P. 1
Industri Telkom Dan Isu Pencurian Pulsa

Industri Telkom Dan Isu Pencurian Pulsa

|Views: 214|Likes:
Published by Mina Maulidia

More info:

Published by: Mina Maulidia on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2015

pdf

text

original

TUGAS PUBLIC RELATION

Analisis Salah Satu Kasus Public Relation

Mina Maulidia Nurisman 105254016 3 Administrasi Bisnis D4 Politeknik Negeri Bandung

Axis Telecom. Indosat. Diposkan oleh edhy aruman di 22:54 edhy aruman sumber: http://edhy-aruman. Untuk melengkapi pemulihan citra ini. Hutchison. . Konsumen bahkan berusaha melawan para operator dengan menggelar kampanye mematikan telepon seluler selama dua jam pada Sabtu. 15 Oktober 2011. isu penyedotan pulsa ini masuk ke dalam tahap krisis PR yang melanda semua operator.blogspot. terlebih ketika pemerintah melarang operator berbisnis dengan 60content provider yang sudah di-black list. Namun baru pada penghujung 2011. XL Axiata.com/2012/01/11-kasus-pr-terheboh-2011. Operator seluler juga mengambil langkah-langkah pemulihan citra masing-masing. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) berusaha menindaklanjuti kasus ini bersama dengan Badan Regulator Telekomunikasi Indonesia (BRTI). sampai akhirnya Pemerintah turun tangan melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kasus sempat memburuk ketika para operator seluler tersebut dianggap saling melempar kesalahan dengan content provider dan dipercaya telah melakukan penipuan kepada konsumen. Beberapa upaya penyelesaianpun diambil. Isu penipuan mulai berangsur-angsur berkurang. dan Bakrie Telecom. Dalam kasus ini. operator akhirnya mengembalikan uang dari hasil 'penyedotan' pulsa pelanggannya yang nilainya hampir mencapai Rp 1 Miliar. hampir semua operator seluler Indonesia terlibat seperti Telkomsel.Industri Telkom dan Isu Pencurian Pulsa Isu pencurian pulsa sejatinya mulai merebak sejak 2010 ketika YLKI menerima 101 pengaduan dari masyarakat dimana hampir separuhnya merupakan keluhan pengambil pulsa.

kita perlu mengetahui titik awalnya. penyuluhan.Analisis dan Solusi : Jenis kasusnya adalah APATHY → INTEREST Karena. Sebelum kita merumuskan suatu program PR. Jadi pada tahap ini. Public Relations Officer semua perusahaan operator seluler Indonesia yang terlibat seperti Telkomsel. Indosat. Dalam tahap ini ditetapkan suatu fakta dan informasi yang berkaitan langsung dengan kepentingan organisasi. dalam rangka mencegah berulangnya kasus yang serupa. pelayanan untuk masyarakat. oknum-oknum provider yang nakal itu melakukan penyedotan pulsa terhadap konsumennya dengan sengaja yang berarti itu adalah penipuan konsumen supaya mereka mendapatkan keuntungan yang sangat besar tanpa memperhatikan etika-etika yang baik yang harus mereka lakukan. Hutchison.. seminar dan lain-lainnya. Misalnya kita harus mengetahui secara pasti seperti apa citra organisasi dimata khalayaknya. Menganalisis Situasi Dalam tahap ini Public Relations Officer mempelajari opini. penyadaran masyarakat dalam bentuk sosialisasi terbuka dari pemerintah. sikap. Dan reaksi publik terkait terhadap kebijakan atau produk organisasi. XL Axiata. dan Bakrie . Axis Telecom. bagi masyarakat yang merasa kebingungan bisa bertanya atau mengadu disini. Solusinya adalah pemerintah lebih mengoptimalkan pengawasan. PROGRAM PUBLIC RELATION 1. seperti : iklan layanan masyarakat. penyedia layanan komunikasi atau provider harus lebih aktif dalam melindungi para konsumenya. kampanye anti penipuan.

Telecom harus menganalisis situasi. dibuat) Buku Jumlah Orang yang diundang - No. Planning Pada tahap ini. Jadi. kertas. Kemudian penyadaran masyarakat dalam bentuk sosialisasi terbuka dari perusahaan. setelah para operator provider telah mengganti rugi sebesar Rp. yang telah Laptop. C dan Pengumpulan Situasi (Cliping) Rapat Internal Tuan A. seperti : iklan layanan masyarakat. dan reaksi yang berkaitan dengan kebijaksanaan. Anti Penipuan content-content illegal yang mengatasnamakan provider Telkomsel” Rencana Aktivitas Rencana Pelaksana Perkiraan Kebutuhan Bahan Koran. kerja organisasi yang sejalan dengan kepentingan atau keinginan-keinginan pihak berkepentingan. opini. mengadakan penyuluhan dan seminar. mencari fakta dan informasi mengapa khalayak menganggap semua operator seluler di Indonesia melakukan penipuan karena telah mencuri pulsa masyarakat. diagonal clip. Dilakukan pula penetapan program. kemudian para perusahaan operator provider selanjutnya juga harus melakukan pembuatan iklan layanan masyarakat. Planning dari para Public Relation Officer para penyedia layanan komunikasi atau provider ini adalah harus lebih aktif dalam melindungi para konsumenya. para Public Relation Officer memberikan sikap. B. sticky notes (Peralatan untuk Cliping) Bahan untuk Ruangan. selotip. pembahasan LCD rapat (Cliping Proyektor. C Perusahaan (Penentuan Kebijakan) Pimpinan dari setiap unit perusahaan dan Semua Staff PR (Kepala dan 1 . Informasi elektronik (berita. penyuluhan. email dll) Perkiraan Kebutuhan Alat Stapler. 1 Miliar untuk pemulihan citra perusahaan. ide. 1 Analisis Situasi Tuan A. melayani masyarakat bagi masyarakat yang merasa kebingungan. 2. B. seminar dan lain-lainnya.

Melakukan Tuan A. Media Cetak (Koran) 3 Seminar 3. Buku catatan dan alat tulis lainnya Ruangan. org staff) Operator (perusahaan telekomunikasi) Content Provider Pihak Kepolisian Ruangan LCD Projector Laptop Sound System Spanduk Wartawan Perwakilan dari pihak yang dirugikan Perwakilan dari content Provider Pihak Kepolisian Baliho. B. C pertemuan tertutup dengan content provider Konsumsi Hasil Kebijakan Rapat Internal. B. C Masyarakat Hasil pertemuan dengan pihak content provider. B. C pertemuan dengan pihak kepolisian Konferensi Pers Tuan A. LCD Projector. C 2 Iklan Layanan Tuan A. dan setelah dilakukan beberapa kali pertemuan dengan beberapa piahak Informasi tentang hasil analisis penyedotan pulsa Catatan. Stasiun TV. Ruangan. Konsumsi Keputusan dari permasalahan yang telah dianalisis. Konsumsi Melakukan Tuan A. B. Laptop. Menyusun anggaran  Merinci apa saja kebutuhan dana untuk membuat iklan masyarakat .

diharapkan bisa mempengaruhi pihak-pihak tertentu yang penting dan berpotensi mendukung program organisasi. Action    Mengganti kerugian Melakukan Pers Confrence Melakukan Seminar langkah-langkah yang akan dilakukan. 5.evaluasi terhadap program pers conference dan seminar yang telah dilakukan dan hasil kerjas aktivitas public relations tersebut diatas.  Merinci apa saja kebutuhan dana untuk Seminar Merinci apa saja kebutuhan dana untuk Penyuluhan 4. . Evaluation Mengadakan penilaian.

modus-modus seperti . kampanye anti penipuan. pencurian atau penyedotan pulsa ini bisa berkembang dengan pesat dikarenakan tumbuh dan berkembangnya budaya dari sebagian masyarakat yang menginginkan kesuksesan secara instan atau cepat. penyuluhan.Modus-modus penipuan. seperti : iklan layanan masyarakat. Budaya instan seperti ini membuat masyarakat yang melakukan hal semacam ini menjadi malas untuk bekerja dan ingin memperoleh keuntungan besar secara cepat dan instan tanpa memikirkan dampak tersebutnya. seminar dan lain-lainnya. Oleh sebab itu. Permasalahan ini membutuhkan peran dari pemerintah dalam bentuk sosialisasi terbuka. Masyarakat banyak yang terpengaruh oleh modus ini disebabkan tingkat pendidikan masyarakat yang masih dirasa rendah dan kurang. hal semacam ini perlu kita cermati dengan baik.

kalau jutaan orang kan miliaran juga. Hal ini menyebabkan banyaknya korban yang merasa dirugikan dan ditipu.000.penipuan. dalam penanganan hukum untuk kasus ini perlu dicermati. . kasus ini masih perlu mendapatkan perhatian seksama oleh pemerintah. Dalam kasus ini juga dapat dilihat dari segi ekonominya. Rp1. agar kasus ini tidak berlarut lama. Seseorang diregister harus ada ijinnya. pencurian atau penyedotan pulsa. menimbulkan untuk berbuat kriminal seperti dengan menggunakan modus penipuan. Menurut Menkominfo Tifatul Sembiring juga mengancam akan menindak tegas dan menertibkan seluruh oknum-oknum provider yang nakal. Perlu disadari oknum-oknum ini bermain dengan cerdas. pencurian atau penyedotan pulsa tersebut banyak memakan banyak korban dan membuat resah masyarakat akhir-akhir ini. menyedot pulsa orang tanpa ijin. sehingga masyarakat bisa tertipu dengan mudah. “Kalau mereka salah kami tindak. Modus sedot pulsa merupakan tindakan criminal dan melanggar undang-undang dan peraturan menteri. bahkan ini kriminal. Politik adalah kekuasaan dan seharusnya pemerintah dalam kasus ini harus cermat dalam penanganan jangan sampai lalai. Dilihat dari segi hukumnya. Dilihat dari sudut pandang politik dan hukum. dapat dilihat dari masih lalainya perlindungan dan pengawasan sehingga menyebabkan banyak korban.000 atau Rp2. ( VIVAnews).” ujar Tifatul. ditanggapi dengan tegas oleh pemerintah dan peraturan dalam hukum sudah ada yang mengatur di Undang-Undang Indonesia. harus ada fakta atau bukti kalau dia oke. tidak menyukai profesi pekerjaannya dan lain-lainnya. orang malas bekerja. Politik memiliki peranan yang cukup nyata. hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengangguran. Mereka melalukan hal tersebut dipicu oleh faktor ekonomi mereka yang rendah dan ingin memperoleh sesuatu dengan cepat atau instan tanpa berusaha atau bekerja keras.

bagi masyarakat yang merasa kebingungan bisa bertanya atau mengadu disini. dalam rangka mencegah berulangnya kasus yang serupa. ¤ Tanggung jawab perusahaan.Solusi untuk mengatasi kasus penipuan. dengan cara sebagai berikut : ¤ Pengawasan ekstra dari pemerintah. Masyarakat dituntut untuk lebih kritis dalam menyikapi masalah ini. ¤ Akses informasi dan pengaduan. agar masyarakat kita dapat memahami dan mampu mengkritisi berbagai macam kasus-kasus yang terjadi saat ini. ¤ Penyadaran masyarakat. kampanye anti penipuan. Dalam penyadaran masyarakat ini dibutuhkan bentuk sosialisasi terbuka dari pemerintah. Pelayanan untuk masyarakat. seperti contohnya kasus penipuan. pencurian atau penyedotan pulsa ini. Penyedia layanan komunikasi atau provider harus lebih aktif dalam melindungi para konsumenya. . seperti : iklan layanan masyarakat. penyuluhan. Pemerintah lebih mengoptimalkan pengawasan. ¤ Budaya kritis. seminar dan lain-lainnya. pencurian atau penyedotan pulsa.

bila memang diperlukan. Sehingga. Hal ini sudah menjadi satu keputusan dalam satu pembahasan yang kami lakukan belum lama ini. Kalau pun sempat ada opsi untuk melakukan moratorium. moratorium bukan tidak mungkin akan dilakukan. Semua pihak terkait seperti YLKI. Rabu (12/10). pihaknya mengaku tidak ada masalah.SOSIAL Kamis. Bahkan kata moratorium bukan sesuatu yang asing bagi Kominfo. Kepolisian. sebagai pengambil kebijakan. Seandainya masih kedapatan ada penipuan. polisi tidak main-main untuk memberikan proses. Gatot Dewa Broto. pihaknya harus sangat hati-hati dalam memutuskan atau mengambil solusi.” terang pria berkaca mata itu. Hanya. ”Kalau memang memungkinkan harus dilakukan kenapa tidak" Bahkan untuk penyedia layanan konten yang nakal itu memang harus diberikan sanksi agar ada efek jera. .” urai juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika. 13 Oktober 2011 . salah satunya melakukan moratorium tadi. Tentunya setelah kita lakukan peringatan terlebih dahulu. korban sudah duduk bersama. 06:41:00 Kemenkoinfo Tawarkan Solusi Pencurian Pulsa JAKARTA--Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) menegaskan pihaknya sudah mengambil 5 poin solusi mengatasi maraknya pencurian pulsa tersebut.NASIONAL . Di antaranya akan menindak tegas bagi operator atau penyedia layanan konten (content provider) apabila ada pengaduan yang merugikan masyarakat. ”Solusi tegas itu bisa ke pemutusan izin operasi langsung.

bisa UU telekomunikasi. religi. agar tidak lagi ada korban. ”Sebagai contoh. dan UU yang berlaku. Banyak hal positif juga yang diberikan terhadap masyarakat. Hal ini tidak hanya melihat besaran angka kerugian.Poin lain yang diputuskan pada satu waktu pembahasan yang dilakukan oleh pihaknya meliputi pihaknya akan laporkan seandainya ada laporan pelanggaran. Sejauh ini. saya melihat apabila moratorium tetap diinginkan.” ucapnya. ”Intinya. Termasuk juga perjanjian bisnis.’’ tandasnya. lanjut Broto. pihaknya tidak segan untuk melakukan pemutusan langsung. Kami BRTI dan Kominfo yang menindak langsung ke operator atau provider yang melakukan pelanggaran. tetapi juga berdasarkan aduan publik audit akan dilakukan. dan pengaduan dari masyarakat juga menjadi acuan bagi pemerintah untuk memberikan tindakan tegas. soal keseriusan dalam mensikapi pengaduan. aplikasi kalau komsumen tidak menginginkan. Artinya. kuliner dan banyak lagi. para pengguna kartu kredit juga sering diingatkan melalui layanan atau content provider untuk mengingatkan pelanggan. pelanggan juga harus cerdas. semua pihak juga akan dirugikan. operator yang melakukan layanan di luar prosedur. Selain itu. . budaya. content provider tidak melulu negatif. Sekarang. dan harus membuat sebuah aplikasi. Poin lain. sudah banyak yang diproses secara serius ada yang mengacu kepada KUHAP. pihak operator harus segera dan otomatis merespon atau menghentikan layanan yang dianggap mengganggu tadi. Ada info wisata.

” ungkapnya pada wartawan di Jakarta. Namun dengan adanya media yang memuat kasus ini sepekan terakhir. sebelumnya menjelaskan. Anggota BRTI lainnya Heru Setiadi yang mengaku pernah menjadi korban pencurian pulsa menjelaskan. (nel) Trend Budaya Instan Sebagai Pendorong Maraknya Pencurian Pulsa . maka kami melakukan penanganan secara sporadis berdasarkan aduan. membuat seolah kasus ini menjadi besar. maka aturan yang diterapkan masih bersifat administratif. karena melihat CP merupakan sebuah industri kreatif yang baru muncul dan mencoba berkembang. kemarin (11/10). dengan sanksi terberat hanya pencabutan izin layanan Jasa Pesan Premium tersebut. barulah penyelesaian masalah ini terstruktur dengan baik. “Kami sudah menelusuri dan setiap ada pengaduan yang kami terima. karena CP saat itu masih menjadi industri kreatif yang baru muncul dan masih dalam tahap berkembang.Anggota BRTI Adiseno. Namun karena saat ini ditengarai adanya penipuan dan pencurian pulsa yang diduga dilakukan oleh CP maka sifatnya tidak lagi administratif melainkan tindak tegas yang bersifat pemberian hukuman sebagai efek jera.” jelasnya. Dengan adanya banyak masukan baik dari Kominfo dan melihat reaksi masyarakat. “Saat itu kami hanya membuat peraturan yang sifatnya administratif. kasus pencurian pulsa ini sebelumnya sudah ada sejak lama dan sudah ditelusuri oleh BRTI.

Permasalahan komunikasi yang sedang marak dibicarakan ditengah-tengah masyarakat tentang kasus-kasus penipuan. Modus penipuan yang mampu menyedot pulsa banyak korban itu dilakukan dengan cara mengirimkan pesan singkat melalui . penipuan atau penyedotan pulsa telepon seluler ini menggunakan berbagai macam-macam modus. secara instan atau cepat dengan memperdaya orang lain. Salah satu contoh penipuan lainnya antara lain : melalui pesan pendek atau SMS yang sengaja disebar ke sembarang nomor telepon.oknum konter ponsel. ” Nama IKA KUSUMA. pencurian atau penyedotan pulsa yang setiap harinya meresahkan kehidupan masyarakat harus ditanggapi secara serius oleh seluruh komponen masyarakat termasuk pemerintah. Ketik REG NSP Ke *123#). pencurian atau penyedotan pulsa. sangat meresahkan kehidupan masyarakat di Indonesia sekarang ini.REP | 12 October 2011 | 22:38 Dibaca: 466 menilai bermanfaat Komentar: 2 1 dari 1 Kompasianer Komunikasi merupakan suatu proses pembentukan. Hal ini disebabkan oleh motivasi untuk memperoleh keuntungan besar. Para pelaku biasanya melakukan penipuan tersebut dengan cara menyedot pulsa dan bekerjasama dengan oknum .” tolong kirim ke BNI no rek 021374***. penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi dalam diri seseorang kepada orang lain atau diantara dua orang atau lebih dengan tujuan tertentu. Pelaku-pelakunya memiliki taktik atau cara bekerja sama atau memiliki jaringan khusus untuk melakukan modus-modus tersebut. Aksi pencurian. penyampaian. seperti mulai dari mengirim pesan singkat melalui nomor biasa atau melalui jasa pelayanan konten SMS premium (Misal. Maraknya kasus-kasus penipuan. komunikasi dapat disalah gunakan oleh semua masyarakat Indonesia. kalau sudah dikirim SMS ke nomor ni ya 0813210***”. Dalam masalah ini.

Modus-modus penipuan. pencurian atau penyedotan pulsa tersebut banyak memakan banyak korban dan membuat resah masyarakat akhir-akhir ini. seminar dan lain-lainnya. hal semacam ini perlu kita cermati dengan baik.nomor GSM atau CDMA secara acak. Permasalahan ini membutuhkan peran dari pemerintah dalam bentuk sosialisasi terbuka. kampanye anti penipuan. . Dalam konten pelayanan jasa pesan singkat premium ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Jasa Pesan Premium. Oleh sebab itu. Kemudian Pasal 18 yang menjelaskan bahwa pengiriman pesan jasa singkat ke banyak tujuan wajib menyediakan fasilitas kepada penerima pesan untuk menolak pengiriman pesan berikutnya. penyuluhan. Pemerintah sudah mengaturnya lewat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 01/PER/M.KOMINFO/01/2009 Pasal 13 ayat (1) tentang larangan kepada penyelenggara jasa pesan premium mengenakan biaya pendaftaran. modus-modus seperti penipuan. Masyarakat banyak yang terpengaruh oleh modus ini disebabkan tingkat pendidikan masyarakat yang masih dirasa rendah dan kurang. Isi pesan singkat itu biasanya bertuliskan pengumuman pemenang dengan berbagai macam hadiah tertentu dan menarik para korban. Masyarakat yang dirugikan bisa menuntut ganti rugi kepada operator. seperti : iklan layanan masyarakat. pencurian atau penyedotan pulsa ini bisa berkembang dengan pesat dikarenakan tumbuh dan berkembangnya budaya dari sebagian masyarakat yang menginginkan kesuksesan secara instan atau cepat. Budaya instan seperti ini membuat masyarakat yang melakukan hal semacam ini menjadi malas untuk bekerja dan ingin memperoleh keuntungan besar secara cepat dan instan tanpa memikirkan dampak tersebutnya. Munculnya Peraturan Menteri Kominfo merupakan peraturan yang harus dicermati oleh semua masyarakat agar mereka tidak merasa diresahkan oleh modus-modus penipuan. pencurian atau penyedotan pulsa seperti ini.

Dilihat dari sudut pandang politik dan hukum. dapat dilihat dari masih lalainya perlindungan dan pengawasan sehingga menyebabkan banyak korban. Perlu disadari oknum-oknum ini bermain dengan cerdas. menimbulkan untuk berbuat kriminal seperti dengan menggunakan modus penipuan. orang malas bekerja. Seseorang diregister harus ada ijinnya. Politik memiliki peranan yang cukup nyata.Menurut Menkominfo Tifatul Sembiring juga mengancam akan menindak tegas dan menertibkan seluruh oknum-oknum provider yang nakal.” ujar Tifatul. “Kalau mereka salah kami tindak. pencurian atau penyedotan pulsa. Mereka melalukan hal tersebut dipicu oleh faktor ekonomi mereka yang rendah dan ingin memperoleh sesuatu dengan cepat atau instan tanpa berusaha atau bekerja keras. ditanggapi dengan tegas oleh pemerintah dan peraturan dalam hukum sudah ada yang mengatur di Undang-Undang Indonesia.000. kasus ini masih perlu mendapatkan perhatian seksama oleh pemerintah. Solusi untuk mengatasi kasus penipuan. kalau jutaan orang kan miliaran juga. dengan cara sebagai berikut : . harus ada fakta atau bukti kalau dia oke. Dalam kasus ini juga dapat dilihat dari segi ekonominya. Rp1. Dilihat dari segi hukumnya. hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengangguran. pencurian atau penyedotan pulsa ini. bahkan ini kriminal. dalam penanganan hukum untuk kasus ini perlu dicermati. sehingga masyarakat bisa tertipu dengan mudah. Politik adalah kekuasaan dan seharusnya pemerintah dalam kasus ini harus cermat dalam penanganan jangan sampai lalai. menyedot pulsa orang tanpa ijin.000 atau Rp2. agar kasus ini tidak berlarut lama. ( VIVAnews). tidak menyukai profesi pekerjaannya dan lain-lainnya. Modus sedot pulsa merupakan tindakan criminal dan melanggar undang-undang dan peraturan menteri. Hal ini menyebabkan banyaknya korban yang merasa dirugikan dan ditipu.

seminar dan lainlainnya. dalam rangka mencegah berulangnya kasus yang serupa. ¤ Tanggung jawab perusahaan Penyedia layanan komunikasi atau provider harus lebih aktif dalam melindungi para konsumenya. kampanye anti penipuan. ¤ Akses informasi dan pengaduan Pelayanan untuk masyarakat.¤ Pengawasan ekstra dari pemerintah Pemerintah lebih mengoptimalkan pengawasan. penyuluhan. agar masyarakat kita dapat memahami dan mampu mengkritisi berbagai macam kasus-kasus yang terjadi saat ini. pencurian atau penyedotan pulsa. ¤ Penyadaran masyarakat Dalam penyadaran masyarakat ini dibutuhkan bentuk sosialisasi terbuka dari pemerintah. seperti : iklan layanan masyarakat. seperti contohnya kasus penipuan. ¤ Budaya kritis Masyarakat dituntut untuk lebih kritis dalam menyikapi masalah ini. . bagi masyarakat yang merasa kebingungan bisa bertanya atau mengadu disini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->