Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya.

Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam. [1]

Kuliner
Rebung/tunas pohon bambu merupakan sayuran yang populer dan bernilai ekonomis tinggi.

Peralatan
Bambu merupakan bahan baku dari berbagai peralatan rumah tangga yang utama sebelum datangnya era peralatan rumah tangga dari plastik. Bakul nasi, tampah, bubu/perangkap ikan, tempat kue (besek), topi bambu (caping) adalah contoh dari beberapa peralatan yang terbuat dari bambu.

Barang-barang dari anyaman bambu

Sebuah toko di pasar tradisional menjual barang-barang dari anyaman bambu dan rotan

Batang bambu juga banyak dipakai sebagai jembatan darurat. Lokasi: Bojongmangu. Kabupaten Bekasi Tekstil Instrumen musik Di Indonesia. Di ayurveda. sekarang sebagian besar sudah digantikan dengan asalam silisic sintetis. rasa manisnya terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik. Di sistem pengobatan indo persia banslochan terkenal sebagai tabashir atau taswhir.Pengobatan Pada pengobatan Cina. Konstruksi Rumah-rumah di pedesaan Jawa dan Sunda masih banyak yang memakai dinding bambu. tiang. Pada awalnya konkresi ini diperoleh dari Melocanna bambusoides. konkresi silicious dapat ditemukan pada batang bambu yang disebut banslochan. Bambusa arundinacea dideskripsikan sebagai sumber dari bamboo manna. Konkresi ini dikatakan dapat menjadi obat penguat pada penyakit pernapasan. sangat sulit untuk menemukannya. Pada kebanyakan literature indian. bambu sering digunanakan sebagai alat musik tradisional yang menjadi ciri khas masing-masing daerah Indonesia. bambu digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Konstruksi bambu pada pagar. sedangkan di Inggris disebut sebagai "bamboo manna". Salah satu contohnya adalah Angklung dan Seruling yang berasal dari Sunda Pengolahan air Transportasi . sebuah sistem pengobatan tradisionil indian. Pohon bambu yang tebal terutama di bagian pangkal dipakai sebagai kaso. Bambu mengandung sumber pottasium yang rendah kalori. dinding.

yakni bambu petung/betung. misalnya. . Ini merupakan kelebihan lain dari konstruksi bambu. “Pasang murnya jangan terlalu keras supaya bambu tidak pecah.org/wiki/Bambu Ringan dan Ramah Gempa Mastok Seyanto — salah satu praktisi dan pengembangan tanaman Bambu juga mengembangkan konstruksi bambu—menyatakan bahwa kita tak perlu ragu untuk memakai material bambu sebagai struktur bangunan.wikipedia. bambu dibor terlebih dahulu.Contohnya adalah Bela diri silambam pada zaman Tamil kuno. http://id. Untuk memasang bautnya. Pilot Project bermaterial bambu yang baru selesai dikerjakan oleh Bengkel Hijau adalah bangunan Community Learning Center / sekolah alam. Ia lalu memberi tip. Proyek bambu lain yang ia rancang adalah bangunan—juga berkonstruksi bambu—berbagai daerah di Indonesia Timur Pada konstruksi bambu rancangannya. Sambungan dengan baut ini terlihat rapi dan bersih sehingga konstruksi bambu terlihat lebih bagus (mastok memang membiarkannya terekspos). bambu legi. kemudian baut dimasukkan ke bambu dan diberi mur. Mastok menggunakan baut 12 mm dan ijuk dan tali khusus untuk menyambung antarbambu. Ketiga jenis ini digunakan untuk keperluan berbeda. adanya rongga pada bambu membuatnya harus diperlakukan khusus agar tidak mudah pecah hal ini Baut juga di dapat diganti dengan NAGEL (pen atau pantek dari Bambu Ori) Sambungan dengan baut menciptakan konstruksi yang tidak kaku sehingga tahan terhadap gempa (karena konstruksi akan bergerak mengikuti arah getar gempa). pada bela diri ini petarung akan sering saling berpukulan dengan tongkat bambu.Bambu pada kebudayaan Asia Mitos dan legenda Bambu sebagai media tulis Bambu sebagai senjata Di beberapa daerah Asia Timur dan Asia tenggara bambu digunakan sebagai alat bela diri. ia menggunakan jenis betung berdiameter 16 cm. Untuk kolom utama.” Berbeda dengan kayu. dan bambu tali/apus. sebuah workshop kajian dan pengebangan Teknologi Pedesaan Tepat Guna Struktur bangunan ini seluruhnya terbuat dari 3 jenis bambu. Ini masih ditambah lagi dengan bobotnya yang ringan sehingga berat keseluruhan struktur tidaklah besar.

karena tidak sekuat ijuk. Bila ingin menggunakan lantai dari bambu. seperti beton. maka ikatan rotan hanya dipakai di interior. reng hampir dikatakan tidak bisa lepas dari bambu. Mastok juga memakai ijuk pada beberapa bagian sambungan. Selain ijuk. yakni memakai kombinasi paku/pasak bambu yang diikat ijuk. Read more: http://baltyra. Permukaan Lantai Harus Ditinggikan Karena ringan.Hal serupa juga dilakukan Ade Hendi (kang Udung). untuk bahan bangunan rumah mulai dari usuk. Dalam membangun rumah bambu. Manfaat bambu .com/2012/03/02/manfaat-bambu-sebagai-alternatif-tahangempa/#ixzz21EE3a7nO http://baltyra. Untuk menghindari pelapukan. bagian bawah struktur bambu perlu diberi landasan. Ia mengatakan. konstruksi bambu cukup menggunakan pondasi setempat/umpak (tanpa sloof) dari batu bata atau beton. selain tersebut diatas masih banyak manfaat dari bambu. ia menerapkan sambungan yang tidak kaku. bagian bawah struktur bambu tidak boleh bersentuhan langsung dengan tanah. Oleh karena itu.com/2012/03/02/manfaat-bambu-sebagai-alternatif-tahan-gempa/ PENGAWETAN BAMBU Cara Pak Morisco Posted on 23 Maret 2010 by Kelompok Kerajinan Mebel Bambu Tanaman bambu yang ada membawa manfaat yang cukup besar bagi masyarakat Dusun Gentan Desa Margoagung terutama untuk kerajinan mebel bambu. ijuk sangat baik untuk mengikat sambungan struktur bambu. Dengan teknik pengikatan tertentu. Namun. Kang Udung juga menggunakan rotan sebagai pengikat sambungan. ikatan ijuk bagus dalam menahan beban ke samping. seorang perajin bambu (produsen rumah bambu Jawa Barat). maka permukaan lantainya harus ditinggikan (minimal 40-50 cm dari tanah) oleh sebab itu biasanya bangunan seperti ini berupa konstruksi panggung.

karena kalau pecah maka larutanya tidak akan tertampung sempurna. Serta ada manfaat lain lagi yaitu dapt menghasilkan oksigen lebih dari 30 % dari tumbuhan lain dengan luasan yang sama. memberikan fasilitas pengawetan dan pengeringan bambu agar dapat di gunakan untuk masyarakat pengrajin mebel bambu di Dusun Gentan. Bambu juga merupakan bahan bangunan yang kuat sehingga sekarang banyak yang beralih bambu. dengan konsentrasi maksimum 5 % . Morisco untuk memberikan pelatihan pengawetan bambu dengan mengunakan salah satu cara yaitu pengawetan yang paling murah dan efektif. jangan sampai pecah. Disamping itu pula bambu dapat digunakan untuk kerajinan anyaman. Sebelum dapat digunakan maka dilakukan peningkatan kapasitas dalam hal proses pengawetan maka pihak GTZ-JRF mengundang Prof. Dr. Tantangan Salah satu kelemahan bambu adalah dimakan serangga bubuk dan jenis serangga lain. kemudian bagian atas yang 20 cm tersebut dirusak dengan cara di tatah pada daging bambu bagian dalam sampai satu lingkaran penuh. perubahan warna. bisa digunakan untuk penghijauan karena tumbuhnya relative cepat karena tiga tahun sampai empat tahun memanen hasil tanamnya. Maka pihak GTZ-JRF yang focus pada pengembangan UMKM di wilayah DIY. Sehingga akan sangat berguna bagi proses reboisasi dan perbaikan lahan-lahan kritis. di potong pada bagian atas sepanjang 20 cm – 30 cm dari ruas paling atas. sebelumnya bambu di potong dengan panjang 6-7 meter. Perlakuan tersebut untuk semua bambu yang akan diawetkan.Bambu merupakan tanaman yang cepat tumbuh. batang bambu yang habis panen. Hal ini banyak dialami dan para pengrajin di Dusun Gentan karena perilaku yang buruk terhadap proses pengawetan bambu maka akan sangat merugikan pihak pengrajin sendiri dan tertutupnya pangsa pasar bagi kerajinan mebel bambu. hal tersebut biasa karena memang berasal dari bahan biologis maka terjadi penurunan kualitas bahan. Kemudian bambu di sandarkan . ini terjadi pada waktu 2006 paska gempa DIY-Jateng banyak bahan bangunan yang digunkan berasal dari bambu. Metode pengawetan ini mengunakan campuran antara Borax dan Boric. Pada cara ini. mebel bambu. dan daya tahan yang sangat pendek bila tidak ada cara utnuk mengawetkan bambu tersebut. kemudian dilarutkan kedalam cairan dengan perbandingan 3:2. dan di campur dengan air kurang lebih 20 liter banyaknya serta pewarna makanan untuk mengetahui perjalanan pengawet biasaya mengunakan warna yang kontras. bahan bangunan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perayaan-perayaan agama pada jaman dulu yang tidak ada bahan dari plastik maka banyak mengunakan besek ataupun sejenisnya. Daya tahan di Indonesia bila tidak ada treatment maka hanya bertahan 6 bulan sampai 2 tahun saja.

Dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan dan daya jual produk yang ada bagi para pengrajin mebel bambu. kapasitas yang ada sekarang baru untuk mengawetkan bambu sebanyak 300 batang saja. dan dapat digunakan lagi. Setelah hari ke 13 belas maka cairan keseluruhanya diharapkan sampai kebawah dan dapat dikeringkan dari 2 sampai 4 hari tergantung lembabnya. Kegiatan tersebut dilakukan sampai hari ke empat atau ke enam.jangan lupa untuk dicatat berapa tambahan cairan yang ada. Rosse bambu .pada tower yang tersedia sampai seluruh bambu dapat tertampung. Setelah semua disandarkan maka proses selanjutnya adalah dengan mengisi bagian bambu sebanyak ½ liter ataupun sesuai dengan kapasitas dari potongan bambu yang ada. Dan tiap hari dilakukan pengecekan dan penambahan cairan sesuai dengan ukuran yang ada. Bambu tersebut di sandarkan di tower yang terlindung dari hujan dan sinar matahari secara langsung pada bagian atasnya. Ataupun masuk oven bambu. Setelah dikeringkan maka bambu tersebut dapat digunakan untuk keperluan kerajinan mebel bambu ataupun untuk usaha lain. Setelah hari ke enam dichek perjalana cairan pengawet sampai ruas mana dengan cara di lubangi ataupun di potong pada bagian bawah bambu. Tetapi kalau sudah sampai maka bambu bisa di keringkan cairan pengawet pada bagian atas dengan cara ditampung di tempat penampungan.

Pengaplikasian bambu akan berbeda antara rumah tinggal yang terdapat di daerah perkotaan dengan rumah di desa-desa. 17 Januari 2011 11:38 Views :4374 Times Elemen bambu sangatlah baik untuk membangun nuansa alami pada eksterior dan interior rumah Anda.wordpress. bambu memiliki popularitas sebagai bentuk karya seni arsitektur ramah lingkungan.com/2010/03/23/pengawetan-bambu-cara-pak-morisco/ Aplikasi Bambu pada Rumah Modern Senin.tower pengawetan bambu bantuan GTZ-JRF http://lincakgentan. namun di tengah masyarakat perkotaan. bambu berfungsi sebagai elemen estetis. bukan sebagai struktur utama bangunan. Di kawasan perkotaan. . Indonesia sendiri sudah dikenal sebagai negara perajin bambu untuk dijadikan furnitur maupun rumah. Bambu merupakan salah satu tanaman yang banyak dijumpai di daerah tropis. Walaupun saat ini rumah bambu lebih banyak dijumpai di kampung-kampung. Bambu banyak ditemui di Indonesia terutama di daerah Jawa Barat.

rak tv. sofa besar.html Furniture Bambu Perabotan bambu bukanlah barang baru di negeri ini. (*/Nilam/dari berbagai sumber) http://www. bambu juga mudah dirawat jika digunakan di kebun atau udara terbuka.htm . namun ia tetap dapat dimodifikasi dengan gaya yang lebih modern dan pada ruangan apapun.com/pemanfaatan_bambu/bamboo_furniture. Diantara produk perabotan bambu dapat berupa: set kursi dan meja tamu. bed frame. Selain di pulau jawa. Saat ini ada banyak jenis perabotan yang dibuat dari bahan bambu. http://www. Hiasan eksterior macam ini akan membuat dinding di sekitarnya jadi berkarakter kuat dan unik. Walaupun elemen bambu memiliki kesan tradisional.com/teknologi/6047.bambuawet. mulai dari bentuk paling sederhanya hingga yang lebih inovatif dan di desain dengan unik. kursi dan meja teras. rak buku. Aplikasi ini akan membuat dinding jadi terkesan kokoh. Karena karakternya itulah. juga dapat dibuat dengan bahan bambu. Sejak dulu bambu sudah dijadikan kursi atau lincak di pulau jawa.Bambu memiliki warna dan tekstur yang unik. lemari pakaian. pemanfaatan bahan bambu sebagai furniture juga dapat ditemui di Sulawesi Selatan dan Utara. juga di Sumatera. kursi santai/ kursi malas dan masih banyak lagi. namun dapat juga menjadi alternatif elemen interior. Selain itu.ciputraentrepreneurship. misalnya di dinding pekarangan rumah. bambu tidak hanya bagus dipasang pada eksterior. Keunikan ini sangat bagus untuk dipasang sebagai eksterior. hingga bambu yang sudah dijadikan papan atau dibentuk dengan teknologi pres supaya bisa melengkung dan berpola sesuai dengan kebutuhan. Semua jenis produk furniture yang dapat dibuat dengan kayu. Contoh pengaplikasian bambu pada interior misalnya digunakan sebagai partisi ruangan atau disandingkan dengan dinding bertekstur. mulai dari bambu yang bentuknya masih untuk bulat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful