P. 1
Asal Usul Alam Semesta

Asal Usul Alam Semesta

|Views: 423|Likes:
Published by A.a. Brata

More info:

Published by: A.a. Brata on Oct 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/28/2014

pdf

text

original

PROSES PERKEMBANGAN POLA PIKIR MANUSIA (ANTROPOSENTRIS, GEOSENTRIS, HELIOSENTRIS, GALAKTOSENTRIS, ASENTRIS

)
Ilmu Alamiah (I.A) sering disebut Ilmu pengetahuan alam (IPA) dan akhir-akhir ini ada juga menyebut Ilmu Kealaman yang dalam bahasa inggris disebut Natural Science atau disingkat Science dan dalam bahasa Indonesia sudah lazim digunakan istilah Sains. I.A merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta ,termasuk bumi ini,sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar(Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

A. Manusia yang Bersifat Unik
Manusia sebagai makhluk hidup umumnya mempunyai cirri-ciri: 1. Organ tubuhnya kompleks dan sangat khusus ,terutama otakny 2. Mengadakan metabolisme atau penyususnan dan pembongkarat zat ,yakni ada zat yang masuk dan keluar 3. Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar 4. Memiliki potensial untuk berkembang 5. Tumbuh dan berkembang 6. Berinteraksi dengan lingkungannya 7. Bergerak

Bila kita bandingkan tubuh manusia dengan tubuh hewan tingkat tinggi lainnya ,maka tubuh manusia lemah,misalnya : gajah, harimau,burung dan buaya. Namun rohani manusia yaitu akal-budi dan kemauannya sangat kuat sehingga dengan akal budi dan kemauannya itu manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akal budi dan kemauan kerasnya adalah sifat unik dari manusia . Disamping dapat belajar dan mengajar anaknya.

B. Kuriositas atau Rasa Ingin Tahu dan Akal –Budi
Telah disebutkan diatas bahwa semua makhluk hidup, termasuk manusia ,memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari lingkungan,misalnya tumbuhan yang berhijau daun memberikan reaksi terhadap sinar matahari.

1

Manusia mempunyai naluri seperti tumbuhan dan hewan,tetapi juga mempunyai akalbudi sehingga rasa ingin tahu itu tidak tetap sepanjang zaman. Manusia mempunyai rasa ingin tahu yang berkembang. Rasa ingin tahu manusia tidak pernah dapat dipuaskan. Apabila suatu masalah dapat dipecahkan ,akan timbul masalah lain yang menunggu pemecahannya.

C. Perkembangan Alam Pikiran Manusia
Pada manusia kuno, untuk memuaskan diri ,mereka mencoba membuat jawaban sendiri. Misalnya ,apakah pelangi itu ? mereka tidak dapat menjawabnya . maka ,mereka mencuba menjawab dengan mengatakan bahwa pelangi adalah selendang bidadari. Selanjutnya ,tentang mengapa gunung meletus ,mereka juga menjawab dengan mengatakan bahwa yang berkuasa marah . Dengan menggunakan logika, muncullah pengetahuan yang berkuasa pada lautan ,hutan,dan seterusnya. Pengatahuan baru yang merupakan kombinasi antara pengalamanpengalaman dan kepercayaan disebut Mitos. Cerita-cerita mitos ini disebut Legenda. Mitos dapat diterima orang pada saat itu karena keterbatasan penginderaan dan penalaran serta hasrat ingin tahu yang perlu segera dipenuhi. Puncak pemikiran mitos adalah pada zaman Babilonia,yaitu kira-kira 700-600 SM. Orang Babilonia berpendapat bahwa alam semesta itu sebagai ruang setengah bola dengan bumi yang datar sebagai lantainya dan langit dengan bintang-bintang sebagai atapnya. Pengetahuan dan ajaran bangsa Babilonia tersebut setengahnya merupakan dugaan ,imajinasi,kepercayaan atau mitos. Thales berpendapat bahwa keanekaragaman benda dialam ini merupakan gejala alam saja, sedangkan bahan dasarnya amat sederhana ,yaitu air. Kemudian ,berdasarkan kemampuan berpikir manusia yang semakin maju dan perlengkapan pengamatan yang semakin sempurna,maka mitos dengan berbagai legenda makin ditinggalkan orang dan cenderung menggunakan akal sehat atau rasio. Berikut ini tokoh-tokoh Yunani dan lainnya yang telah memberikan sumbangan perubahan berpikir pada saat ini,yaitu:

a. Anaximander , seorang pemikir kontemporer pada masa Thales . Ia berpendapat bahwa langit yang kita lihat sebenarnya hanya setengah. Langit dan segala isinya itu beredar mengelilingi bumi,dan pendapat itu dapat bertahan sampai abad pertengahan. 1. Aristoteles (384-322 SM) seorang filosof dan ahli ilmu ilmiah ,perangkum ajaran ahli-ahli lain ; orang pertama yang berusaha mengklasifikasikan hewan berdasarkan anatomi dan pembedahan langsung. 2. Ptolomeus (127-151 M) ahli astronomi Mesir-Yunani,penyusun sIstem tata surya Geosentris yang bertahan sampai abad pertengahan.
2

sebagai seorang sastrawan tidak berpikir seperti Demokritos dan Empedokles yang terlalu materialistik. Dalam kondisi lembab dan panas .penemu hokum hidrostatis dalam mekanika. Pada abad 9-11.yaitu:tanah.abad 11).udara dan api. d.hule akan berwujud sbagai api.seperti pendapat Thales. Jika merenggang menjadi api.secara bertahapiterjemahkan dalam bahasa latin dan sedikit dalam bahasa ibrani.seorang yang berpendapat bahwa unsur dasar semua benda sebenarnya adalah 4.dan diam seimbang tanpa tiang penyangga. Tanpa api. Pada waktu itulah ilmu pengetahuan dan kebudayaan arab merupakan kebudayaan internasional yang tersebar jauh ke Barat. 3. Anaximenes (560-520 SM) .suatu saat akan sampai pada bagian yang terkecil yang tidak dapat dibagi lagi.seorang tokoh besar setelah aristoteles.merupakan seorang ahli pikir pada zamannya.api. Ptolomeus (127-151 SM). Ini merupakan pendapat pertama tentang transmutasi unsur-unsur.sedangkan dalam kondisi kering dan dingin berwujud sebagai tanah. Pythagoras (500 SM). i.terutamadalam bidang ilmu kedokteran.seorang yang berpendapat tentang unsure-unsur dasar benda. Ia yang membuat intisari ajaran orang-orang sebelumnya. e. 3 .filosof.udara dan air.yaitu: tanah.berbentuk bulat.dan jika memadat menjai tanah.semua ilmu pengetahuan dan filsafat yunani diterjemahkan dan dikembangkan dalam bahasa arab.b. Terjadinya transmutasi disebabkan oleh kondisi: dingin.Cordoba(Spanyol).seorang ahli ilmu pengetahuan.air. c.seorang yang berpendapat bahwa unsur-unsur dasar pembentuk semua benda itu adalah air . Avicenna (ibn-Shina. Setelah itu. j.yaitu: ke Maroko dan Spanyol.atom tidak tampak oleh mata. Buah pikirannya yang penting tentang bumi adalah bumi sebagai pusat system tatasurya(geosentris). Herakleitos (560-470 SM) . Kedua tenaga tersebut dapat mempersatukan atau memisahkan unsur-unsur itu.lembab.yang terkenal dengan pusat perpustakaan dam Masjid Al-Hambra. f. h.panas dan kering. Aristoteles (384-322 SM). Ia memperkenalkan tentang tenaga penyekat atau daya tarik-menarik dan daya tolak-menolak. Bukunya yang berhubungan dengan unsure dasar alam menyebutkan adanya zat tunggal yang disebut Hule. g.seorang pengkoreksi pendapat Anaximenes bahwa justru apilah yang menyebabkan adanya transmutasi itu.merupakan orang yang menyempurnakan ajaran pythgoras tentang 4 unsur dasar. Arkhimedes (287-212 M) seorang ahli matematika dan ahli astronomi . Bagian yang terkecil itu disebut atomos atau atom dank arena kecilnya. Empedokles (480-430 SM).benda-benda akan tetap seperti adanya.seorang yang mempunyai titik tolak berpikir yang berbeda dengan orang-orang sebelumnya. Demokritos (460-370 SM) . Plato (427-345 SM). Bila suatu benda dibagi terus-menerus .

Artinya.bermetode. F. Lahirnya Ilmu Alamiah Sebagaimana telah diterangkan dimuka bahwa manusia sebagai makhluk hidup melalui pancraindranya memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan. yakni mencapai kebenaran yang sesuai dengan objeknya.yaitu:teratur. Dorongan praktis. Sekali lagi. dan kebenaran itu bersifat relative.berobjek.termasuk gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa alam merupakan suatu pengalaman. Secara umum.anthropos=manusia. manusia telah mengalami perubahan dan perkembangan pengetahuan tentanga alam semesta ini. Pengetahuan termasuk kategori ilmu pengetahuan jika kriteria berikut dipenuhi. Perkembangan dari awal dan akhir dari pandanganpandangan tersebut adalah: 1. E. selanjutnya konsep tersebut mendorong dilakukannya percobaan berikutnya dan seterusnya. dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan harus objektif. Pandangan Antroposentris Pandangan ini menyatakan bahwa manusia sebagai pusat segalanya dialam semesta ini. Kriteria Ilmiah kriteria atau patokan merupakan suatu rambu-rambu untuk menentukan benar atau tidak benarnya sesuatu untuk masuk status tertentu.yang memanfaatkan pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi. perlu ditegaskan bahwa pengetahuan tentang suatu objek mencakup berbagai aspek lain sehingga timbul ketergantungan satu dengan lainnya.sistematis.centrum atau centris berarti 4 .ddan berlaku secara universal. Tujuan ilmu alamiah menurut beberapa ahli adalah mencari kebenaran tentang objeknya. Dalam bahasa yunani. 2. kegiatan manusia yang tiada hentinya dari hasil percobaan akan menghasilkan konsep. Pertambahan pengetahuan (knowledge)seperti yang telah dikemukakan di orong oleh: 1.D. Dorongan untuk memuaskan diri yang bersifat nonpraktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas dan memahami hakikat alam semesta dan isinya. Pandangan Manusia Tentang Jagat Raya Sepanjang sejarah hidupnya. Tujuan Ilmu Alamiah. Ilmu alamiah merupakan kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis.

Pandangan ini berkembang sekitar 600 SM.pandangan ini menyakini bahwa semua benda langit mengelilingi bumu. Sebagai akibat majunya alat penelitian dan sifat ilmuwan yang kritis maka pandangan bumi sebagai pusat jagat raya bergeser menjadi matahari sebagai pusat. Bebrapa ahli pendukung pandangan ini diantaranya adalah Thales dan Anaximander.tumbuhan . Pada tahun1920 dibangun teleskop raksasa di Amerika Serikat.2. pusat.pelopor pandangan ini adalah Nicolaus Copernicus. Melalui teleskop ini dapat diperoleh informasih ihwal bintang galaksi yang semakin luas dan dalam.dan dengan dirinya sendiri. 5.serta diseberang air terdapat gunung tinggi yang menyangga langit. 4.perkembangan ini membawa pandangan bahwa pusat alam semesta adalah galaksi Asentris Asentris (a = tidak) merupakan anggapan bahwa tidak perlu lagi adanya pusatpusatan dalam alam semesta ini. Bangsa Babilon (hidup sekitar 2.bumi dan benda langit lainnya beredar mengelilingi matahari. semuanya beredar dalam konstelasi ilmiah. Dengan paham ini manusia semakin kecil jika dihadapkan pada alam semesta yang tidak terbatas ukurannya.dan bumi adalah pusat kekuatan alam semesta. sehingga secara agama semuanya dikembalikan pada Tuhan sebagai Sang Pencipta 5 . Pandangan Geosentris Dalam bahasa yunani Geo artinya bumi.00SM) menggambarkan alam semesta ini sebagai kubah tertutup .pandangan ini menyatakan bahwa pusat jagat raya adalah matahari.matahari.dimna bumi sebagai lantainya dan disekeliling bumi terdapat lubang yang tergenang air . Bumi dianggap serupa dengan hewan. 3. Pandangan Heliosentris Helios dalam bahasa yunani adalah matahari. Pandangan geosentris memandangan bhmi sebagai pusat jagat raya . Pandangan Galaktosentris Pandangan ini merupakan perkembangan dari hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berhasil dikembangakan oleh para ahli. Copernicus menyatakan pandangannya dalam buku yang berjudul De Revolusionibus Orbium Celestium(tentang revolusi peredaran benda-benda langit. Bangsa primitif sejak awal sudah menyadari adanya bumi dan langit.bulan dan bintang.

yaitu Edwin Hubble. meteor. matahari. Matahari merupakan salah satu bintang dari sekitar 200 miliar bintang yang ada di Galaksi Bima Sakti (The Milky Ways atau Kabut Putih). antara lain sebagai berikut. debu kosmos. Seperti diketahu Bumi tempat tinggal manusia merupakan suatu bulatan kecil yang dikenal sebagai suatu planet anggota dari sistem tata surya dengan matahari sebagai pusatnya. dan bulan. planet. komet. Teori Ledakan Besar (The Big Bang Theory) Salah satu teori yang menjelaskan tentang proses terjadinya Jagat Raya adalah teori “Big Bang”.700 juta tahun yang lalu. meteor. Lebih jauh lagi berdasarkan penelitian. Berdasarkan pengamatan dan penelitian yang 6 . asteroid. secara lebih mendalam semua yang ada di jagat raya masih merupakan rahasia yang sama sekali belum terungkap. jutaan. Teori “Big Bang” ini didukung oleh seorang ini didukung oleh seorang astronomi dari Amerika Serikat. planet. Galaksi. JAGAT RAYA 1. 2. Jagat Raya terbentuk dari ledakan dahsyat yang terjadi kira – kira 13. bahkan terdapat miliaran galaksi pengisi jagat raya ini. Pengertian Jagat Raya Jagat raya atau alam semesta (the universe) merupakan ruang tidak terbatas yang di dalamnya terdiri atas semua materi.PROSES TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA DAN PENGHUNINYA MENURUT ILMU PENGETAHUAN ALAM BARAT DAN AL-QUR’AN A. Teori Terbentuknya Jagat Raya Rahasia mengenai bagaimana terbentuknya asal mula jagat raya telah melahirkan asumsi dan teori yang dikemukakan oleh para ahli. melainkan terdapat ratusan. termasuk tenaga dan radiasi. Hal ini antara lain disebabkan karena tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia dalam mengungkap rahasia alam semesta masih sangat terbatas. energi dan partikel – partikel yang lainnya. Akibat ledakan tersebut materi – materi dengan jumlah yang sangat banyak terlontar ke segala penjuru Alam Semesta. Akan tetapi. asteoid. bintang. Jagat raya tidak dapat diukur. a. Menurut teori ini. hanyalah sebagian kecil dari materi di jagat raya yang dikenal manusia yang hidup di Bumi. nebula. Bima Sakti bukanlah satu-satunya galaksi yang ada di jagat raya. dalam arti batas-batasnya tidak dapat diketahui dengan jelas. Materi – materi tersebut akhirnya membentuk bintang.

Tahap ini diperkirakan berlangsung selama 30 miliar tahun.galaksi.Penemuan tersebut dikuatkan lagi oleh ahli astrofisika dari AmerikaSerikat.Kajian – kajian terkini dari laboraturium CERN (Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire atau Council for Nuclear Research) yang terletak berdekatan dengan Genewa menguatkanlagi teori “Big Bang”. Sebelum terjadinya ledakan kosmis tersebut. kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dalam Quran surat Al-Anbiya (surat ke-21) ayat 30 disebutkan: * * (٣٠) “Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu. lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. disebutkan bahwa alam semesta tercipta dari sebuah ledakan kosmis sekitar 10-20 miliar tahun yang lalu yang mengakibatkan adanya ekspansi (pengembangan) alam semesta. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” Lalu dalam Quran surat Fussilat (surat ke-41) ayat 11 Allah berfirman: ﴿۱۱ “Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih merupakan asap. Semakin jauh jarak galaksi dari Bumi. seluruh ruang materi dan energi terkumpul dalam sebuah titik. semakin cepat proses pengembangannya. Teori Mengembang dan Memampat (The Oscillating Theory) Teori ini dikenal pula dengan nama teori ekspansi dan konstraksi. Sekarang. Mungkin banyak di antara kita yang telah membaca tentang teori tersebut. b. Pada tahap ini terbentuklah galaksi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan massa ekspansi (mengembang) yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen. Penemuan ini kemudian disahkan oleh ahli sains dengan menggunakan alat NASA yang bernama COBE spacecraft antara tahun 1989 – 1993.dilakukan. Arno Pnezias dan Robert Wilson pada tahun 1965 telah menukur tahap radiasi yang ada di angkasa raya. Selanjutnya. Semua ini pernah bersatu sebelum akhirnya terpisah – pisah seperti sekarang. galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup kemudian memampat didahului 7 .menunjukan bahwa Jagat Raya ini tidak bersifat statis. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.  Pandangan Al-Qur’an Dalam salah satu teori mengenai terciptanya alam semesta (teori big bang). mungkin ada di antara kita yang ingin tahu bagaimana Al-Quran menjelaskan tentang terbentuknya alam semesta ini.

maka tahap berikutnya adalah tahap mengembang dan kemudian pada akhirnya memampat lagi. di mana segala sesuatunya terus bergerak menjauhi satu sama lain. Di sini sekali lagi. secara teoritis menghitung dan menemukan bahwa alam semesta senantiasa bergerak dan mengembang. Hingga awal abad ke-20. Edwin Hubble. Dalam Al Qur'an. 8 . menemukan bahwa bintang-bintang dan galaksi terus bergerak saling menjauhi. berarti bahwa alam semesta tersebut terus-menerus "mengembang". dan karakteristik yang sangat beraneka ragam. Pada awal abad ke-20. dan ia terusmenerus "mengembang". Sebuah alam semesta. warna.terdiri atas satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya sebagai anggotanya yang bergerak mengelilinginya secara teratur. Dan inilah yang kesimpulan yang dicapai ilmu pengetahuan masa kini. Suatu galaksi pada umumnya terdiri atas miliaran bintang yang memiliki ukuran. Fakta ini dibuktikan juga dengan menggunakan data pengamatan pada tahun 1929. digunakan di banyak tempat dalam Al Qur'an dengan makna luar angkasa dan alam semesta. Galaksi (The Galaxy) Galaksi adalah kumpulan bintang yang membentuk suatu sistem. yang diturunkan 14 abad silam di saat ilmu astronomi masih terbelakang. Pengamatan yang dilakukan di tahun-tahun berikutnya memperkokoh fakta bahwa alam semesta terus mengembang. Di dalam ilmu astronomi. fisikawan Rusia. pengamatan. 51:47) Kata "langit". Namun. dan perhitungan yang dilakukan dengan teknologi modern. galaksi diartikan sebagai suatu sistem yang terdiri atas bintangbintang. Kenyataan ini diterangkan dalam Al Qur'an pada saat tak seorang pun mengetahuinya.dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi. di mana anggotanya memiliki gaya tarik menarik (gravitasi). gas. Ini dikarenakan Al Qur'an adalah firman Allah. dalam Al Qur'an dikatakan bahwa alam semesta "mengalami perluasan atau mengembang". dan Pengatur keseluruhan alam semesta. Alexander Friedmann. Ketika mengamati langit dengan teleskop. sebagaimana dinyatakan dalam ayat ini. dan debu yang amat luas." (Al Qur'an. George Lemaitre. Sang Pencipta. penelitian. mengungkapkan bahwa alam semesta sesungguhnya memiliki permulaan. dan ahli kosmologi Belgia. satu-satunya pandangan yang umumnya diyakini di dunia ilmu pengetahuan adalah bahwa alam semesta bersifat tetap dan telah ada sejak dahulu kala tanpa permulaan. Dengan kata lain. seorang astronom Amerika. Setelah tahap memampat. 3. kata tersebut digunakan dengan arti ini. mengembangnya alam semesta digambarkan sebagaimana berikut ini: "Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya.

Jumlah keseluruhan galaksi yang dapat dipotret dengan teleskop berdiameter 500 cm di Mt. Lalu. satu tahun cahaya adalah 9. Dengan satuan ini. Galaksi-galaksi yang diamati dan dipelajari oleh para astronom sejauh ini komposisinya sekitar 75% galaksi spiral. elips. Palomar sampai kira-kira satu miliar galaksi.23 tahun cahaya. Istilah tahun cahaya menggambarkan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam waktu satu tahun. menurut morfologinya galaksi dibagi menjadi tiga tipe. Pusat galaksi berada dalam gugusan bintang Sagitarius. jarak antarbintang semakin dekat. tebal bagian pusat galaksi Bima Sakti sekitar 10. Dengan kecepatan 300. garis tengahnya kira-kira 100. Bintang terdekat dengan matahari adalah Proxima Centauri (anggota dari sistem tiga bintang Alpha Centauri). Sesungguhnya yang paling banyak terdapat di alam semesta ini adalah galaksi elips. Galaksi Bima Sakti termasuk galaksi spiral dan berbentuk seperti cakram. Semakin ke arah pusat galaksi.5 juta kilometer. yang berjarak 4. dalam waktu satu tahun cahaya akan menempuh jarak sekitar 9. Bima Sakti bukanlah satu-satunya galaksi yang ada di alam semesta ini. Jika diambil volume ruang angkasa yang sama.000 tahun cahaya. Matahari bukanlah bintang yang istimewa. yaitu tahun cahaya. digunakan satuan jarak.5 juta km.000 × 9. di mana letak Matahari? Matahari terletak sekitar 30. yaitu galaksi tipe spiral.5 juta km.000 km/s. 9 . atau dengan kata lain kerapatan galaksi ke arah pusat semakin besar. dan 5% galaksi tidak beraturan. Bintang-bintang anggota galaksi Bima Sakti tersebar dengan jarak dari satu bintang ke bintang lain berkisar antara 4 sampai 10 tahun cahaya. ada begitu banyak sistem seperti ini yang mengisi setiap sudut langit sampai batas yang dapat dicapai oleh teleskop yang paling besar. Diperkirakan galaksi ini berumur 12–14 biliun tahun dan terdiri atas 100 biliun bintang. Hal ini berarti garis tengah galaksi Bima Sakti sekitar 100. melainkan hanyalah salah satu dari 200 miliar bintang anggota Bima Sakti. orang akan menemukan lebih banyak galaksi elips daripada galaksi spiral. tidaklah salah jika seseorang memperkirakan bahwa andaikan seseorang memiliki teleskop yang jauh lebih besar. orang tersebut dapat melihat jauh lebih banyak lagi galaksi-galaksi di alam semesta ini.000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti. Jadi. Namun. Untuk memudahkan perhitungan.000 tahun cahaya.Secara garis besar. dan tidak beraturan. Jadi. atau 950 ribu juta km. Hanya saja galaksi tipe ini banyak yang redup sehingga teramat sulit untuk diamati. 20% galaksi elips. ini bukan berarti galaksi spiral adalah galaksi yang paling banyak terdapat di alam semesta ini. Pembagian tipe ini berdasarkan bentuk atau penampakan galaksi-galaksi tersebut. Dalam alam semesta.

Nebula banyak diyakini oleh para ahli sebagai suatu materi cikal bakal terbentuknya suatu sistem bintang. Taurus. karena matahari hanya merupakan satu dari miliaran bintang yang ada di jagat raya. Aquarius. Nebula Nebula adalah kabut atau awan debu dan gas yang bercahaya dalam suatu kumpulan yang sangat luas. Dalam arti lain. Pertanyaannya mungkinkah ada kehidupan lain selain di bumi? Benda-benda angkasa yang termasuk struktur utama dari sistem tata surya adalah: matahari (the sun). 3. dan Vega. Bintang (The Star) Bintang adalah benda angkasa yang memiliki cahaya sendiri. planet-planet (termasuk Planet Bumi). Antares. Di sekitar ekliptika yang seolah-olah melingkari bola langit ter. antara lain rasi bintang Orion. meteor. antara lain Bintang Polaris. Cancer. Virgo. Capricornus. Carina. Scorpio. satelit-satelit (misalnya bulan). Selain rasi bintang Crux. Leo. Betelguese. Hidra. yakni Bintang Alfa. bulan (the moon) dan satelit lainnya. nama-nama rasi bintang lainnya. Aldebaran. seperti sistem bintang matahari atau disebut tata surya. Sirius. rasi bintang Pari (Crux) yang merupakan kumpulan dari empat bintang yang letaknya berdekatan. dan Delta. bukan tidak mungkin setiap bintang memiliki sistem bintang seperti matahari. Ursa Mayor. Centauri. planet-planet (the planets). dapatlah diduga bahwa bintang. Gemini. Dua belas Rasi bintang yang terdapat di sekitar ekliptika adalah Aries. Lyra. 2.4. yakni matahari pada orbit atau garis edarnya masingmasing. Kelompok bintang-bintang yang membentuk pola tertentu dan letaknya berdekatan disebut Rasi Bintang atau Konstelasi Bintang. Berdasarkan pengertian tersebut. nama-nama bintang lainnya. Spica. kabut. Phoenix. Pegasus. 5. Beta. Nebula yang terkenal. 10 . Gamma. antara lain nebula Orion M42 pada rasi Orion dan Nebula Trifid pada rasi Sagitarius. dan Pisces. asteroid. Libra. B. Sagitarius. komet.bintang yang lainnya pun kemungkinan besar memiliki sistem seperti tata surya dengan pusat dan lintasan orbit tertentu. dan Aquilla. Contohnya.dapat 12 rasi bintang yang disebut Zodiak. debu. Salah satu bintang adalah Matahari atau disebut Bintang Matahari (The Sun Star). 1. dan benda-benda lainnya sebagai anggota dari tata surya yang beredar mengelilingi pusatnya. TATA SURYA Tata surya atau sistem matahari adalah suatu sistem yang terdapat di jagat raya terdiri atas matahari sebagai pusatnya.

4. Teori ini agaknya didasarkan oleh kenyataan bahwa beberapa bintang dilangit tidak pernah berhenti bergerak. Planet yang terbentuk akibat pasang ini boleh jadi ada yang mengikuti bintang yang lewat tersebut. yaitu gas atau kabut tipis yang sangat luas dan bersuhu tinggi berputar sangat lambat. Chamberlin (18431982) seorang ahli geologidan ilmuan dari Amerika menyampaikan teori yang dikenal sebagai Teori Planetesimal (berarti planet kecil) dalam penelitiannya The Origin of the Earth (asal mula bumi) padatahun 1916. Menurut teori ini. Teori nebula lainnya yang berkembang dikemukakan oleh seorang astronom berkebangsaan Prancis bernama Pierre Simon de Laplace yang hidup antara 1749–1827. sedangkan bola gas asal menjadi matahari. 1. Bagian-bagian yang terlepas tersebut berputar dan pada akhirnya mendingin membentuk planet-planet. bentuk berubah menjadi cairan yang kemudian memadat. ada sebuah bintang berpapasan pada jarak yang tidak terlalu jauh. Akibat terjadinya proses pendinginan inti-inti massa yang lebih kecil maka berubahlah menjadi planetplanet. Teori Planetesimal Thomas C. Oleh karena perputaran yang terjadi sangat cepat. Menurut Kant. Pada suatu masa. Ketikamassa gas menjadi dingin. Inti massa yang terbesar terbentuk di tengah. 5. b. tata surya berasal dari bola gas yang bersuhu tinggi dan berputar sangat cepat. maka terlepaslah bagian-bagian dari bola gas tersebut dalam ukuran dan jangka waktu yang berbeda. Teori Terjadinya Tata Surya a.beda.kebangsaan Jerman yang bernama Immanuel Kant yang hidup antara tahun 1724–1804. Karena gaya gravitasi. Suatu ketika bintang yang bergerak itu melintas sangat dekat dengan Matahari. dan komet. Teori Nebula Teori Nebula kali pertama dikemukakan oleh seorang filsuf ber. asteroid. tata surya berasal dari nebula. matahari telah ada sebagai salah satudari bintang-bintang yang banyak. Akibatnya. terjadilah peristiwa pasang naik 11 . Menurut Laplace. terjadi gaya tarik menarikantara Matahari dan Bintang yang mel intas tersebut sehinggaterjadi pasang. sedangkan yang paling besar masih tetap dalam keadaan pijar dan bersuhu tinggi disebut matahari. Perputaran yang lambat tersebut menyebabkan terbentuknya konsentrasi materi yang memiliki berat jenis tinggi yang disebut inti massa pada beberapa tempat yang berbeda. sedangkan yang kecil terbentuk di sekitarnya.

Jadi. volume. Inti cakram yang menggelembung kemudian menjadi matahari. Bintang hancur itu berubah menjadi massa gas yang berputar – putar. Bagian yang terlepas itu berbentuk seperti cerutu panjang (bagian tengah besar dan kedua ujungnya mengecil) yang terus berputar mengelilingi matahari.gas ini menjadi dingin dan terbentuklah planet.P.planet yang beredar mengelilingi matahari. Menurutnya tata surya berawal dari matahari yang berputar dengan cepat dengan piringan gas di sekelilingnya yang kemudian membentuk planet. 2. Teori Awan Debu Von Weizsaecker (1945) dan G. Adapun bintang yang bertahan.A. Lama kelamaan mendingin dan membentuk bulatan-bulatan yang disebut planet.L Whippel dari Amerika Serikat dan Hannes Alven dari Swedia. matahari menahan planet yang terbentuk dan beredar menurut lintasannya sekarang. Matahari sebagai Pusat Tata Surya Matahari merupakan salah satu bintang di dalam Galaksi Bima Sakti yang memiliki fungsi dan peranan paling penting di dalam struktur tata surya. Karena gas tersebut terus berputar. Karena kekuatan gravitasinya. Adanya ketidakteraturan dalam awan tersebut menyebabkan terjadinya penyusutan karena gaya tarik menarik dan gerakan perputaran yang sangat cepat dan teratur sehingga terbentuklah piringan seperti cakram. d. massa. Ahli astronomi lainnya yang mengemukakan teori awan debu antara lain F. Planet-planet dan anggota lainnya terbentuk karena adanya bagian dari matahari yang tertarik dan terlepas oleh adanya pengaruh gravitasi bintang yang melintas ke dekat matahari. Kuiper (1950) mengemukakan pendapat bahwa tata surya berasal dari awan yang sangat luas yang terdiri dari debu dan gas (hidrogen dan helium). sedangkan bagian pinggirnya berubah bentuk menjadi planet-planet. Lyttleton. Teori ini mengatakan bahwa Matahari mulanya berupabintang kembar yang mengelilingi sebuah medan gravitasi. Matahari merupakan bagian dari tata surya yang memiliki ukuran.Sebuah bintang menabrak satu bintang kembar dan mungkin menghancurkannya. Teori ini merupakan modifikasi dari teori benturan yang telah ada sebelumnya.c. Teori Bintang Kembar Teori ini dinamakan sesuai dengan nama pencetusnya. manjadi matahari kita. jelasnya bahwa teori ini juga didasarkan atas ide benturan e. dan gravitasi yang paling besar 12 . Teori Pasang Surut Astronom Jeans dan Jeffreys (1917) mengemukakan pendapat bahwa tata surya pada awalnya hanya terdiri dari matahari tanpa memiliki anggota. Dalam beberapa hal.yaitu R. temperatur. Ia adalah seorang astronom. teori ini memberikan penjelasan yang lebih baik tentang asal mula Tata Surya berdasarkan teori benturan.

yaitu: Atmosfer (bagian luar). Mars. Uranus.000 kali volume bumi. beberapa mencapai ratusan kilometer panjangnya 13 . termasuk Bumi. Selain sebagai sumber panas dan cahaya.9 juta km.000 kali dari berat bumi. matahari memiliki peranan sangat penting. sekitar 430°C dan pada malam harinya (bagian planet yang tidak menghadap matahari) suhu di planet Merkurius mencapai -170°C Jarak dengan matahari hanya sekitar 57.000 km atau sekitar 109 kali garis tengah bumi. sedangkan temperatur di pusatnya sekitar 15. Temperatur matahari yang sangat tinggi menurut Dr. sehingga dapat berlangsung kehidupan manusia. tumbuhan. Struktur Matahari dibagi menjadi tiga. Merkurius Merupakan Planet yang pertama dari Matahari. volumenya diperkirakan 1.benda angkasa yang beredar mengelilinginya. a. masing-masing secara berurutan menjauhi matahari : Merkurius. kemudian berubah menjadi energi panas dan cahaya yang dipancarkan ke berbagai arah. Bumi. Ia berpendapat bahwa dalam keadaan panas dan tekanan yang sangat tinggi. Yupiter.yang mengitari bintang. Matahari merupakan benda angkasa yang memiliki cahaya sendiri. Venus.392. Massa atau berat totalnya sekitar 332. Bethe (1938) disebabkan oleh adanya reaksi inti di dalam tubuh matahari.sehingga matahari memiliki pengaruh yang sangat besar pula terhadap benda. antara lain sebagai sumber cahaya dan panas bagi planet-planet di sekitarnya.000.000° C. dan menimbulkan tumbukan antarinti atom dan penghancuran sebagian massanya (massa defect). Matahari memiliki garis tengah sekitar 1. Merkurius adalah planet yang memiliki suhu yang sangat panas pada siang harinya (bagian planet yang menghadap matahari). atom-atom di dalam tubuh matahari akan kehilangan elektronelektronnya sehingga kemudian menjadi inti atom yang bergerak ke berbagai arah dengan kecepatan yang sangat tinggi. Pada tata surya kita terdapat 9 buah planet. Barisfer (bagian dalam).300.000° C. matahari memiliki peranan. sebagai pengatur iklim dan cuaca sehingga memungkinkan terjadinya variasi kehidupan di muka bumi. Fotofosfer (bagian tengah). Oleh karena itu. dan hewan di Bumi.  Karakteristik  Ukuran planet Merkurius hanya 27% dari ukuran bumi  Planet ini mempunyai atmosfer yang terdiri dari uap natrium dan kalium yang sangat tipis  Permukaan Merkurius mempunyai banyak perbukitan yang kurus. dan temperatur di permukaannya sekitar mencapai 5. 3. dan Neptunus. Planet Benda angkasa yang tidak menghasilkan cahaya. Saturnus.

Bumi seperti planet yang lainya.  Masa Rotasi 225 hari  Masa Revolusi 243 hari .  Penghuni Planet Penelitian yang dilakukan para ilmuwan sampai saat ini. Bumi pun mempunyai satelit seperti planet yang lainnya. Bumi hanyalah sebagian kecil daripadanya. Venus adalah planet yang terang sekali karena akibat pantulan cahaya matahari oleh awan.  Planet ini mempunyai ciri khas yang sanagt unik sekaliyaitu terselimutkan awan yang memantulkan cahayaMatahari yang mengakibatkan Planet ini Planet yang terang. b. Satelit Bumi adalah bulan. Jarak dengan matahari sekitar 108 juta kilometer. tidak memiliki cahaya. belum ada tanda-tanda Planet Venus berpenghuni/ada kehidupan. 14 . Masa Rotasi 59 hari  Masa Revolusi 88 hari di Bumi  Penghuni Planet Penelitian yang dilakukan para ilmuwan sampai saat ini. c. Cahayanya akan tampak pada waktu matahari terbit dan tenggelam. Jika melihat kenyataan ini. Bumi Jagat raya memang maha luas.  Karakteristik  Sering sekali disebut dengan Bintang Fajar atau Bintang Kejora.awan yang menyelimutinya. belum ada tanda-tanda Planet Merkurius berpenghuni/ada kehidupan. Venus Merupakan Planet yang kedua dari Matahari. tetapi untuk mempunyai kehidupan yang sangat berkembang.  Planet yang dekat dengan Bumi. mungkin saja masih ada kehidupan lain di jagat raya.

 Planet yang tidak mempunyai cahaya. Itulah Planet Mars. belum ada tanda-tanda yang memastikan bahwa Planet Mars berpenghuni/ada kehidupan.  Masa Rotasi 23 jam 56 Menit  Masa Revolusi Memiliki waktu putar 365.880 km atau sekitar setengah diameter dari Bumi. Diameternya kira – kira 6. seperti manusia.25 hari  Penghuni Planet Mahluk Hidup. Mars Planet Mars merupakan planet terluar yang paling dekat keberadaannya dengan Bumi.  Masa Rotasi 24 jam 37 menit. 15 .  Satelit yang dimiliki Fhobos dan Deimos.  Penghuni Planet Penelitian yang dilakukan para ilmuwan sampai saat ini. Karakteristik  Satu – satunya planet yang memiliki kehidupan didalamnya.  Masa Revolusi Memiliki waktu putar 687 hari. d. mikroba dll.  Karakteristik  M e m p u n y a i t e m p e r a t u r y a n g s a n g a t r e n d a h dibandingkan Bumi  Namanya berasal dari nama dewa perang Romawi  Berwarna kemerahan pada malam hari. hewan. tumbuhan. Pada malam hari kadang kita melihat sebuah “ Bintang” cemerlang yang bercahaya kemerahan.

 Masa Rotasi Kala rotasi 9. seperti Ganimedes.200 km. Periode rotasinya sekitar 10 jam 14 menit dan revolusinya sekitar 29.  Planet ini sangat lembek. dan Europa.  Berputar dengan cepat  Jarak Di Matahari 778. Diameter Cincin Luar Planet Saturnus adalah sekitar 273.  Karakteristik  Beratnya hanya 2 kali dari berat Bumi. 1.8 jam. Io. Jupiter adalah salah satu dari empat raksasa gas.  Satelit yang dimiliki Planet ini memiliki jumlah satelit yang paling banyak. permukaannya hanyalah berupa gas helium dan hidrogen cair yang terbungkus awan yang bergerak.000 km.86 tahun. Planet ini memiliki tiga cincin tipis yang arahnya selalu sejajar dengan ekuatornya.000 km. yaitu Cincin Luar. memiliki diameter 142. diameternya sekitar 120. belum ada tanda-tanda Planet Yupiter berpenghuni/ada kehidupan. Galilea. f. terdapat beberapa satelit yang ukurannya besar.600 km. Jupiter kerapatan. tetapi lebih rendah daripada salah satu dari empat planet terestrial. dan Cincin Dalam. Calisto.326 g / cm ³.  Penghuni Planet Penelitian yang dilakukan para ilmuwan sampai saat ini. yaitu tidak terutama terdiri dari materi padat. adalah tertinggi kedua dari planet gas raksasa. Saturnus Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Yupiter. dan Mars. Ini adalah planet terbesar ditata surya.e. Venus. Bumi. Antara Cincin Dalam dan permukaan Saturnus dipisahkan ruang kosong berjarak sekitar 16 . dan Cincin Dalam memiliki diameter sekitar 160. Cincin Tengah.984 km pada bagian khatulistiwa. Cincin Tengah sekitar 152.3 Juta km.  Masa Revolusi Kala revolusi 11.5 tahun. Yupiter Planet terdekat kelimadari matahari setelah Merkurius.

870 juta km. helium. y a i t u k e d u a b e r p u t a r begitu cepat sehingga dianggap sebagai planet yang paling berangin. planet ini pun merupakan planet raksasa yang sebagian besar massanya berupa gas. dan metana. Uranus Planet Uranus memiliki diameter 49. Atmosfer Uranus dipenuhi oleh hidrogen.11. di antaranya Titan.  Karakteristik  Mempunyai Cincin yang tipis dan saat ini telahditemukan sembilan lapis cincin uranus. ketebalan cincinnya sekitar satu meter terdiri atas partikel-partikel gas yang sangat tipis dan redup. 17 .  Masa Rotasi 10.  Karakteristik  Dikelilingi oleh cincin yang terbentuk dari potongan jutaan es  S i f a t n y a s a m a s e p e r t i Y u p i t e r . Rhea. sedangkan rotasinya sekitar 10 jam 49 menit. metana. Berbeda dengan planet lainnya. Planet Saturnus memiliki atmosfer yang sangat rapat terdiri atas hidrogen. belum ada tanda-tanda Planet Saturnus berpenghuni/ada kehidupan. helium. hampir empat kali lipat dari diameter bumi.000 km.  Penghuni Planet Penelitian yang dilakukan para ilmuwan sampai saat ini. Seperti halnya dengan Yupiter dan Saturnus. g.265 km. sumbu rotasi pada Planet Uranus searah dengan arah datangnya sinar matahari sehingga kutubnya seringkali menghadap ke arah matahari. dan Dione.5 jam  Masa Revolusi Memiliki waktu putar 30 tahun  Satelit yang dimiliki Planet ini memiliki satelit yang jumlahnya sekitar 11 satelit. Kecepatan anginnya lebih dari 10 kali kecepatan angin Hurricane di Bumi. dan amoniak. Thetys. Planet Uranus merupakan planet bercincin. Periode revolusinya sekitar 84 tahun. Di luar batas atmosfer Jarak rata-rata Planet Uranus ke matahari sekitar 2.

yaitu Miranda.sehingga menyebabkan salah satu sisinya seperti sebuah gangsing yang rebah. 18 . h.sedangkan sisi yang satunya mengalami malam selama 42 tahun. Neptunus Neptunus merupakan planet superior dengan diameter 50. yaitu Triton dan Nereid. Titania.  Satelit yang dimiliki Planet Uranus terdapat lima satelit yang menge. metana. Ariel.200 km. Keadaan Uranus sangat dingin dan beku.497 juta km.lilinginya. dan Oberon. Akibatnya satu sisi planet terus menrus mengalami siang selam 42 tahun. Planet Neptunus memiliki dua cincin utama dan dua cincin redup di bagian dalam yang memiliki lebar sekitar 15 km. Umbriel..  Masa Rotasi Kala rotasi 11 jam. dan amoniak yang lebih padat jika dibandingkan dengan Yupiter dan Saturnus  Masa Rotasi 16 jam  Masa Revolusi Memiliki waktu putar 165 tahun  Satelit yang dimiliki Satelit yang beredar mengelilingi Neptunus ada dua.  Karakteristik  Atmosfer Neptunus dipenuhi oleh hidrogen.  Rotasinya berlawanan dengan rotasi arah Bumi. Jarak rata-ratanya ke matahari sekitar 4. belum ada tanda-tanda Planet Uranus berpenghuni/ada kehidupan.  Penghuni Planet Penelitian yang dilakukan para ilmuwan sampai saat ini. helium.  Masa Revolusi Kala revolusi 84 tahun.

berpendapat bahwa bumi yang kita diami ini tidaklah lebih dari sebutir debu di alam semesta yang amat besar. Pengertian dari istilah Dabbah ini sendiri bisa kita lihat pada surah an-Nur (24) ayat 45. berikut planet dimana mereka tinggal. Alam ini bagi al-Ghazali sudah penuh sesak dengan makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah yang merujuk pada wujud-Nya dan bersaksi tentang kebesaran-Nya. Penghuni Planet Penelitian yang dilakukan para ilmuwan sampai saat ini. Sehingga merujuk istilah Dabbah yang ada dilangit dengan makhluk berjenis Jin atau Malaikat saja. Alien. diantara mereka ada yang berjalan diatas perutnya dan ada juga yang berjalan dengan dua kaki dan sebagiannya lagi berjalan atas empat kaki. dan ada pula yang berjalan dengan empat kaki seperti kuda. ada yang merayap seperti hewan melata ada yang berjalan dengan dua kaki sebagaimana halnya dengan manusia. Dan Allah telah menciptakan Dabbah dari almaa’. belum ada tanda-tanda Planet Neptunus berpenghuni/ada kehidupan. Kitab suci al-Qur’an memang tidak bercerita secara jelas (didalam ayat-ayat Muhkamatnya) kepada kita. (QS. 4. (QS. dan Dabbah yang Dia sebarkan pada keduanya. dan Ayat-ayat Al-Qur’an? Syaikh Muhammad al-Ghazali di dalam bukunya. kucing dan seterusnya. An-Nur (24) ayat 45) Melalui surah asy-syura ayat 29 diatas kita memperoleh gambaran dari al-Qur’an bahwa Allah telah menyebarkan dabbah disemua langit dan bumi yang telah diciptakanNya. yaitu makhluk hidup yang memiliki cara berjalan berbeda-beda. anjing. Asy-Syura (42) ayat 29). serta mengabaikan kemungkinan adanya makhluk jenis lain berarti bertentangan dengan maksud Kitab Suci itu sendiri. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. sebab sebaliknya justru al-Qur’an menggambarkan kekuasaanNYA di semua alam semesta yang melingkupi seluruh makhluk hidup yang ada dan tersebar disemua penjuru galaksi. 19 . Dan diantara ayat-ayat-Nya adalah menciptakan langit dan bumi . Tetapi hal ini tidak berarti bahwa secara simbolik (melalui ayat-ayat Mutasyabihatnya) al-Qur’an juga menolak keabsahan teori-teori keberadaan mereka (penghuni langit). Semesta Alam. dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya. mengenai keberadaan makhluk hidup diluar manusia.. karena sesungguhnya Allah berkuasa atas tiap-tiap sesuatu.

Ath-Thalaq (65) ayat 12) Jika kata langit dan bumi disebut dengan bilangan tujuh yang berarti banyak (lebih dari satu). karena tidak pernah bertemu. dan Allah sungguh meliputi segalanya dengan pengetahuan-Nya. bisa diambil kesimpulan kemungkinan itu ada. Oleh karenanya secara tidak langsung alQur’an menyatakan kepada kita bahwa Bumi yang kita diami ini bukanlah satu-satunya bumi yang ada di jagad raya.000. Peradaban berkembang. Awalnya manusia berpikir bahwa. 20 .01% (sepermilyar persen) saja asumsi ini dibangun. kini manusia paham bahwa manusia tinggal di bumi yang ada di satu galaksi saja di antara jutaan galaksi di alam semesta. manusia menduga bahwa bumi adalah pusat alam semesta. Berdasarkan Teori Kemungkinan. berlaku hukum-hukum Allah didalamnya. Jadi. Lalu bagaimana peran manusia di alam semesta ini?. Ada sejumlah bintang yang sangat-sangat banyak di luar galaksi kita. Kemudian manusia mengerti bahwa kita ternyata tinggal hanya di salah satu sisi galaksi di tepi alam semesta yang terus meluas dengan kecepatan tinggi di mana jarak satu titik dengan titik galaksi lainnya saling menjauh seperti titik-titik permukaan balon yang ditiup mengembang.Alam ini begitu luasnya. bisa ada. selain yang ada di bumi yang kita tinggali ini?.) Berdasarkan logika saja. agar kamu ketahui bahwa Allah sangat berkuasa terhadap segala sesuatu.Keberadaan planet-planet yang berfungsi sebagai tempat hidup dan berkehidupan makhluk berjiwa seperti bumi misalnya secara eksplisit bisa juga kita peroleh didalam ayat al-Qur’an : Allah menciptakan tujuh langit dan seperti itu juga bumi. (Statistik cenderung akan mengatakan kemungkinan itu ada. kemungkinan 0. Apa yang ada dilangit dan dibumi memerlukan Dia. maka tentu yang dimaksud dalam ayat ini adalah kemajemukan gugusan galaksi yang terdiri dari jutaan bintang dan planet-planet yang ada sebagaimana yang kita ketahui dari ilmu astronomi modern. sangat jauh lebih luas dari perkiraan-perkiraan manusia. Kemudian. karena kita tidak atau belum pernah bertemu dengan satupun mahluk berakal angkasa luar. Yang bisa dideteksi saja mencapai 70 ribu juta-juta. Jadi. bumi itu datar. masih akan ditemukan sekian-sekian kemungkinan adanya mahluk berakal selain kita. setiap waktu Dia dalam kesibukan. ArRahman (55) ayat 29) Cerdas dan berakalkah makhluk luar angkasa (Alien) itu ? Pertanyaan ini spekulasi. Apakah Al Qur’an menjelaskan atau setidaknya menerangkan keberadaan mahluk berakal. (QS. Jadi. (QS. maka kemungkinan jawabannya bisa tidak.000.

Untuk bisa menembusnya.000 km. jaraknya semakin jauh. yaitu 27. Bulan Diameter bulan lebih kurang 3.476 km atau sekitar 1/4 diameter bumi. Periode revolusi bulan terhadap bumi sekitar 27. kita adalah satu-satunya makhluk yang berakal di bumi maupun di langit. yaitu peredaran bulan mengelilingi bumi dalam suatu lingkaran penuh (360°). dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu” (Pandangan II) Sebaliknya yang meyakini makhluk itu ada tetapi tidak berakal atau lebih rendah tingkatan dari manusia adalah berdasarkan ayat berikut: Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya. agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. yang berbunyi : “Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi.3 hari. Ini dapat diartikan bahwa. Soal cerdas atau tidak. sebagai rahmat dari padaNya. dan lain sebagainya. lubang cacing (worm hole). Kecerdasan Makhluk di luar bumi Setidaknya ada 2 pandangan : (Pandangan I) Fahmi Basya (Dosen UIN Jakarta) yang terkenal dengan pelatihan spiritual dan matematika Al Qur’annya menjelaskan (dan tampaknya beliau percaya) bahwa mahluk di luar bumi itu ada. Ilmuwan berpikir bahwa ada cara untuk menembusnya. bahwa mahluk luar bumi itu memiliki kecerdasan. baik melalui stargate. Sesungguhnya pada yang demikian itu benarbenar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. At Thaalaq (65) ayat 12. teleportasi. diperlukan pengetahuan dan teknologi yang harus sangat maju. adalah posisi bulan terhadap bumi telah kembali 21 . jarak rata-ratanya ke bumi sekitar 384. Ayat yang mendukungnya adalah QS. Perintah Allah berlaku padanya. Ciri dari bulan yang telah menyelesaikan satu lingkaran penuh. (QS. Paling tidak film-film fiksi sains memvisualisasikan kemungkinan ini. tampaknya beliau percaya juga.3 hari atau satu bulan sideris.Kalaupun ada mahluk berakal di tempat lain di sisi alam semesta lainnya. Al Jaatsiyah (45) ayat 13) Dengan ayat ini cukup jelas bahwa manusia adalah makhluk yang berkuasa atas segala sesuatu di langit dan di bumi secara merata. 5. sedangkan periode rotasinya sama dengan revolusinya.

6. Setelah tercapai fase purnama. Apollo. Aten). Ketiadaan atmosfer di bulan menjadikan keadaan bulan sangat sunyi karena tidak terdapat media yang berfungsi merambatkan gelombang suara. dan bulan. Bulan mengelilingi bumi dalam jangka waktu satu bulan. 22 . yaitu mencapai 100° C. fase berikutnya adalah kebalikannya sampai pada akhirnya terjadi fase gelap atau bulan baru kembali. Pluto dahulu memang termasuk dalam deretan planet di dalam Tata Surya. itulah meteor atau juga disebut sebagai bintang jatuhyang merupakan n bagian dari asteroid yang terpisah. Bersamaan dengan Pluto ada beberapa objek yang berada di sekitar Pluto dikategorikan sebagai Planet kerdil. Sementara bulan melanjutkan pergerakannya mengitari bumi. bumi. sedangkan pada bagian bulan yang mengalami malam hari suhu permukaannya menjadi sangat dingin. bagian bulan yang menghadap ke bumi akan tampak gelap. Sebagian besar kelompokasteroid dijumpai berada diantara orbit Planet Mars dan Yupiter. Jika bulan berada pada posisi terdekat ke matahari. Meteor Apabila kita melihat sejenak ke langit yang cerah pada malam hari. keadaan seperti itu disebut fase bulan baru. Asteroid Merupakan planet berbatu yang kecil (berdiameter 1. kemudian menjadi bulan purnama.kira hanya 1/6 gravitasi bumi. lalu bulan setengah. Bulan merupakan benda angkasa yang sangat kecil gravitasinya kira. sepertikelompok Trojan dan kelompok asteroid AAA (tripel A Asteroid – Amor. Akibatnya bulan tidak mampu mengikat atmosfer. adapula kelompok asteroid dengan orbit yang berbeda. Meteor ini akan jatuh ke Bumi dan membentuk seperti bola api. Akibat lainnya adalah pada siang hari suhu permukaan bulan menjadi sangat panas. yaitu asteroid Ceres. 7. tampak bulan berubah pula menjadi fase bulan sabit. 2003UB313(ditemukan oleh Mike Brown dari Institut Teknologi California dengan nama samaran “Xena”) dan bulan terbesar di Pluto yang bernama Charon.700km) dengan jumlah yang sangat banyak. Pergerakan bulan dari waktu ke waktu menyebabkan terjadinya perubahan sudut yang dibentuk oleh garis yang menghubungkan antara matahari. tampak seberkas cahaya bergerak cepat lalu menghilang.statusnya diubah sebagai planet kerdil.pada posisi semula.  Karakteristik Asteroid Selain asteroid yang mendiami daerah Sabuk Utama.Daerah ini dikenal dengan nama Sabuk Utama (main Belt). yaitu mencapai -150° C. Perubahan sudut tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan penampakan bulan jika dilihat dari bumi yang disebut fase bulan. bulan tiga perempat.

Ukurannya melebihi 10 mil dan mempunyai ekor yang panjangnya jutaan mil.024 km. Kesimpulannya adalah komet diperoleh dari atom yang terjebak didalam kerangka molekuler karbon. menyebabkan bencana alam hingga jutaan nyawa manusia yang menjadi korbannya. 8. Para ahli menyebutkan pada 251 juta tahun lalu terjadi kepunahan yang sangat besar disebabkan komet atau asteroid telah menabrakBumi.000 tahun yang lalu.Selain Komet Halley terdapat beberapa nama komet yang lainnya. Meteor yang besar dan masuk ke Bumi akan membentukkawah besar seperti kawah Barringer di wilayah Arizone. Komet Halley terakhir terlihat pada tahun 1986 dan diperkirakan akan tampak kembali pada tahun 2061.Oleh karena itu. seperti komet Hyakutake dan Hale Bopp. Ekor merupakan bagian dari komet. rata – rata periode munculnya orbit komet Halley terjad setiap tahun 76 -79 tahun sekali. Karakteristik Meteor   Meteor jatuh ke Bumi dengan banyaknya. 23 .Dan akan membuat Bumi bergoncang. terkadang disebutdengan hujan meteor. Berukuran lebih 10 mil dan mempunyai ekor yang panjangnya jutaan mil.  Karakteritik Komet Komet akan menabrak Bumi apabila terpental dari jalurnya. berasal dari coma yangmenyelimuti bagian inti komet. Inti atau pusat dari Komet Halley sangatlah gelap dengan diameter kurang lebih 1. Inti komet disebut dengan nukleus yang terdiri dari bongkahan es serta gas yang telahmembeku. Komet ini ditemukan oleh Edmond Halley. Ciri khas komet adalah ekornya yang sangat panjang. komet sering juga disebut dengan bintang berekor. Komet Komet merupakan benda angkasa yang terlihat bercahaya dikarenakan adanya gesekan atom – atom diudara.Salah satu komet yang terkenal adalah komet Halley. Kawah ini terbentuk oleh meteor yang jatuh kira – kira 40. Tetapi belumdiketahui dimana letak tempat tabrakan komet atau ateroid yang terjadi.

info/review/al-quran-asal-mula-alam-semesta.keajaibanalquran.al-shia. Geografi untuk SMA dan MA kelas X. Jakarta: Esis http://kanzunqalam. Jakarta: Rajawali Pers. Maskoeri. Ilmu Alamiah Dasar.html http://quran.com/astronomy_origin_universe. 2009.DAFTAR PUSTAKA Jasin.blogspot.html 24 . 2007. Marah dan Asep Mulyadi.org/id/lib/103.wordpress. Uli H.com/2011/09/jagat-raya-dan-tata-surya.com/2012/02/13/alien-semesta-alam-dan-ayat-ayat-al-quran/ http://www.html http://www.al-habib.htm http://themahir.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->