan penerus generasi bangsa. c) Mengapresiasikan keahlian dalam bidang seni. 2. Kelemahan (Weakness) a) Pengaruh Budaya Asing Mahasiswa lebih bisa menerima budaya asing yang masuk dari pada budayanya sendiri. b) Kurangnya rasa kebanggan Mahasiswa kurang merasa bangga menggunakan buatan negaranya sendiri,dan menjadikan bangga ketika menggunakan buatan luar negeri. c) Ketidak pedulian mahasiswa Ketidak pedulian mahasiswa untuk menjaga dan melestarikan budayanya sendiri.

6

3. Peluang (Opportunities) a) Mahasiswa dapat menggunakan perkembangan multimedia untuk menciptakan suatu budaya yang ingin di kenal banyak orang (promosi). b) Rasa persatuan dan kesatuan membuat rasa perduli terhadap sesama semakin tinggi. c) Mahasiswa yang mempunyai keahlian tertentu apalagi yang berhubungan dengan kebudayaan,itu bisa di salurkan melalui ekskul/UKM di kampus. 4. Tantangan dan Hambatan (Threats) a) Pengetahuan budaya yang minim karena banyaknya budaya luar yang masuk ke Indonesia. b) Kurangnya mahasiswa untuk melestarikan kebudayaannya sendiri c) Sedikitnya yang sadar untuk memanfaatkan infrastruktur sarana pendukung untuk mengeksplor kebudayaan.

7

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

I.

KESIMPULAN

1. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, jadi sebagai mahasiswa harus menjaga dan melestarikan budaya untuk penerus yang akan datang.

2. Dianjurkan mahasiswa untuk tidak terlalu mengikuti perkembangan budaya asing. Boleh,tetapi mempunyai batasan-batasan untuk memahami budaya nya sendiri.

3. Nasionalisme antar sesama mahasiswa/masyarakat untuk Membentuk Karakter Berbudaya. 4. Adanya kebanggan dalam diri mahasiswa/i, tidak malu dengan kebudayaan sendiri.

II.

REKOMENDASI

1. Meminimalisasi kebudayaan luar yang masuk demi keutuhan kebudayaan kita. 2. Seni dan budaya daerah perlu di lestarikan karena masih berguna dan relevan dengan kehidupan. 3. Adanya kesadaran dari mahasiswa/i itu sendiri.

8

REFERENSI

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Karakter 2.

9

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->