BAB I Pendahuluan

A. Judul usaha: Usaha Getuk Rasa

B. Latar belakang Getuk adalah makanan khas pedesaan, terutama di desa saya getuk mudah dijumpai. Getuk sudah berkali-kali saya buat, dengan bahan baku yang mudah ditemukan yaitu ubi. Ubi banyak ditemukan di desa saya, jadi saya muncul ide untuk membuat ubi dari ubi yang unik dengan berbagai warna dan rasa. Ide ini juga muncul karena pada waktu saya magang di Surabaya pernah membeli getuk yang warna-warni dan membuat mata terpana. Aslinya saya tidak mengenal makanan itu, saya tanya ke penjualnya, eh ternyata getuk dengan variasi lain. Getuk yang biasanya berwarna putih dan ungu kini ada yang berwarna hijau, kuning, dan coklat. Setelah saya beli dansaya makan ternyata rasanya enak sekali, jadi saya berpikir untuk membawa makanan ini ke desa. Saya minta ibu untuk mengajari saya membuat getuk, kemudian dengan ide kreatif saya variasi getuk itu sendiri dengan memberi pewarna alami agar lebih berwarna. Saya ingin menjadikan makanan getuk yang aslinya makanan desa bisa nenjadi makanan kota yang populer. C. Tujuan Untuk memperoleh pendapatan yang bisa di gunakan untuk meringankan beban orang tua. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang pengolahan makanan yang saya pelajari dari orang tua. Memanfaatkanhasil pertanian serta meningkatkan nilai tambah ubi yang banyak tumbuh subur di daerah saya. Menciptakan lapangan kerja.

Lokasi usaha Usaha ini saya jalankan dengan cara pertama saya akan keliling ke kampung-kampung terdekat untuk mempromosikan usaha saya.1 RW.3 Golokan-Sidayu-Gresik. 3. Jenis barang Barang yang saya hasilkan adalah berbagai variasi dari getuk yang rasanya menggugah selera dan bisa membuat orabg terkagum-kagum karena rasanya. 2.BAB II Umum 1. Saya juga dibantu oleh keluarga saya. Bentuk perusahaan Perusahaan ini dalam bentuk perusahaan rumah biasa yang menghasilkan berbagai macam variasi getuk. . Nama perusahaan Nama perusahaan saya adalah: Getuk Rasa Special (GRS) Bertempat di Jalan Panglima Sudirman 1 No. terutama ibu saya yang sudah ahli. jadi saya memegang hak sepenuhnya untuk usaha saya ini. Dan usaha ini seterusnya saya lakukan di rumah saya sendiri karena usaha ini tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas. 4. Pemilik perusahaan Usaha ini adalah usaha kecil yang saya kembangkan sendiri. 31 RT. BAB III Aspek produk yang dibuat 1. Dan juga dengan warna yang tidak terlau mencolok karena memakai pewarna yang alami.

boleh ubi jalar maupun ubi kayu. Proses produksi Pertama kupas kulit ubi. Saya juga bisa mempromosikan getuk ini lewat social network.2. Dan untuk perasa saya beli perasa makanan di toko dan tidak berbahaya untuk kesehatan. Sementara bahan lainnya adalah gula untuk memberi rasa manis pada getuk. Daftar Peralatan yang Digunakan dan Kepemilikannya . jadilah Getuk Rasa Special. Dan usaha ini juga saya posting di blogger saya. 4. 5. Konsumen yang dituju Usaha ini bisa dijual pada kalangan atas dan bawah karena harganya cukup terjangkau. dan kemudian bersihkan dengan air bersih Kemudian ubi tadi di pasrah Terus ubi dikasih pewarna tadi Setelah dipasrah dan diberi pewarna ubi dikukus hingga matang Setelah matang dan masih panan ubi tadi dibiarkan sampai dingin Setelah dingin baru dikasih gula dan perasa Kemudian getuk digiling Bentuk getuk sebesar kepalan tangan Untuk penyajian taruh getuk di atas daun pisang dan kemudian taburi dengan parutan kelapa. misalnya facebook. termasuk balita. Dan getuk ini juga bisa dikonsumsi untuk semua kalangan. dan lain-lain. Dan sebagai wadah penyajian saya lebih memilih daun pisang dari pada kertas minyak. karena daun pisang kebih alami dan natural. pewarna alami yaitu daun pandan untuk warna hijau. 3. Bahan baku Bahan baku utama usaha ini adalah ubi. Parutan kelapa juga sebagai pelengkap sekaligus memperindah prnyajian.

No 1 2 3 4 5 6 Peralatan Parut kelapa Kompor Panci besar Pisau Gilingan Pasrahan Fungsi Memarut kelapa Sumber pemanas Mengkukus ubi Mengkupas kulit ubi Menggiling ubi Memasrah ubi Pemilik Orang tua Orang tua Orang tua Orang tua Orang tua Orang tua .

8. 4.000. 21. 3. Biaya bahan Uraian Ubi Kelapa Gula Perasa Pewana alami Daun pisang Jumlah barang ½ 3 3 3 Milik sendiri Milik sendiri Satuan karung buah Kg buah Harga satuan Rp. 1.000 Rp.000 - Dengan demikian biaya awal yang ingin dibutuhkan sebesar Rp. 1. 100.000 per kepal.000 Rp. .000 . Rp. Rp. 100. 2.000 Rp.000= Rp. usaha ini sudah sangat banyak menghasilkan barang produksi. 7. dan saya yakin pasti bertahan lama karena alat dan bahan yang mudah ditemui.000.Dengan modal tersebut. 29. 5.000. Harga jual Saya ingin menjual hasil kerja saya dengan harga Rp. No.. 24.. Jadi kalau dihitung bila terjual habis saya akan mendapat uang Rp.000 Harga total Rp.dan prosentase keuntungan saya Rp. 6.Rp. 71.000 Rp. 40.BAB IV Rencana biaya 1. 2. 2.per prodiksi. 6.000 Rp.. 20. 71.000 Rp. per produksi saya bisa menghasilkan 100 kepalan getuk.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.