Mengenal Nama-nama Bunga dan Tempat hidupnya

Untuk memenuhi rasa ingin tahu para pembaca maka saya kutip sedikit tentang Bunga dan namanya. Semoga bermanfaat.
Keindahan bunga tentu tak asing lagi. Apalagi jika kita bicara soal ragam warnanya. Tak heran jika bunga menjadi pilihan untuk dijadikan hiasan. Bunga potong seringkali hadir dalam berbagai kegiatan. Jenis bunganya pun beragam, sesuai tema acara. Bukan hanya jenis bunga, warna bunganya pun ikut berperan dalam menentukan jenis kegiatan. Untuk perayaan valentine misalnya, dicari warna bunga pink atau bisa juga merah. Sedangkan perayaan imlek, warna bunga merah amat menonjol. Pada pesta pernikahan, muncul warna-warni bunga, seperti putih, merah, ungu, atau kuning. Untuk peristiwa kematian, butuh bunga ungu dan putih. Pesta ulang tahun atau peresmian kantor, serah terima jabatan, ataupun launching produk baru biasanya menggunakan bunga warna putih, merah, dan kuning. Mari kita simak nama, jenis dengan warna bunganya:

Allium

Alstroemeria

Amaryllis

Anemone

Anthurium

Baby's Breath

Banksia

Bird Of Paradise

Bouvardia

Button Pom

Calla Lily

Caribea Heliconia

Carnation Casablanca Lily Cherry Blossom Cockscomb Cornflower Daffodil Daisy Delphinium Dendrobium Orchid Eremurus Freesia Fuji Mum Gardenia Genistra Gerbera Daisy .

Gladiolus Gloriosa Lily Heather Hyacinth Iris Ixia Kangaroo Paw Larkspur Leptospernum Liatris Lilac Lisianthus Mini Carnation Oncidium Orchid Parakeet Heliconia .

Phalaenopsis Orchid Phalaenopsis Spray Pin Cushion Protea Pink Ginger Protea Queen Anne's Lace Ranunculus Rattlesnake Calathium Red Ginger Scabiosa Snapdragon Solidaster Standard Mum Star Gazer Lily Star of Bethlehem .

Bunga sedap malam biasa mekar di malam hari. Nama latin tuberosa berasal dari pokok akarnya (tuber). Tanaman ini diperkirakan berasal dari Meksiko. Bangsa Astek mengenalnya dengan nama Omixochitl [oh me' zu che' tl] atau bunga tulang. Bunga Sedap malam (Polianthes tuberosa) adalah tumbuhan selalu hijau dari suku Agavaceae. yang berarti di mana ngengat hinggap. Minyak dari bunga ini digunakan dalam pembuatan parfum. Nama bunga ini di India bagian timur adalah Ratkirani. yang berarti ratu malam. Di . Saat ini dikenal sekitar 12 spesies dari genus Polianthes.Statice Stephanotis Stock Sunflower Sweet Pea Sweet William Tritoma Tulip Viburnum Watsonia Waxflower Yarrow Bunga-bunga yang kita kenal. Di Singapura bunga ini dinamakan Xinxiao.

dua-dua berlawanan (pinnate). manis. tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter. yang merupakan nama umum bagi anak perempuan. eksotis. dan khas bunga. Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene). Bunga ini juga digunakan di Hawaii untuk pengantin dan dahulu di zaman Viktoria digunakan sebagai bunga kuburan.Persia. sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luar. Harum bunga ini digambarkan sebagai kompleks. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis. bunga ini disebut Maryam. Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. tepi tepi beringgit. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Buah mawar (rose hips) dari Rosa canina Bunga menghasilkan buah agregat (berkembang dari satu bunga dengan banyak putik) yang disebut rose hips. pertulangan menyirip. sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun. Bunga terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Genus tanaman ini masih berkerabat dekat dengan Manfreda. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak. Daunnya panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya. Tanaman ini tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga putih. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. . Walaupun jarang ditemui. meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah.

Mawar juga merupakan makanan bagi larva beberapa spesies Lepidoptera Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Mawar hasil pemuliaan menghasilkan bunga yang daun mahkotanya menutup rapat sehingga menyulitkan penyerbukan. Bunga dari berbagai jenis kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning. Beberapa spesies mawar mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam. berwarna merah dan tidak berbau. Walaupun sudah dilindungi duri. Sebagian buah mawar berwarna merah dengan beberapa perkecualian seperti Rosa pimpinellifolia yang menghasilkan buah berwarna ungu gelap hingga hitam. oranye hingga merah tua atau merah jambu. sedangkan penyakit Bercak Hitam yang ditandai timbulnya bercak-bercak hitam pada daun disebabkan oleh cendawan Diplocarpon rosae. Mawar dapat dijangkiti beberapa penyakit seperti karat daun yang merupakan penyakit paling serius. Pada beberapa spesies seperti Rosa canina dan Rosa rugosa menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya dengan vitamin C bahkan termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya. Beberapa jenis burung seperti burung Finch juga memakan biji-biji mawar. Penyebabnya adalah cendawan Phragmidium mucronatum yang menyebabkan kerontokan daun. Buah rose hips disukai burung pemakan buah yang membantu penyebaran biji mawar bersama kotoran yang dikeluarkan. menahan pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akar dari erosi. rusa kelihatannya tidak takut dan sering merusak tanaman mawar. Bunga besar.Spesies dengan bunga yang terbuka lebar lebih mengundang kedatangan lebah atau serangga lain yang membantu penyerbukan sehingga cenderung menghasilkan lebih banyak buah. Penyakit yang tidak begitu berbahaya seperti Tepung Mildew disebabkan cendawan Sphaerotheca pannosa. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di daerah pantai seperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang. . Pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain.

Reticulatum. Tapi saat ini yang terkenal adalah hibrid atau silangannya saja. Kembang sepatu disebut Bunga Raya yang ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960. Amaryllis atau Hippeastrum Bunga ini ternyata bukan berasal dari Indonesia. Papilio. Brasilia dan Argentina menyumbang cukup banyak spesies bunga ini. Sedangkan Amaryllis merupakan nama genusnya (Amarylliceae). Nama hippeastrum lebih dikenal di luar negeri. H. Sebenarnya bunga ini dikenal bernama latin Hippeastrum. Contohnya spesies dari Brazil yang terkenal adalah H. Worsleya Reyneri. Hippeastrum punya cukup banyak jenis atau spesies. di Indonesia biasa disebut Amarilis atau Lili. . bunga ini berasal dari daerah Amerika Selatan dan sebagian Afrika. Menurut referensi internet.Di Malaysia. dan lainnya.

Maka jadilah. kuning dan krem. Selain itu juga ada kelopak bunga ganda (seperti doxon di adenium) yang merupakan hasil silangan. Sang Klapa .Sumatera: Menlu Bruek. juga di halaman kantor. selain indah dan harum. namun sudah lama tumbuh di Indonesia dan sudah ditanam di berbagai tempat.Jawa: Peciring.Warna dan Corak Bunga Yang Menarik Warna bunga dari Hippeastrum ini sangat menarik. Kadang-kadang tumbuh secara liar di antara semak-semak dan tegalan. Tanaman ini termasuk familia Rubiaceae dan mempunyai beberapa nama asing maupun nama daerah. Nah. Namun. Si Pengharum Ruangan Tanaman ini dikenal Karena keharumannya. Raja Putih. Karena kecantikannya inilah maka saat ini hasil silangannya sudah banyak bermunculan di dunia dan menjadikan Hippeastrum naik tingkat dari tanaman lanscape menjadi tanaman hias.Nusa Tengara: Jempiring . kenapa Anda tak mencoba menanam kaca piring saja? Pasalnya. Kaca Piring. atau dipinggir-pinggir jalan sebagai tanaman hias. antara lain: .” Dan dalam minyak terbang itu antara lain terkandung unsur linalol dan styrolyl.Belanda: Kaapse Jasmijn . tanaman ini memiliki senyawa kandungan zat “minyak terbang. di taman-taman rekreasi. hijau. selain di halaman rumah. Ada yang berwarna putih. lalu membayangkan: Bagaimana caranya dari halaman rumah ini bukan hanya tampil asri tetapi sekaligus bisa memancarkan semerbak wangi? Nah.Inggris: Cape Jasmine . TEMPAT TERBUKA Tanaman kaca piring (Gardenia augusta) diperkirakan berasal dari Cina atau Jepang. Ceplok Piring . biru. Cepiring. Bagaimana cara menanamnya? Mungkin Anda punya koleksi tanaman hias yang cukup lengkap di kebun Anda.Sansekerta: Gandharaj . seputar halaman rumah beraroma wangi. ada juga yang bercorak seperti batik. Misalnya. Namun. tak semua “berhenti”. merah. tanaman ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. unsur-unsur itulah yang mampu memancarkan aroma wangi. Juga coraknya ada yang bergaris-garis merah muda diatas warna putih. merah muda.

Untuk peristiwa kematian. . warna bunga merah muda. dan putih. Bunga potong seringkali hadir dalam berbagai kegiatan. Tapi. Aster. Pada pesta pernikahan. mulai dari bulat sampai mirip cakram. dn putih . biru muda. merah tua. merah. Jenis bunganya pun beragam. leher bunga berambut. karena bisa hadir hampir di setiap kegiatan atau acara. . merah. Ragam warna bunga aster itu juga didukung oleh usaha mengintroduksi berbagai varietas dari Eropa dan Amerika.Aster chinensis tipe Princes. tunggal. warna bunga merah muda. ataupun launching produk baru biasanya menggunakan bunga warna putih. Pesta ulang tahun atau peresmian kantor. bulat telur terbalik atau lanset memanjang. kuning muda. Juga. tingginya sekitar 0.Kaca piring termasuk tanaman perdu tegak. Mari kita simak jenis aster dengan warna bunganya: . warna bunga merah amat menonjol. dan kuning. dan biru. panjang daun mahkota bunga 6 . Berbunga putih cerah. Sementara tangkai bunganya ada yang pendek. merah lembayung. warna bunganya pun ikut berperan dalam menentukan jenis kegiatan. sesuai tema acara. serta bertangkai pendek. merah tua. ungu. ditanam di halaman rumah pun tak kalah oke. helaian bunganya yang tersusun membentuk lingkaran.9 cm. duduk daun berhadapan atau berkarang tiga-tiga. konon nama aster berasal dari kata a star. Mahkota bunga menyerupai terompet. butuh bunga ungu dan putih. Tak heran jika bunga satu ini menjadi pilihan untuk dijadikan bunga potong. Bukan hanya jenis bunga. seperti putih. Pangkal daun runcing. berujung runcing. Apalagi jika kita bicara soal ragam warna. Bunga satu ini punya keunggulan. Bunga dengan Ragam Menawan Keindahannya tentu tak asing lagi. . merah. warna bunga violet muda. merah muda. dan dilapisi oleh “hars” yang mengkilat. serah terima jabatan.5 . Salah satu bunga yang sering digunakan untuk berbagai acara itu adalah bunga aster.Aster chinensis tipe Giant Cornet.1. bergantung jenisnya. warna bunga putih. . dan berusuk. Pohon ini berdaun tunggal. dan putih. tangkai pendek.5 meter. Untuk perayaan valentine misalnya. warna bunga biru. muncul warna-warni bunga. Helaian daun berbentuk lonjong-bulat telur. . dicari warna bunga pink atau bisa juga merah. permukaan bagian atas berwarna hijau tua. Tabung kelopak bunga kecil. biru tua. dan berbau wangi. Namun. Kenapa? Barangkali karena penampilan sosok bunganya yang menyerupai bintang. pendek.Aster novae-angliae. MIRIP KRISAN Tanaman aster (Callistepus chinensis) yang banyak ditanam di negeri kita adalah aster Cina. Sedangkan perayaan imlek. warna bunga violet dan kebiruan.Aster chinensis tipe Liliput.Aster chinensis tipe Amerika. merah muda.Aster incisus. Cina memang disebut-sebut sebagai negara nenek moyang tanaman aster. atau kuning. yang artinya “bintang”. Mungkin itu karena bunga satu ini punya warna bermacam warna.

Selain itu. agar beraroma harum. yang lebih dikenal dengan sebutan Java Cananga Oil. . tidak lebar. Tinggi tanaman juga bervariasi. tergantung varietasnya. Namun tidak tertutup kemungkinan. bersama bunga melati dan mawar. sehingga terpancar aroma harum. Saring dan minum teratur. Itu berarti. Ya. Sepintas. Namun. dan tutup rapat. yang dipakai sebagai bunga tabur pada waktu ziarah ke makam. jika ditelusuri lebih cermat. jelas harum. Tak kalah menarik. Daun aster berwarna hijau. kadang kita rancu membedakan aster dengan krisan. kenanga dimasukkan ke dalam minyak kelapa dan dipanaskan.ada yang panjang. Kenanga: Bunga Menggantung. di daratan rendah pun aster bisa tumbuh. keringkan 3 kuntum bunga kenanga. Bisa ditanam di mana saja. Hampir senada dengan wanita Thailand. Caranya. dan sebagainya. kita akan tahu. aster yang biasanya dijadikan bunga potong (cut flower) bisa tampil cantik sebagai penghias halaman rumah. Pun ukuran bunga bervariasi berkisar diameter 4-7 cm. berbentuk lanset. Beraroma Harum Bunganya. orang-orang Banyumas (Jawa Tengah) terbiasa memanfaatkan ekstrak bunga kenanga untuk menyembuhkan serangan penyakit malaria. yang lebih populer disebut leno cemceman. Pun dalam tradisi Jawa. Daerah yang ideal untuk bertanam aster adalah daerah pegunungan. pakaian dan tempat tidur mereka. masyarakat Jawa juga mengolah kenanga menjadi minyak rambut. sesungguhnya Indonesia sudah lama menjadi negara pengekspor minyak kenanga. Caranya. Bunga kenanga dapat diambil minyak atsirinya dengan cara disuling dan dipakai dalam industri wewangian. Tampilan visualnya hampir sama. Misalnya. sabun. yakni sekitar 20 cm (Aster tipe Liliput) hingga 75 cm (Aster Amerika). wanita Malaysia (dan juga wanita Bali) pun memanfatkan bunga kenanga segar untuk mengharumkan rambut. Ada juga yang memanfatkan kenanga sebagai bahan campuran tembakau. Penampilannya pun tak kalah menarik. yakni sehabis mandi langsung mengambil remasan bunga kenanga. disebut “bunga setaman”. parfum. kosmetika. sedu dengan segelas air panas. Tanaman ini tumbuh merumpun dan bercabang. Aster sendiri menyukai tempat yang terbuka. kenanga sering hadir pada berbagai upacara atau kebudayaan adat. dan tepi daun agak bergigi. dan diusap-usapkan pada tubuhnya. termasuk di dalam pot. Wanita Thailand punya kebiasan menarik.

dan pada ketinggian sekitar 20 . ia akan rajin berbunga bila ditanam di tempat subur. kumpul. antara lain: .BERBUNGA MENGGANTUNG Tanaman kenagan (Canangium odoratum) termasuk keluarga Anonaceae (kenanga-kenangaan). juga bisa diusahakan sebagai tanaman hias dalam pot. wungurer. kananga (Madura). kupa apale. namun terkadang berjumlah 8 atau 9. berwarna cokelat muda.5 14 cm. dengan susunan yang khas. berbentuk memanjang dan tertutup. selanga (Aceh). dan menjadi hitam setelah tua. panjang dua cm. berdaging tebal. dan menjadi kuning setelah masak. nuarai (Simalungun). Di berbagai daerah Indonesia. Bunganya memancarkan aroma harum. luit (Minahasa).15. kupaleuo (Seram). Mahkota bunga umumnya berjumlah 6. pum-pum. Dikutip dari berbagai sumber Isnawati Sukendar 01 Juni 2007 . terlepas satu sama lainnya. kupa aitetui. amok.Jawa: kananga (Sunda). sapalen.Bali: sandat kanaga. kananga (Minangkabau) . sipaniune.12 per buah tersusun dalam dua baris. sandat wanga . berdaging. beriklim panas. DUA JENIS Tanaman kenanga bisa tumbuh dimana saja. dan tersusun dalam 2 lingkaran yang masing-masing biasanya berjumlah 3. dengan ketinggian maksimal 3 meter dan bertajuk lebar.700 meter di atas permukaan laut. bunga kaeik (Roti). Akan tetapi. kupa aiouno.Maluku: sapalin.23 cm. Cananga odorate ini memiliki 2 forma. pendek. Bunganya berbentuk ‘bintang” majemuk. berwarna hijau ketika masih muda. Meski begitu. yakni Cananga latifolia. Lazimnya. berbentuk bulat telur atau bulat telur memanjang. sukalone. walotol (Ulias). Pada umumnya berbatang besar sampai diameter 70 cm dengan tinggi mencapai 25 meter lebih. di negara kita dikenal dua jenis kenanga. Daunnya tunggal setangkai. ternyata kenanga memiliki bermacam-macam nama. dan lebar 4. anga (Bima). wal im puket. wangsa (Jawa). ngana-ngana (Nias). dan forma genuina. dengan pangkal daun mirip jantung dan ujung daun runcing. berbentuk bundar. yang memiliki daun berbulu halus pada permukaan bawahnya. Benang sarinya banyak. Penampilannya memang menarik. buah mengelompok sekitar 6 .10 buah pada satu tangkai utama. tenanga (Sawu). selanga (Gayo). dan Cananga odorate yang umumnya memiliki daun yang tidak berbulu.Nusa Tenggara: adat (Sasak). . Kepala putik berbentuk tombol.Sulawesi: lalingiran. Jumlah bakal buah sekitar 7 . Biji kenanga sekitar 8 . Panjang daun mencapai 10 .Sumatera: kenanga. Buah berbentuk bulat telur terbalik. . kumbang (Buru) kananga wangi (ambon) Sampai hari ini. kenanga. ananga. berkulit keras dan warnanya cokelat. menggantung dan berwarna hijau ketika masih muda. dan ruang tempat sari berhubungan terdapat di ujung tangkai sari. pipih. Bunga itu muncul pada batang pohon atau ranting bagian atas pohon. kananga (Bugis) . yakni forma macrophylla.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful