P. 1
makalah sejarah

makalah sejarah

|Views: 632|Likes:
Published by Aprilia Rahmawati

More info:

Published by: Aprilia Rahmawati on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2014

pdf

text

original

Nilai, Norma, dan Tradisi yang Diwariskan di dalam Sejarah Lisan Indonesia

Kelompok 1 Anggota :
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Aditya Bagus D S Catur Desraria Dhiani Fitri Chairani Leonardo Harlim M. Risky Kurniawan Rio Rahmad Akmal Yunanda Pristiani

SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2012-2013

Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan.dan tradisi yang diwariskan di dalam sejarah indonesia. Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru Sejarah Kebudayaan Indonesia yang telah membimbing penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.Dalam makalah ini kami membahas “Sejarah. Terima kasih.KATA PENGANTAR Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.tentang nilai.Makalah ini dibuat dalam rangka untuk memperdalam pengetahuan tentang sejarah. karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Bandar Lampung.norma. Oktober 2012 Penyusun .

...............................3 Tujuan……………………………………………………… ....2 Nilai dan Norma yang diwariskan .............................. 4 2.............................................................................................. 3 BAB II PEMBAHASAN 2................................1 Latar Belakang ....... 1 1................................................1 Pengertian Sejarah Lisan……………………………………………………............ 7 3........... 8 DAFTAR PUSTAKA ...............2 Rumusan Masalah ....................................................... 6 BAB III PENUTUP 3........................DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1...2 Kritik dan Saran ..................................................3 Tradisi Sejarah Lisan Indonesia ....................1 Kesimpulan ..................................... 5 2............................................... 2 1................................

mari kita pelajari di makalah berikut ini dengan pengertian dan gambar secara rinci. Untuk lebih mudahnya. tulisan . penemuan pendidikan sejarah diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari kejadian di zaman dahulu dan bukti lisan sekitar beserta isinya.1 Latar Belakang Dalam pembelajaran sejarah berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami tentang sejarah lisan dahulu. sehingga ilmu sejarah bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep. Bagaimana orang zaman dahulu hidup? 1.3 Tujuan Berdasarkan rumusan masalah di atas maka penulis dapat memahami tujuan dari penyusunan makalah ini adalah : 1.BAB I PENDAHULUAN 1. Apa pengertian dari sejarah lisan? 2. Untuk mengetahui posisi letak sejarah 3.2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis dapat merumuskan suatu permasalahan dalam makalah ini antara lain sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui pengertian dari sejarah lisan 2. artefak . Dimanakah letak-letak penemuan benda sejarah ? 3. 1. Untuk mengetahui cara hidup orang zaman dahulu . Sedangkan dilihat dari realita telah kita mengenal ada berbagai jenis bukti benda sejarah dahulu. candi dan relief.ada yang berbentuk lisan .

lagu. .BAB II PEMBAHASAN Nilai.nilaimoral dan nilai keagamaan.dongeng. 2. menunjuk pada suatu perbuatan yang harus dilaksanakan.pribahasa. Dengan potensi adalah tradisi lisanlah mereka merekam dan mewariskan masa lalunya.matra.Norma. jika kita mau berhubungan dengan orang lain. bukan berarti mereka tidak punya kemampuan untuk merekam dan mewariskan pengalaman masalalunya.Yang biasa dilakukan dalam sejarah lisan Indonesia. Tradisi lisan dapat di artikan sebagai kebiasaan atau adat berkembang dalam suatu komunitas masyarakat yang di rekam dan diwariskan dari generasi ke generasi melalui bahasa lisan .1 Pengertian sejarah Lisan Kemampuan manusia dalam berbicara menggunakian bahasa lisan dalam masyarakat yang belum mengenal tulisan .Cara Cara (usage).Kebiasaan kebiasan (folkways) menunjuk pada perbuatan yang di ulang-ulang. Dalam tradisi lisan terkandung kejadian – kejadian sejarah. adat istiadat. dan Tradisi yang diwariskan dalam sejarah lisan Indonesia 2.cerita. b.2 Nilai dan Norma yang diwariskan Nilai dan norma yang diwariskan dalam sejarah lisan Indonesia adalah sebagai berikut: a.

juga dilakukan melalui cerita atau dongeng (sebab dalam dongeng disisipkan pesan-pesan mengenai nilai-nilai atau sesuatu yang dipandang baik untuk dilakukan maupun mengenai sesuatu yang dipandang tidak boleh dilakukan). a. Tradisi Sejarah Masyarakat Indonesia Sebelum Mengenal Tulisan Kehidupan masyarakat Indonesiasebelum mengenal tulisan biasa disebeu juga kehidupan masyarakat Indonesia zaman prasejarah. .c.Tata Kelakuan Tata kelakuan (moves) mencerminkan sikap-sikap hidup dari suatu kelompok yang dipergunakan sebagai alat pengawas. 2.3 Tradisi Sejarah Lisan Indonesia A. nilai. Pewarisan tersebut dilakukan dengan cara sosialisasi adat istiadat/kebiasaan baik secara:  Langsung (secara lisan diberitahukan mengenai tradisi dan adat istiadat yang berlaku)  Tidak langsung (dengan memberi contoh dalam hal perilaku sehari-hari).Cara Masyarakat Mewariskan Masa Lalunya Proses pewarisan kebudayaan pada masyarakat yang eblum mengenal tulisan dilakukan melalui keluarga dan masyarakat atau orang lain disekitarnya. kewajiban dan hukuman. d.Zaman ini merupakan suatu zaman yang sangat panjang dalam sejarah kehidupan manusia. norma. Keluarga Penggenalan dilakukan dari hal-hal sederhana yang mudah dipahami seperti:  aspek-aspek material (benda buatan manusia yang dapat diraba dan dilihat)  hingga proses pengenalan yang lebih rumit yaitu kebudayaan non material (kepercayaan. dan bahasa).Adat Istiadat Adat Istiadat (Custom) menunjuk pada pola perilaku masyarakat yang berisi hak.  Selain disampaiakan secara lisan. 1.Zaman prasejarah berlangsung sejak manusia ada sampai manusia mengenal tulisan.

 Membuat suatu peringgatan kepada semua anggota kelompok masyarakat berupa lukisan serta perkakas sebagai alat bantu hidup serta bangunan tugu atau makam. dan diberikan apa yang disukainya dalam bentuk sesaji. Legenda Legenda biasanya diartikan cerita rakyat yang berisi tentang terbentuknya (terjadinya) suatu wilayah. 2. Contoh: Adanya keyakinan bahwa roh-roh harus dijaga. Menurut Halrod Brunvand ada 4 macam : . Dewi Sri (dewi padi). teka-teki. Mitos Dalam prosa rakyat dikenal dengan yang namanya mitos. dan berinteraksi dalam suatu hubungan sosial yang tersetruktur.b.  Kepercayaan terhadap roh-roh serta arwah nenek moyang dapat termasuk sejarah lisan. Contoh: Benda-benda (kapak lonjong) dan berbagai peninggalan manusia purba dapat menggambarkan keadaan zaman masyarakat penggunanya.disebarluaskan. seperti bahasa.norma yang mengatur perilaku dan hubungan antar individu dalam kelompok). Semuanya itu dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya hanya dengan melihatnya. manusia dan kehidupan awal. Pemimpin kelompok menyampaikan secar lisan sebuah ajaran yang harus ditaati oleh anggota kelompoknya. disembah. Mitos pada umumnya mengisahkan tentang dewa. wilayah identitas.  Peranan orang yang dituakan (pemimpin kelompok yang memiliki kemampuan lebih dalam menaklukkan alam) dalam masyarakat. dilestarikan dengan cara menjaga nasihat tersebut melalui ingatan kolektif anggota masyarakat dan kemudian disampaikan secara lisan turun temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Jejak-Jejak Sejarah Indonesia Folklore Folklore lisan diartikan sebagai foikloe yangdiciptakan. puisi rakyat dan sebagainya. Adat istiadat yang berkembang di suatu masyarakat harus dipatuhi oleh anggota masyarakat di daerah tersebut. Masyarakat Masyarakat merupakan sekelompok orang yang memiliki kesamaan budaya. Masyarakat mewariskan masa lalunya melalui:  Tradisi dan adat istiadat (nilai. dll. penciptaan alam semesta. legenda dan dongeng . mitos adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan dianggap suci oleh masyarakatnya. Rorokidul di Jawa. dan diwariskan dalam bentuk lisan. Beberapa contoh mitos adalah : Leak di Bali.  Nasihat dari para leluhur. Masa lalu sebagai dasar untuk terus dikembangkan dan diperbaharui. Adat istiadat sebagai sarana mewariskan masa lalu terkadang yang disampaikan tidak sama persis dengan yang terjadi di masa lalu tetapi mengalami berbagai perubahan sesuai perkembangan zaman.

Pada umumnya dongeng binatang disebut Fabel. Dongeng tentang penderitaan anak gadis karena ulah saudara dan ibu tirinya adalah bawang merah bawang putih (Betawi). 2.bangunan dll. Legenda perseorangan adalah cerita rakyat tentang tokoh-tokoh yang dianggap dan diyakini oleh suatu masyarakat pernah ada. Kisah Harimau menjelma Raja Siliwangi (Sunda). kura-kura. keong. Nyai Dasima (Betawi). danau. . lugu. Sunan Kali Jaga. kucing. Di beberapa daerah dongeng manusia kadang-kadang bertema sama yang membedakan hanya nama dan lokasinya saja. Legenda keagamaan berisi tentang cerita orang-orang yang dianggap suci atau saleh dengan tambahan segala macam keajaiban. genderewo. tikus. Contohnya : kisah Si Pitung. petuah dan sindiran. Jayaprana dan Layon Sari (Bali). dongeng manusia dan dongeng jenaka. Lutung Kasarung. Legenda lokal adalah cerita tentang asal mula terjadinya (terbentuknya) nama suatu tempat .dll. Contohnya cerita Si Manis Jembatan Ancol (Betawi). Roro Jongrang (Jateng). 4. dll. Raja Pala (Bali). Dongeng jenaka adalah dongeng yang tokohnya bersifat bodoh. gunung.1. kesaktian atau kisah cinta dari tokoh tersebut. dll. buaya. di Indonesia tokoh binatang yang paling terkenal adalah kancil yang digambarkan sebagai binatang yang cerdik dan banyak akal. Pada umumnya mengisahkan tentang kepahlawanan. dll. Contohnya : cerita terbentuknya Danau Toba (Sumut) . Dongeng Dongeng adalah cerita rakyat yang bersifat khayal. Biasanya menceritakan tentang hantu. Dongeng manusia biasanya menceritakan tokoh manusia dengan segala macam kisah suka dukanya. Dongeng dengan tema seorang pemuda mencuri pakaian bidadari yang sedang mandi adalah Jaka Tarup (Jatim). Syekh Siti Jenar. kisah Sangkuriang (Sunda). kesaktian dan benda-benda keramat. sundel bolong atau mahluk jadi-jadian. Mundinglaya di Kusuma (Jabar). sama sekali tidak pernah terjadi dan hanya bersifat hiburan tetapi di dalamnya mengandung pesan moral. Dongeng dapat digolongkan ke dalam bentuk dongeng binatang. jenaka tapi banyak akalnya. Lebai Malang. terbentuknya gunung Batok dan nama Tengger (Jawa). Sabai Nan Aluih. harimau. di Jawa dan Bali dinamakan Tantri . Roro Mendut (Jateng). cerita Panji Warok Suro Menggolo (Jatim). Tokoh dongeng jenaka adalah : Si Kabayan (Sunda). Pak Belalang (Melayu). anjing. Selain itu adalah tokoh kera. Joko Tingkir. kerbau. Legenda alam gaib adalah cerita yang berhubungan dengan kepercayaan dan takhayul yang berhubungan dengan keghaiban. contoh : Wali Sanga. 3. pander. Si Pahit Lidah (Sumbar). kisah orang Bunian (Sumatera). Pasir Kujang (Jabar). kuntilanak.

dinyanyikan pada upacara yang berhubungan dengan kehidupan seperti kelahiran. Lagu anak banyak pula yang digunakan untuk mengiringi tarian atau permainan. Grebeg (Yogyakarta dan Surakarta) panjang jimat (Cirebon). cingcangkeling. dll. Berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi : lagu mengiringi tarian. kasodo di Tengger (Gunung Bromo). kelahiran.Pemerintahan Sebelum berhubungan dengan India. lagu religius. perkawinan. B. Lagu religius umumnya berisi pujian terhadap tuhan . Seketan. dll. perkawinan.Nyanyian (Lagu) Rakyat Nyanyian rakyat (folksong) adalah bentuk puisi yang dinyanyikan sehingga kata syair dan lagu nada merupakan satu kesatuan. Di Jawa Tengah dan Timur salah satu bentuk nyanyian rakyat dikenal dengan nama gending seperti sinom. banyak pula upacara adat yang berhubungan dengan siklus kehidupan mulai dari masa kehamilan. Pengaruh kebudayaan India tersebut antara lain dalam bidang: 1. asmarandana. pucung. Tradisi Sejarah Masyarakat Indonesia Setelah Mengenal Tulisan Perkembangan sejarah masyarakat Indonesia sangat dipengaruhi oleh kebudayaan dari India. lagu untuk mengiringi permainan dan lagu untuk dinyanyikan. Sedangkan di Jawa Barat yang seperti itu dinamakan dengan pupuh. lagu umum. kepemimpinan di Indonesia adalah suku-suku yang dipegang oleh seorang kepala suku kemudian berkembang menjadi kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja. pokame-ame. dll. Alasan utamanya bahwa semuanya berawal dari pelayaran dan perdagangan. . Contohnya upacara larung samudro di pantai selatan Jawa. Selain yang berhubungan dengan mitos dan legenda. jail-jali (Betawi) ampar pisang (Kalimantan). Ada pula yang dipakai untuk mengiringi tarian seperti tari saman dan seudati (Aceh). Menurut materinya lagu rakyat di bedakan atas lagu anak. pesta laut di pantai utara Jawa. sunatan. Selanjutnya raja menurunkan kekuasaannya kepada keturunannya. dan Kematian. Adat Kebiasaan Upacara adat biasanya didasari oleh sebuah kepercayaan. upacara yang dilakukan dimaksudkan untuk mendapatkan sebuah kebaikan atau menghindarkan diri dari malapetaka dalam kehidupan masyarakat yang melakukannya. Dimana dengan intensitas hubungan antara kebudayaan Indonesia dan India mau tidak mau karena kebudayaan India lebih maju saat itu maka memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kebudayaan di Indonesia. Lagu umum ada pula yang dinyanyikan untuk mengiringi tarian atau dinyanyikan biasa seperti kicir-kicir. contoh : cublak-cublak suweng. panen.

Bersifat Eropa sentries c). atau relief di dinding-dinding candi .Bambu c.Tulisan berupa kejayaan kerajaan-kerajaan pada masa lalu d). 3.2.Berkembangnya tulisan yaitu sansekerta dengan huruf Pallawa .Dibuat oleh orang-orang Eropa .Bersifat istana sentris . yaitu tulisan yang terdapat pada sebuah batu yang dibuat atas perintah raja yang tujuannya untuk memperingati bahwa telah terjadi peristiwa besar pada masa itu b.Dibuat untuk membangkitkan semangat perjuangan Indonesia dalam melawan penjajah . dll. Prasasti. yaitu surat berharga yang dapat dijadikan sebagai bukti atau keterangan yang diinginkan dari dokumen tersebut. Ksatria. . Masa Pergerakan Nasional . Masa Indonesia Merdeka . Masa Kolonial .Material-Material Yang Digunakan untuk Menulis a.Tujuannya agar rakyat bersemangat dalam mengisi pembanguna 3.Ditulis dalam kitab-kitab .Sarana propaganda untuk mengendurkan perlawanan pribumi .Berorientasi pada masa depan Indonesia . sosial dan agama pada masa itu b). Masa sejarah Hindu-Budha dan Islam .Berkembangnya seni bangunan. yaitu kebudayaan Indonesia menyadur kebudayaan India. Bidang budaya .Berkembangnya seni hias. kuil.Tujuannya adalah untuk memperkokoh kekuasaan mereka di Indonesia .Berpusat pada masalah-masalah pemerintahan dan raja-raja yang berkuasa . Contoh Cerita Ramayana dan Mahabarata 1.kulit dan lain-lain .Daun Lontar b. Yaitu pembagian masyaraka dalam kelas-kelas tertentu. Bidang Sosial Di Indonesia berkembang sistem kehidupan sosial berdasarkan kasta. Perkembangan penulisan Sejarah di Indonesia a). yaitu gambar-gambar. Kitab.Mengungkapkan tentang sejarah yang pernah terjadi dalam kehidupan bangsa Indonesia .Berkembangnya kesusasteraan. c. Dokumen. Rekaman tertulis dalam tradisi sejarah Indonesia a. 2. Waisya dan Sudra.Berisi perihal politik. yaitu hasil tulisan para pujangga kerajaan pada masa lalu yang menceritakan kondisi masyarakat dan kerajaan pada masa itu. yaitu dengan dibangunnya candi. Ada kasta Brahmana.

Setelah msyarakat mengenal tulisan. dan tradisi yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia. norma. Semoga laporan yang dibuat ini bisa menjadi panduanbagi pembaca pada pelajaran sejarah tentang nilai.BAB III PENUTUP 3.2 Kritik dan Saran Penulis menyadari bahwa laporan makalah ini tidak luput dari kesalahan dan masih jauh dari sempurna.Untuk mengetahui kehidupan masyarakat Indonesia tersebut pada masa sebelum mengenal tulisan bukanlah sesuatu yang mudah. tulisan yang tidak berhasil ditemukan pd prssti tersebut sangatlah terbatas sehingga tidak mungkin para ahli dapat menemukan gambaran kehidupan secara keseluruhan dari prasasti yang di telitinya. para ahli melakukan penelitian melalui peninggalan-peninggalan tulisan. .Namun. oleh karena itu penulis membuka diri terhadap segala bentuk tanggapan dan pertanyaan laporan ini. para ahli mencoba untuk melakukan pengmatan dan membuat penafsirandari benda-benda peninggalan yang ditinggalkan oleh masyarakat pada masa itu.1 KESIMPULAN Zaman Prasejarah Indonesia merupakan suatu zaman ketika msyarakat Indonesia belum mengenal tulisan. seperti prasasti. 3.Oleh karena itu.

html http://wartawarga.Sejarah untuk SMA Kelas X.2006.blogspot.blogspot.wordpress.Jakarta:Penerbit Erlangga http://mustaqimzone.ac.Daftar Pustaka Badrika.id/2011/06/tradisi-sejarah-dalam-masyarakat-indonesia/ .blogspot.com/2009/11/22/tradisi-sejarah-masa-pra-aksara/ http://sejarahindonesiamerdeka.html http://rohiminpencariilmu.gunadarma.com/2012/07/tradisi-sejarah-masyarakat-indonesia.com/2012/04/tradisi-sejarah-masyarakat-indonesia.I Wayan.com/2008/07/tradisi-sejarah-dalam-masyarakat.html http://sejarahpendidikanoffb.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->