P. 1
Proposal Mid Semester (UTS) 2012

Proposal Mid Semester (UTS) 2012

1.0

|Views: 7,473|Likes:
Published by Mughits Ugit Rifai
proposal penyelenggaraan mid semester/UTS
proposal penyelenggaraan mid semester/UTS

More info:

Published by: Mughits Ugit Rifai on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/30/2015

pdf

text

original

PROPOSAL

PENYELENGGARAAN UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Oleh Panitia Penyelenggara Ujian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013

YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (YLPI) BUNTET PESANTREN SMK NU MEKANIKA BUNTET PESANTREN CIREBON 2012

A. Latar Belakang Evaluasi atau penilaian merupakan sesuatu yang mutlak ada dalam dunia pendidikan. Dengan segala bentuknya, evaluasi bertujuan untuk memperbaiki segala hal yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dalam mencapai tujuan akhir hasil proses pembelajaran. Hasil dari evaluasi yang dilaksanakan akan berguna bagi semua stakeholder yang berkepentingan dalam penyelenggaraan proses belajar-mengajar. Oleh karena itu, evaluasi sangat diperlukan dalam pendidikan. Melihat urgensi tahapan evaluasi dalam pendidikan, tidak heran jika evaluasi dilakasanakan tidak hanya satu kali selama proses belajar-mengajar. Tidak hanya dalam frekuensi, evaluasi juga dilaksanakan dalam berbagai bentuk dengan berbagai macam instrument dan untuk berbagai tujuan. Semua itu dilakukan untuk memeroleh informasi yang akurat tentang tingkat pemahaman siswa, efektivitas pembelajaran, dan sebagainya. Salah satu rangkaian evaluasi tertulis dalam jenjang pendidikan formal, terutama tingkat menengah, adalah pelaksanaan Ujian Tengah Semester. Ujian Tengah Semester merupakan kegiatan evaluasi terhadap proses belajar mengajar yang diadakan pada pertengahan semester untuk mengetahui pencapaian KKM dari SK dan KD yang telah disusun dalam program semester. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan Ujian Tengah Semester, seorang guru dapat mengetahui dengan pasti tingkat pencapaian prestasi belajar siswa yang dapat dianalisa untuk kepentingan perbaikan proses pembelajaran. Hal ini akan sangat berguna baik untuk peningkatan prestasi belajar peserta didik di masa depan maupun untuk proses perbaikan penyajian materi oleh guru yang bersangkutan. Untuk pencapaian hasil yang maksimal dan dapat dipertanggungjawabkan serta dapat terarahnya pelaksanaan evaluasi ini, maka sesuai dengan kebijakan dan petunjuk yang sudah diberikan oleh Kepala Sekolah, kami berusaha merencanakan dan menuangkannya dalam sebuah proposal yang diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaksanaan kegiatan Ulangan Tengah Semester tersebut sesuai dengan tuntutan kurikulum dan kompetensi siswa yang ditetapkan secara nasional.

B. Nama Kegiatan Nama kegiatan adalah : “Ujian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012 / 2013”

C. Tujuan Kegiatan Tujuan kegiatan ini adalah : a. Mengevaluasi proses belajar mengajar b. Mengetahui pencapaian KKM c. Memotovasi siswa agar lebih giat belajar

D. Dasar Pelaksanaan a. Kegiatan Ujian Tengah semester ini telah terprogram pada rapat kerja Guru dan Karyawan SMK NU Mekanika Buntet Pesantren pada tanggal 10 Juli 2012 yang telah menetapkan beberapa macam kegiatan, di antaranya kegiatan Ujian Tengah Semester Ganjil tahun 2012. b. Rapat Pembentukan panitia pada tanggal 1 Oktober 2012 yang telah menghasilkan susunan panitia dan pembagian tugas panitia.

E. Pelaksanaan Kegiatan Ujian Tengah Semester ini dilaksanakan pada : a. Hari / Tanggal : Sabtu, 20 Oktober 2012 s.d. Kamis, 25 Oktober 2012 b. Waktu c. Tempat d. Acara : Pukul 07.30 s.d. Pukul 12.00 : Kampus SMK NU Mekanika Buntet Pesantren : Jadwal Terlampir

F. Sasaran Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa dan siswi SMK NU Mekanika Buntet Pesantren kelas X sampai dengan kelas XII dari dua program keahlian, yaitu Teknik Kendaraan Ringan dan Multimedia.

G. Kepanitiaan Kepanitiaan dibentuk dan diputuskan melalui rapat pembentukan panitia pada tanggal 1 Oktober 2012. Panitia berjumlah 7 (tujuh) orang (SK susunan kepanitiaan terlampir).

H. Kepengawasan Pengawas merupakan guru-guru SMK NU Mekanika yang ditunjuk sesuai dengan keputusan Kepala Sekolah pada tanggal 1 Oktober 2012 (SK susunan pengawas dan jadwal kepengawasan terlampir).

I. Anggaran Dana Sumber dana untuk penyelenggaraan Ujian Tengah Semester berasal dari pembayaran siswa dan kas sekolah. Dana yang terkumpul akan dibelanjakan untuk biaya pencetakan dan penggandaan, pembelian barang-barang habis pakai, serta honorarium pengawas dan panitia (anggaran biaya terlampir).

J. Penutup Demikianlah proposal kegiatan Ujian Tengah Semester ini kami buat dengan sebagaimana adanya. Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu kami memohon bantuan dan dukungan dari semua pihak agar kegiatan ini dapat terlaksana.

Buntet Pesantren, 4 Oktober 2012

Pengaju Proposal

Ketua Panitia

Sekretaris

Hanief Insan Arif, S.Pd.

Mughits Rifai, S.Pd.

Mengetahui dan menyetujui, Kepala SMK NU Mekanika Buntet Pesantren

H. Fahad Achmad Sadat, S.E., M.E.Sy.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->