P. 1
CONTOH PARAGRAF INDUKTIF

CONTOH PARAGRAF INDUKTIF

|Views: 113|Likes:
Published by odinkclassic

More info:

Published by: odinkclassic on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/08/2013

pdf

text

original

CONTOH PARAGRAF INDUKTIF.

Contoh 1 Pada era kita sekarang ini, teknologi seakan terus berkembang semakin cepat. Tak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi yang sepertinya sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Oleh karena itu, penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi mutlak diperlukanagar kita tidak tertinggal di era global ini.

Keterangan: Paragraf utama terletak di akhir paragraf.

Contoh 2 Setiap orang tua tentu berharap anaknya kelak menjadi orang sukses. Indikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Itulah mengapa banyak orang tua yang berbondongbondong mengirimkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit dengan harapan agar nantinya sang anak dapat bersaing di dunia kerja yang semakin keras. Pendidikan yang tepat bagi anak sebenarnya tidak harus sealu dengan mengirimkan mereka ke sekolah faforit, melainkan dengan cara mengarahkan sang anak sesuai minat dan bakat mereka. Oleh karena itu, orang tua sebenarnya memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan sang anak. Keterangan: Paragraf utama terletak di akhir paragraf.

Contoh 3 Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

Contoh 4 dari kelok pertama sampai kelok ke-44, kami masih menikmati panorama yang masih perawan. Sampai di tepi danau Maninjau terlihat hamparan air yang dikelilingi bukit-bukit yang menjulang. Tampak dari kejauhan nelayan dengan sampan tradisional mencari ikan di tengah danau. Meskipun serasa di tepi pantai, angin sejuk selalu menyapa dengan lembut. Sungguh molek alam Minangkabau yang belum terjamah tangan-tangan jahil ini.

Pesawat tersebut jatuh di area persawahan dan belum ada data resmi mengenai pesawat tersebut. namun rakyat sipil pun kadang juga turut menjadi korban. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen dan gurunya penutur asli bahasa daeah itu. tercatat sudah 76 anggota TNI tewas dalam berbagai kecelakaan. ia merasa lebih intim dengan bahasa daerah.Sepanjang tahun 2010 saja. . Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf. Kondisi seperti ini dikhawatirkan akan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI. ia kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. Madiun.Contoh 5 Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal. unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Namun diduga pesawat tersebut adalah milik TNI Angkatan Udara. Jawa Timur. Contoh 2 Demam berdarah dengue masih menjadi ancaman di seluruh belahan dunia. Contoh 3 Tadi pagi sekitar pukul 06. Jumlah penderitanya setiap tahun selalu mengalami peningkatan dan 95% penderitanya adalah anak-anak di bawah 15 tahun. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh curah hujan yang sangat tinggi terutama di daerah Asia Timur dan Asia Selatan. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran. CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF Contoh 1 Kecelakaan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI masih sering terjadi. SEtelah anak didik meninggalkan kelas. Asia menempati urutan pertama dalam jumlah korban tiap tahun. jam sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. Keterangan: Kalimat utama terletak pada awal paragraf. Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf. Korban jiwa tak hanya jatuh dari pihak TNI.30 WIB satu jenis pesawat berjenis Hercules jatuh di Purwodadi. pendidikan bahasa Indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju.

kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Keempat. jumlah armada yang banyak tidak seimbang dengan luas jalan. Contoh 5 Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta. agar sumber daya manusia (SDM) dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan Negara. kolusi dan nepotisme (KKN) yang sangat merugikan perekonomian Negara tentunya akan diberikan sanksi tegas. Kedua. rel kereta api. Pemerintah juga meluaskan lapangan pekerjaan. misalnya pasar. banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas. kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas. . Oleh karena itu. Ketiga. dengan usaha yang dilakukan sekarang diharapkan Indonesia dapat membangkitkan perekonomiannya. dan sebagainya. banjir. Karna yang kita ketahui Indonesia terpuruk akibat KKN yang terjadi di segala institusi.Contoh 4 Saat ini Indonesia sedang berusaha membangkitkan perekonomiannya. Pertama. Banyak usaha yang dilakukan. mulai dari menekan jumlah barang import yang mengalahkan pemakaian barang lokal. pedagang kaki lima. halte yang tidak difungsikan. Bagia pelaku korupsi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->