Melatih Ayam Serama Berdiri Tegak

Posted on August 15, 2011 by dutajaya| Leave a comment Melatih Ayam Serama agar berdiri tegak ada banyak cara, mulai yang ekstrem sampai dengan “normal” tergantung sama si empunya Ayam Serama. Yang saya lakukan disini adalah bagian yang normal saja, karena nggak tega pakai yang cara ekstrem. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan :

Pemijatan atau Perenggangan Bertujuan untuk melemaskan otot-otot pada Ayam Serama agar tidak kaku, pertama-tama pegang kaki Ayam Serama menyatu bersama ekor dengan tangan kiri, kemudian tangan kanan memegang kedua sayap bergerak kearah depan kepala, Tahan gerakan sayap tadi selama 3-5 menit lepaskan lalu ulangi kembali dengan posisi tangan kiri tetap menahan kaki dan ekor Ayam Serama. Lakukan peregangan ini dengan perasaan jangan sampai Ayam Serama mengalami kesakitan saat sayap di gerakkan ke arah depan.

Pijat bagian Dada Bertujuan untuk membentuk dada pada Ayam Serama agar dapat membusung secara optimal. Caranya letakkan Ayam Serama pada permukaan meja dan pastikan kaki berdiri sempurna. Kedua jempol kita menahan tulang ekor ke atas, kedua jari kelingking menahan di belakang kaki, 3 jari sisanya tepat di dada Ayam Serama (seperti dalam gambar) melakukan gerakan ke atas dan tahan, jari telunjuk kiri dan kanan ( tanda panah ) melakukan gerakan mengetuk lembut pada dada Ayam Serama secara bergantian. Sangkar Kawat Tempatkan Ayam Serama pada sangkar kawat dengan tutup setinggi leher, agar Ayam Serama

selalu mendongakkan kepalanya jika melihat keluar, tempat kan dari pagi hingga sore hari. Demikian juga pada kandang, tempatkan wadah pakan dan minum juga setinggi leher Ayam Serama. Demikian tips kilat dari saya semoga bermanfaat, jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan, dan bila pembaca mempunyai tips yang lain bermanfaat bagi seramania silahkan kirim artikel Anda ke email : dutalawang@gmail.com

MELATIH AYAM SERAMA AGAR MAKIN MAKSIMAL Posted on October 8. pada artikel ini memberikan tips agar busung dadanya bisa maksimal. ayam serama membusungkan dada nya biasanya dikarenakan adanya lawan jenis atau pesaing sesama jantan ataupun betina disekitarnya dan juga jika sedang birahi. berikut beberapa cara yang bisa dicoba : TEKNIK PEMIJATAN Langkah pertama masukkan ibu jari dan jari telunjuk diselah-selah pangkal sayap ( gambar 1 ) tarik ke dalam dan tahan. maka secara naluri ayam serama akan berposisi tegak sambil membusungkan dadanya. TEKNIK UNTHULAN Merupakan teknik kuno tapi cukup efektif. untuk menghindari cedera / terkilir. dengan cara menempatkan ayam serama yang dilatih dalam sangkar kawat lalu diluarnya diberi pejantan atau betina lain. lakukan selama 15 – 30 menit setiap harinya. dengan tujuan merangsang naluri emosinya bekerja ( gambar 4 ) . 2011 by dutajaya| Leave a comment Sebetulnya banyak cara yang digunakan untuk memaksimalkan ayam serama agar dada nya mau membusung secara maksimal. Langkah kedua lakukan pemijatan pada pangkal leher bawah bagian belakang searah ke bawah ( gambar 3 ) lakukan dengan hati-hati usahakan agar kepala ayam serama selalu lurus menghadap ke depan. Kemudian jari tengah menopang dada bagian bawah dan angkat ke atas ( gambar 2 ).

Corak Bulu anakan serama sudah mulai muncul pada usia 2-3 minggu. terutama bagi yang masih pertama kali ingin mencoba pelihara ayam hias. apalagi saat ini ayam serama lagi meningkat tajam permintaannya diiringi semakin tinggi nya harga untuk membeli ayam serama remaja hingga dewasa yang harganya mencapai jutaan rupiah bahkan lebih. jika memiliki bidang dada yang lebar cenderung akan menjadi jenis apel atau bold. jangan lah fokus pada indukan ayam seramanya. jika memiliki dada yang kecil biasanya jenis Slim. disertai ekor yang mendongak ke atas dan panjang sayap melebihi tubuhnya. 2011 by dutajaya| Leave a comment Anakan ayam serama saat ini lagi jadi primadona di kalangan penghobi ayam serama. karena indukan yang bagus belum tentu menghasilkan anakan yang bagus juga. jika kaki anakan ayam serama ini memiliki sudut runcing (gambar 1) bisa dipastikan sulit untuk berdiri tegak. Berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba saat membeli anakan ayam serama. demikian juga sebaliknya. Dan juga perlu diingat juga jika ingin membeli anakan ayam serama.MEMILIH ANAKAN SERAMA YANG BERKUALITAS Posted on October 16. meskipun indukannya jelek terkadang menghasilkan anakan yang bagus dan berkualitas. dan saat ini yang sedang menjadi buruan para hobies jika sejak anakan sudah memiliki dada yang sedikit menonjol ke depan dan kepala sudah menarik ke belakang tentunya. tapi bisa dijadikan acuan awal saat membeli : Bentuk tubuh anakan ayam serama lebih kecil dibandingkan dengan anakan ayam lain pada usia yang sama dan anakan ayam serama sudah memiliki ciri khas pada bagian leher menyerupai huruf S Bagian dada anakan ayam serama juga bisa dijadikan patokan akan seperti apa dewasanya nanti. . sebaliknya jika memiliki sudut tumpul (gambar 2) bisa dipastikan dapat berdiri tegak. Kaki anakan ayam serama juga bisa dijadikan patokan apakah nantinya ayam serama ini bisa berdiri tegak atau tidak. masih tetap bisa punya ayam serama dengan cara membeli anakan nya dimana harganya tidak terlalu menguras isi dompet dibandingkan dengan membeli ayam serama yang remaja atau dewasa. Nah bagi yang memiliki anggaran tipis tidak perlu berkecil hati. meskipun tidak 100% betul.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful