Inilah 7 Tanda Kebahagiaan Dunia

Sabtu, 21 Juli 2012, 05:10 WIB

Siswa madrasah di Karabalta, Kirgistan, tengah belajar membaca Alquran. REPUBLIKA.CO.ID, Bismillaahirrahmaanirrahiim, Ibnu Abbas ra adalah salah seorang sahabat Nabi SAW yang terkenal dengan julukan Turjumaanul Qur‘an (orang yang paling ahli dalam menerjemahkan Alquran). Beliauh sangat telaten dalam menjaga dan melayani Rasulullah SAW. Ia pernah secara khusus didoakan Rasulullah SAW, maka pada usia 9 tahun Ibnu Abbas telah hafal Al Quran dan telah menjadi imam di masjid. Ia pernah didoakan Nabi dua kali, saat didekap beliau dan saat ia melayani Rasulullah dengan mengambil air wudhu. Rasul berdoa, ''Ya Allah pahamkanlah (faqihkanlah) ia.'' (HR. Muslim). Sejak kecil Ibnu Abbas sudah menunjukkan kecerdasan dan semangatnya dalam menuntut ilmu. Sepeninggal wafat Nabi, ghiroh Ibnu Abbas menuntut ilmu tak menjadi surut. Tanpa bosan ia mendatangi satu per satu sahabat untuk sekadar bertanya berbagai perkara yang belum diketahuinya. Alhasil, dalam waktu singkat Ibnu Abbas digelari sebagai faqih al ashr (faqih di masanya) dan imam al mufassirin (penghulu ahli tafsir). Ibnu Abbas juga berjuluk al bahr (lautan ilmu). Seiring perjalanan waktu, penglihatan Ibnu Abbas mulai berkurang hingga ia wafat di kota Thaif. Musnad

Abdullah Ibnu Abbas mencapai 1.660 hadits. 75 hadits diantaranya disepakati oleh Bukhari dan Muslim (Muttafaq ‗alaihi). Bukhari meriwayatkan 120 hadits sedang Muslim sebanyak 9 hadits. Suatu hari ia ditanya oleh para Tabi‘in (generasi sesudah para Sahabat) mengenai apa yang dimaksud dengan kebahagiaan dunia. Ibnu Abbas menjawab bahwa ada 7 (tujuh) indikator kebahagiaan dunia, yaitu : Pertama, Hati yang selalu bersyukur. Artinya selalu menerima apa yang telah Allah SWT berikan dengan ikhlas apapun bentuknya. Agar dapat selalu bersyukur, maka mestilah kita memahami ayat. "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman.‖ (QS. Al Mu‘minun, 23 : 1) Mengapa beruntung?. Karena setiap peristiwa apapun itu yang ditimpakan oleh Allah terhadap hambanya yang beriman adalah sebuah keberuntungan bagi dirinya. Apapun bentuknya. Tetapi kuncinya jika hambanya ikhlas. Ikhlas dalam artian memurnikan. Ilustrasinya jika dia diberikan kesenangan, orang yang beriman akan ikhlas dan bersyukur dengan memuji Allah, berdoa serta membagikan rizki, kesenangan atau nikmatnya kepada hamba-hamba lainnya. ―Dan terhadap nikmat tuhanMU, maka hendaklah kamu sebarkan. (QS. Ad Dhuha, 93 : 11) Karena itu Allah pun akan menambah rizkinya bagi orang-orang yang pandai bersyukur. "Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatku), maka sesungguhnya azab KU sangatlah pedih." (QS. Ibrahim, 14 : 7) Dan jika Allah menimpakan musibah kepadanya, maka merekapun bersimpuh, berdoa memohon kepadaNYA agar musibah tersebut menjadi penghapus dosa-dosanya, serta menjadikan mereka hamba-hamba yang selalu mengingat Allah. Dalam hadits yg diriwayatkan Imam Muslim (shahih muslim no. 4673) dinyatakan bahwa : Rasulullah bersabda "janganlah kamu sekalian terlalu bersedih & tetaplah berbuat kebaikan karena dalam setiap musibah yang menimpa seorang muslim terdapat penghapusan dosa bahkan bencana kecil yg menimpanya atau karena sebuah duri yg menusuknya." Memiliki jiwa syukur berarti selalu menerima apa adanya (qona‘ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan, tidak ada stress, inilah nikmat bagi hati yang selalu bersyukur. berbahagialah orang yang pandai bersyukur! Kedua, pasangan hidup yang sholeh. Pasangan hidup yang sholeh akan menciptakan suasana rumah dan keluarga yang sholeh pula. Di akhirat kelak seorang suami (sebagai imam keluarga) akan diminta pertanggungjawaban dalam mengajak istri dan anaknya kepada

anak yang sholeh.kesholehan. dimana doa anak yang sholeh kepada orang tuanya dijamin dikabulkan Allah. au Saat Rasulullah SAW thawaf. Keempat. Setelah selesai thawaf Rasul bertanya kepada anak muda itu : ―Kenapa pundakmu itu ?‖ Jawab anak muda itu : ―Ya Rasulullah. para peneliti membuktikan. namun minimal kita bisa memulainya dengan menjadi anak yang soleh. ketika sholat. cinta orangtuamu tidak akan terbalaskan olehmu‖. Pasangan hidup yang saleh. Berbahagialah menjadi seorang istri bila memiliki suami yang sholeh. saya mempunyai seorang ibu yang sudah udzur. 9 : 119) . kesalehan (inner beauty) adalah 2/3 faktor penentu kebahagiaan hidup. Berbahagialah kita bila memiliki anak yang sholeh. Saya sangat mencintai dia dan saya tidak pernah melepaskan dia." (HR. anak yang berbakti. au ilmin yantafau bih. indah dan menentramkan. Rasulullah saw bersabda: "Apabila seorang anak Adam mati maka terputuslah seluruh amalnya kecuali dari tiga perkara: shadaqah jariyah. Ketiga. Saya melepaskan ibu saya hanya ketika buang hajat. kamu anak yang soleh. sebaliknya pula seorang istri yang sholehah. atau ketika istirahat. bertakwalah kepada Allah. Muslim) Iza matabna adam inkhata amaluhu : illa bi salasin . At Taubah. Lalu anak muda itu bertanya: ‖ Ya Rasulullah. apakah aku sudah termasuk kedalam orang yang sudah berbakti kepada orang tua?‖ Nabi SAW sambil memeluk anak muda itu dan mengatakan: ―Sungguh Allah ridho kepadamu." (QS. lingkungan yang kondusif untuk iman kita. saya dari Yaman. sedangkan kecantikan atau ketampanan dan kekayaan hanyalah 1/3 darinya. tapi anakku ketahuilah. yang pasti akan bekerja keras untuk mengajak istri dan anaknya menjadi muslim yang sholeh. ia menciptakan suasana rumah teduh dan menurunkan keluarga yang saleh pula. shadaqatun jariyah. Rasulullah bertemu dengan seorang anak muda yang pundaknya lecet-lecet. akan memiliki kesabaran dan keikhlasan yang luar biasa dalam melayani suami dan anak-anaknya. selain itu sisanya saya selalu menggendongnya‖. dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar(jujur). "Hai orang-orang yang beriman. Maka berbahagialah menjadi seorang suami/istri yang memiliki seorang suami/istri yang sholehah. ilmu yang bermanfaat atau anak shalih yang selalu mendoakannya. Dari hadist tersebut kita mendapat gambaran bahwa amal ibadah kita ternyata tidak cukup untuk membalas cinta dan kebaikan orang tua kita.

jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar. bagaimana doanya dikabulkan‖. Maka berbahagialah orang-orang yang selalu dengan teliti menjaga kehalalan hartanya. Keenam. kami segera mendatangi Ibnu Taimiyah untuk meminta nasehat.‖ (HR.

Itulah pentingnya bergaul dengan orang-orang sholeh. dapat kembali membangkitkan semangat keimanan sehingga kita pun dapat menularkan nuansa kebaikan kepada lingkungan sekitar kita. Ini tidak berarti Islam tidak menyuruh umatnya untuk kaya. Rasulullah SAW pernah bertemu dengan seorang sahabat yang berdoa mengangkat tangan. harta yang halal. Maka dengan hanya memandang wajah beliau dan mendengarkan nasehat beliau serta merta hilang semua kegundahan yang kami rasakan dan berganti dengan perasaan lapang. engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat harumnya. Semangat memahami agama akan meng ―hidup‖ kan hatinya. maka hatinya semakin bersih. . ―Kamu berdoa sudah bagus‖. minimal engkau dapat baunya yang tidak enak. Harta yang halal juga akan menjauhkan setan dari hatinya. Berbahagialah menjadi orang yang hartanya halal karena doanya sangat mudah dikabulkan Allah. suci dan kokoh.
―Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. minuman dan pakaian dan tempat tinggalnya didapat secara haram. jika kami ditimpa perasaan gundah gulana atau muncul dalam diri kami prasangkaprasangka buruk atau ketika kami merasakan sempit dalam menjalani hidup. semakin cinta ia kepada agamanya. bukan kuantitas harta. kata Nabi SAW. ―Kami (murid-murid Ibnu Taimiyyah). Bukhari)

 Ibnul Qayyim mengisahkan. semakin tinggi cintanya kepada Allah dan rasul-Nya. Harta yang halal. Kelima. semangat untuk memahami agama. Adapun berteman dengan pandai besi. Dalam riwayat Imam Muslim di dalam bab sadaqoh. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya. yakin dan tenang . Cinta inilah yang akan memberi cahaya bagi hatinya. hati yang ―hidup‖ adalah hati yang selalu dipenuhi cahaya nikmat Islam dan nikmat iman. Semangat memahami agama diwujudkan dalam semangat memahami ilmu-ilmu agama Islam. Semakin ia belajar. Maka berbahagialah orang yang penuh semangat memahami ilmu agama Islam. yang terpenting dalam Islam kualitas harta.Nabi SAW juga mengajarkan kepada kita agar bersahabat dengan orang yang dapat memberikan kebaikan dan sering menasehati kita. tegar. sehingga memberi ketenangan dalam hidupnya. ―Namun sayang makanan.

Hati dinamakan Qolbun karena cepat dan dahsyatnya mengalami pergolakan atau . Qolbun Syakirun Jumat.Ketujuh. 19:26 WIB REPUBLIKA. yang setiap detiknya diisi dengan amal ibadah. Seseorang yang mengisi hidupnya untuk kebahagiaan dunia semata. maka hari tuanya akan diisi pada bagaimana caranya menikmati sisa hidupnya. Inilah semangat ―hidup‖ orang-orang yang baroqah umurnya. maka berbahagialah orang-orang yang umurnya barokah. hatinya kecewa bila ia tidak mampu menikmati kenikmatan yang diangankannya. Umur yang baroqah itu artinya umur yang semakin tua semakin sholeh. Qolbun syakirun dapat diartikan dengan Hati yang selalu bersyukur. umur yang barokah. Demikianlah pesan-pesan dari Ibnu Abbas ra.ID. Umur yang dalam kesehariannya selama 24 jam adalah menjadi nilai ibadah. Sedangkan orang yang mengisi umurnya dengan banyak mempersiapkan diri untuk akhirat (melalui amal ibadah) maka semakin tua semakin rindu ia untuk bertemu dengan Allah SWT.CO. maka iapun sibuk berangan-angan terhadap kenikmatan dunia yang belum ia sempat rasakan. Ada baiknya sebelum berlanjut kita bahas terlebih dahulu makna & definisi qolbu. Secara pemahaman luas bisa kita artikan selalu menerima dengan rasa bersyukur apapun yg telah Allah SWT berikan kepada kita dengan ikhlas. mengenai 7 indikator kebahagiaan dunia. Bismilahirahmannirahiim. 13 Juli 2012.

pujian karena adanya kebaikan yang diperoleh. yakni merasa ridho dan puas sekalipun hanya sedikit. Dalam hal ini Rosul SAW bersabda . (HR. Yaitu ―muklisina lahud din‖: memurnikan keta'atan kepadaNYA dalam melaksanakan perintah dan larangan Alloh SWT dalam kesehariannya. Sedangkan kata syukur terambil dari mashdar kata kerja syakaro – yasykurusyukron. Dan dalam konteks Qolbun syakirun. (HR. "Wa ammal bi ni'mati . Kedua. Apapun bentuknya.berbolak-balik dan senantiasa terombang-ambing. maka kita perlulah memahami salahsatunya ayat "Qod 'aflahal mu'minun" : sesungguhnya beruntunglah org2 yg beriman (Al mu‘minun 23. ke kiri maupun ke kanan". Innama summayal qolbu min taqolubihi. Mengapa beruntung?. kata syukur mengisyaratkan. Karena setiap peristiwa apapun itu yg ditimpakan oleh Allah terhadap hambanya yang beriman adalah sebuah keberuntungan bagi dirinya. kepenuhan dan ketabahan.syukron dapat juga diartikan mengandung makna antara lain pujian atas kebaikan dan penuhnya sesuatu. org yg beriman akan ikhlas & bersyukur dengan memuji Alloh. dan subur‖. Ibnu Abi 'Ashim dalam kitab Sunnah:227 dan isnadnya Shohih). Di dalam riwayat lain disebutkan: Ma tsalu qolbi kama tsali risyatin bil ardhi fulati yuqollabuhar-royhu thohron libathn "Perumpamaan hati seperti bulu yang ada di tanah lapang yang di bolak-balikan oleh angin. membuka atau menampakkan nikmat Allah SWT antara lain di dalam bentuk memberi sebahagian dari nikmat itu kepada orang lain. Ilustrasinya jika dia ditimpakan kesenangan. lebat. kata syakaro dapat diartikan ‗membuka‘ sehingga ia merupakan lawan dari kata kafaro/kufur yang berarti ‗menutup‘ atau ‗melupakan nikmat dan menutup-nutupinya‘. Tetapi kuncinya tentu jika hambanya ikhlas. Dari pengertian tersebut maka syakaro – yasykuru. Al-Asfahani menyatakan bahwa kata syukur mengandung arti gambaran di dalam benak tentang nikmat dan menampakkannya ke permukaan. sedangkan menutupinya adalah dengan bersifat kikir. innama ma tsalu qolbi kama tsali risyatin mu‟allaqoti fii ashli syajaroti yuqollabuhar-royhu thohron libthn "Sesungguhnya dinamakan qolbun karena gampang berbolak-balik. Seraya berdoa serta membagikan ridzki atau kesenangan atau nikmatnya kepada hamba lainnya. ke kiri dan ke kanan". Jadi.1). Ikhlas dalam artian memurnikan. Ahmad: 4/408 dan dalam Shohih Jami': 2365). Pertama. Sesungguhnya perumpamaan hati adalah seperti bulu yang tergantung di atas pohon yang dapat di bolak-balikkan hembusan air. pribadi atau hati yang selalu bersyukur. ―Siapa yang merasa puas dengan yang sedikit maka ia akan memperoleh sesuatu yang banyak. seperti pohon yang tumbuh subur.

tatkala Tuhanmu memaklumkan. serta menjadikan mereka hamba-hamba yang selalu mengingat Allah. wa dzakaros ma Rabbihi fa sholla": "sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri(dengan beriman) dan dia ingat nama Tuhannya. lalu dia Shalat atau berdoa. wa astagfiruka wa atubu ilaik. maka hendaklah kamu sebarkan. "Alladzi kholaqol mauta wal hayyaata liyabluwakum ayyukum ahsanu 'amalla: yang menjadikan mati dan hidup. maka merekapun bersimpuh. maka sesungguhnya azab KU sangatlah pedih. Ustaz Erick Yusuf: Pemrakarsa Training iHAQi (Integrated Human Quotient) Twitter: @erickyusuf . Tinggal siapa dari kita yang ikhlas menghadapi semua ujian ini. Dalam hadist dinyatakan bahwa : Rasullullah bersabda "janganlah kamu sekalian terlalu bersedih dan tetaplah berbuat kebaikan krn dlm setiap musibah yg menimpa seorg muslim terdapat penghapusan dosa bahkan bencana kecil yang menimpanya atau karena sebuah duri yang menusuknya. Karena itu Alloh pun akan menambah rezekinya bagi orang-orang yg bersyukur. Karena beruntunglah orang-orang yang selalu mengingat Alloh. dengan tetap beramal sholeh. (Ad Dhuha : 11).4673) Karena itulah beruntunglah setiap orang-orang yang mempunyai hati yang selalu bersyukur. dan jika kamu mengingkari (nikmatku). "Wa iz ta'azzana rabbukum la'in syakartum la'azi dannakum wa la'in kafartum inna 'azabi lasyadid" : dan (ingatlah)." hadist yang diriwayatkan imam Muslim (shahih muslim no.Rabbika fahaddist" : dan terhadap nikmat Tuhan-MU. siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Musibah sekecil apapun jika kita ikhlas menerimanya. karena yang lebih baik disisi ALLOH adalah yang mengamalkannya. apapun yang kita alami didunia ini adalah ujian. 2) Tidaklah lebih baik dari yang berbicara ataupun yang mendengarkan.‖ (Al Mulk . InsyaAllah akan menjadi penghapus dosa-dosa kita. Seperti dinyatakan dalam surah Ibrahim ayat 7 ." Dan jika Alloh menimpakan musibah kpdnya.U Billahi taufik wal hidayah. berbuat kebaikan terhadap sesama dan selalu mengedepankan hati yang bersyukur. Kesedihan dan kesenangan adalah ujian." (Al 'Ala:14-15). berdoa memohon kepadaNYA agar musibah tersebut menjadi penghapus dosa2nya. asyahadu laillahaila anta. agar supaya DIA menguji kamu. Subhanakallohuma wabihamdika. "sesungguhnya jika kamu bersyukur. Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. "Qod 'aflahaman tazakka.

Jika kita bahas. Dinyatakan . 27 Juni 2012. sholat malam merupakan sholatnya orang-orang yang shaleh. Pada saat itu saya sangat terkesima dengan niat dan upaya dari para sahabat tahajud call yang dengan istiqomah mengajak anggotanya untuk selalu ―qiyam‖ atau berdiri di tengah malam menegakkan shalat.uns. mudah-mudahan TuhanMU mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. ―. REPUBLIKA. sholat malam sangat tinggi kedudukannya di sisi Allah SWT.Mudah-mudahan TuhanMU mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. ―Dan pada saat itu perasaan kita seperti sedang melaksanakan shalat malam bersama ribuan sahabat tahajud call di seluruh pelosok di Bandung‖ ujar kang Ayi.‖ Kedua..CO. Istilah ini saya pinjam dari kang Ayi dan sohib-sohib kelompok tahajud call bandung.‖ (QS. Sebagaimana ayat. Di antaranya: Pertama. ―Dan pada sebahagian malam bershalat tahajudlah kamu sebagai suatui badah tambahan bagimu. Subhanallah. dapat mengangkat derajat hamba mencapai kedudukan yang terpuji.ac. yang Alhamdulillah pernah mengikuti training iHAQi pada waktu yang lalu. Al Isra. sebagaimana ayat di atas.id Shalat khusyuk (ilustrasi).ID. Salam dan barakalloh untuk seluruh sahabat tahajud call. 17 : 79) Terdapat beberapa keutamaan sholat malam. 11:37 WIB blog.Tahajud Call Rabu.

jalin hubungan rahiim (silaturahiim). Tirmidzi dan Nasa‘i) Keempat. ―Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah sholat yang dilakukan di keheningan malam. Bila tidak (melakukan yang tadi) maka dalam keadaan kotor jiwanya dan malas (beramal shaleh)‖. Rasulullah SAW bersabda. pasti kamu masuk surga‖. Sebagaimana Rasulullah SAW menyatakan. Maka jadilah dia orang yang semangat dan memiliki jiwa yang bersih. Muslim. Beliau bersabda. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda. ―Semoga Allah menjadikan kalian dapat melaksanakan sholat seperti sholat yang dilaksanakan oleh orang-orang yang sholeh. ―Hendaklah kalian menjalankan sholat malam karena ia merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. sebagai sarana melebur dan mencegah dosa serta mencegah penyakit. aku berkata. merupakan shalat sunnah utama setelah sholat fardhu. ―Setan suka memasang pada ujung kepala seorang dari kamu bila mana dia tidur tiga ikatan tali. Pada setiap tali tertulis kalimat ―Bagimu malam yang panjang maka tidurlah‖. Ath Thabrani dan Al Hakim) Kelima. sholat malam membangkitkan semangat beramal kebaikan keesokan harinya. sholat malam adalah salah satu jalan menuju syurga. Bila dia bangun dan berdzikir kepada Allah lepaslah satu ikatan. Bukhari) Ketiga. Barakallah. Mereka melaksanakan sholat pada malam hari dan berpuasa pada siang hari. dan semoga kita termasuk golongan orang-orang yang tersenyum ketika malam datang. Ia merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah.‖ (HR.‖ (HR. tegakkanlah shalat pada waktu malam sementara manusia sedangtidur. karena Insya Allah kita akan berdiri nanti menegakkan shalat malam bersama sahabat-sahabat tahajud kita di seluruh pelosok dunia ditemani bulan dan bintang serta penduduk malam.‖ (HR.dalam sebuah hadits. pencegah dosa dan pengusir penyakit. ―Sebarkanlah salam. pelebur keburukan. ―Ya Rasulullah beritahu aku sesuatu yang bila aku melakukannya atau mengerjakannya aku masuk surga‖. namun untuk melaksanakannya dibutuhkan kemauan yang kuat dan niat yang tulus. Aamiin Yaa Rabbal „aalamiin. berilah (orang lain) makan. Keenam. . Itulah beberapa di antara fadilah atau keutamaan sholat malam. Tetapi betapapun beratnya semoga kita semua dapat menunaikannya sebagaimana orangorang shaleh yang selalu mendawamkan sholat malam. Mereka tidak termasuk bagian dari penguasa dan orang-orang yang durjana. bila dia berwudhu lepaslah satu ikatan dan bila dia mendirikan sholat lepaslah satu ikatan. Dari Abu Hurairah.

Nabi Musa AS kemudian mewarisi tradisi berpuasa. .‖ Pernyataan Dawud AS tersebut ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya. syariat puasa pertama diterima oleh Nabi Nuh AS setelah beliau dan kaumnya diselamatkan oleh Allah SWT dari banjir bandang. MA Sebelum mewajibkan puasa Ramadhan bagi kaum Muslimin tahun ke-2 hijriyah. Syariat Puasa Ramadhan Jumat. sedangkan hari yang aku berbuka untuk mensyukuri nikmat yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT. Menurut para ahli tafsir. 20 Juli 2012. 13:17 WIB ilustrasi Oleh: Dr Muhammad Hariyadi. Menurut Ibnu Jarir Al-Thabari. Nabi Daud AS melanjutkan tradisi puasa dengan cara sehari puasa dan sehari berbuka. ―Adapun hari yang aku berpuasa di dalamnya adalah untuk mengingat kaum fakir. Muslim). yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka. Allah SWT telah mensyariatkan puasa kepada para nabi terdahulu. Dalam pernyataannya Dawud AS berkata. “Sebaik-baiknya puasa adalah puasa Daud.” (HR. karena yang lebih baik di sisi ALLAH adalah yang mengamalkannya.Tidaklah lebih baik dari yang menulis ataupun yang membaca.

Salah satunya jatuh pada tanggal 10 bulan Muharram yang dimaksudkan sebagai ungkapan syukur atas kemenangan yang diberikan oleh Allah SWT dari kejaran Firaun. Al-Baqarah: 183-184). juga ungkapan simbolik kemenangan kebenaran atas kebatilan. perintah wajib puasa Ramadhan dengan pilihan. Wajar jika kemudian ayat-ayat tentang puasa Ramadhan turun secara berangsung-angsur: Pertama. setelah sahabat Umar bin Khathab mengungkapkan kejadian mempergauli istrinya pada satu malam Ramadhan kepada Rasul SAW. Maryam: 26). Al-Baqarah: 185). “Maka jika kamu melihat seorang manusia. Adapun puasa agama ardhi (agama buatan manusia). Awal mulanya kaum Muslimin berpuasa sekitar 22 jam karena setelah berbuka mereka langsung berpuasa kembali setelah shalat Isya. Namun. Keempat riwayat di atas merupakan sejarah puasa agama samawi yang menjadi rujukan disyariatkannya puasa dalam Islam. kendati sama sekali bukan rujukan namun mereka juga telah melakukan puasa dengan model yang berbeda-beda. Untuk membedakannya. katakanlah: „Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Mahapemurah. shalat dan zakat. Allah SWT berfirman. turunlah QS Al Baqarah: 187 yang . yaitu dengan tidak berbicara kepada siapa pun. Sebelum puasa Ramadhan diwajibkan. Rasul SAW telah memerintahkan kaum Muslimin puasa Hari Asyura tanggal 9 dan 10 Muharram.Musa dan kaum Yahudi telah melaksanakan puasa selama 40 hari (QS. Rasul SAW kemudian mensyariatkan puasa sunah tanggal 9 dan 10 Muharram. Kedua. Namun begitu perintah puasa Ramadhan tiba. dengan pengecualian bagi orang-orang yang sakit dan bepergian serta manula yang tidak kuat lagi berpuasa (QS. Kaum Muslimin boleh memilih berpuasa atau tidak berpuasa. Puasa 10 Muharram ini dikerjakan oleh kaum Yahudi Madinah dan Rasul SAW menegaskan umat Islam lebih berhak berpuasa 10 Muharram dari pada kaum Yahudi karena hubungan keagamaan memiliki kaitan yang lebih erat dibandingkan dengan hubungan kesukuan. puasa Asyura yang sejatinya ditambah satu hari oleh Rasul SAW menjadi puasa sunah. maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini‟. (QS.” (QS. Al Baqarah: 40). Ibunda Nabi Isa AS juga melakukan puasa yang berbeda dengan para pendahulunya. namun mereka yang berpuasa lebih utama dan yang tidak berpuasa diharuskan membayar fidyah. Tingginya tingkat kesulitan dalam melaksanakan puasa menjadikan syariat ini turun belakangan setelah perintah haji. kewajiban berpuasa secara menyeluruh kepada kaum Muslimin. selain untuk membedakan puasa kaum Yahudi.

16 Juli 2012.menegaskan halalnya hubungan suami-istri di malam Ramadhan dan ketegasan batas waktu puasa yang dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari. Persiapan Rasul tersebut bukan hanya bersifat jasmani.14 dan 15) setiap bulan sejak bulan . Persiapan jasmani tersebut dilakukan oleh Rasul SAW melalui puasa SeninKamis dan puasa hari-hari putih (tanggal 13. di samping ibadah yang paling berat di antara ibadah wajib (fardu) lainnya. Oleh sebab itu. Cara Rasulullah Sambut Ramadhan Senin. melainkan paduan jasmani dan rohani mengingat puasa sebagaimana ibadah yang lain adalah paduan ibadah jasmani dan rohani. ia disyariatkan paling akhir di antara ibadah wajib lainnya. MA Adalah Rasul SAW yang mempersiapkan diri betul menyambut kedatangan setiap bulan Ramadhan. 06:06 WIB Ilustrasi Berita Terkait Mampir ke Taman Surga Pohon Rindang Sedekah Empat Karakter Manusia dalam Alquran Rintihan Istighfar Rukun Kebahagiaan Oleh: Dr Muhammad Hariyadi. Inilah syariat puasa dalam Islam yang menyempurnakan tradisi puasa seluruh agama samawi yang ada sebelumnya.

zikir dan amal salehnya. An-Nasa‘i). Bukhari-Muslim). Rasul SAW menjawab dengan nada yang sangat indah. Di bulan tersebut amal manusia diangkat (ke langit) oleh Allah SWT dan aku menyukai pada saat amal diangkat aku dalam keadaan berpuasa‟. Ibnu Majah). Dikatakan kepada beliau. Peningkatan tersebut dikarenakan semakin dekatnya bulan Ramadhan yang akan menjadi puncak aktifitas kesalehan dan spiritualitas seorang Muslim.‖ (HR. Sedangkan persiapan rohani dilakukan oleh Rasul SAW melalui pembiasaan shalat tahajud setiap malam serta zikir setiap waktu dan kesempatan. engkau senantiasa puasa Senin dan Kamis. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW senantiasa puasa Senin dan Kamis. “Wahai Abu Dzar. padahal dosa-dosa beliau telah diampuni oleh Allah SWT. kecuali dua orang yang bermusuhan. Aku tidak melihatmu banyak berpuasa seperti di bulan Sya‘ban?‘ Beliau menjawab. shalat tahajud yang hukumnya sunah bagi kaum Muslimin menjadi wajib bagi pribadi Rasul SAW.14 dan 15. „Tangguhkanlah keduanya sampai keduanya berdamai‟. qiyamul lail. Sya‘ban adalah bulan penutup rangkaian puasa sunah bagi Rasulullah SAW . „Sya‟ban adalah bulan yang dilupakan manusia. Bahkan. Dalam kaitannya dengan puasa tiga hari setiap bulan. Tirmidzi).” (HR. Rasul SAW bersabda kepada Abu Dzar Al-Ghifari RA. jika engkau ingin berpuasa setiap bulan. “Sesungguhnya pada setiap hari Senin dan Kamis Allah SWT mengampuni dosa setiap Muslim. Rasul SAW meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah puasa. Dalam riwayat Usama bin Zayed RA dikatakan.” (HR. “Apakah tidak boleh aku menjadi hamba yang pandai bersyukur?” Memasuki bulan Sya‘ban. ―Wahai Rasul. ―Aku bertanya kepada Rasul. ‗Wahai Rasulullah. Dan aku tidak pernah melihat Rasulullah banyak berpuasa (di luar Ramadhan) melebihi Sya‘ban.‖ Beliau menjawab. maka puasalah tanggal 13. ―Rasulullah banyak berpuasa (di bulan Sya‘ban) sehingga kita mengatakan. Allah berfirman.” (HR. beliau tidak pernah berbuka dan aku tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh kecuali puasa Ramadhan. Jika biasanya dalam sebulan Rasul SAW berpuasa rata-rata 11 hari. Diriwayatkan oleh Aisyah RA yang bertanya kepada Rasul SAW mengenai pembiasaan ssalat tahajud.syawal hingga Sya‘ban. letaknya antara Rajab dan Ramadhan. Dikisahkan oleh Aisyah RA bahwasanya. maka di bulan Sya‘ban ini beliau berpuasa hampir sebulan penuh.

19:09 WIB blogspot. Semoga Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita untuk mempersiapkan diri di bulan Sya‘ban sehingga memperoleh hasil yang maksimal di akhir Ramadhan.sebelum berpuasa penuh di bulan Ramadhan. Nabi SAW mengingatkan para sahabat agar berhenti atau mampir apabila melewati taman surga (riyadh al-jannah). ― Majalis al-Dzikr‖ (majelis-majelis zikir). hanya persiapan yang baiklah yang akan mendapat hasil yang baik. Jika Rasul telah mempersiapkan penyambutan Ramadhan dengan berpuasa minimal 11 hari di luar Sya‘ban dan 20-an hari di bulan Sya‘ban. berarti untuk menyambut Ramadhan Rasulullah SAW telah berpuasa paling sedikitnya 130 hari atau sepertiga lebih dari jumlah hari dalam setahun. Maka. . Mereka bertanya. dan demikian pula sebaliknya. 14 Juli 2012. Mampir ke Taman Surga Sabtu.com Ilustrasi Berita Terkait Pohon Rindang Sedekah Empat Karakter Manusia dalam Alquran Rintihan Istighfar Rukun Kebahagiaan Keutamaan Sya'ban Oleh: A Ilyas Ismail Dalam satu perjalanan. (HR Tirmidzi dan Ahmad dari Anas ibn Malik). ―Apakah taman surga itu?‖ Jawab Nabi.

Zikir itu bermakna mengingat Allah atau menyadari kehadiran-Nya. yang berjalan (al-sa`i). berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah. berpusat di hati (kalbu). orang yang rajin ke masjid dan berzikir. Di sinilah makna paling penting dari zikir." (QS. Sebagian besar mereka lupa untuk berhenti di taman surga atau masjid. bagi kaum beriman. Masjid atau majelis zikir disebut taman surga dalam kisah di atas. tak bisa dibayangkan seseorang bisa sampai (ma`rifah) kepada Allah tanpa zikir secara terus-menerus (wa la yashil ahadun ila Allah illa bi dawam al-dzikr). zikir yang sebanyak-banyaknya. tetapi terutama mental dan spiritual. sampai-sampai Imam Al-Qusyairi dalam Risalat Al-Qusyairiyah menyebutnya sebagai jalan paling prinsip menuju Tuhan. Pertama. yang bekerja (al-`amil). Kemampuan zikir lahir dan batin tanpa putus ini (istidamat al-dzikr) disebut oleh Nabi SAW sebagai perbuatan paling utama. dalam riwayat lain. Kesadaran spiritual (zikir) itu.Majelis zikir itu. memahami zikir secara lisan hanya sebagai alat untuk menggugah agar mampu berzikir lahir dan batin sepanjang waktu. Al-Ahzab: 41). tidak saja fisik. Para sufi. Maka. “Hai orang-orang yang beriman. termasuk Qusyairi. untuk shalat dan zikir kepada Allah. (HR Thabrani dari Mu`adz ibn Jabal). masjid tak ubahnya taman. kaum beriman tidak lupa berhenti dan mampir di masjid. Kedua. bagi Qusyairi. sedangkan lidahnya basah (komat-kamit) karena zikir dan mengingat Allah. disebut majelis ilmu. yaitu tempat yang indah dan nyaman. Nabi SAW wanti-wanti agar dalam melakukan perjalanan (al-safar). dapat dipahami dalam beberapa makna. . bisa dilakukan secara lisan (al-dzikr bi al-Lisan) dan secara rohani atau spiritual (aldzikr bi al-Qalb). menurut Ghazali. Bahkan. hati menjadi alat untuk mengenal Allah (al-`alim bi Allah). karena banyak orang dalam perjalanan hanya berhenti di rest area untuk makan dan minum. Riwayat lainnya menyebut masjid. peringatan Nabi ini sungguh penting. Pada masa kita sekarang. Ketiga. Orang menyadari kehadiran Allah akan terbebas dari penyakit kehampaan spiritual yang membuatnya terjaga dan terpelihara dari dosa dan maksiat. Zikir sebagai proses mempertinggi kesadaran tentang kehadiran Allah. yaitu tatkala seorang hamba terus berzikir sampai mengembuskan napasnya yang terakhir. Bagi Ghazali. sesungguhnya ia sedang membangun rumah dan tamannya sendiri yang indah di surga. kaum beriman diseru agar banyak berzikir. Kita harus rajin ke masjid agar kita memperoleh kesegaran dan kebugaran. yang mendekatkan diri (al-mutaqarrib).

dan yang menyaksikan rahasia kebesaran Allah melalui terbukanya tirai kegaiban (al-mukasyif bi-ma `inda Allah).com Ilustrasi Berita Terkait Rintihan Istighfar Rukun Kebahagiaan Keutamaan Sya'ban Sakralitas Lembaga Perkawinan Takwa sebagai Hiasan Hidup Oleh: Ina Salma Febriani Allah telah menggambarkan proses penciptaan manusia secara rinci dalam QS AlMukminun ayat 12-14. sistem syaraf (neruosa). Empat Karakter Manusia dalam Alquran Rabu. besar dan pekerjaannya yang terikat menjadi satu disebut organ. Jaringan sekumpulan sel-sel yang serupa bentuk. sistem pencernaan (digestivus). sistem jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler). sistem metabolisme. sistem kelenjar (endokrin). sistem pernafasan (respiratorius). yakni sistem otot (muskularis). 14:00 WIB readquranbook. Tubuh manusia pun terdiri dari sistem. manusia adalah makhluk yang tubuhnya terdiri dari sel—yakni bagian terkecil dari makhluk hidup. Dalam sains. yang dijelaskan pula dalam ilmu sains. sistem perkemihan . sistem cairan tubuh dan darah. 11 Juli 2012.

Al-Israa‘: 100. Rasulullah SAW menganjurkan agar kita selalu berdoa. An-Nisaa‘: 28)." (QS. dan manusia dijadikan bersifat lemah.. Dan adalah manusia itu sangat kikir. "Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. secara detail Allah uraikan dalam QS. yaitu lemah secara fisik dan lemah (dalam melawan) hawa nafsu buruk.. Dalam Alquran. Beberapa karakter buruk manusia yang disebut dalam Alquran adalah: Pertama. Allah mendeskripsikan dua kelemahan manusia. Tiap-tiap jenis sel secara khusus beradaptasi untuk melakukan fungsi tertentu. seperti dalam firman-Nya.(urinarius). Misalnya. aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir).” (QS. lemah. cukupkanlah takaran dan timbangan dengan adil. Al-Ahzab: 72). Kaum Madyan yang tidak berlaku adil. mengeluh adalah sifat dasar manusia yang timbul saat ia tertimpa masalah atau dalam kesempitan. Sedangkan eritrosit hanya mampu hidup sampai 14 hari. sistem reproduksi. Ketiga. . Umur kehidupan sel berbeda-beda misalnya leukosit granular yang dapat hidup selama manusia hidup. Terdapat 50 triliun sel yang lain dan jumlah sel dalam tubuh diperkirakan 75 triliun. maka akan merugikan manusia itu sendiri. “Allah hendak memberikan keringanan kepadamu.” Oleh sebab itu. tafsir ―lemah‖ dalam Surah An-Nisaa‘ itu adalah lemah dalam melawan hawa nafsu. Keempat. “. manusia juga ―dianugerahi‖ beberapa karakter buruk yang jika tidak diobati. karena pertumpahan darah dan ulah manusia itu sendiri yang tidak merawat bumi dan seisinya sesuai dengan ketentuan Allah. “Allahumma inni a‟udzubika minal bukhli (Ya Allah. Hud: 85). Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah.. akhirnya diazab oleh Allah. zalim dan bodoh. “Allah.. sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.” (QS. Al-Ma‘arij: 19). “Dan Syu'aib berkata. Menurut Syekh Nawawi Al-Bantany. Kezaliman dan kebodohan manusia dalam ayat di atas disebabkan karena rusak dan kotornya bumi. sistem kulit (integument) dan sistem pengindraan. tidak adil. Disamping kedahsyatan penciptaan manusia dan struktur yang ada dalam tubuhnya. sel darah merah berjumlah 25 triliun mentransfer oksigen dari paruparu ke jaringan. Berlaku adil adalah tindakan yang terkadang kurang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.” (QS. Disadari maupun tidak.” (QS. dan janganlah kamu merugikan manusia terhadap hak-hak mereka dan janganlah kamu membuat kejahatan di muka bumi dengan membuat kerusakan. Sedangkan kikir yang dalam bahasa Arab disebut bakhil. „Hai kaumku.. mengeluh dan kikir. Ar-Rum: 54). “..” Kedua.

niscaya Allah meminimalkan karakter buruk tersebut dari dalam diri kita. 15:44 WIB alifmusic.Betapa pun sulitnya menghindari tabiat yang sudah Allah lekatkan dalam diri manusia. Ia pun akan berjalan di muka bumi ini dengan penuh ketenangan dan kedamaian. jabatan. kedudukan. dengan bertobat dan terus berdoa kepada-Nya. pasti akan selalu mendambakan ketenangan dan kedamaian dalam hidupnya. “Barangsiapa yang menghiasi dirinya dengan ketakwaan kepada Allah. Serta memenuhi hati kita dengan cahaya iman dan hidayah untuk semangat dalam beribadah. maka ia akan hidup dengan penuh keyakinan dan kekuatan. profesi. dan keahliannya. 03 Juli 2012.net Takwa (ilustrasi). . Amin. Abu Nu‘aim dari Ali bin Abi Thalib). Berita Terkait Rintihan Istighfar Rukun Kebahagiaan Keutamaan Sya'ban Sakralitas Lembaga Perkawinan Oleh: KH Didin Hafidhuddin MS Rasulullah SAW bersabda.” (HR. Redaktur: Chairul Akhmad akwa sebagai Hiasan Hidup Selasa. Setiap orang. apa pun posisi. terlebih lagi seorang Muslim.

jabatan diyakininya sebagai amanah yang akan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. mudahmudahan mereka selalu ingat. Dalam pengertian hati-hati di dalam ucapan ataupun tindakan. Redaktur: Chairul Akhmad . Dalam Alquran Surah Al-Hujurat ayat 13. “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Orang yang menjadikan takwa sebagai hiasan hidupnya tidak mungkin mengkhianati jabatannya dengan memanfaatkannya untuk kepentingan diri. bukanlah dalam arti yang pasif. Dan apabila hal ini sudah masuk ke dalam struktur berpikir dan bertindak seseorang. kekuatan. dan terutama kepada Allah SWT.” (QS. Karena. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. dan kedamaian dalam mengatasi berbagai macam masalah kehidupan hanyalah akan diraih manakala takwa dijadikan sebagai hiasan hidup. dalam perspektif Alquran. ia akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian yang sesungguhnya di dunia ini dan insya Allah di akhirat nanti. Bahkan. Sadarilah bahwa sesungguhnya kesulitan dan kemudahan ibarat dua sisi pada satu koin (mata uang) yang kedua-duanya tidak bisa dipisahkan. tidak pernah berhadapan dengan problematika kehidupan. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah. bangsa. ketenangan. Tidak ada niat sama sekali untuk melakukan kejahatan yang merugikan orang lain. berhadapan dengan masalah dan tantangan merupakan sunatullah dalam kehidupan (sunnatullah fil hayah). “Hai anak Adam. kesuksesan dan keberhasilan (kemudahan) itu hanyalah akan diraih ketika seseorang mampu mengatasi kesulitan/tantangan dan memecahkannya dengan sebaik-baiknya. Wallahua‟lam bish shawwab. di samping kepatuhan kepada ketentuan Allah SWT. Dalam ayat lainnya Allah berfirman. keluarga. Al-A‘raf: 26).Tentu yang di maksud dengan ketenangan dan kedamaian ini. Sebab. Allah menyatakan bahwa sebaikbaiknya orang yang ada di antara umat manusia adalah orang yang paling bertakwa. Mustahil ada orang yang tidak punya masalah. dan kelompok nya. Orang yang bertakwa adalah orang yang selalu memikirkan apa yang akan diucapkan dan dilakukannya tidak sembarangan dan tidak asal-asalan.” Sabda Rasulullah SAW tersebut di atas menjelaskan bahwa keyakinan. terlebih lagi merugikan masyarakat dan bangsa secara luas. Perhatikan firmanNya dalam Surah Al-Insyirah ayat 5-6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

07:00 WIB blogspot Nabi Muhammad SAW Berita Terkait Jalan Tolak Bala Siapa Orang Tertenang itu? Jadilah Orang Berilmu Keutamaan Sholat Jumat Tirulah Lebah Orang yang berbahagia adalah orang yang faham untuk apa hidup di dunia ini: 1. . 3. 6.2) Teladan hidup adalah nabi Muhammad saw (QS 33:21) Sahabat hidup adalah orang-orang beriman (QS49:10) Alat hidup adalah harta. Tujuan hidup hanya mencari Ridho Allah (QS 98:5) Peranan hidup sebagai kholifah (QS 2:30) Tugas hidup mengabdi pada Allah (QS 51:56) Pedoman hidup adalah Alqur'an (QS 2. 2.Untuk apa Hidup? Selasa. 5. dan Sesungguhnya kehidupan akhirat adalah "daarul qoroor" rumah selama-lamanya" (QS 40:39). 8. 17 Juli 2012. "Sesungguhnya kehidupan di dunia ini adalah kesenangan sementara. tahta dan semua potensi (QS 28:77) Musuh hidup adalah syetan (QS 36:60). 4. 7.

sahabatku. "Barangsiapa meniti satu jalan untuk mencari ilmu.. (HR. Aamiin". Sesungguhnya para Malaikat membentangkan sayap-sayap mereka karena ridho kepada pencari ilmu agama. Para Nabi itu tidak mewariskan dinar dan dirham. tetapi mewariskan ilmu. Ya Rabbana kami telah menzholimi diri kami dengan banyak berbuat maksiat. Aamiin". dan para sahabat yang menyertainya. Rasulullah bersabda. sementara hamba ini penuh dengan lumuran dosa. (HR.SubhanAllah. Sesungguhnya para ulama itu pewaris para Nabi. SubhanAllah. Abu Dawud... Assalaamu alaikum warahmatullahi wabarkatuh Aku tidak akan pernah bosan mengajak diriku dan kalian semua sahabat mukmin pengunjung Republika Online untuk terus perbanyak doa. mohon ampunan kepada Allah. keluarga. ya Allah sampaikan sholawat dan salam untuk Rasul-Mu yang mulia. Sahabatku. rasanya tidak pantas menyebut Nama-Mu yang suci lagi mulia. baca doa taubat dengan penghayatan lalu aminkan. Redaktur: Slamet Riyanto Simaklah Kalam Allah ini dengan iman. alangkah malunya hamba. "Semoga Allah menancapkan kekuatan iman di hati kita dan kesenangan taat di tengah glamor godaan dunia ini. ―Katakanlah. niscaya kami termasuk mahluk-Mu yang celaka. Ibnu Majah).. Insya Allah.‖ (QS 58 :11). Sesungguhnya seorang alim itu dimintakan ampun oleh siapa saja yang ada di langit dan di bumi. Sesungguhnya keutamaan seorang alim atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan purnama daripada seluruh bintang-bintang. Ibnu Majah & Ahmad). hamba berterimakasih pada-Mu yang telah memberi kesempatan hamba bertaubat. kini sudah jelas untuk apa hidup sesaat ini. "Apakah sama orang-orang yang berilmu dengan orang-orang yang tidak berilmu?" Sesungguhnya hanya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran". Barangsiapa yang mengambilnya maka dia telah mengambil bagian yang banyak". niscaya dengan hal itu Allah jalankan dia di atas jalan di antara jalan-jalan Syurga. "Menuntut ilmu merupakan kewajiban atas setiap muslim". "Ya Allah pujian untuk Mu seluas langit dan bumi. tetapi Engkau dengan rahmat-Mu masih memberi . alangkah hinanya hamba. inilah yang selalu membuat kita senang belajar dan belajar. kalau Engkau tidak ampuni dan rahmati kami. (QS 39 : 9). dan oleh ikan-ikan di dalam air. Ya Allah tidak ada sesuatupun tersembunyi dimatamu. Tirmidzi. alangkah kotornya hamba. hanya Engkau terpuji Ya Allah. ―Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat.

.net Mata/ilustrasi Berita Terkait Seperti Inilah Shalatnya Rasulullah Inilah Doa Pembersih Dosa Lelah Penuh Berkah Diamnya Orang Mukmin Hidup Adalah Pilihan Assalaamu alaikum warahmatullahi wabarkaatuhu Sahabatku.aamiin.... Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim maha pengasih Maha penyayang Maha menerima taubat. 00:01 WIB toptenz. dan cara pandang orang itu tergantung apa isi hatinya.. kabulkan doa hamba. ampunilah seluruh dosa hamba.. maafkan seluruh kesalahan hamba.. Ya Allah. hamba ingin bahagia selama-lamanya di akhiat. sungguh-sungguh tidak maksiat lagi. hijrahkan hamba menjadi hamba-Mu yang sungguh-sungguh takut pada-Mu dan takut dahsyatnya hari pembalasan. ya Allah. 04 Juli 2012.. cara pandangnya baik dan bicaranya baik dan sikapnyapun . sungguh-sungguh memperbaiki diri. Jia isi hatinya baik. Sikap perbuatan dan bicara seseorang tergantung cara pandang orang itu. sungguh-sungguh taat pada-Mu... terimalah taubat hamba.kesempatan hamba untuk bertaubat... Cara Pandang Seseorang Tergantung Isi Hatinya Rabu.

ia doakan semoga Allah hiasi dengan kesabaran dan . mulutnya mudah dusta dan caci maki. rendah hati dan istiqomah (QS 4:9) Bandingkan dengan orang yang hatinya buruk. melihat orangtuanya. kalaupun bicara. semangat amal sholeh dan kemulian akhlak. tafakur. ia doakan semoga rumah tangganya sakinah. pandai. Karena itu sahabatku. 09:53 WIB Kesungguhan berdoa (Ilustrasi) Berita Terkait Hidup Adalah Pilihan Sumpah Palsu Jangan Tunda. melihat faqir miskin setelah ikhtiarnya menolong. 28 Juni 2012. seperti hamba Allah yang bertaqwa selalu bicara baik. melihat suami istri berjalan. Diamnya Orang Mukmin Kamis. subhanAllah bahagianya hidup ini.baik. jujur. mulia dan dakwah. melihat anak-anak ia doakan semoga menjadi anak-anak sholeh sholehah. Bertaubatlah Bagaimana Menerangi Gelapnya Alam Kubur? Kiat Membangkitkan Anak Masuk Pesantren "Sahabatku. dan muhasabah. ia doakan semoga menjadi pemimpin amanah. santun. tegas. sikapnya angkuh. ia doakan semoga husnul khotimah. sahabatku. diamnya orang mukmin adalah zikir. melihat pemimpinnya. isilah hati dengan "Arroja" Rasa rindu kepada Allah dan syurganya dan "Alkhouf" rasa takut kepada Allah dan nerakanya. hatinya "husnodzdzon" baik sangka dan doa. bicaranya santun. pikirannya buruk sangka. buahnya kesenangan ibadah.

Sungguh dunia ini menjadi "Taman Syurga" bagi hamba yang sungguh-sungguh taat. sesungguhnya Allah akan mengampuni semua dosa-dosamu. mendengar dirinya dipergunjing.... Aamiin".. Jangan Tunda. ia balas dengan doa kasih sayang semoga Allah memaafkannya. melihat yang berbeda dengan keyakinan. "Hai manusia. 19:00 WIB Mengaji Berita Terkait Bagaimana Menerangi Gelapnya Alam Kubur? Kiat Membangkitkan Anak Masuk Pesantren Mata yang Diberkahi Allah Iman Adalah Amal Inilah Tips Agar Semangat Tahajjud Ala Ustaz Arifin Ilham Simaklah Kalam Allah duhai sahabatku yang beriman kepada Allah "Hai hamba-hamba yang telah melampaui batas dalam berbuat dosa. Bertaubatlah Sabtu. jika dosa-dosamu telah mencapai setinggi langit. Simak lagi Kalam Allah. berdoa dan baik sangka. janganlah kalian putus asa mohon rahmat Allah. kemudian . 23 Juni 2012. ia doakan semoga hidayah Allah untuk nya.Allah balas kesabarannya dengan ridho dan syurga-NYA. sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang (QS 39:53). Sahabat pengunjung Republika Online.

engkau sangat menyesal atas dosa-dosamu. . kemudian engkau memohon ampunan kepada-Ku dengan sungguh-sungguh. Allah terlalu sayang pada kita. Allah lebih mengutamakan rahmat-Nya dari murka-Nya. niscaya akan Ku ampuni seluruh dosadosamu selama engkau tidak mempersekutukan-Ku". (Hadist Qudsi. Jangan tunda lagi sahabatku segeralah bertaubat mumpung masih ada sisa umur !. Turmudzi).. SubhanAllah rahmat Allah lebih besar dan tidak sebanding dengan dosa-dosa kita..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful