Nama NIM Kelas

: Saeful Ma’ruf : 10520244016 : F5.1

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN 1. Mengucapkan salam kepada siswa ketika pertama kali memasuki kelas. 2. Memimpin doa sebelum memulai pelajaran. 3. Mengecek kehadiran siswa. 4. Menegur dengan sopan jika ada siswa yang datang terlambat. 5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. 6. Menyampaikan sumber-sumber bahan ajar yang digunakan. 7. Menyampaikan hubungan materi yang akan disampaikan dengan materi yang telah diperoleh sebelumnya. 8. Mengajukan pratest untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi yang akan dipelajari.

PENYAJIAN 1. Menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian siswa. 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada bagian yang belum dipahami dan menjawab pertanyaan tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami. Menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham, jika belum, memberikan alternatif jawaban ain yang lebih mudah dipahami. 3. Memberikan contoh penerapan ilmu yang dipelajari dengan permasalahan pada kehidupan nyata sehingga siswa mengerti manfaat mempelajari ilmu tersebut secara nyata. 4. Membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan antara 45 siswa. Setiap kelompok dibagi secara heterogen, yaitu setiap kelompok terdapat siswa yang dianggap lebih maju dan terdapat siswa laki-laki maupun perempuan. 5. Memberi topik permasalahan yang berbeda kepada setiap kelompok. 6. Setiap kelompok diberi kebebasan surfing di internet untuk mencari referensi maupun bahan tambahan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut jika dimungkinkan.

Memimpin doa untuk menutup pelajaran . Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 4. 10.7. memberi kesempatan pada kelompok lain untuk membantu. PENUTUP 1. Memberikan kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari 3. jika tetap tidak ada yang bisa. 9. Jika kelompok tersebut tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Anggota kelompok lain boleh mengajukan pertanyaan atau tanggapan pada kelompok yang maju didepan. Memberi penghargaan pada setiap kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusinya untuk memotivasi anggota kelompok tersebut. Memberi kesempatan bagi siswa yang mau melakukan konsultasi 5. guru membantu memberikan jawabannya. Melakukan penilaian untuk mengukur perkembangan pengetahuan siswa tentang materi yang baru diajarkan 2. 8. Memantau jalannya diskusi antar siswa dalam kelompoknya. Setiap siswa dari anggota kelompok tersebut harus terlibat aktif. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful