P. 1
Pengertian sakit

Pengertian sakit

|Views: 257|Likes:
Published by Sunny Day

More info:

Published by: Sunny Day on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2015

pdf

text

original

PENGERTIAN SAKIT (illness

)
Sakit merupakan proses dimana fungsi individu dalam satu atau lebih dimensi yang ada mengalami perubahan atau penurunan bila dibandingkan dengan kondisi individu sebelumnya. Sakit adalah keadaan dimana fisik, emosional, intelektual, sosial, perkembangan, atau seseorang berkurang atau terganggu, bukan hanya keadaan terjadinya proses penyakit. Oleh karena itu sakit tidak sama dengan penyakit. Sebagai contoh pasien dengan Leukemia yang sedang menjalani pengobatan mungkin akan mampu berfungsi seperti biasanya, sedangkan pasien lain dengan kanker payudara yang sedang mempersiapkan diri untuk menjalani operasi mungkin akan merasakan akibatnya pada dimensi lain, selain dimensi fisik. Perilaku sakit merupakan perilaku orang sakit yang meliputi: cara seseorang memantau tubuhnya; mendefinisikan dan menginterpretasikan gejala yang dialami; melakukan upaya penyembuhan; dan penggunaan sistem pelayanan kesehatan. Seorang individu yang merasa dirinya sedang sakit perilaku sakit bisa berfungsi sebagai mekanisme koping.

PENGERTIAN PENYAKIT (disease) disease dimaksudkan gangguan fungsi atau adaptasi dari proses-proses biologik dan psikofisiologik pada seorang individu. PENGERTIAN PERAN SAKIT (sickness) Peran adalah suatu pola tingkah laku, kepercayaan, nilai, sikap yang diharapkan oleh masyarakat muncul dan menandai sifat dan tindakan si pemegang kedudukan sickness dimaksudkan reaksi personal, interpersonal dan kultural terhadap penyakit atau perasaan kurang nyaman
Manfaat Peran Sakit

perilaku sakit. Semua hal ini dibentuk dalam lingkungan keluarga. ILLNESS. Dalam hal ini dokter dianggap sebagai agen kontrol sosial yang dapat memberikan kepada seseorang legalitas sakit atau membatasi untuk melakukan peran sakit Dokter sebagai agen kontrol sosial hams mengetahui orang yang berpura-pura sakit dan dapatmenolak menyatakan orang itu dalam keadaan sakit. Pengertian illness dibentuk oleh faktor-faktor kultural. sedangkan. yang dipengaruhi oleh persepsi. sosial dan kulturaL Dengan demikian dapat dikatakan. Sebagian anggota masyarakat memanfaatkan peran sakit untuk mengurangi konflik antara kebutuhan pribadi dengan tuntutan peran. Illness dapat disebabkan oleh disease. akan tetapi selalu mempunyai relevansi psikososial. Hubungan antara perilaku sehat. merupakan bentuk perilaku adaptif yang dapat diterimamasyarakat. maka orang sakit tersebut bebas dari langgung jawab peran sosialnyakemudian ia atau keluarganya dituntut mencari pengobatan agar kembali menjadi orang sehat. Pengertian sakit (illness) berkaitan dengan gangguan psikososial yang dirasakan manusia (bersifat subyektif). peran sakit sebagai “penyimpangan”.Pada umumnya anggota masyarakat ingin menjadi orang sehat. tetapi tidak selalu illness. pemberian nama. Dalam analisis Parsons. berbeda dengan pengertian penyakit (disease) yang berkaitan dengan gangguan pada organ manusia (bersifat obyektif) Peran sakit adalah peran yang harus dilakukan oleh orang sakit dan kaitannya dengan upaya pencarian pengobatan. disertai dengan adanya kelainan organik maupun fungsional dari tubuh. Para dokter mendiagnosis dan mengobati disease. bahwa pengertian illness adalah pengertian yang merupakan konstruk kultural. Pasien menderita illness. penjelasan. peran sakit dengan sakit dan penyakit dapat digambarkan sebagai berikut. atau lebih menyukai sehat daripada sakit Di pihak lain. peran sakit digambarkan sebagai masalah kontrol sosial. DISEASE. Dalam perbedaan antara kedua. Sakit belum tentu karena penyakit. HUBUNGAN ANTARA SICKNESS. dan proses penilaian dari pengalaman yang tidak menyenangkan. Namun dokter tetap menjalankan proses pengobatan agar orang yang merasa sakit dapat kembali berperan di masyarakat . Apabila seseorang sakit. Kedua pengertian ini tidak identik.

Dalam keadaan demikian maka orang tersebut sehat menurut konsep kita ( dari kacamata petugas kesehatan) Area 2 (dua) menggambarkan seseorang mendapat serangan penyakit (secara klinis). salah satu organ tubuhnya terganggu fungsinya namun. benda asing atau luka (injury). lebih penjelasan penjelasan ini dapat digambarkan sebagai berikut: Penyakit dan sakit kombinasi alternatif Tak hadir Penyakit (dissease) (not present) Sakit (illness) Tak dirasa (Not perceived) Dirasakan (perceived) Area 1 ( satu) menggambarkan bahwa seseorang tidak mengandung atau menderita penyakit dan juga tidak merasa sakit (no disease and no illness). Sedangkan sakit (illness) adalah penilaian seseorang terhadap penyakit sehubungan dengan pengalaman yang langsung dialaminya. Atau sebaliknya. tetapi dari pemeriksaan klinis tiak diperoleh bukti ia sakit. (Present) Hadir 1 3 2 4 . tetapi orang itu sendiri tidak merasa sakit atau mungkin tidak dirasakan sebagai sakit (disease but no illness). Oleh karena itu mereka tetap menjalankan kegiatannya sehari-hari sebagaimana orang sehat. Dari batasan kedua pengertian atau istilah yang berbeda tersebut.Penyakit (disease) adalah suatu bentuk reaksi biologis terhadap suatu organisme. seseorang merasa sakit bila merasakan sesuatu di dalam tubuhnya. tampak adanya perbedaan konsep sehat-sakit yang kemudian akan menimbulkan permasalahan konsep sehat-sakit di dalam masyarakat. Secara objektif seseorang terkena penyakit. Hal ini adalah suatu fenomena yang objektif yang ditandai oleh perubahanperubahan fungsi tubuh sebagai organisme biologis. dia tidak meras sakit.

Area 3 (tiga) menggambarkan penyakit yang tidak hadir pada seseorang. Area 4 (empat) ini menggambarkan adanya suatu penyajian yang sama. Hal ini mungkin karena gangguan-gangguan psikis saja. Hal inilah sebenarnya yang dapat dikatakan benar-benar sakit . tetapi orang tersebut meras sakit atau tidak enak badan (illness but no disease). Orang merasa sakit padahal setelah pemeriksaan baik secara klinis maupun laboratoris tidak diperoleh bukti bahwa ia menderita sutau penyakit. Pada kenyataannya kondisi ini hanya sedikit di dalam masyarakat. Seseorang memang menderita sakit dan juga ia rasakan sebagai rasa sakit (illness with disease).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->