P. 1
Tugas Site Engineer

Tugas Site Engineer

|Views: 4,072|Likes:

More info:

Published by: Rahmat Fauzi Rangkuti on Oct 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2015

pdf

text

original

SITE ENGINEER Tugas dan tanggung jawab Site Engineer akan mencakup, tapi tidak terbatas hal-ha l sebagai

berikut : Menjamin bahwa semua isi dari kerangka acuan pekerjaan ini akan dipenuhi den gan baik yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan major serta pemeliharaan ja lan. Membantu Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dalam penyelesaian administrasi k emajuan proyek. Bantuan ini termasuk mengumpulkan data proyek seperti kemajauan pekerjaan, kunjungan pekerjaan, kunjungan lapangan, rapat-rapat koordinasi dilap angan, data pengukuran kuantitas, pembayaran kepada kontraktor. Semuanya dikumpu lkan dalam dalam bentuk laporan kemajuan bulanan dan memberikan saran-saran untu k mempercepat pekerjaan serta memberikan penyelesaian terhadap kesulitan yang ti mbul baik secara teknis maupun kontraktual untuk menghindari keterlambatan peker jaan. Bekerjasama dengan pihak pemberi tugas sehubungan dengan pekerjaan tersebut pada point 2). Menjamin semua pelaksanaan detail teknis untuk pekerjaan major tidak akan te rlambat selama masa mobilisasiuntuk masing-masing paket kontrak dalam menentukan lokasi, tingkat serta jumlah dari jenis-jenis pekerjaan yang secara khusus dise butkan dalam dokumen kontrak. Membantu dan memberikan petunjuk kepada tim di lapangan, dalam melaksanakan pekerjaan pengawasan teknis segera setelah kontrak fisik ditandatangani. Membantu dan memberikan petunjuk kepada tim di lapangan dalam melaksanakan p ekerjaan, untuk menyiapkan rekomendasi secara terinci atas usulan desain, termas uk data pendukung yang diperlukan. Membantu dan memberikan petunjuk kepada tim di lapangan dalam mengendalikan kegiatan-kegiatan kontraktor, termasuk pengendalian pemenuhan waktu pelaksanaan pekerjaan. Membantu dan memberikan petunjuk kepada tim di lapangan dalam mencari pemeca han-pemecahan atas permasalahan yang timbul baik sehubungan dengan teknis maupun permasalahan kontrak. Mengendalikan semua personil yang terlibat dalam pekerjaan penyelidikan baha n/material baik di lapangan maupun laboratorium serta menyusun rencana kerjanya. Memeriksa hasil laporan pengujian serta analisanya. Bertanggung jawab atas pengujian dan penyelidikan material/bahan di lapangan . Membantu Chief Supervision Engineer dalam melaksanakan tugas. Mengikuti petunjuk petunjuk dan persyaratan yang telah ditentukan terutama seh ubungan dengan : Inspeksi secara teratur ke paket-paket pekerjaan untuk melakukan monitoring kondisi pekerjaan dan melakukan perbaikan-perbaikan agar pekerjaan dapat direali sasikan sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan. Pemahaman terhadap spesifikasi. Metode pelaksanaan untuk setiap jenis pekerj aan yang disesuaikan dengan kondisi dilapangan.

Metode pengukuran volume pekerjaan yang benar sesuai dengan pasal-pasal dala m Dokumen Kontrak tentang cara pengukuran dan pembayaran. Rincian teknis sehubungan dengan Change Order yang diperlukan. Membuat pernyataan penerimaan (Acceptance) atau penolakan (Rejection) atas m aterial dan produk pekerjaan. Melakukan pemantauan dengan ketat atas prestasi kontraktor segera melaporkan kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan apabila kemajuan pekerjaan ternyata me ngalami keterlambatan lebih dari 15% dari rencana, serta membuat saran-saran pen anggulangan dan perbaikan. Melakukan pengecekan secara cermat semua pengukuran pekerjaan dan secara khu sus harus ikut serta dalam proses pengukuran akhir pekerjaan. Menyusun laporan bulanan tentang progress fisik dan keuangan serta menyerahk an kepada Pejabat pelaksana teknis kegiatan. Menyusun Justifikasi teknis, termasuk gambar dan perhitungan, sehubungan den gan usulan perubahan kontrak. Mengecek dan menandatangani dokumen pembayaran bulanan (Monthly Certificate) . Mengecek dan menandatangani dokumen-dokumen tentang pengendalian mutu dan vo lume pekerjaan. Memeriksa gambar kerja (shop drawing) yang diajukan oleh kontraktor dan dise tujui oleh Direksi Teknik. Memeriksa gambar hasil terlaksana (as built drawing) yang diajukan oleh kont raktor dan disetujui oleh Direksi Teknik. Gambar tersebutharus dibuat secara ber tahap setiap pekerjaan selesai dikerjakan.

QUALITY ENGINEER (QE) Tanggung jawab utama Quality Engineer adalah pengendalian terhadap mutu bahan da n pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor berdasarkan ketentuan dan persyara tan yang telah ditentukan dalam Dokumen Kontrak Quality Engineer harus memahami benar metode test laboratorium dan lapangan yang disyaratkan dalam Dokumen Kontrak. Tugas dan tanggung jawab Quality Engineer ak an mencakup, tetapi tidak terbatas, hal-hal sebagai berikut : Mengikuti petunjuk teknis dan instruksi dari Site Engineer, serta berupa aga r Site Engineer dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan selalu mendapat informasi yang diperlukan sehubungan dengan pengendalian mutu. Melakukan pengawasan dan pemantauan ketat atas pengaturan personil dan peral atan laboratorium kontraktor agar pelaksanaan pekerjaan selalu didukung tersedia nya tenaga dan peralatan pengendalian mutu sesuai dengan dalam Dokumen Kontrak. Melakukan pengawasan dan pemantauan atas pengaturan dan pengadaan Stone Crus her dan Aspalt Mixing Plant atau peralatan lain yang diperlukan.

Melakukan pengawasan setiap hari semua kegiatan pemeriksaan mutu bahan dan p ekerjaan, serta segera memberikan laporan kepada Site Engineer setiap permasalah an yang timbul sehubungan dengan pengendalian mutu bahan dan pekerjaan. Melakukan analisa semua hasil test, termasuk usulan komposisi campuran (Job Mix Formula), baik untuk pekerjaan aspal, soil cement, agregat dan beton, serta memberikan rekomendasi dan justifikasi teknis atas persetujuan dan penolakan usu lan tersebut. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan coring perkerasan jalan yang dilakukan oleh kontraktor sehingga baik jumlah serta lokasi coring dilaksanakan sesuai de ngan ketentuan dan persyaratan. Menyerahkan kepada Site Engineer himpunan data bulanan pengendalian mutu pal ing lambat tanggal 14 bulan berikutnya. Himpunan data harus mencakup semua data test laboratorium dan lapangan secara jelas dan terperinci. Memberi petunjuk kepada staf kontraktor, agar semua teknisi laboratorium dan staf pengendali mutu mengenal dan memahami semua prosedur dan data cara pelaksa naan test sesuai dengan yang tercantum dalam spesifikasi.

CHIEF INSPECTOR (CI) Tanggung jawab utama Chief Inspector adalah pengendalian terhadap kuantitas baha n dan pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor berdasarkan ketentuan dan pers yaratan yang telah ditentukan dalam Dokumen Kontrak. Tugas dan tanggung jawab Chief Inspector akan mencakup, tetapi tidak terbatas, h al-hal sebagai berikut : Mengikuti petunjuk teknis dan instruksi dari Site Engineer, serta berupa aga r Site Engineer dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan selalu mendapat informasiy ang diperlukan sehubungan dengan pengawasan sesuai dengan desain yang ditentukan . Setiap saat mengikuti petunjuk teknis dan spesifikasi yang tercantum dalam D okumen Kontrak. Menyiapkan data rinci serta rekomendasi teknis sehubungan dengan variasi vol ume kontrak. Mengecek dan mengukur volume bahan dan pekerjaan yang dihasilkan kontraktor, untuk dipakai sebagai dasar pembuatan sertifikat pembayaran bulanan (Monthly Ce rtificate). Melaporkan kepada Site Engineer dan atau Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan a pabila ternyata pelaksanaan pekerjaan akan mengakibatkan terlampauinya volume pe kerjaan yang tercantum dalam Dokumen Kontrak. Membuat catatan yang lengkap tentang pembayaran kepada kontraktor, sehingga tidak terjadi pembayaran berganda atau pembayaran lebih. Memahami dan menguasai pasal-pasal dalam Kontrak sehingga tata cara pengukur an dan pembayaran pekerjaan kepada kontraktor benar-benar didasarkan kepada kete ntuan yang tercantum dalam Dokumen Kontrak.

Membuat dan menghimpun semua data yang berhubungan dengan pengendalian peker jaan serta memantau kemajuan pekerjaan di lapangan. Mengecek semua As Built Drawing yang dibuat oleh kontraktor. Melaksanakan pengarsipan surat-surat, laporan harian, laporan bulanan, jadwa l kemajuan pekerjaan dan lain-lain. Membantu Site Engineer dalam menyiapkan data untuk Final Payment.

INSPECTOR Tugas dan kewajiban Inspector adalah mencakup, tapi tidak terbatas hal-hal sebag ai berikut : Membantu Chief Inspector mengawasi pelaksanaan pekerjaan dari aspek prosedur dan kuantitas pekerjaan berdasarkan dokumen kontrak. Bertanggung jawab pada Chief Inspector untuk mengawasi kuantitas pekerjaan y ang dilaksanakan kontraktor. Memeriksa gambar kerja kontraktor berdasarkan gambar rencana serta memeriksa dan memberi ijin pelaksanaan pekerjaan kontraktor. Mengawasi dan memberi pengarahan dan pelaksanaan pekerjaan agar sesuai denga n prosedur berdasarkan spesifikasi teknis. Menerima dan menolak hasil pekerjaan kontraktor berdasarkan spesifikasi tekn is. Membuat laporan harian mengenai aktivitas kontraktor untuk kemajuan pekerjaa n, terdiri dari cuaca, material yang dating (masuk), perubahan dan bentuk dan uk uran pekerjaan, peralatan di lapangan, kuantitas dari pekerjaan yang telah disel esaikan, pengukuran di lapangan dan kejadian-kejadian khusus. Memeriksa gambar terlaksana (As Built Drawing). Membuat catatan lengkap tentang peralatan, tenaga kerja dan material yang di gunakan dalam setiap pekerjaan yang merupakan atau mungkin akan menjadi pekerjaa n tambah (extra).

SURVEYOR Tugas dan kewajiban Surveyor adalah mencakup, tapi tidak terbatas hal-hal sebaga i berikut : Membantu Geodetic Engineer dalam kegiatan survey / pengukuran diantaranya pe ngukuran topografi lapangan dan melakukan penyusunan dan penggambaran data-data lapangan. Mengawasi survei lapangan yang dilakukan kontraktor untuk memastikan penguku

ran dilaksanakan dengan akurat telah mewakili kuantitas untuk pembayaran sertifi kat bulanan untuk pembayaran terakhir. Mengawasi survei lapangan yang dilakukan kontraktor untuk memastikan penguku ran dilaksanakan dengan prosedur yang benar dan menjamin data yang diperoleh aku rat sesuai dengan kondisi lapangan untuk keperluan peninjauan desain atau detail desain. Mengawasi pelaksanaan staking out, penetapan elevasi sesuai dengan gambar re ncana.

MATERIAL TECHNICIAN Tugas dan kewajiban Material Technician adalah mencakup, tapi tidak terbatas hal -hal sebagai berikut : Melakukan pengawasan dan pemantauan ketat atas pengaturan personil dan peral atan laboratorium kontraktor, agar pelaksanaan pekerjaan selalu didukung tersedi anya tenaga dengan peralatan pengendalian mutu sesuai dengan persyaratan dalam d okumen kontrak. Melakukan pengawasan dan pemantauan atas pengaturan dan pengadaan Stone Crus her dan Asphalt Mixing Plant atau peralatan lain yang diperlukan. Melakukan pengawasan setiap hari terhadap semua kegiatan pemeriksaan mutu ba han dan pekerjaan, serta segera melaporkannya kepada Quality Engineer setiap per masalahan yang timbul sehubungan dengan pengendalian mutu. Melakukan analisis semua pengujian mutu, termasuk usulan komposisi campuran (Job Mix Formula) baik untuk pekerjaan aspal, soil cement, agregat, tanah dan be ton, serta memberikan rekomendasi dan justifikasi teknik atas persetujuan dan pe nolakan usulan tersebut. Membantu penyiapan data-data pengujian/penyelidikan bahan untuk penyusunan L aporan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->