P. 1
Studi Kelayakan Pendirian Radio Komunitas

Studi Kelayakan Pendirian Radio Komunitas

|Views: 77|Likes:
Published by YoSunaryo

More info:

Published by: YoSunaryo on Oct 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

Contoh Studi Kelayakan Pendirian Radio Komunitas STUDI KELAYAKAN - PENDIRIAN RADIO KOMUNITAS

I. 1.1

ASPEK PENDIRIAN Latar Belakang Perumahan Taman Griya Kencana yang lokasinya berada di jelang akhir lintasan kereta api Jakarta - Bogor, merupakan perumahan yang terus tumbuh dan berkembang. Selama setengah dasawarsa, pertumbuhan tingkat hunian serta ketersedian fasilitas umum dan fasilitas sosial kemasyarakatan, relatif tinggi bila dibandingkan dengan perumahan lainnya yang ada di Kota Bogor. Pada kenyataannya, Perumahan Taman Griya Kencana berkembang menuju Perumahan yang amat majemuk. Profil warganya sangat beragam dari sisi profesi, ekonomi, suku, agama dan kebudayaan. Kemajemukan merupakan salah satu asset yang sangat bermanfaat dalam perkembangan suatu komunitas perumahan. Namun sebaliknya juga dapat menjadi awal perpecahan bila kemajemukan tersebut tidak dapat dikelola dengan baik dan benar. Harapan untuk mewujudkan kawasan pemukiman yang asri dan indah, tidak hanya harus dilandasi oleh semangat dan keyakinan yang besar, namun harus ditunjang oleh suatu wadah yang nantinya dapat berperan sebagai kendaraan bagi seluruh warga untuk dapat meningkatkan kualitasnya sebagai individu dan kualitasnya sebagai bagian dari suatu komunitas perumahan. Radio merupakan salah satu media yang dapat diandalkan sebagai media penyebaran informasi yang berkaitan dengan berbagai aspek dalam kehidupan bermasyarakat. Sifat radio yang relatif dapat mengatasi permasalahan ruang dan waktu dalam penyampaian informasi, serta dari aspek pengelolaannya relatif lebih mudah dibandingkan dengan media lainnya, diharapkan dapat diandalkan sebagai media untuk mengelola kemajemukan yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana menjadi modal utama dalam pengembangan Perumahan Taman Griya Kencana. Didasari pada kenyataan kemajemukan warga Perumahan Taman Griya Kencana tersebut, maka dibentuklah Perkumpulan Radio Suara Kencana (PRSK) yang memiliki komitmen terhadap kemajuan dan perkembangan Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya, bersepakat untuk bersama-sama membangun suatu media informasi dan komunikasi dalam bentuk stasiun radio komunitas dengan nama RADIO SUARA KENCANA.

1.2

Maksud dan Tujuan Pendirian Maksud dan Tujuan didirikannya Radio Komunitas dengan nama Radio Suara Kencana adalah sebagai berikut :

1.

Meningkatkan kebersamaan dan Persaudaraan bagi seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya. Meningkatkan akses informasi dan komunikasi bagi seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya. Meningkatkan kesejahteraan warga dengan penyelenggaraan program yang bernuansa edukasi dan informasi dari aspek sosial, ekonomi, dan budaya dalam kehidupan bermasyarakat di Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya. Meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan aparat kewilayahan dalam penyampaian beragam informasi yang berasal dari lembaga pemerintah yang harus diketahui oleh seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya.

2.

3.

4.

1.3

Visi Visi dari pendirian Radio Suara Kencana adalah : Menjadikan Radio Suara Kencana sebagai Alat Pemersatu dan media Komunikasi, Informasi, serta Aktualisasi Warga, yang berperan dalam mempercepat perkembangan aspek kehidupan bermasyarakat, dalam cakupan edukasi, sosial, ekonomi, budaya, seni dan keorganisasian yang memberikan manfaat langsung kepada warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya., serta dikelola dengan prinsip keterbukaan, kebersamaan dan kemandirian dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya.

1.4 Misi Misi dari Pendirian Radio Suara Kencana adalah : 1. Menyediakan sarana untuk mempersatukan seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya tanpa melihat adanya perbedaan suku, agama, ras, dan tingkat sosial ekonomi masyarakat. Menyediakan beragam informasi yang aktual dan mendidik melalui berbagai program siaran yang mencakup aspek edukasi, sosial, budaya, dan seni. Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya untuk mengaktualisasikan kemampuan individu dan kelompok dalam masyarakat dalam berbagai aspek kemampuan dan keahlian. Memberikan pembelajaran dan kesempatan kepada seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya untuk mengembangkan kemampuan manajemen dalam pengelolaan suatu unit kegiatan dalam organisasi kemasyarakatan dengan prinsip kemandirian dan kebersamaan.

2.

3.

4.

1.5

Gambaran Umum Rencana Kerja

Gambaran Umum Rencana Kerja Perkumpulan Radio Suara Kencana (PRSK) dalam pengelolaan Radio Suara Kencana dapat digambarkan sebagai berikut : Rencana Kerja Semester Pertama 2007 ( Januari - Juni )

a. b. c. d. e. f. g. h. i. j. k. l. m. n.

Evaluasi Organisasi dan Susunan Personil Pengelola Radio Suara Kencana Pengurusan Aspek perijinan Penyelenggaraan Penyiaran Komunitas Penyusunan rencana penyiaran untuk Semester Pertama Penyusunan Rencana Live Event dan kegiatan Off Air Semester Pertama. Meningkatkan sosialisasi keberadaan Radio Suara Kencana ke seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya Meningkatkan Sosialisasi Keberadaan radio Suara Kencana ke seluruh kelembagaan yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya Sosialisasi Keberadaan Radio Suara Kencana ke aparat pemerintahan mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga Kotamadya. Peningkatan Peran serta warga untuk menjadi Penyiar Radio Suara Kencana Peningkatan Kualitas Transmisi perangkat penyiaran Penjajagan Kerjasama dengan pihak ketiga dalam bentuk materi penyiaran dan bantuan teknis penyiaran. Meningkatkan upaya indentifikasi sumber-sumber pendanaan untuk biaya operasional rutin Radio Suara Kencana. Penyusunan rencana perakitan Pemancar Mini untuk kegiatan Live Event Optimalisasi Perpustakaan sebagai salah satu sumber materi penyiaran Persiapan rencana produksi Feature untuk materi penyiaran

Rencana Kerja Semester Kedua 2007 ( Juli - Desember )

a. b. c.

Penyusunan Rencana Penyiaran Semester Kedua Penyusunan Rencana Live Event dan kegiatan Off Air periode Semester Kedua Peningkatan Kualitas Teknik Personil Penyiaran dengan kegiatan Studi Banding dan Pelatihan In-House Produksi secara kontinu feature untuk Program Penyiaran Perakitan Perangkat Pemancar Mini untuk kegiatan Live Event Peningkatan Kualitas Perangkat Studio dan Produksi Siaran

d. e. f.

g.

Peningkatan peran serta kelembagaan yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana untuk aktif mengisi program siaran. Peningkatan Kerjasama dengan pihak ketiga dalam bentuk materi penyiaran dan konsultasi teknik penyiaran Pemberian Reward Non Financial kepada Penyiar terbaik

h.

i.

II.

ASPEK LEGALITAS

2.1

Dukungan Warga

Pendirian Radio Suara Kencana di Perumahan Taman Griya Kencana di dukung oleh aparat pemerintahan yang ada di lingkungan Perumahan Taman Griya Kencana mulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT) sampai dengan tingkat Rukun Warga (RW). Selain unsur aparat pemerintahan, warga juga memberikan dukungan terhadap pendirian Radio Suara Kencana dalam bentuk pemberian tanda tangan persetujuan yang jumlahnya mencapai 273 tandatangan dari minimal 250 tanda tangan yang dipersyaratkan oleh Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

2.2

Dukungan Lembaga Pemerintahan

Sejak awal Pendirian Radio Suara Kencana, sudah dilakukan koordinasi dan konsultasi dengan kelembagaan yang ada di Lingkungan Perumahan Taman Griya Kencana dan berdasarkan hasil pertemuan dengan kelembagaan yang ada di lingkungan RW 08 pada tanggal 25 Desember 2006, dinyatakan bahwa semua kelembagaan di lingkungan RW 08 Kelurahan Kencana, mulai dari kelembagaan RT (Rukun Tetangga), Pengurus DKM (Dewan Kemakmuran Masjid), Pengurus PKK, Pengurus Karang Taruna, dan Tokoh Masyarakat, mendukung sepenuhnya atas pendirian Radio Komunitas yang bernama Radio Suara Kencana.

Pada tanggal 1 Februari 2006 Kepala Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal kota Bogor telah menerbitkan SURAT REKOMENDASI Nomor 147.154/3/Ken yang pada intinya memberikan Rekomendasi atas pendirian Radio Suara Kencana.

Pada tanggal 25 April 2006 Walikota Bogor telah menerbitkan SURAT REKOMENDASI Nomor 482/1216 - Disparbud yang pada intinya memberikan Rekomendasi atas pendirian Radio Suara Kencana.

2.3

Proses Pendirian dan Pemilihan Pengurus Organisasi

Proses pendirian diawali dengan diskusi yang dilakukan oleh beberapa warga Perumahan Taman Griya Kencana tentang betapa pentingnya dibentuk suatu wadah yang dapat menjadi media informasi dan komunikasi yang pengelolaannya relatif mudah dan murah dari sisi biaya pengelolaan. Kemudian tercetus ide untuk mendirikan Stasiun Radio Komunitas yang di beberapa daerah terbukti efektif dijadikan sebagai media informasi dan komunikasi.

Kesepakatan untuk mendirikan radio Komunitas tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan pendirian Lembaga Berbadan Hukum yang nantinya akan melakukan pengelolaan radio. Lembaga yang disepakati untuk didirikan adalah Perkumpulan Radio Suara Kencana yang disingkat PRSK yang didirikan dengan Akta Notaris No. 12 Tanggal 25 Januari 2006 pada Notaris Flora Primina Sari SH, yang berkedudukan di Kabupaten Bogor dan sudah terdaftar dalam Buku Register Pengadilan Negeri Bogor No : 1011.U2.UM.07.01.13 tanggal 20 Desember 2006

Organ yang terdapat dalam Organisasi Perkumpulan Radio Suara Kencana adalah sebagai berikut :

1.

Dewan Penyiaran Komunitas

Dewan Penyiaran Komunitas (DPK) merupakan dewan yang berisi perwakilan warga yang terdiri dari 9 anggota DPK dengan salah satu anggota sebagai Ketua merangkap Anggota. Dewan Penyiaran Komunitas dibentuk melalui Musyawarah Komunitas dan bekerja untuk masa jabatan 3 tahun.

Dewan Penyiaran Komunitas memiliki tugas pokok untuk memberikan arahan, nasehat, masukan dan pengawasan terhadap pengelolaan organisasi dan kegiatan penyiaran yang dilakukan oleh Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas.

2.

Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas

Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas terdiri atas Pimpinan Umum yang dibantu oleh 3 Kepala Bidang yang terdiri dari Kepala Bidang Penyiaran, Kepala Bidang Teknik, dan Kepala Bidang Umum, yang pada intinya memiliki tugas pokok menjalankan aktifitas organisasi, membangun dan mengembangkan organisasi. Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas dibentuk melalui mekanisme Musyawarah Komunitas. Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas yang dipimpin oleh Pimpinan Umum, bertanggungjawab langsung dalam Pelaksanaan Penyiaran. Dalam melaksanakan tugasnya, Pimpinan Umum membawahi tiga orang Kepala Bagian, yang terdiri dari Kepala Bagian Penyiaran, Kepala Bidang Umum, dan Kepala Bidang Teknik. Kepala Bagian Penyiaran membawahi beberapa orang Koordinator, yaitu Koordinator Program Religius, Koordinator Program Anak, Koordinator Program Musik, Koordinator Program Live event, Koordinator Program Talk Show, Koordinator Program Off Air, dan Koordinator Penyiar. Pelaksana Penyiaran memiliki tugas pokok menyelenggarakan kegiatan penyiaran sesuai dengan tata aturan, tujuan, dan Rencana Kerja Tahunan Organisasi, serta arahan yang diberikan oleh Dewan Pengawas.

III.

ASPEK PROGRAM SIARAN

3.1

Indentifikasi Komunitas

Komunitas dan Jangkauan yang menjadi target dalam penyiaran radio Suara Kencana adalah warga Perumahan Taman Griya Kencana Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor. Perumahan Taman Griya Kencana terdiri dari 1 (satu) Rukun Warga, 11 (sebelas) Rukun Tetangga) dengan jumlah Kepala Keluarga mencapai jumlah 742 Kepala Keluarga dengan jumlah

jiwa lebih dari 2000 jiwa dengan struktur keluarga yang umumnya adalah Keluarga kecil dengan 2 orang anak Balita. Kelembagaan yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana mencakup DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Al-Muhajirin, Pokja PKK, Pokja POSYANDU, Karang Taruna, dan Beberapa Kelompok Pengajian.

3.2 Pola Acara Siaran

Pola acara siaran yang dilakukan oleh radio Suara Kencana dilakukan dengan Pola siaran berimbang yang mengakomodasikan seluruh komponen yang ada di masyarakat. Acara siaran yang dilakukan mencakup kepada acara yang berkaitan dengan aspek : 1. 2. 3. 4. Informasi Pendidikan dan Pengetahuan Hiburan, Budaya dan Seni Iklan Layanan Masyarakat

Penyiaran dilakukan dengan mengacu kepada Jadwal Penyiaran yang telah ditetapkan oleh Bidang Penyiaran. Jadwal Penyiaran untuk bulan yang akan datang disusun dan ditetapkan minimal pada setiap minggu ke tiga bulan berjalan. Pola acara siaran mengutamakan keterwakilan setiap aspek demografi yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana. Program Acara disusun sedemikian rupa sehingga mencakup Program Acara yang diperuntukkan untuk Anak, Remaja, Dewasa, dan Orang Tua. Program Acara juga dibuat sedemikian rupa sehingga waktu penyiaran disesuaikan dengan target pendengar dari program yang disiarkan.

3.3

Jadwal Program Siaran

Jadwal Program Siaran Radio Komunitas Suara Kencana FM

WAKTU 16.00 - 17.00 17.00 - 18.00 18.00 - 19.00 19.00 - 20.00 20.00 - 21.00 21.00 - 22.00 22.00 - 22.30 WAKTU 16.00 - 17.00 17.00 - 18.00 18.00 - 19.00 19.00 - 20.00 20.00 - 21.00 21.00 - 22.00 22.00 - 22.30 WAKTU 16.00 - 17.00 17.00 - 18.00 18.00 - 19.00 19.00 - 20.00 20.00 - 21.00 21.00 - 22.00 22.00 - 22.30 WAKTU 16.00 - 17.00 17.00 - 18.00 18.00 - 19.00 19.00 - 20.00 20.00 - 21.00 21.00 - 22.00 22.00 - 22.30

SENIN Acara Kreasi anak griya Mimbar Sore Jelang Malam Obrolan seru Teknologi Informasi Betawi Punya gaye Clossing Siaran RABU Acara Kreasi anak griya Mimbar Sore Jelang Malam Iseng (Info Seputar Griya) Sebaiknya Anda Tahu Asal Goblek Clossing Siaran JUMAT Acara Pendidikan Remaja Mimbar Sore Jelang Malam Belajar sambil Nge'Band Dunia Iptek Kencana Ria Clossing Siaran Minggu Acara Dongeng Anak Mimbar Sore Jelang Malam Informasi Dunia Hiburan Otomotif Kereta Kencana Clossing Siaran

SELASA Acara Kreasi anak griya Mimbar Sore Jelang Malam Feature seru Teknologi Informasi Gado-gado Clossing Siaran KAMIS Acara Kreasi anak griya Mimbar Sore Jelang Malam Tahukah Kamu Trend Tanaman Hias Sport Magazin Clossing Siaran SABTU Acara All About Family Mimbar Sore Jelang Malam Informasi Global Dunia Remaja Obrolan Bos Bimo Clossing Siaran

3.4

Materi Siaran

Secara umum Materi yang digunakan oleh Radio Suara Kencana untuk keperluan penyiaran berasal dari :

a. Untuk materi dalam bentuk CD/VCD/MP3 diperoleh dengan cara membeli dari pihak ketiga atau Sumbangan dari warga b. Produksi sendiri dengan menggunakan sarana produksi yang dimiliki oleh radio Suara Kencana. c. Kerjasama program penyiaran dengan lembaga penyiaran lain yang memiliki visi dan misi yang sama dengan pendirian Radio Suara Kencana.

Penjabaran sumber materi siaran yang digunakan pada beberapa Program acara tetentu yang ada di Radio Suara Kencana anatara lain adalah sebagai berikut :

a. Program Relijius dan Tauziyah menggunakan materi siaran yang berasal dari buku-buku keagamaan islam dan rekaman audio yang berkaitan dengan keagamaan islam. Pada hari tertentu menghadirkan ustadz dan ustadzah yang ada di lingkungan Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya. b. Program acara Berita, menggunakan materi siaran yang berasal dari Internet, Surat kabar Lokal dan Nasional, serta peliputan berita yang terjadi di seputar Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya oleh Tim Pemberitaan c. Program acara Ruang Pengetahuan Umum, menggunakan materi siaran yang berasal dari majalah dan Buku-buku ilmu pengetahuan umum, serta dari internet yang diharapkan dapat memperkaya khasanah pengetahuan warga. d. Program Acara Obrolan Warga Griya, menggunakan materi siaran dalam bentuk script panduan obrolan yang akan digunakan penyiar saat mewawancarai warga yang dihadirkan sebagai nara Sumber yang berkompeten dalam mendisukusikan topik-topik tertentu e. Program Acara Musik menggunakan media CD/VCD ataupun MP3 yang diperoleh dengan cara membeli atau sumbangan dari warga yang mendukung keberadaan Radio Suara Kencana.

IV. ASPEK TEKNIK

4.1

Usulan Frekuensi

Radio Suara Kencana akan melakukan siaran dengan menggunakan gelombang Frekuensi Modulasi (FM) dengan usulan Frekuensi pada frekuensi 107.8 Mhz

4.2

Peta Lokasi dan Tata Ruang

4.2.1

Denah Peta Lokasi Studio dan Stasiun Pemancar

4.2.2

Akses ke Lokasi Studio dan Stasiun Pemancar

Untuk mencapai akses ke Lokasi Studio dan Stasiun pemancar, dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Apabila menggunakan kendaraan umum, maka lokasi stasiun pemancar dapat diakses melalui :

1.

Bila diakses melalui Bogor, dari Terminal Bogor menggunakan Angkutan Minibis jurusan Parung dan Turun di Perempatan Cilebut atau Kebon Pedes Jalan Baru. Kemudian dilanjutkan dengan menumpang angkutan Kota dengan Nomor Trayek 07 jurusan Bojong Gede dan turun di Batu Gede. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Ojek Motor hingga ke lokasi Bila diakses melalui Jakarta, dapat dilakukan dengan menggunakan sarana angkutan Kereta Api Jabotabek Jurusan Bogor, turun di stasiun Bojong Gede, kemudian dilanjutkan dengan menumpang kendaraan angkutan kota Nomor jurusan 07 jurusan Bogor. Turun di Batu Gede dan dilanjutkan dengan angkutan Ojek Motor hingga ke lokasi.

2.

4.2.3

Denah Tata Ruang Studio dan Stasiun Pemancar

4.3

Layout dan Sistem Kerja Alat-alat Produksi

4.3.1

Tata Letak Sistem Peralatan Siaran

4.3.2

Diagram Blok Sistem Peralatan dan Konfigurasinya

Konfigurasi Peralatan :

A. Perangkat Komputer memiliki Konfigurasi sebagai berikut :

-

Processor Memory HardDisk

: Intel Pentium II - 333 Mhz : 96 Mbyte : - Master : 6.4 Gbyte - Slave : 1.44 Inch : Speed 48 X : Sound Creatif : S3 Trio 3D : 6.4 Gbyte

- FDD - CDROM SoundCard VGA Card

Mouse Keyboard : PS2 Standart

B. VCD/MP3 Player Merk : Cristal CAV 333

C. Cassete Player Merk : Asatron Type CR5068EL

D. Handy Talky Merk : Icom Type : IC-V68

E. Microphone Merk : Kresia Type : NA-8808

F. Handphone Merk Type : Nokia : 5110

Sim Card : Pro-XL

G. Mixer Penguat Input Merk : Delta Type : Stereo Mixer

H. Pemancar Merk : Rakitan Sendiri Type : Mono FM Transmitter

I.

Antenna Merk : GALAKSI Type : Ground Plind

4.4 4.4.1

Rencana Alat-Alat Produksi Kebutuhan Minimal dan Rencana Pengadaan Peralatan Produksi

Kebutuhan Minimal pendirian Radio Suara Kencana adalah sebagai berikut :

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.

Perangkat Komputer VCD Player Mixer 8 Port Standing dan handy Microphone Headset Handy Talky Meja dan Kursi Perangkat Siaran Lemari Arsip

Dana untuk pengadaan Peralatan Produksi minimal yang dibutuhkan di atas, berasal dari :

a. b.

Iuran anggota Donasi warga Perumahan Taman Griya Kencana

c. d.

Donasi dari pihak lain yang tidak mengikat Keuntungan penjualan merchandising radio

4.4.2

Kondisi Peralatan Transmisi

Peralatan Transmisi yang digunakan dalam penyiaran Radio Suara Kencana adalah sebagai berikut :

1. Pemancar Merk : Rakitan Sendiri Type : Mono FM Transmitter

2. Antenna Merk : GALAKSI Type : Ground Plind

4.4.3

Data Inventaris dan Perhitungan Biaya Investasi

KATEGORI Alat Pemancar

NAMA INVENTARIS Antenna Pemancar Utama Pemancar Utama Pemancar Live Event Antenna Live Event Mixer 8 Port Standing Microphone Handy Microphone Head Set

JUMLAH 1 Unit 1 Unit 1 Unit 1 Unit 1 unit 1 unit 2 unit 1 unit Rp Rp

NILAI 200.000 1.200.000 400.000 150.000 600.000 100.000 100.000 50.000

Studio Siaran

Rp

VCD Player (Second) Komputer Studio (Second) CD/VCD/MP3 Disc HT untuk Receiver (Second) Buku dan Cetakan Materi Siaran Meja Studio (Second) Kursi Studio (Second) Komunikasi Office Handphone + Kartu Perdana Filling Kabinet (Second) Meja Sekretariat (Second) Papan Informasi (Second) Papan Nama Studio TOTAL INVESTASI

1 unit 1 unit 50 unit 1 unit 30 unit 1 unit 1 unit 1 unit 1 unit 1 unit 1 unit 1 unit

Rp Rp

100.000 1.600.000 250.000 400.000 200.000 150.000 50.000 250.000 300.000 150.000 150.000 100.000 6.500.000

Rp Rp Rp Rp Rp Rp

4.5 Peta Wilayah Jangkauan dan Peta Wilayah Layanan

4.5.1 Peta Wilayah Jangkauan Siaran

4.5.2 Peta Wilayah Layanan Siaran

b.

Luas Wilayah layanan

Wilayah Perumahan Taman Griya Kencana yang merupakan wilayah layanan dari Radio Suara Kencana memiliki luas wilayah 216.354 Meter Persegi.

4.5.3

Daya Pemancar

a.

Ukuran Daya Pemancar

Pemancar yang dimiliki oleh Radio Suara Kencana memiliki kekuatan Daya Pancar terpasang sebesar 25 Watt dengan jangkauan maksimal sejauh 2.5 Km.

b.

Korelasi Daya Pancar dan Jangkauan Pemancar Daya Pancar yang dimiliki oleh Pemancar Radio Suara Kencana secara teknis mampu menjangkau seluruh wilayah yang menjadi wilayah layanan dari Radio Suara Kencana.

4.5.4

Potensi Pendengar

a.

Data Daerah Layanan Daerah Layanan Radio Suara Kencana mencakup Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya.

b.

Data Penduduk Daerah Layanan Daerah Layanan di lingkungan Perumahan Taman Griya Kencana mencakup wilayah RW 08 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, yang terdiri dari 11 (Sebelas) Rukun Tetangga dengan Jumlah KK mencapai 740 KK dan jumlah Jiwa mencapai 2.448 jiwa. Dari sisi kepemilikan tempat tinggal, 25.3 % adalah pemilik, sedangkan sisanya 74.7 % adalah penyewa. Persentase Jumlah Penduduk berdasarkan jenis kelamin adalah 50.8 persen penduduk Laki-laki dan 49.2 persen penduduk Perempuan, dengan sebaran umur penduduk sebagai berikut :

a. Penduduk Usia 0 -14 Tahun : 36 % b. Penduduk Usia 15 - 20 Tahun : 5 % c. Penduduk Usia 21 - 29 Tahun : 17 % d. Penduduk Usia 30 - 39 Tahun : 29 % e. Penduduk Usia ≥ 40 Tahun : 14 %

Berdasarkan jenis pekerjaan, penduduk daerah layanan terdiri dari : a. Pegawai Swasta b. Pegawai Negeri Sipil c. TNI/Polri d. Wiraswasta : 34.7 % : 11.2 % : 7.1 % : 7.9 %

e. Pensiunan/Purnawirawan : 0.9 % f. Pelajar : 38.2 %

V.

ASPEK KEUANGAN

5.1

Kondisi dan Perencanaan Keuangan

5.1.1

Perencanaan Pendapatan 1 Tahun

PERENCANAAN PENDAPATAN URAIAN JAN FEB MAR Iuran Pokok Anggota 150.000 25.000 25.000 Iuran Wajib Anggota 30.000 35.000 40.000 Donatur Lembaga Intern 100.000 100.000 100.000 Sponsorship Intern 50.000 50.000 50.000 Sponsorship Ekstern Penjualan Merchandising 50.000 50.000 50.000 Penjualan Atensi 25.000 25.000 25.000 Pendapatan Live Event 20.000 20.000 20.000 Pendapatan Eveny Off Air 50.000 50.000 50.000 TOTAL 325.000 330.000 335.000 PERENCANAAN PENDAPATAN URAIAN JUL AGUS SEPT

APR MEI JUN 25.000 25.000 25.000 45.000 50.000 55.000 100.000 100.000 100.000 50.000 50.000 50.000 - 100.000 100.000 100.000 50.000 50.000 25.000 25.000 25.000 20.000 30.000 30.000 100.000 50.000 50.000 440.000 455.000 460.000

OKT

NOV

DES

Iuran Pokok Anggota 25.000 10.000 10.000 10.000 10.000 10.000 Iuran Wajib Anggota 60.000 62.000 64.000 66.000 68.000 70.000 Donatur Lembaga Intern 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 Sponsorship Intern 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 Sponsorship Ekstern 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 Penjualan Merchandising 50.000 200.000 50.000 50.000 50.000 50.000 Penjualan Atensi 25.000 25.000 25.000 25.000 25.000 25.000 Pendapatan Live Event 30.000 80.000 30.000 30.000 30.000 30.000 Pendapatan Eveny Off Air 50.000 100.000 50.000 50.000 50.000 50.000 TOTAL 465.000 717.000 469.000 471.000 473.000 475.000

5.1.2

Perencanaan Pengeluaran 1 Tahun

PERENCANAAN PENGELUARAN URAIAN JAN FEB MAR APR MEI JUN Biaya Kesekretariatan 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 Biaya Listrik 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 Biaya Pemeliharaan 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 Biaya Keamanan - 200.000 200.000 200.000 Biaya Konsumsi TOTAL 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 250.000 250.000 250.000 450.000 450.000 450.000

PERENCANAAN PENGELUARAN URAIAN JUL AGUS SEPT OKT NOV DES Biaya Kesekretariatan 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 Biaya Listrik 100.000 150.000 150.000 150.000 150.000 150.000

Biaya Pemeliharaan Biaya Keamanan Biaya Konsumsi TOTAL

50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 200.000 200.000 200.000 200.000 200.000 200.000 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 50.000 450.000 500.000 500.000 500.000 500.000 500.000

5.1.3

Aliran Kas 1 Tahun

ALIRAN KAS URAIAN PENDAPATAN PENGELUARAN SALDO KAS ALIRAN KAS URAIAN PENDAPATAN PENGELUARAN SALDO KAS

JAN FEB MAR APR MEI JUN 325.000 330.000 335.000 440.000 455.000 460.000 250.000 250.000 250.000 450.000 450.000 450.000 75.000 155.000 240.000 230.000 235.000 245.000

JUL AGUS SEPT OKT NOV DES 465.000 717.000 469.000 471.000 473.000 475.000 450.000 500.000 500.000 500.000 500.000 500.000 260.000 477.000 446.000 417.000 390.000 365.000

5.2

Perencanaan Sumber Pendapatan

Pendapatan untuk keperluan baya operasional diharapkan dapat dipenuhi dengan jalan menggali seluruh potensi pendapatan, antara lain melalui penggalangan dana dalam bentuk : 1. Iuran Pokok Anggota 2. Iuran Wajib Anggota 3. Donatur Lembaga Intern 4. Sponsorship Intern 5. Sponsorship Ekstern 6. Penjualan Merchandising 7. Penjualan Atensi 8. Pendapatan Live Event 9. Pendapatan Eveny Off Air

VI.

ASPEK MANAJEMEN

6.1

Struktur Organisasi dan Alokasi Pekerjaan

6.1.1

Dewan Penyiaran Komunitas (DPK)

Tugas Pokok : a. Memberikan arahan program penyiaran dan melakukan pengawasan kepada Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas dalam operasional dan pengelolaan Radio, serta memastikan bahwa seluruh aktifitas Dewan Pengurus adalah sesuai dengan Tata Aturan dan Rencana Kerja Tahunan Organisasi Memberikan arahan dan petunjuk yang dianggap perlu kepada Dewan Pengurus tentang segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan radio baik diminta maupun atas inisitaif Dewan Penyiaran Komunitas.

b.

6.1.2 Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas (BPPK) I. Pimpinan Umum Tugas Pokok : a. Memastikan Pengelolaan dan Operasional Radio sesuai dengan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan Rencana Kerja Tahunan Melakukan korespondesi dan menjalin hubungan dengan unsur pemerintah yang bertanggungjawab dalam bidang penyiaran Memastikan organisasi selalu mendapatkan informasi yang terupdate mengenai bidang penyiaran. Melakukan korespondensi dan menjalin kemitraan dengan kelambagaan radio komunitas yang lain. Melakukan korespondesi dan berperan aktif dalam jalinan komunikasi dengan Asosiasi Radio Komunitas.

b.

c.

d.

e.

f.

Menjalin kerjasama dengan pihak ketiga dalam penyediaan program dan peningkatan keahlian dan keterampilan seluruh anggota organisasi. Mengkoordinasikan dan mengorganisasikan seluruh Kepala Bidang untuk memastikan bahwa seluruhnya bekerja sesuai dengan maksud dan tujuan organisasi.

g.

B. Kepala Bidang Penyiaran Tugas Pokok : Melakukan Perencanaan Penyiaran untuk periode Mingguan, Bulanan, Triwulan, dan Tahunan dengan mengorganisasikan semua Koordinator Program dan Koordinator Penyiar Memastikan Pelaksanaan Penyiaran telah sesuai dengan perencanaan penyiaran Melakukan penyusunan Jadwal Personil Piket Studio untuk memastikan bahwa studio selalu dalam kondisi ada staff yang bertanggungjawab. Memastikan Program Penyiaran hasil kerjasama dengan pihak ketiga telah diimplementasikan sesuai dengan perjanjian yang ada Melakukan inovasi program penyiaran untuk memperkaya program penyiaran. Melakukan Koordinasi dengan divisi lain yang mendukung pelaksanaan kerja Bidang Penyiaran.

-

-

-

A. Koordinator Program Religius : Tugas Pokok : Bertanggungjawab religius/keagamaan. menyusun rencana penyiaran yang terkait dengan bidang

-

Bertanggungjawab memastikan jadwal piket, jadwal penyiar dan pengisi siaran untuk Program Acara yang terkait bidang keagamaan. Bertanggungjawab melakukan korespondensi dan komunikasi dengan pimpinan kelembagaan keagamaan yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana, serta memastikan bahwa kelembagaan keagamaan tersebut aktif berperan serta dalam aktivitas penyiaran yang berkaitan dengan keagamaan. Melakukan Koordinasi dengan divisi teknik untuk program religius yang diadakan di luar studio.

-

-

B. Koordinator Program Anak Tugas Pokok : Bertanggungjawab menyusun rencana penyiaran yang terkait dengan Program acara untuk anak. Bertanggungjawab memastikan jadwal piket, jadwal penyiar dan pengisi siaran untuk Program Acara untuk Anak. Melakukan Koordinasi dengan divisi teknik untuk program yang diadakan di luar studio.

-

-

C. Koordinator Program Musik

Tugas Pokok : Bertanggungjawab menyusun rencana penyiaran yang terkait dengan Program acara Musik dari segala jenis aliran musik. Bertanggungjawab memastikan jadwal piket, jadwal penyiar dan pengisi siaran untuk Program Acara Musik. Bertanggungjawab untuk memastikan Koleksi Audio Musik dalam beragam format adalah selalu Up To Date. Bertanggungjawab pada penyediaan segala material yang berkaitan dengan musik pada berbagai event program yang diadakan oleh Radio Suara Kencana. Melakukan Koordinasi dengan divisi teknik untuk program musik yang diadakan di luar studio.

-

-

-

-

D. Koordinator Program Live Event/News Tugas Pokok : Bertanggungjawab menyusun rencana penyiaran yang terkait dengan Pemberitaan dan Liputan beragam kegiatan yang berlangsung di Perumahan Taman Griya Kencana . Bertanggungjawab memastikan personil penanggungjawab dalam pelaksanaan suatu Program Live Event

-

-

Melakukan Koordinasi dengan divisi teknik untuk memastikan peralatan teknis yang dibutuhkan sudah terinstall sesuai dengan kebutuhan.

E. Koordinator Program TalkShow Tugas Pokok : Bertanggungjawab menyusun rencana penyiaran yang terkait dengan Program Talkshow dengan aneka ragam topik, baik yang disiarkan dari Studio maupun di luar Studio. Bertanggungjawab memastikan jadwal piket, jadwal penyiar dan pengisi siaran untuk Program TalkShow.

-

F. Koordinator Penyiar Tugas Pokok : Bertanggungjawab mengorganisasikan penyiar tetap maupun penyiar tamu dalam penentuan jadwal dan jenis program siaran. Melakukan perekrutan penyiar baru dan memberikan pelatihan yang dianggap perlu bagi penyiar yang kategorinya adalah penyiar baru.

-

II. Kepala Bidang Teknik Tugas Pokok : Bertanggungjawab dalam hal perencanaan, instalasi, dan pengawasan berbagai aspek yang berkaitan dengan bidang teknik, baik dari sisi pemancar, elektrik, maupun sipil. Memastikan bahwa Peralatan pemancar dan peralatan studio selalu dalam kondisi siap beroperasi. Melakukan koordinasi dan mengorganisasikan koordinator teknik sipil dan Koordinator teknik elektrikal dalam pelaksanaan perawatan dan perbaikan peralatan, kelistrikan, gedung, dan bangunan studio.

-

-

A. Koordinator Teknik Sipil Tugas Pokok : Bertanggungjawab dalam memastikan aspek bangunan dan interior kantor dan ruang studio dalam kondisi baik dan aman digunakan. Bertanggungjawab melakukan perbaikan gedung dan bangunan kantor dan ruangan studio.

-

B. Koordinator Teknik Elektrikal Tugas Pokok : Bertanggungjawab dalam memastikan aspek instalasi listrik kantor dan ruang studio dalam kondisi baik dan aman digunakan. Bertanggungjawab melakukan perawatan dan perbaikan instalasi listrik gedung kantor dan ruangan studio yang mengalami kerusakan

-

III. Kepala Bidang Umum Tugas Pokok : Bertanggungjawab dalam memastikan pelaksanaan dan operasional radio dari sisi kesekretariatan, pemasaran, administrasi keuangan, dan kepustakaan. Melakukan pengarahan, koordinasi, dan pengawasan operasional kerja dari koordinator Sekretariat, Koordinator Pemasaran, Koordinator Administrasi Keuangan, dan Koordinator Kepustakaan.

-

A. Koordinator Kepustakaan Tugas Pokok : - Melakukan tugas pokok kepustakaan dengan melakukan administrasi pencatatan koleksi pustaka, administrasi peminjaman dan pengembalian koleksi pustaka, danmelakukan pemeliharaan koleksi pusataka. Membantu Bidang Penyiaran dalam hal penyediaan materi penyiaran dengan menggunakan bahan dan sumber dari koleksi pustaka yang ada.

-

Melakukan koordinasi dan korespondensi dengan lembaga kepustakaan lain dalam rangka peningkatan jumlah koleksi pustaka.

B. Koordinator Pemasaran Tugas Pokok : Melakukan tugas pokok dari sisi pemasaran radio untuk mencari pihak ketiga, baik intern maupun ektern yang berkenan menjadi sponsor program. Melakukan koordinasi dengan Bidang penyiaran dalam hal jenis program yang dapat dijadikan sebagai media untuk pihak ketiga melakukan sponsorship Melakukan kegiatan pencarian dana dalam bentuk penjualan merchandising yang berkaitan dengan radio suara kencana. Mengembangkan alternatif pencarian dana untuk operasional kegiatan radio Suara Kencana dengan tetap memperhatikan kaidah pengelolaan radio komunitas. Memastikan administrasi sponsorship berjalan dengan baik dan memastikan bidang penyiaran mengimplemetasikan perjanjian sponsorship sesuai dengan kesepakatan dengan pihak ketiga.

-

-

-

-

C. Koordinator Sekretariat Tugas Pokok : Memastikan pelaksanaan aspek kesekretariatan berjalan dengan baik. Memberikan support kepada bidang lain dalam hal pembuatan surat dan dokumen yang dibututhkan oleh setiap divisi. Memastikan pencatatan dan penyimpanan data anggota Radio Suara Kencana serta melakukan update secara berkala. Memastikan kebersihan dan ketertiban di dalam kantor dan ruangan studio.

-

-

D. Koordinator Administrasi Keuangan Tugas Pokok : Melakukan kegiatan administrasi pencatatan keuangan baik transaksi penerimaan maupun pengeluaran.

-

Memastikan pada setiap awal bulan mendapatkan laporan dan penyetoran keuangan dari divisi pemasaran. Mengeluarkan uang dan menyerahkannya kepada bidang yang mengajukan pengeluaran dana dengan bukti persetujuan dari Kepala Bidang Umum atau Pimpinan Umum. Membuat laporan posisi keuangan pada setiap awal bulan untuk bulan yang telah berjalan.

-

-

6.1

Sistem Perekrutan dan Keahlian Sumber Daya Manusia

Seluruh pengelola radio Suara kencana mendayagunakan potensi Sumber Daya Manusia yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya. Sistem perekrutannya dilakukan dengan sosialisasi keberadaan radio Suara Kencana beserta manfaat dan system pengelolaannya yang menganut konsep " Dari warga Untuk Warga ". Melalui sosialisasi tersebut diharapkan timbul minat untuk menjadi sukarelawan dalam pengelolaan Radio Suara Kencana. Wujud kesediaan menjadi sukarelawan tersebut adalah dengan mendaftarkan diri menjadi anggota organisasi Perkumpulan Radio Suara Kencana. Pada tahap awal lebih ditekankan kepada unsur partisipasi warga dalam melakukan kegiatan penyiaran. Secara bertahap mulai memberikan aspek pelatihan dan pada akhirnya dilakukan seleksi siapa yang berhak untuk menjadi penyiar utama dalam kegiatan operasional penyiaran. Pada akhir tahun 2007 diharapkan kualitas pengelola Radio Suara Kencana sudah mendekati kepada standar minimal pengelola Radio yang memahami secara jelas aspek teknis dalam penyelenggaraan penyiaran. Tenaga Ahli yang berasal dari anggota komunitas yang saat ini dimiliki oleh Radio Suara Kencana adalah sebagai berikut :

a. b. c. d. e. f. g. h. i.

Tenaga Ahli Teknik Pemancar dan Studio Tenaga Ahli Teknik Sipil dan Elektrikal Tenaga Ahli Teknik Komputer Tenaga Ahli Penyiaran dan Jurnalistik Tenaga Ahli Kepustakaan Tenaga Ahli Administrasi dan Manajemen Tenaga Ahli Program Religius Tenaga Ahli Program Anak Tenaga Ahli Program Musik

6.2

Analisa Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman

Analisis SWOT yang mencakup Analisas Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman dijabarkan secara rinci sebagai berikut :

KEKUATAN : 1. Radio Suara Kencana berada di perumahan Taman Griya Kencana yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan Pertumbuhan penduduk perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya yang terus meningkat dan menjadi potensi Sumber Daya Tingkat Partisipasi warga dalam kegiatan kemasyarakatan dan kesediaan menjadi relawan yang relatif cukup besar Keberadaan kelembagaan lain seperti DKM, PKK, Karang Taruna, POSYANDU, TPA, serta Perkumpulan Pengajian, sebagai sumber daya potensial dalam pengelolaan Program Acara. Ketersediaan tenaga ahli dalam berbagai bidang yang terkait dengan pengelolaan stasiun radio

2.

3.

4.

5.

KELEMAHAN : 1. Tingkat Partisipasi warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya dalam bentuk dukungan pendanaan yang relatif sulit, mengingat sebagian besar warga berasal dari tingkat ekonomi menengah ke bawah. Kemajemukan warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya yang mengharuskan pengelola mengakomodasi setiap kemajemukan dalam bentuk Program Acara Keterbatasan Sumber Daya Manusia yang memiliki waktu luang yang cukup panjang untuk dapat mengelola Radio Suara Kencana secara Full Time.

2.

3.

PELUANG :

1. Radio Suara Kencana merupakan media radio komunitas pertama yang ada di wilayah Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya, sehingga memiliki potensi besar merangkul pengusaha lokal untuk bersedia memberikan sponsorship program untuk biaya operasional radio

2. Keanekaragaman Profesi dan Instansi Kerja dari warga yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya memberikan peluang pencarian dana operasional kepada instansi atau lembaga melalui perantaraan warga yang bekerja pada lembaga atau instansi tersebut.

ANCAMAN : 1. 2. 3. Agresifitas Radio Komersial Lokal dalam memancarkan program siaran radio Keberadaan Media Informasi dan Hiburan dalam bentuk lain. Adanya beberapa warga yang memiliki sikap Apriori terhadap keberadaan Radio Suara Kencana

Mengacu kepada analisis SWOT yang telah dilakukan, berdasarkan Kekuatan dan Peluang yang ada, maka Pendirian Radio Suara Kencana secara teknis memiliki kelayakan, sepanjang mampu melakukan upaya-upaya untuk mengeliminir kelemahan yang ada dan mensikapi ancaman dengan menghadirkan program penyiaran yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan para warga Perumahan Taman Griya Kencana yang menjadi wilayah layanannya. Upaya yang dilakukan untuk mengeliminir Kelemahan dan mengantisipasi Ancaman adalah sebagai berikut : 1. Membuat inovasi Program Acara yang mengcover seluruh aspek yang ada dalam struktur masyarakat Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya. Mengakomodasi segala masukan dan harapan dari seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencana Secara kontinu melakukan kegiatan Off Air sebagai upaya berkelanjutan melakukan sosialisasi keberadaan Radio Suara Kencana. Secara kontinu melakukan pendekatan kepada para pihak yang memiliki rasa apriori terhadap keberadaan Radio Suara Kencana. Menggali beragam sumber pendanaan untuk memperkecil pembebanan biaya operasional Radio Suara Kencana kepada warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya.

2.

3.

4.

5.

VII.

PENUTUP

Demikian Studi Kelayakan Pendirian Radio Suara Kencana ini dibuat sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak yang berkepentingan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->