BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan Lembaga Pemerintah Non Departeman yang mengemban tugas dari pemerintah untuk melaksanakan kegiatan statistik dengan tujuan untuk menyediakan data statisik yang lengkap, akurat dan mutakhir dalam rangka mewujudkan terciptanya Sistem Statistik Nasional yang handal, efektif dan efisien guna mendukung pembangunan nasional. Dalam menyajikan stastistik dasar, BPS menyelenggarakan sensus, survey, kompilasi produk administrasi dan cara lain sesuai dengan perkembanagn iptek yang dapat dilakukan secara berkala, terus menerus, dan atau sewaktu-waktu yang periode pelaksanaanya ditetapkan oleh Kepala BPS dengan memperhatikan kebutuhan data baik dari pemerintah maupun masyarakat. Bagi mereka yang membutuhkan informasi berkaitan dengan hasil sensus, survey yang dilakukan BPS khususnya wilayah Kalimantan Tengah dapat berkunjung ke Perpustakaan BPS Provinsi Kalimantan Tengah. Perpustakaan pada BPS Provinsi Kalimantan Tengah memiliki koleksi buku yang meliputi publikasi-publikasi BPS Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu, terdapat juga publikasi-publikasi statistik yang diterbitkan oleh BPS Pusat dan Publikasi dari lembaga lainnya. Buku buku tersebut disediakan Perpustakaan BPS Propinsi Kalimantan Tengah untuk dapat digunakan oleh pengunjung yang membutuhkan informasi yang berhubungan dengan publikasi dan pustaka-pustaka statistik. Selama ini apabila ada pegunjung yang datang ke perpustakaan BPS Provinsi Kalimantan Tengah, akan dipersilahkan terlebih dahulu untuk mengisi buku tamu secara manual. Jika pengunjung kesulitan dalam menemukan buku, maka pengunjung dapat bertanya kepada petugas perpustakaan tentang keberadaan buku yang sedang dicari pengunjung tersebut. Dengan menggunakan

insert dan delete data pada apliksi ini dan pengunjung hanya diberikan fasilitas untuk mengisi buku tamu dan fitur pencarian buku  Aplikasi ini hanya mencatat informasi buku apa saja yang dicari pengunjung tanpa ada pencatatan tentang peminjaman buku karena pada perpustakaan ini tidak mengijinkan untuk peminjaman buku. atau jenis buku yang paling banyak dicari pengunjung. pengunjung hanya diijinkan . 1. 1.2. Batasan Masalah Sesuai dengan latar belakang yang telah dikemukakan diatas dan agar penulisan tidak menyimpang dari materi yang ada. ketersedian buku di perpustakaan tersebut. maka dalam pembuatan aplikasi ini perlu dibatasi ruang lingkup pembahasan yang meliputi :  Dalam sistem hanya petugas perpustakaan saja yang dapat mengupdate. Dengan adanya program ini diharapkan nanti dapat membantu petugas perpustakaan dalam melakukan pengelolaan perpustakaan dan pencarian informasi bisa menjadi lebih baik.aplikasi perpustakaan ini diharapkan pengunjung dapat dengan mudah mencari sendiri informasi tentang buku yang sedang mereka cari seperti judul buku. Hal ini cukup merepotkan petugas perpustakaan dan tidak efisien apalagi jika petugas harus mencari tahu jenis buku terbanyak dicari misalnya dalam satu tahun. jika petugas perpustakaan membutuhkan informasi seperti pengunjung terbanyak berasal dari kalangan mana misalnya. isi buku dan letak buku yang sedang dicari sehingga nantinya akan meringankan tugas pengurus perpustakaan Selain itu. Rumusan Masalah Rumusan masalah dalam pembuatan aplikasi perpustakaan ini adalah bagaimana membuat aplikasi perpustakaan yang ramah (user friendly) dan mudah digunakan dalam melakukan pencatatan perpustakaan bagi pengurus perpustakaan dan juga memudahkan pengunjung dalam melakukan pencarian buku yang dinginkan.3. petugas perpustakaan harus mencari dan membuka kembali buku tamu.

 Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6. Adapun metode penelitian yang penulis lakukan adalah metode penelitian lapangan (Field Research) Penelitian ini dilakukan penulis secara langsung di lapangan.0 dan SQL Server 2000 sebagai database.  Tujuan dari dibuatnya aplikasi perpustakaan ini adalah untuk memudahkan petugas perpustakaan dalam penginputan. Metode Penelitian Untuk menyusun tugas akhir ini. buku apa saja yang paling banyak dicari dan informasi tentang pengunjung yang datang  Memberikan kemudahan bagi tamu yang sedang mencari buku untuk menemukan informasi buku yang mereka perlukan. seperti ketersedian buku yang sedang mereka cari. penanganan data dan informasi dapat diakses secara cepat. Universitas Palangka Raya pada tahun 2010. Maksud dan Tujuan Pengembangan Sistem Adapun maksud dari perancangan sistem informasi ini adalah untuk memenuhi tugas sebagai syarat yang ditempuh pada Mata Kuliah Kerja Praktek(KP) di Jurusan Teknik Informatika. . Fakultas Teknik.5.untuk membaca buku dilingkungan perpustakaan. 1. tepat dan akurat misalnya pencatatan buku yang masuk. penulis melakukan penerapan metode penelitian dalam memperoleh data yang dibutuhkan sehingga penyusunan tugas akhir ini dapat diselesaikan dengan baik. dimana letak buku yang sedang merka cari di dalam perpustakaan tersebut tanpa harus bertanya langsung kepada petugas perpustakaan yang ada 1. dalam hal ini penulis melakukan penelitian pada Perpustakaan sebagai objek penelitian. buku buku apa saja yang dimiliki.4. Tujuan yang bersifat sistem yaitu sebagai berikut.

BAB II GAMBARAN UMUM TEMPAT KERJA PRAKTEK Bab ini menjelaskan secara singkat sejarah dari Pemerintah Kota Palangka Raya. Tujuan menjelaskan secara spesifik hal-hal yang ingin dicapai e. . dengan menggunakan sistematika sebagai berikut. Karakteristik dari model waterfall ini antara lain :   Aktivitas mengalir dari satu fase ke fase lainnya secara berurutan. struktur organisasinya dan bidang usaha yang dikerjakan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya tempat Mahasiswa melakukan Kerja Praktek. Batasan masalah menjelaskan masalah yang di bahas akan dibatasi supaya tidak berkembang d. Latar belakang berisi perumusan masalah dan faedah yang dapat diharapkan b. Sistematika Penulisan Penulisan laporan Kerja Praktek ini disusun dalam enam bab. Sistematika penulisan berisi secara sistematis keseluruhan laporan Kerja Praktek. Rumusan masalah menjelaskan permasalahan yang akan di bahas c.Metodologi yang digunakan penulis dalam mengembangkan aplikasi perpustakaan adalah metodologi waterfall. BAB I Pendahuluan Bab Pendahuluan membahas : a. BAB III LANDASAN TEORI Landasan teori berisi teori yang digunakan untuk menguraikan mengenai suatu pedoman atau teori yang dikemukakan oleh pakar-pakar dalam suatu bidang tertentu untuk memecahkan masalah. jika sudah selesai baru mulai menuju fase berikutnya.6. 1. Setiap fase dikerjakan terlebih dahulu sampai selesai.

BAB V DESAIN DAN IMPLEMENTASI Pada bab ini diuraikan mengenai desain dan mengenai perancangan.langkah penyelesaian masalah selama melakukan KP di institusi.BAB IV METODOLOGI Bagian ini memuat uraian tentang langkah . Pada bagian desain diuraikan basis mengenai data. Langkah-langkah tersebut harus disesuaikan dengan topik KP.perancangan implementasi berisi tahapantahapan dari implementasi sistem yang digunakan yaitu rancangan penerapan dan tahap penggunaan dan testing program. arus Bagian sistem. sedangkan saran berupa perbaikan/peningkatan yang diperlukan saat ini ataupun pada masa yang akan datang yang berhubungan dengan pelaksanaan Kerja Praktek ataupun perbaikan/ peningkatan bagi perusahaan/instansi tempat KerjaPraktek. Kesimpulan yang berisi pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil studi literatur atau landasan teori dan penyusunan laporan Kerja Praktek. BAB VI PENUTUP Bab ini terdiri dari kesimpulan dan saran. DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN . serta perancangan perancangan pemodelan antarmuka.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.