P. 1
Tenaga Endogen Adalah Tenaga Yang Berasal Dari Dalam Bumi

Tenaga Endogen Adalah Tenaga Yang Berasal Dari Dalam Bumi

|Views: 49|Likes:
Published by Desta Cool

More info:

Published by: Desta Cool on Oct 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

2 tenaga endogen muka bumi.

pembentukan

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi.. Tenaga endogen umum nyA bersifat membangun [konstruktif].

Pengertian Teknonisme (Gerak Epirogenetik dan Gerak Orogenetik)
 Geografi » Gerak Orogenetik (Orogenesa), Pengertian Gerak Epirogenetik by Nurrofiq on 20 March 2012 Pengertian Teknonisme (Gerak Epirogenetik dan Gerak Orogenetik) – Tektonisme (Diastropisme) diartikan sebagai bentuk perubahan letak lapisan bumi baik secara mendatar maupun vertikal. Pada umumnya tektonisme menghasilkan lipatan dan patahan pada kulit bumi. Proses tektonisme dapat disamakan dengan dislokasi yang mempunyai arti disertai dengan perubahan letak lapisan kulit Bumi dari kedudukan semula. Perubahan ini bisa secara vertikal maupun horizontal. Tektonisme berpengaruh pada wilayah yang luas. Berdasarkan kecepatan gerakan dan luas wilayah yang terkena pengaruh, tektonisme dibedakan menjadi dua yaitu Gerak Orogenetik dan Gerak Epirogenetik. Disini, yang dimaksud dengan gerak Tektonik adalah semua jenis gerak bumi baik turun maupun naik yang dapat mengakibatkan perubahan bentuk pada kulit bumi. Gerak Tektonik dibedakan menjadi dua macam yaitu Gerak Orogenetik dan Gerak Epirogenetik: Gerak Epirogenetik Gerak Epirogeneik adalah bergesernya lapisan kulit bumi dengaqna gerakan yang relatif lambat, berlangsung dalam kurun waktu yang lama dan meliputi daerah yang luas, dalam geranakan ini terdapat dua jenis Gerak Epirogenetik diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Epirogenetik positif Gerak Epirogenetik positif adalah gerak turunnya daratan sehingga seolah-olah permukaan air laut terlihat naik. Gerak ini dapat diketahui langsung ketika berada di tepi pantai. Contoh:

 pembentukan Turunnya pulau-pulau di Indonesia bagian timur (Kepulauan Maluku dari pulau-pulau barat daya sampai ke pulau Banda) 1 Tenaga orogenetik. Tenaga orogenetik adalah tenaga pengankatan lapisan kulit bumi. 2 tenaga epirogenetik Tenaga epirogenetik adalah tenaga yg menyebabkan terjadinya Gerakan naik turunya lapisan kulit bumi.2 tenaga endogen muka bumi. . Vulkanisme Vulkanisme adalahperistiwa penerobohan magma dari dalam perutbumi.

pembentukan epirogenesa negatif Adalah gerakan permukaan bumi yg mengakibatkan daratan naikdan permukaan air laud an seolah olah naik.2 tenaga endogen muka bumi. Epirogenesa positif .

Gerak Orogenetik Gerak Orogenetik (Orogenesa) adalah gerakan pembentuk pegunungan lipatan maupun patahan dan pada umumnya terjadi dalam waktu yang relatif lebih singkat serta dengan daerah yang lebih sempit. pembentukan Adalahgerakan permukaan bumi yang mengakibatkan dartan turun dan permukaan air laut seolah olah naik . . Gerakan Orogenetik ini biasanya dapat menimbulkan patahan dan juga lipatan pada lapisan kulit bumi.2 tenaga endogen muka bumi. Gerakan ini juga dapat diartikan bahwa gerakan yang lebih cepat daripada Gerak Epirogenetik. Gerakan ini juga dapat menyebabkan tekanan horizontal atau vertikal pada kulit bumi dan juga menyebabkan peristiwa diskolasi atau berpindahnya letak lapisan kulit bumi. Tektonisme Diastropisme Gerak b. Tenaga orogenetik adalah tenaga pengangkat lapisan kulit bumi .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->