P. 1
TUGAS MAKALAH

TUGAS MAKALAH

|Views: 272|Likes:
Published by Hermawan Adiguno
makalah agama
makalah agama

More info:

Published by: Hermawan Adiguno on Oct 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2014

pdf

text

original

TUGAS MAKALAH HARI KIAMAT

Kelompok 6 Tahun Angkatan 2011/2012

Di susun oleh :

1. Dede trio Putra 2. Aji Hastomo 3.Deni Firman 4. Imam Santoso

(13110762) (13110436) (13110618) (13110844)

5. Dani Febriyanto S (13110314) 6. Faizal Fadlan 7. Edi Hermawan A 8.Yusuf Triantono 9. Rika Amanda (13110907) (13110518) (13110791) (13111000)

10. Bunga Septiriani (13110796)

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya, kami telah berhasil menyusun makalah Pendidikan Agama Islam dalam tema “ Hari Kiamat ”. Materi ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkat kan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan dengan berbagai permasalahan yang ada, kajian teori, dan analisa yang telah ditulis dengan bahasa yang mudah untuk di mengerti bagi siapa saja yang ingin membaca dan memahaminya. Sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaan nya kepada Allah SWT. Kemudian kepada semua pihak yang membantu dan memberikan dukungan penulisan makalah ini seperti bapak, dan ibu Dosen serta para pembaca, kami mengucapkan banyak terima kasih. Mohon kritik dan saran yang positif untuk kesempurnaan makalah berikutnya. Akhirnya, semoga makalah ini bermanfaat dan memperoleh ridho dari Allah SWT.

i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................................................i DAFTAR ISI........................................................................................................................................ii BAB 1.PENDAHULUAN......................................................................................................................1 BAB 2.RUMUSAN MASALAH............................................................................................................. BAB 3.KAJIAN TEORI..........................................................................................................................

3.1 Pengertian Yaumul Hisab (hari kiamat/hari akhir)………………………………………… 3.2 Macam-Macam Kiamat……………………………………………………………………………….. 3.3 Tanda-tanda akan terjadinya hari kiamat……………………………………………………. 3.4 Peristiwa Sesudah Hari Akhir………………………………………………………………………. 3.5 Nama-Nama Lain Hari Kiamat........................................................................
3.6 Fungsi Iman kepada Hari Akhir……………………………………………………………………. BAB 4.ANALISA.................................................................................................................................. BAB 5.KESIMPULAN........................................................................................................................... BAB 6.DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................................

ii

BAB 1 (PENDAHULUAN)

Rukun iman yang kelima adalah beriman kepada hari akhir. Iman kepada hari akhir adalah percaya akan adanya hari akhir. Hari akhir adalah hari berakhirnya kehidupan dunia. Pada saat itu siap atau tidak dan baik atau buruknya perilaku seseorang akan dicatat bergantung bagaimana kadar keimanan seseorang dalam hatinya. Orang yang percaya adanya hari akhir dan benar-benar beriman kepada hari kiamat akan terus beribadah dan akan meningkat kan kualitas ibadahnya. Mereka yang percaya adanya hari akhir pasti akan senantiasa menjaga perilakunya dan berusaha menjauhi hal-hal yang dilarang oleh agama islam. mereka yang percaya dan mengimaninya biasanya akan takut karena merasa dirinya belum cukup pahalanya dan amal-amal yang sudah di lakukan, semua itu karena memang manusia tidak pernah luput dari dosa dan menganggap diri nya sangat lemah bila nanti di hadapan sang pencipta. Adanya hari kiamat bertujuan untuk mengembalikan semua umat yang da di alam semesta ini ke hadapan sang pencipta yang nanti nya setiap umat akan di adili dari apa yang mereka perbuat semasa hidupnya, pada saat itu umat yang lebih banyak melakukan perbuatan dosa akan meminta kepada Allah untuk di kembalikan ke dunia agar mereka bias menjalan apaapa yang di perintahkan nya dan menjauhi larangan nya. Di saat terjadi nya yaumul hisab seluruh umat akan di tampak kan wujud asli nya dan yang mati akan di hidukan kembali, di waktu yang bersamaan pula datang iblis dan nabi isa saw. Iblis yang bernama dajal akan membunuh setiap orang yang akan ditanya nya dan menjawab “pengikut Allah” dan disaat itu pula nabi isa akan menolong umat-umat yang beriman ke pada Allah SWT dan setelah itu seluruh umat akan di kumpulkan di gurun pasir yang di bernama padang arafah dimana di situlah tempat seluruh umat akan di beri buku catatan dan di adili.

BAB 2 (RUMUSAN MASALAH)

Masih banyak orang yang tidak menjaga perilakunya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga berbuat seenaknya. Padahal Allah SWT memiliki dua jenis bencana yaitu kiamat Sughra/Sughro dan kiamat kubra/kubro. Dan Allah sudah sering memberi peringatan dengan mendatangkan kiamat sugra/sugro di berbagai tempat di dunia.

Persoalan : 1. Mengapa banyak orang yang berperilaku seperti fenomena tersebut ? 2. Apa pelajaran yang dapat dipetik dari datangnya berbagai bencana alam di bumi ini ? 3. Bagaimana cara kita dapat mempercayai dan meyakini akan datangnya hari akhir atau yaumul hisab ?

BAB 3 (KAJIAN TEORI)

3.1 Pengertian Yaumul Hisab (hari kiamat/hari akhir)
Hari Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikan Israfil atas perintah dari Allah SWT. Setelah semua makhuk yang hidup mati maka Allah SWT akan kembali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompet sangkakala untuk yang kedua kali guna membangunkan orang semua yang telah mati untuk bangkit kembali mulai dari manusia pertama zaman Nabi Adam hingga manusia yang terakhir saat kiamat tiba untuk melaksanakan hari pembalasan atau hari di adilinya semua makhluk berdasarkan perbuatan nya semasa hidup.

3. 2 Macam-Macam Kiamat
Kiamat ada dua macam, yakni : 1. Kiamat Sughra/Sughro (Kiamat Kecil) Kiamat Sughra adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan manusia yaitu kematian. Setelah mati roh seseorang akan berada di alam barzah atau alam kubur yang merupakan alam antara dunia dan akhirat. Kiamat sughra sudah sering terjadi dan bersifat umum atau biasa terjadi di lingkungan sekitar kita yang merupakan suatu teguran Allah SWT pada manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang lurus dengan taubat. Contoh : Gemba Bumi, Banjir, Gunung Meletus dan Tsunami.

2. Kiamat Kubra/Kubro (Kiamat Besar) Kiamat kubra adalah kiamat yang mengakhiri kehidupan di dunia ini karena hancurnya alam semesta beserta isinya. Setelah kiamat besar maka manusia akan menjalani alam setelah alam barzah / alam kubur. Kiamat kubra akan terjadi satu kali dan itu belum pernah terjadi dengan kejadian yang benarbenar luar biasa di luar bayangan manusia dengan tanda-tanda yang jelas dan pada saat itu segala amal perbuatan tidak akan diterima karena telah tertutup rapat.

3.3 Tanda-tanda akan terjadinya hari kiamat
Kepastian datangnya hari kiamat hanya Allah swt yang mengetahui. Sebagaimana firman-Nya: “Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.” (QS. Thaha:15). Dengan demikian tiada seorang pun mengetahui kapan hari kiamat akan tiba. Allah swt hanya memberikan tanda-tanda menjelang datangnya kiamat. Berdasarkan hadits-hadits Rasulullah saw, tanda-tanda hari kiamat sebagai berikut: 1. Tanda-tanda sughra (kecil), yang sebagian di antaranya sudah tampak dalam kehidupan sekarang ini: 1. Islam kurang diperhatikan dan bahkan ditinggalkan oleh kaum Muslim. 2. Jumlah ulama (ahli agama) yang sesungguhnya semakin sedikit, sebaliknya banyak orang bodoh yang mengaku ulama dan menyesatkan umat. 3. Perzinahan dilakukan terang-terangan dan sudah menjadi suatu kebiasaan di masyarakat luas. 4. Begitu pula mabuk-mabukan yang banyak dilakukan seolah bukan perbuatan yang diharamkan. 5. Jumlah wanita semakin lebih banyak dibandingkan dengan pria, dan mereka sudah tidak malu lagi berpakaian setengah telanjang. 6. Banyak wanita yang berdandan/berpenampilan seperti pria, begitu juga sebaliknya. 7. Umat manusia berlomba menumpuk kekayaan dengan jalan yang tidak halal serta maraknya praktek riba. 8. Para orangtua menjadi budak dan diperlakukan sewenang-wenang oleh anak-anaknya. 9. Semakin banyak fitnah yang menimpa umat Islam. 10. Semakin sering terjadi bencana alam, pembunuhan, dan peperangan 11. Banyaknya perceraian. 12. Bermewah-mewah dalam membangun masjid sementara jamaahnya sedikit, serta saling membanggakan keindahan masjid.

2. Tanda-tanda kubra (besar) 1. Waktu berputar semakin cepat, sehingga setahun terasa sebulan, sebulan terasa seminggu. 2. Matahari terbit di sebelah barat. 3. Keluarnya Dajjal, yaitu sosok pembohong yan g menutupi kebenaran. 4. Adanya Ya‟juj dan Ma‟juj, yaitu segolongan umat manusia yang mempunyai kekuatan besar dan berpikiran sesat. 5. Turunnya Imam Mahdi ke dunia untuk meluruskan syari‟at Islam dan menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah saw. 6. Turunnya Nabi Isa as. dari langit yang akan memperjuangkan kebenaran bersama Imam Mahdi. Dialah yang menumpas Dajjal serta mengajak umat manusia mengesakan Allah swt dan menyambah-Nya. 7. Hilangnya Al Quran dari mashaf san hati umat manusia hingga hilang pedoman. Tanda-tanda kecil datangnya hari kiamat secara umum datang lebih dahulu dari tanda-tanda besar, serta sebagiannya sudah terjadi. Jika tanda-tanda besar muncul telah muncul satu, maka akan diikuti tanda-tanda yang lainnya, yaitu yang pertama kali muncul adalah terbitnya matahari dari barat. Demikianlah kita sebagai umat manusia hendaknya mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan taat dan takwa kepada Allah swt, karena bagaimanapun juga tanda-tanda kecil datangnya kiamat telah banyak terjadi dan itu semua sebagai peringatan agar manusia sadar dan bertaubat.

3.4 Peristiwa Sesudah Hari Akhir
1. Alam Barzah Alam barzah juga disebut alam kubur. Di alam barzah manusia sudah dapat merasakan balasan amal baik dan bu— Firman Allah SWT :

Artinya : “Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada barzah (dinding pemisah) sampai hari mereka dibangkitkan.” (QS. Al-Mukminun : 100)

2. Yaumul Ba’as Yaumul Ba‟as artinya hari kebangkitan, yaitu hari bangkitnya kembali seluruh umat manusia sejak nabi Adam a.s. hingga manusia terakhir dari alam kubur setelah malaikat Israfil meniup sangkakala yang kedua. — Firman Allah SWT :

Artinya : “Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, agar kepada mereka itu dapat diperlihatkan amalan-amalannya yang sudah-sudah.” (QS. Az-Zalzalah : 6)

3. Yaumul Mahsyar Yaumul Mahsyar adalah hari berkumpulnya seluruh umat manusia. Setelah manusia dibangkitkan dari alam kubur, manusia digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar. — Firman Allah SWT :

Artinya : “…….. Dan kami kumpulkan seluruh manusia dan tidak kami tinggalkan seorang pun dari mereka.” (QS. Al-Kahfi : 47)

4. Yaumul Mizan Yaumul Mizan yaitu hari penimbangan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama hidupnya.

— Firman Allah SWT :

Artinya : “Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.” (QS. AlAnbiya : 47)

5. Yaumul Hisab Yaumul hisab artinya hari perhitungan amal baik dan buruk yang dilakukan selama hidupnya. — Firman Allah SWT :

Artinya : “Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.” (QS. Al-Mukmin : 17) 6. Sirattalmustaqim Sirat adalah jalan atau jembatan penentu dari setiap manusia setelah diperhitungkan dan ditimbang perbuatan baik-buruknya. Sirat tersebut menentukan manusia masuk surga atau neraka.

7. Surga dan Neraka Surga dan neraka adalah tempat terakhir yang diciptakan oleh Allah SWT untuk memberikan balasan atas perbuatan manusia semasa di dunia. Surga adalah hadiah dari Allah untuk seorang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh.Allah SWT ber firman: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh mereka itu sebaik-baik mahluk. Balasan mereka di sisi Rab mereka adalah surga „Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya.Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orangyang takut kepada Rabbnya.(QS.98:7-8) Nama nama surga: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Surga Firdaus Surga Ma‟wa Surga Adnin Surga Darussalam Surga Khuldi Surga Naim Surga Darul Jalal

Neraka adalah penjara yang di sediakan Allah bagi kita hambanya yang kufur,musyrik, melampaui batas,selalu bermaksiat dan dan selalu melanggar perintah dan larangan dari Allah Swt. Allah berfirman: Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasulnya dan melanggar ketentuan-ketentuanNya, niscaya Allah memasukanyannya kedalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan (QS> 4:14) Nama nama Neraka: 1. Neraka jahanam 2. Neraka Hutamah 3. Neraka Saqar 4. Neraka Jahim Neraka Hawiyah 5. Neraka Sair/Wail 6. Neraka Laza

3.5 Nama-Nama Lain Hari Kiamat
1. Yaumul Akhir atau hari akhir, maksudnya adalah hari yang paling akhir dalam kehidupan manusia. Setelah peristiwa kiamat ini tidak akan dijumpai hari-hari lain kecuali hari akhir. Segala peristiwa dan kejadiannya sudah tidak sama dengan alam di dunia. 2. Yaumul kiamat atau hari kiamat, maksudnya hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya pada waktu hidup di dunia. 3. Yaumul hisab atau hari perhitungan, maksudnya segala amal perbuatan manusia akan dihitung, sebesar apapun perbuatan tersebut baik perbuatan yang buruk maupun perbuatan yang baik. Perhitungan ini tidak akan mengalami kesalahan. Amal perbuatan manusia akan diperhatikan dan dimintai pertanggungjawabannya. 4. Yaumul jaza‟ atau hari pembalasan amal, maksudnya manusia yang melakukan amal kebaikan akan mendapat balasan surga, sedang manuisa yang melakukan amal perbuatan yang buruk atau dosa akan mendapat balasan neraka. 5. Yaumul fasli atau hari keputusan, maksudnya setiap manuisa di hari akhir nanti akan mendapatkan keputusan terakhir tentang nasibnya. Hal ini sesuai dengan amal perbuatannya pada waktu di dunia. 6. Yaumul taqabun atau hari kerugian, maksudnya pada hari kiamat nanti, dengan segala keputusan dan kepastian yang diperoleh dari Allah, semuanya akan mengalami kerugian, terutama bagi mereka yang tidak memperbanyak amal kebaikan dan saleh pada waktu di dunia. 7. Yaumul hasyr atau hari penyesalan, maksudnya setiap manusia akan menyesal dengan segala amal perbuatannya. Bagi mereka yang tidak berbuat baik akan menyesal mengapa ketika hidup di dunia tidak patuh kepada Allah. Sedang mereka yang berbuat baik akan menyesal mengapa tidak memperbanyak amal saleh. 8. Yaumul waid atau hari ancaman, maksudnya pada hari kiamat nanti manusia yang berbuat buruk di dunia akan mendapat siksaan dari Allah SWT. 9. Yaumud hid atau hari pertanggungjawaban agama, maksudnya pada hari kiamat nanti setiap manusia akan mempertanggungjawabkankebenaran agama yang dianutnya.

3.6 Fungsi Iman kepada Hari Akhir
1. Menambah iman serta ketaqwaan kepada Allah SWT 2. Lebih taat kepada Allah dan Rasulullah SAW dengan menghindarkan diri dari perbuatan maksiat 3. Senantiasa hidup dengan hati-hati, waspada, dan selalu meminta ampunan kepada Allah SWT 4. Memberi motivasi untuk beramal dan beribadah karena segala perbuatan baik akan mendapat balasan di akhirat 5. Selalu menghiasi diri dengan berzikir kepada Allah SWT sehingga jiwa menjadi tenang

BAB 4 (ANALISA)

Problem 1 :

Karena orang tersebut terlalu menikmati kehidupan di dunia, sehingga lupa dengan adanya hari kiamat (yang kekal).

Problem 2 :

Manusia dapat menjaga perilakunya dengan baik dan tidak merusak lingkungan alam agar bencana alam tidak datang.

Problem 3 :
 

Selalu meminta ampun kepada Allah. Menyadari bahwa hidup di dunia ini merupakan ladang kehidupan di alam akhirat, maka kita harus melakukan perbuatan-perbuatan yang baik selama di dunia. Contohnya : beramal.

BAB 5 (KESIMPULAN)

Dengan memahami kajian teori di atas, tentunya kita semakin mengetahui bahwa kehidupan di dunia ini hanya bersifat sementara. Manusia lahir lalu bertumbuh-kembang, dan akhirnya meninggal dunia. Begitu juga dengan hewan dan tumbuhan. Dari pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa kehidupan yang kekal hanya di akhirat kelak. Disana tidak ada lagi kematian. Orang-orang beriman dan beramal saleh akan hidup selamanya di surga. Sebaliknya, orang-orang kafir dan beramal buruk akan hidup di neraka untuk selamanya.

(DAFTAR PUSTAKA)

   

Tim Abdi Guru, 2007, Ayo Belajar Agama Islam IX, Jakarta : Erlangga. Drs. Soepardjo, S.Ag., Drs. Ngadiyanto, 2004, Mutiara Akhlak dalam PAI IX, Solo : Tiga Serangkai. Achmadi Wahid, Masrun, 2007, Pendidikan Agama Islam IX, Jakarta : Ganeca. Tim Arafah, 2006, Pendidikan Agama Islam 3, Semarang : Aneka Ilmu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->