1. Perangkat Keras Komputer (Hardware Computer) a.

Motherboard/mainboard Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. - Bagian – Bagian Motherboard :  Konektor Power Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, di mana dua kabel dari power supply akan menancap di situ. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh, sehingga Anda tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX.  Socket atau Slot Prosesor Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau popular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel, AMD, atau Cyrix. Biasanya digunakan untuk prosesor model lama (sampai dengan generasi 233 MHz). Ada lagi socket yang dinamakan Socket 370. Socket ini mirip dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya dengan istilah Socket A, di mana jumlah pinnya juga berbeda dengan socket 370. Istilah A digunakan AMD untuk menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesor Intel Pentium II dan III, slot yang digunakan disebut dengan Slot 1, sementara motherboard yang menunjang prosesor AMD menggunakan Slot A untuk jenis slot yang seperti itu.

Memang ada juga socket terbaru untuk RambusDRAM tetapi sampai kini belum banyak pengguna yang memakainya. AGP 4X slot Slot port penyelerasi gambar ini mensupport Kartu Grafis mode 3. Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua. karena galur di motherboard sudah disesuaikan dengan socket memori tipe DIMM. Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master. Anda tidak mungkin memasangnya terbalik. singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi.0 termasuk write protocol dengan kecepatan 4X. Juga ada dua tipe socket memori yang kini beredar di masyarakat komputer. Socket yang kedua memiliki 168 pin modul. satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. . yang mensupport intel Hypertheading Tecnology. interface system memory yang beropersi pada 266MHz. Bagaimana menyambungkan pin dengan kabel? Mudah sekali.5V yang mendukung spesifikasi AGP 2.3V/1. sisi kabel berstrip merah ditancapkan pada pin bernomor 1 di konektornya. Socket lama yang masih cukup populer adalah SIMM. Bus AGP. Socket ini terdiri dari 72 pin modul. piranti yang terpasang tidak akan dikenali oleh komputer. Hal yang sama berlaku untuk menyambungkan kabel floppy dengan pin di motherboard. yang dirancang satu arah. dan interface AGP 1. Pita kabel IDE memiliki tanda strip merah pada salah satu sisinya.    North bridge controller VIA VT8751A yang memberikan interface prsessor dengan frekuensi 533/400MHz. Konektor Floppy dan IDE Konektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpan computer seperti floppy disk atau harddisk. Strip merah tersebut menandai. Socket Memori Socket memory berfungsi untuk menempatkan RAM pada Motherboard.5V AGP 4X untuk aplikasi grafis 3D. Bila menancap terbalik. konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan pirantipiranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave. menggantikan bus ISA. bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. Sementara.

Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan . Selain itu. Standby Power LED Lampu ini menyala jika terdapat standby power di motherboard.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Eth. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot. AGP bersifat independen dari PCI.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x). Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI. hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja. secara fisik. AGP versi 2. USB. dan menggunakan pensinyalan 3. prosesor independent bus itu dapat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal[1]. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin. Meskipun demikian.2. pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x). LAN. Keyboard & Mouse. karena beberapa alasan teknis. logis dan secara elektronik. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x).0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000.3 Volt. tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. PCI Bus. interface LCP super I/O.    South bridge controller Southbridge adalah sebuah chip yang mengatur fungsi kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller. sampai 6 port USB 2.0. serta tegangan yang lebih rendah. interface AC’97 dan PCI 2. dalam sebuah sistem. Modem dan fungsi I/O lainnya. 1. Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235 yang mensupport berbagai I/O fungsi termasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller.Spesifikasi AGP pertama kali (1.5 Volt. ROM Bios. Spesifikasi AGP 1. 32bit. PCI slots Peripheral Component Interconnect adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3.

 Microphone jack Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. sampai dengan menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port paralel. sehingga Anda tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan. Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse.PS/2 Mouse Port Konektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse. scanner. Pada mode 6-channel funsi jack ini rear speaker out belakang. Ada juga piranti lain yang bisa dicolokkan ke port serial.   beberapa perusahaan lainnya. Jack  Line in jack Jack line in (biru muda) menghuungkan ke tape player atau sumber audio lainnya. funsi jack ini menjadai bass/tengah. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. di motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel. Dalam motherboard tipe ATX. port serial dan paralel tidak menyatu dalam satu motherboard tetapi disambungkan melalui kabel. mulai dari menyambungkan komputer dengan printer. ponsel dan PDA. funsi jack ini menjadi speaker out depan. Pada mode 6-channel.  Line out jack jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. (bahasa Inggris: Universal Serial Bus) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung. port paralel dan serial sudah terintegrasi dalam motherboard. biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan. USB 2. Port Paralel dan Serial Pada tipe AT. . Jadi.0 port Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2. Pada mode 6channel.0. Fungsi port paralel bermacammacam. pada tahun 1992.

0.  Sistem USB mempunyai desain yang asimetris. dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasangdan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Contoh: Ketika mematikan computer pada jam 07. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital.00. . # Full speed data dengan frekuensi clock 12. Konektor serial atau tipe AT berbentuk bulat.000ppm. Versi terbaru (hingga Januari 2005) USB adalah versi 2. konektor PS/2 memiliki lubang pin 6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya dibanding model AT. printer. Sementara. Perbedaan paling mencolok antara versi baru dan lama adalah kecepatan transfer yang jauh meningkat. lebih besar dari yang model PS/2 punya. Satu adalah konektor serial. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm.5% atau 15. hard disk.500ppm. maka waktu dalam komputer tersebut menunjukkan jam 12. pemindai gambar. Konektor keyboard dan mouse Ada dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard dengan keyboard. Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI. sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2. # Low speed data dengan frekuensi clock 1. keyboard.00Mb/s # High speed data dengan frekuensi clock 480. Ketika USB dipasang. dan komponen networking. kamera digital.00 dan menghidupkannya kembali lima jam kemudian. yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentukpohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.800. antara lain: # Super speed data dengan frekuensi clock 4. USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse. ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.00 tidak masih jam 07. dengan lubang pin sebanyak 5 buah. ketika ia tidak/belum mendapatkan daya dari power supply juga memiliki fungsi untuk mengingatkan waktu. Baterai CMOS Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2.

(Video Graphics Adapter) adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia. atau 32 bit. kartu VGA atau kartu grafis. dsb.VGA Card sering juga disebut Card display. Matrox. 16. Selain itu. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. dan sebagainya. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru. Penggunaan VRAM pada kartu VGA ditujukan untuk komputer kelas atas. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia.B. VRAM biasa dipasang pada VGA yang . Penggunaan DRAM ditujukan untuk komputer tingkat entry level. Tseng. tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA. Number Nine (#9). VGA. EDO RAM berkecepatan 60 ns sampai 35 ns. apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis. STB. VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. ATi Mach 64. yang tidak memerlukan kecepatan tinggi dan warna yang banyak. DRAM digunakan pada banyak kartu grafik 8. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video. ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang menggunakan DRAM berlapis. VRAM (Video RAM) berkecepatan 20 atau 10 ns. EDO RAM banyak ditemui pada kartu grafik 64 bit. VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. VRAM lebih mahal dibandingkan DRAM karena VRAM lebih cepat dari DRAM. OTi. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. S3. Kartu VGA menggunakan beberapa macam memori seperti: DRAM (Dynamic RAM) berkecepatan 80 ns atau 70 ns. Cirrus Logic. Diamond Stealth 2000 3D. Trident. 3D Labs. SiS. ATi. EDO RAM yang umum dipakai mempunyai speed 60 MHz 60/40ns. Contoh kartu VGA yang menggunakan memori EDO adalah WinFast S280/S600 3D. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. 3DFX. Chipset/prosesor pada kartu VGA. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM. Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.

Ciri-ciri vga ini adalah bentuk pin-nya yang vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah. Diamond Stealth 64. Software/game yang mendukung fasilitas ini mulai berkembang. Dengan pembagian kerja ini maka prosesor dapat lebih banyak melakukan kerja pemrosesan yang lain.5 volt. 3D accelerator berfungsi untuk mengolah/menterjemahkan data/gambar 3D secara lebih sempurna. Diamond Stealth 3000 3D. yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3. Diamond Stealth II S220. ciri-cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan. berikut adalah gambar vga agp dan slot-slot agp-nya: . karena fungsi tersebut sudah disediakan oleh akselerator 3D. RAMBUS penggunaan RAMBUS pada VGA card komputer masih sedikit (RAMBUS adalah memori yang digunakan pada mesin-mesin game Nintendo. Akselerator 3D yang keberadaannya tidak memerlukan IRQ lagi mampu melakukan manipulasimanipulasi grafik 3D yang kompleks. sejauh ini hanya kartu grafik produksi Creative Labs (MA-302.5 volt. vga card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga. Selain kartu VGA.3 dan 1. sekarang ada pheriperal komputer pendukung yang dinamakan 3D accelerator.dikonsentrasikan untuk desain grafis. fungsi 3D accelerator akan optimal jika Software/game yang dijalankan memanfaatkan fungsifungsi khusus pada 3D accelerator tersebut. MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme) yang menggunakannya. awal dibuatnya vga agp. Sebagai catatan penting bahwa. ATI Rage II 3D Pro. SGRAM (Synchronous Graphic RAM) berkecepatan kurang dari 10 ns. karena peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory. Contoh kartu VGA yang menggunakan VRAM adalah Diamond Fire GL. Contohnya pada game-game 3D bisa ditampilkan citra yang jauh lebih realistis. Graphic Accelerator Chipset-chipset masa kini sudah memasukkan kemampuan akselerasi 3D built in pada kartu VGA. karena keterbatasan fitur. vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan. vga agp terakhir yang muncul adalah jenis pro dan pro universal dengan kemampuan 3. cpu ke peralatan display. SGRAM pada kartu VGA juga berdasarkan pada teknologi SDRAM pada memori utama komputer. sehingga dibuatkan slot agp untuk memasang vga kenis agp. kini dikerjakan oleh prosesor grafik 3D pada 3D accelerator tersebut. yang sudah terkenal adalah dukungan terhadap 3D accelerator yang memiliki chipset VooDoo 3D FX. dan Permedia 3D Labs. sedangkan 4x dan 8x 1. Sebab banyak fungsi pengolahan grafik 3D yang dulunya dilakukan oleh prosesor pada motherboard. Matrox Mystique 3D. dsb. VGA PCI VGA PCI. Meskipun begitu Chipset 3D pada kartu VGA juga mendukung „beberapa‟ fasilitas akselerasi 3D pada 3D accelerator. SGRAM banyak digunakan pada kartu grafik kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D accelerator. Chipset 3D pada kartu VGA tidak sebaik jika menggunakan 3D accelerator sebagai pendukungnya (3D accelerator dipasang secara terpisah bersama dengan kartu VGA). Sega. Selain itu programmer tidak perlu membuat fungsi grafik 3D. ASUS 3D Explorer. Contoh dari kartu VGA yang menggunakan SGRAM adalah Matrox MGA Millenium. dsb. dan jenis pin-nya lurus secara vertikal. Rendition Verite. vga agp diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan.3 v. lebih jelasnya lihat gambar berikut: VGA AGP VGA Jenis AGP. Diamond Viper.

VGA PCI Express VGA PCI Express. Hard Disk (Cakram Keras) harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. RAM (Random Access Memory) RAM adalah sebuah perangkat keras komputer yang bertugas untuk menyimpan data. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM. RAM terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :  DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang. dengan nama PCI Express. RAM bersifat sementara artinya data yang tersimpan dapat terhapus. Cakram keras zaman .6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1. dan 1x untuk keperluan memasang peralatan-peralatan tambahan. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM. dirancang untuk memasang peralatan-peralatan mutakhir. SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. PCI Express 16 x digunakan khusus untuk memasang vga jenis PCI Express. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0. ROM mempunyai tugas yang sama dengan RAM akan tetapi ROM bersifat permanent dalam artian data yang tersimpan tidak bisa kita hapus. Reynold Johnson pada tahun 1956. EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory ini umunya digunakan pada system yang menggunakan Pentium.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4.4 MB. Lain halnya dengan ROM.     D. RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x. SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM. Ciri fisik vga jenis pci express adalah dengan melihat bentuknya yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa C. perkembangan slot pci selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa.

Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire. 8. perangkat papan ketik tetap yang paling fleksibel dan paling sering digunakan untuk langsung (manusia) masuk ke komputer. Jika dibuka.5 inci. Dalam sebuah komputer modern. perangkat pena. Dalam penggunaan normal. Meskipun pengembangan perangkat input alternatif seperti tetikus. Dalam komputasi. Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. juga terdapat angka 3. penafsiran umumnya tombol kiri untuk perangkat lunak. E. untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik. teks atau program lain. Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat masukka dan keluaran. papan ketik digunakan untuk memasukkan teks dan angka ke dalam pengolah kata editor. 3. 5. Sebuah papan ketik komputer membedakan setiap tombol fisik dari .6 cm dengan kapasitas 750 GB. Sementara tombol papan ketik yang menghasilkan huruf.sekarang sudah ada yang hanya selebar 0. untuk menghasilkan beberapa simbol harus menekan dan menahan beberapa tombol secara bersamaan atau secara berurutan. angka atau tanda-tanda (karakter). cakram keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah. Penciptaan papan ketik komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Namun. serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3. terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Papan ketik biasanya memiliki karakter yang diukir atau dicetak di masing-masing tombol dan tekan tombol biasanya simbol tertulis tunggal. Papan ketik komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). pengenalan karakter dan pengenalan suara. Papan Ketik (Keyboard) Papan Ketik (Keyboard) merupakan sebuah papan yang terdiri dari tomboltombol seperti huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat. layar sentuh. Dalam sebuah cakram keras. Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan. tombol lain atau menekan tombol secara bersamaan dapat menghasilkan tindakan atau perintah pada komputer. 4. papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci. 3 dan lainlain. biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Ini satu-satunya cara untuk memasukkan perintah pada antarmuka baris perintah. bahkan ada yang bisa mencapai 4. F. Pada tahun 1970.indonesia : Tetikus )adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan tombol. komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol. yang dapat mempercepat kombinasi tombol yang sering digunakan. teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2. karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. misalnya motherboard. . dll. Mouse Mouse (B. yang menyediakan jendela tugas menutup komputer. Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol. kipas. seperti Ctrl-Alt-Delete di Windows. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.setiap lainnya dan melaporkan semua penekanan tombol untuk mengontrol perangkat lunak. baik yang berbasis radio. tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video. hardisk. Power Supply Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan. sinar inframerah. maupun bluetooth. Walaupun demikian. masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Papan ketik juga digunakan untuk permainan komputer.000 titik per inci (dpi). G. Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer.800 titik per inci. baik dengan papan ketik biasa atau papan ketik khusus yang menggunakan fitur game. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi. Sebuah papan ketik juga digunakan untuk memberikan perintah ke sistem operasi komputer. Selain itu. ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel. Saat ini. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus[1]. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah).

sudah tidak ada komputer yang menggunakan Power supply jenis AT. kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Jika tes telah sukses. tombol ON/OFF dihubungkan langsung pada tombol casing. power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard. H. CD-ROM.Cara Kerja Power Supply yaitu ketika kita menekan tombol power pada casing Power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Processor Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Pada power supply jenis AT ini. jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard. Power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium II. Power Supply jenis ATX Power Supply ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Kipas) Konektor 4/8 pin 12V (untuk motherboard server) Konektor 6-pin PCIe (untuk kartu grafis jenis PCIe) Konektor floppy (untuk floppydisk drive) Konektor SATA (untuk hardisk / optical drive berjenis sata) Jenis Power Supply: Power Supply jenis AT Power supply yang memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9). yang disebut power good. Untuk menghidupkan dan mematikan komuter. Jenis konektor kabel Power Supply : Konektor 20/24 pin ATX Motherboard Konektor 4 pin peripheral power (untuk periferal seperti Hardisk. Kabel yang berwarna hitam dari konektor P8 dan P9 harus bertemu di tengah jika disatukan. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya. Salah . Pada era pentium III keatas atau hingga sekarang.

sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Sound Card Offboard. pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis. dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer. Rata-rata. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu : I.satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. dan Intel. namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio. 24 bit. IDT. Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit. Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal. Dilihat dari cara pemasangannya.data digital suara yang berupa waveform . Namun sekarang. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP.wav atau mp3 dikirim ke sound card. Cyrix VIA. Aritcmatics Logical Unit (ALU) Control Unit (CU) Memory Unit (MU) Sound Card Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Ketika anda merekam suara lewat microphone. Sinyal digital ini . Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). IBM. yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker. 16 bit. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo). seperti USB atau FireWire - Untuk memainkan musik MIDI. 32 bit. Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Pada awalnya. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD. Apple. yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. sekarang sudah menggunakan PCI Soundcard External. bahkan sampai sekarang sudah 64 bit. sound card dibagi 3: Sound Card Onboard. Cara Kerjanya yaitu ketika anda mendengarkan suara dari sound card.

J.simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3. jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet. namun kuat. Kabel ini tipis dan lentur. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. dll. Pencetak biasanya terbagi atas beberapa bagian. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Perbedaan tinta bubuk dan tinta ialah perbedaan sistem. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam. yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray). baik berupa teks maupun gambar/grafik. K. mencetak di atas kertas. hanya pembersihan pada hulu pencetak (print-head) tersebut. kain. jenis Daisy Wheel. Pada bagian belakang pencetak biasanya ada colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer. ebonit. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Ada pula kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk. Tinta atau tinta bubuk (toner) adalah alat pencetak sesungguhnya. sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat). Baki ialah tempat menaruh kertas. Pencetak mempunyai enam jenis yaitu jenis Dot-Matrix. film putih. di atas kertas. Monitor Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device. kaca. karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik. jenis Drum dan jenis Laser. Printer Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan. Pencetak modem merupakan alat canggih. mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung. sedangkan tinta atau sembur tinta tak butuh pemanasan. dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. tinta bubuk atau laser butuh pemanasan. karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas. . jenis Chain.

pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya. suhu dan lain-lain. Scanner scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda. seperti dokumen. Seperti halnya pada pemindai OMR. yaitu: . dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR). Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas. pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai LJK. pemindai gambar terdiri atas 2 jenis. foto. Agar hal tersebut dapat tercapai. Dalam setiap sistem penghasil suara (loud speaker). Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. M.L. pengeras suara merupakan juga menentukan kualitas suara disamping juga peralatan pengolah suara sebelumnya yang masih berbentuk listrik dalam rangkaian penguat amplifier. antara lain: pemindai gambar pemindai barcode pemindai sinar-X pemindai cek pemindai logam pemindai Optical Mark Reader (OMR) pemindai 3 Dimensi Di antara jenis-jenis pemindai tersebut. gelombang. Speaker speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.

Android. dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.docx . Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah: kecepatannya tinggi. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer. Dengan kata lain. Software (Perangkat Lunak) Software adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital. dan lain-lain. Aplikasi ini menyimpan filenya yang berekstensi . kertas diletakkan pada baki/tray. Tanpa sistem operasi. termasuk program komputer. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. SCO UNIX. misalnya DOS (1983).000 lembar per jam dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan dengan imprinter. sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai. Linux. Beberapa Contoh perangkat lunak berdasarkan kategori diantaranya: a. Perangkat Lunak Perkantoran adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya. Apple Macintosh (1984). bagian sistem komputer yang tidak berwujud. dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer. versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi. lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Unix. dapat mencapai > 10. pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka. Automatic Document Feeder (ADF) Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF). kecuali program aplikasi booting.doc . Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. kertas diletakkan di atas kaca pemindai. b. Macinthos. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dariperangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Contoh software : Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. OS/2. . Java.- Flatbed Pada pemindai gambar Flatbed. pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen 2. dan Microsoft Windows (1989). Contoh sistem operasi yaitu : Windows. dokumentasinya. Android.

Excel.pptx .accdb - - . yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.xls . xlt . . siswa. saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak. sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. . dan Microsoft PowerPoint.ppt . Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007). Aplikasi ini menyimpan file yang berekstensi . Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka. selain Microsoft Word. Microsoft Excel. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek. apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis. Microsoft SQL Server. semenjak versi 5. menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. . . selain tentunya Microsoft Word. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. Access dan beberapa program lainnya.0 diterbitkan pada tahun 1993.pot . .xml . tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif. Microsoft Office. Oracle Database. .pps Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. xlam. xltm . atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks. para pendidik. meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini menyimpan file dalam bentuk ekstensi . Aplikasi ini menyimpan file yang berekstensi .xlsx . Aplikasi ini sangat banyak digunakan.- Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. . Microsoft Jet Database Engine.xla . Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. . PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine. dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007. Bahkan.xlsb . dan trainer.xlsm .

Kadang jika para pemrogram memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk perangkat gratis. Iobit malware fighter. ketersedian.dbx "Microsoft Publisher" adalah paket aplikasi Perkantoran Microsoft yang sangat berguna untuk Desktop Publisihing. Auslogics Boost speed. kalender. Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis "untuk disumbangkan kepada komunitas". Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e. mereka akan memberikan kode sumbernya kepada pemrogram lain atau mengedarkan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas. tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Contoh : smadav. Device driver. atau . catatan. umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan. dan bagian dari Microsoft Office suite. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server. openoffice dan lain-lain Device Driver Device driver) adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Microsoft Publisher awalnya dirilis untuk Microsoft Office 2003 lalu selanjutnya untuk Microsoft Office 2007 dan yang terbaru Microsoft Office 2010 untuk edisi Professional. Sebagian besar perangkat keras. namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. dll Perangkat gratis Perangkat Gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. Shareware Shareware mengacu kepada perangkat lunak berpemilik yang disediakan untuk pengguna tanpa membayar secara uji coba dan sering di batasi oleh koombinasi dari fungsi.- Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft. program ini juga memiliki fungsi kalender. membuat Surat Kabar. Aplikasi ini menyimpan file dalam bentuk ekstensi . Aplikasi ini menyimpan file dalam bentuk ekstensi . Alasan di balik perangkat lunak kongsi adalah memeberikan pembeli kesempatan untuk mencoba menggunakan program sebelum membeli lisensi untuk versi lengkap dari perangkat lunak kongsi tersebut. Outlook dapat menyediakan akses kotak surat. atau kenyamanan. Contoh : Winrar. Perangkat lunak kongsi sering ditawarkan sebagai unduhan dari sebuah situs web atau sebagai cakram padat disertai dengan sebuah bacaan seperti koran atau majalah. dan jadwal bersama. Kartu Ucapan dan sebagainya.pub - c. jadwal kerja. dan jurnal. paket office libreoffice. berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).

System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan driver ke dalam sistem operasi. Driver juga pada umumnya menyediakan layanan penanganan interupsi perangkat keras yang dibutuhkan oleh perangkat keras. perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yang berniat jahat dan tidak diinginkan. termasuk California dan West Virginia 3. peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. perangkat iklan (adware) yang takjujur. Contoh : Driver Graphics card nVidia. perangkat pengintai (spyware). tapi banyak perangkat keras. pemahaman tersebut akan membantu .secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play). khususnya yang baru. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Brainware Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. teknis. cacing komputer. kuda Troya (Trojan horse). Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. hal ini tertera dalam kode undang-undang di beberapa negara bagian Amerika Serikat. brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan : System Analyst System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian. Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis. Webcam. Beberapa sistem operasi juga menawarkan device driver yang berjalan di dalam ruangan pengguna (userspace) sistem operasi. Menurut undang-undang. Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perangkat perusak mencakup virus komputer. dll Perangkat perusak (bahasa Inggris: malware. berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer. kebanyakan kit-akar (rootkit). perangkat perusak kadang-kadang dikenali sebagai „pencemar komputer‟. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. tidak dapat didukung oleh driver-driver bawaan sistem operasi. pengkoordinasian. dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. manajerial. termasuk virus murni (true virus). Beberapa driver telah dimasukkan ke dalam sistem operasi secara default pada saat instalasi. perencanaan.[1] Istilah 'virus computer' kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak.

dll. administrator dan profesi sistem lainnya.dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. dan perubahan. Administrator Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. Java. Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek. Operator Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu. Anggota Kelompok TIK : Nur indah fanny gia Putri Dia‟ah fajriah Senno hananto Tri eka hari devianti Vivi fatimah oktaviani . Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer. risiko. Programmer Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C. sumber daya. Pascal. Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. sistem operasi. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang. serta perangkat keras yang digunakan. Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman.