BAB IV PENUTUP

A. Kesimpulan Kasus Hepatitis B di Indonesia sangat tinggi sehingga diperlukan upaya pencegahan untuk mengurangi angka kejadian Hepatitis B di Indonesia. Gaya hidup tidak sehat, seks bebas, saling meminjam peralatan, dan bersentuhan dengan penderita Hepatitis B menjadi alur penularan penyakit ini. Hal-hal tersebut harus dihindari. Hal terpenting untuk mencegah Hepatitis B adalah dengan imunisasi. Imunisasi harus dilakukan sejak dini dengan tahapan yang sesuai. Orang-orang yang disarankan untuk mendapatkan vaksin Hepatitis B adalah sebagai berikut : 1. Semua bayi, anak-anak dan remaja yang belum divaksinasi, 2. Penderita penyakit seksual menular, 3. Petugas kesehatan yang selalu kontak dengan darah, 4. Orang dewasa dengan kekebalan tubuh yang kurang baik, 5. Orang yang tinggal dengan penderita Hepatitis B, 6. Penderita penyakit hati kronis, dan 7. Orang yang rawan terkena penyakit Hepatitis B.

B. Saran Saran untuk kasus hepatitis B adalah sebagai berikut : 1. Pemerintah harus menggalakkan program vaksinasi tidak hanya untuk bayi dan anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa yang rentan terhadap penyakit Hepatitis B.

Makalah Ilmu Budaya Dasar

- 12 -

2. Masyarakat harus membenahi gaya hidupnya menjadi gaya hidup yang sehat. Tidak saling meminjam peralatan pribadi dan tidak berhubungan seksual dengan penderita Hepatitis B. 3. Ibu harus sesegera mungkin mengimunisasikan bayinya. 4. Pelayanan Kesehatan harus menggunakan peralatan yang steril dan tidak memakai jarum suntik bekas. 5. Para pelayan kesehatan harus sudah memvaksinasi dirinya sendiri agar tidak terjangkit penyakit Hepatitis B.

Makalah Ilmu Budaya Dasar

- 13 -

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful