HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN DAN PERAWAT

Hak-Hak P asien
Tujuan dari hal tersebut adalah untuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan dan membuat sistem asuhan kesehatan yang responsif terhadap kebutuhan klien,serta untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemahaman hak-hak pasien yang akan dirawat di rumah sakit.

Hak pasien meliputi :
1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib & peraturan yang berlaku di RS 2. Pelayanan yang manusiawi,adil & jujur 3. Memperoleh pelayanan keperawatan & asuhan yang bermutu sesuai dengan standar profesi keperawatan tanpa diskriminasi 4. Memilih dokter & kelas perawatan sesuai dengan keinginannya & sesuai dengan peraturan yang berlaku di RS 5. Meminta konsultasi kepada dokter lain yang terdaftar di RS tersebut (second opinion), terhadap penyakit yang dideritanya, sepengetahuan dokter yang menangani 6. “Privacy” & kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya. 7. Mendapatkan informasi yang meliputi : - penyakit yang dideritanya - tindakan medis apa yang hendak dilakukan - kemungkinan penyulit sebagai akibat tindakan tersebut & tindakan untuk mengatasinya

Hak menjalankan ibadah sesuai dengan agama / kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya. 8. 13.alternatif etrapi lainnya beserta resikonya .. Mengajukan usul. Hak untuk memberikan persetujuan atas tindakan yang akan dilakukan oleh dokter sehubungan dengan penyakit yang dideritanya . Hak didampingi perawat / keluarga pada saat diperiksa dokter 16.perkiraan biaya pengobatannya / rincian biaya atas penyakit yang dideritanya. 10. 11. 9. Hak didampingi keluarganya dalam keadaan kritis.prognosa penyakitnya .Hak atas keamanan & keselamatan dirinya selama dalam perawatan di RS 15. Menyetujui / memberikan izin atas tindakan yang akan dilakukan oleh perawat sehubungan dengan penyakit yang dideritanya. saran dan perbaikan atas perlakuan RS terhadap dirinya 14. Menolak tindakan yang hendak dilakukan terhadap dirinya & mengakhiri pengobatan serta perawatan atas tanggung jawab sendiri sesudah memperoleh informasi yang jelas tentang penyakitnya.

4.baik dari dokter atau perawat yang memberikan asuhan.agar dapat dipertanggung jawabkaan sesuai dengan haknya.pasien atau keluarganya wajib menaati segala peraturan dan tata tertib yang ada di instusi kesehatan dan keperawatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepadanya. 2. pasien atau keluarganya berkewajiban untuk memenuhi segala sesuatu yang diperlukan sesuai dengan perjanjian atau kesepakatan yang telah di setujui sebelumnya.memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter atau perawat yang merawatnya.pasien atau keluarga yang bertanggung jawab terhadapnya. 6. 5.Agar pelaksanaan asuhan kesehatan dan keperawatan dapat dilakukan semaksimal mungkin.pasien di wajibkan untuk mematuhi segala kebijakan yang ada.perawatan dan pmeriksaan yang di perlukan selama perawatannya.KEWAJIBAN PASIEN Kewajiban adalah seperangkat tanggung jawab seseorang untuk melakukan sesuatu yang memang harus dilakukan . 3. .berkewajiban untuk menyelesaikan biaya pengobatan.diperlukan suatu kewajiban sebagai berikut: 1. Mematuhi nasihat dan petunjuk dokter dan perawat dalam pengobatanya.

8.perawat berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya. 6. 4. 3. . Hak perawat meliputi: 1.perawat berhak untuk diperlakukan secara adil dan jujur terhadap institusi pelayan maupun oleh pasien . 9.perawat berhak atas privasi dan berhak menuntut apabila nama baiknya di cemarkan oleh pasien/keluarganya serta tenaga kesehatan lain. 7.perawat berhak untuk mendapatkan penghargaan dan imbalan yang layak dari jasa profesi yang diberikannya berdasarkan perjanjian atau ketentuan yang berlaku di institusi pelayanan yang bersangkutan.perawat berhak mendapatkan jaminan perlindungan terhadap resiko kerja yang dapat menimbulkan bahaya fisik maupun stres emosional.Hak Dan Kewajiban perawat A.perawat berhak diikutsertakan dalam penyusunan dan penetapan kebijaksanaan pelayanan kesehatan. 5. 2.serta standar dan kode etik profesi.perawat berhak untuk mendapatkan informasi lengkap dari pasien/klien atau keluarganya tentang keluhan kesehatan dan ketidakpuasanya terhadap pelayanan yang di berikan.perawat berhak untuk menolak keinginanya pasien/klien yang bertentangan dengan peraturan undangundang an.perawat berhak untuk mengembangkan diri melalui kemampuan spesialisasi sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

6.Kewajiban perawat meliputi: 1. 2.sepanjang tidak bertentangan denga peraturan atau standar profesi yang ada. 4.10.Perawat wajib berkolaborasi dengan tenaga medis atau tenaga kesehatan terkait lainnya dalam memberikan pelayanan kesehatan dan keperawatan kepada pasien. B.Perawat wajib memberikan informasi yang akurat tentang tindakan keperawatan yang diberikan kepada pasien/klien dan atau keluarganya sesuai dengan batas kemampuanya. 9.Perawat wajib memberikan pelayanan atau asuhan keperawatan sesuai dengan standar profesi dan batasbatas kegunaannya. 8.perawat wajib memberikan kesempatan kepada pasien atau klien untuk berhubungan dengan keluarganya.perawat berhak untuk memperoleh kesempatan mengembangkan karir sesuai dengan bidang profesinya. 7.perawat wajib merujuk pasien kepada perawat atau tenaga kesehatan lain yang mempunyai keahlian atau kemampuan yang lebih baik. 5. 3.perawat wajib mamatuhi semua peraturan institusi yang bersangkutan.perawat wajib menghormati hak-hak pasien.bila yang bersangkutan tidak dapat mengatasinya sendiri.perawat wajib memberikan kesempatan kepada pasien untuk menjalankan ibadahnya sesuai dengan agama atau kepercayaan masing-masing sepanjang tidak mengganggu pasien yan g lain.perawat wajib meningkatkan mutu pelayanan keperawatannya sesuai dengan standar profesi keperawatan demi kepuasan pasien. .

Perawat wajib membuat dokumentasi asuhan keperawatan secara akurat dan berkesinambungan. . 13.10.Perawat wajib memenuhi hal-hal yang telah disepakati atau perjanjian yang telah dibuat sebelumnya terhadap institusi tempat bekerja. 14. 11.kecuali jika dimintai keterangan oleh pihak yang berwenang.Perawat wajib mengikuti perkembangan IPTEK keperawatan atau kesehatan secara terus-menerus.Perawat wajib melakukan pelayanan darurat sebagai tugas kemanusiaan sesuai dengan batas-batas kewenangannya. 12.perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang klien/pasien.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful