Evolusi Sistem Informasi Manajemen Berdasarkan CBIS October 9, 2010 Pendahuluan

Pada pembahasan sebelumnya saya telah membahas tentang Komponen-Komponen Pendukung SIM (Sistem Informasi Manajemen) dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Evolusi Sistem Informasi Manajemen berdasarkan CBIS (Computer Base Information System)

Tinjauan Pustaka

Sebagai bahan penulisan dari pembahasan ini akan di cantumkan hasil tulisan yang pernah penulis baca yaitu :

Buku yang ditulis oleh Adbul Kadir tahun 2003 dengan judul Pengenalan Sistem Informasi

Tulisan yang di susun oleh Teguh Wahyono dengan judul Tulisan Computer Base Information System pada tulisan itu di jelaskan tentang CBIS serta kontribusi CBIS

Pembahasan

Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar sub-sistemnya, sistem informasi manajemen akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

Sistem Informasi Manajemen berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah computer-based atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

informasi. Hal ini disebabkan karena tujuan dari pengendalian manajemen adalah untuk membantu manajemen dalam mengkoordinasi subunit-sub unit dari organisasi dan mengarahkan bagian-bagian tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan. Dua hal yang menjadi perhatian dari definisi diatas adalah mengkoordinasi dan mengarahkan.Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS yang akan dibahas pada bagian ini antara lain adalah data. Tentu saja dalam dua proses tersebut diperlukan satu sistem agar proses koordinasi dan pengarahan dapat berjalan secara efektif sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Dalam perjalannya Sistem Informasi Manajemen tidak serta merta langsung menjadi sebuah sistem yang seperti kita rasakan saat ini melainkan ada tahapan-tahapan perkembangan dari sistem yang terfokus untuk menghimpun. diharapkan setiap perusahaan dapat bertahan dalam arena kompetisi yang semakin ketat.menyimpan dan memproses data saja sampai terciptanya sistem yang mengelola data tersebut menjadi sebuah informasi dan dari informasi tersebut terciptalah sistem pendukung keputusan berikut perinciannya : . Dengan berbagai manfaat dan kontribusi yang diberikan tersebut. sistem informasi dan “basis komputer” sebagai kata kuncinya. Manfaat utama dari perkembangan sistem informasi bagi sistem pengendalian manajemen adalah : penghematan waktu (time saving) penghematan biaya (cost saving) peningkatan efektivitas (effectiveness) pengembangan teknologi (technology development) pengembangan personel akuntansi (accounting staff development). sistem. Saat ini sistem informasi merupakan isu yang paling penting dalam pengendalian manajemen.

sistem informasi ini digunakan untuk menghimpun .1. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar karena dengan adanya Manajemen Informasi perusahaan akan mudah mendapatkan Informasi yang akurat dan tepat guna mendukung dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan tersebut. 3. menyimpan dan memproses data transaksi serta sering kali mengendalikan keputusan yang merupakan bagian dari transasksi.SIP lebih memfokuskan diri pada pengendalian transaksi yang merupakan kegitan yang bersifat berulang dan terdefenisi dengan baik. Nama aplikasi akuntasnsi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) . pemodelan dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana seharusnya dibuat DSS dibuat sebagai reaksi atas ketidakpuasan terhadap Sistem Pemrosesan Transaksi dan Sistem Informasi Manajemen sebagaimana diketahui . Fokus awal pada data Sistem pemrosesan transaksi merupakan jenis sistem yang pertama kali di impelementasikan. Fokus baru pada informasi Tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer.sedangkan . Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb.misalnya yang mengendalikan keputusan adalah sistem pemrosesan transaksi yang sekaligus dapat memvlidasi keabsahan kartu kredit atau mencarikan rute pesawat terbang yang terbaik sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Fokus revisi pada pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan (Decision support system) adalah sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi. Focus utama sistem ini adalah pada data transaksi. 2. Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen.

e-mail. Fokus potensial pada konsultasi Komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. electronik calendaring.SIM lebih berorientasi pada penyediaan laporan bagi manajemen yang sifatnya dinamis. OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh. 5. sederhana. Fokus pada Komunikasi Pada waktu DSS berkembang . dalam situsai yang kurang terstruktur dan dengan criteria yang kurang jelas. suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau biasa disebut dengan sistem pendukung kecerdasan sistem pendukung ini memiliki beberapa karekteristik antara lain : . Dirancang dan dioperasikan oleh manajer Mampu memberikan informasi yang berguna bagi analisis kegiatan manajerial. 4. dapat diterapkan dengan cepat dan mudah diubah. facsimile transmission. perhatian juga difokuskan pada otomatisasi kantor (office automation/OA) OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat elektronik. Memiliki basis data berisi informasi yang disarikan dari file dan informasi lain organisasi yang berasal dari lingkungan eksternal.tetapi memberikan perangkat interaktif yang memungkinkan pengambil keputusan dapat melakukan berbagai analisis dengan menggunakan model-model yang tersedia Spesifikasi DSS : Berfokus pada proses keputusan daripada proses transaksi Dirancang dengan mudah.DSS tidak dimaksudkan untuk mengotomasikan pengambilan keputusan. Memungkinkan manajer untuk menguji hasil yang mungkin dari serangkaian alternatif.DSS lebih ditunjuk untuk mendukung manajemen dalam melakukan pekerjaan yang bersifat analistis. Berkaitan dengan hanya bagian kecil dari masalah besar Memiliki logika yang serupa dengan cara manajer menganilis situasi yang sama. voice mail.

id/Downloads/ http://sri_wiji.com/2009/11/15/evolusi-sistem-informasi-manajemen/ .id/Downloads/files/18256/Modul+1+SIM.staff.ac.ac.Penerbit:ANDI http://www.org/wp-content/uploads/2006/09/teguh-cbis-01.wordpress.2003.id/Downloads/files/9101/minggu11_12. dan peningkatan efektivitas (effectiveness) Referensi Kadir.ac.pdf http://yulieee.staff.zip http://miftah.gunadarma.staff.gunadarma.Pengenalan Sistem Informasi.gunadarma.Abdul.doc http://lily.ilmukomputer.Belajar atau memahami permasalahan berdasarkan penglaman Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi-situasi baru Mampu menangani masalah yang kompleks Memecahkan permasalahan berdasarkan penalaraan Menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan permasalahan Kesimpulan Komputer merupakan alat yang paling dibutuhkan dalam sistem informasi manajemen dengan adanya komputer kita dapat menghematan waktu (time saving). menghematan biaya (cost saving).Yogyakarta.

.id/Downloads/files/9046/Modul_ke_1_sim_ptik.http://rmovizar. Seiiring berkembangnya CBIS. merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai. manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan.gunadarma. Setelah penerapan. SISTEMKONSEPTUAL Sebagian Sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri. yang terdiri dari : Siklus hidup suatu sistem bisa berlangsung beberapa bulan ataupun beberapa tahun (dalam satuan bulan atau tahun). membuat basis data. Tanggung jawab keseluruhan manajer dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh spesialis informasi. mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternative. yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme-mekanisme pengendalian dan dari mekanisme pengendalian kembali ke sistem.upi.pdf Evolusi CBIS evolusi dari Computer Based Information System : Pengembangan CBIS mengikuti system life cycle.edu/Direktori/L%20-%20FPEB/PRODI. sebagian tidak. kedua pihak bekerjasama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah.AKUNTANSI/196104051986091%20%20NONO%20SUPRIATNA/SIA-10%20Sistem%20Informasi%20Manajemen. memilih solusi terbaik. Pengendalian dicapai dengan menggunakan lingkaran umpan balik (feedback). Walau banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka untuk pengembangan sistem berbasis komputer.staff. pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus hidup sistem. dan menjaga kemutakhiran sistem.ac. Tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer. manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Ketika manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi. Penentu lama dan yang bertanggung jawab atas SLC berulang ialah pemakai CBIS.doc http://file.

semakin tinggi persentasi ketelitian semakin baik. Sistem ini dapat mengendalikan output dengan membuat penyesuain pada input-nya. Sistem Lingkaran Tertutup. Dimensi Informasi : • Relevansi . model yang digunakan dalam Model Sistem Umum Perusahaan Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri. • Kelengkapan. Sistem Lingkaran Terbuka. informasi harus tersedia saat dibutuhkan agar situasitetap terkendali atau hilangnya kesempatan. b.Mekanisme pengendalian adalah sejenis alat yang menggunakan sinyal-sinyal umpan balik untuk mengevaluasi kinerja sistem dan menentukan apakah tindakan perbaikan perlu dilakukan. Sistem Lingkaran Terbuka Suatu sistem tanpa umpan balik ataupun mekanisme pengendalian. a. Infrmasi yang menyajikan gambaran secara lengkap dari suatu masalah sangat dibutuhkan. • Ketepatan Waktu. Pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut “Lingkaran Umpan Balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian begitu pula sebaliknya. Sistem Lingkaran Tertutup Suatu sistem yang memiliki umpan balik dan mekanisme pengendalian. . Contoh dari mekanisme pengendalian adalah manajemen perusahaan. Tidak terdapat umpan balik dari sistem untuk mempengaruhi perubahan-perubahan dalam sistem. sebagian lagi tidak.informasi memiliki relevansi jika berkaitanlangsung dengan masalah yang dihadapi • Akurasi.

para anggota kelompok dapat berkomunikasi secara langsung atau melalui GDSS.Pengendalian Manajemen. Pemecah masalah dapat mewakili sebuah komite atau tim proyek. Menggunakan urutan laporan untuk menyoroti perkecualian 3). Perangkat lunak penulisan laporan Laporan periodik = disiapkan sesuai jadwal Laporan khusus = disiapkan ketika sesuatu yang luar biasa terjadi Menyatukan Management by Exception ke dalam laporan à konsep yang memungkinkan manajer hanya memperhatikan aktifitas yang layak mendapatkan perhatian manajemen Dapat disatukan dalam satu laporan melalui 4 cara : 1). Mengorganisasi pendapat yang muncul dalam kelompok 2. Menunjukkan varians dari normal Perangkat lunak GDSS memungkinkan beberapa pemecah masalah bekerja bersama-sama sebagai satu kelompok untuk mencapai solusi. GDSS adalah Suatu sistem berbasis komputer yang mendukung kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam satu tugas (tujuan) bersama dan yang menyediakan interfase bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama. Mengelompokkan perkecualian bersama-sama 4). Pengolah Informasi. Proses yang terjadi pada GDSS : 1. Mengumpulkan informasi . pihak manajemen menerima informasi yang menggambarkan output sistem. Para manajer memperoleh informasi dari sistem yang menghasilkan informasi dari data yang terkumpul. Menyiapkan laporan hanya jika terjadi perkecualian 2). Perjalanan informasi tidak selalu dari sistem fisik kepada manajer.

kalender elektronik. yang terdiri dari : Siklus hidup suatu sistem bisa berlangsung beberapa bulan ataupun beberapa tahun (dalam satuan bulan atau tahun). Pengembangan CBIS mengikuti system life cycle. voice mail. Penentu lama dan yang bertanggung jawab atas SLC berulang ialah pemakai CBIS. Mengumpulkan aspek-aspek pendukung Otomasi perkantoran (Office Automation) Mencakup semua sistem elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan (siapa saja yang menggunakan OA). konferensi komputer. konferensi audio/video. Voice mail ialah Pengiriman pesan dengan mengucapkan ke dalam telepon. berfungsi dan mati. Konferensi audio Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi. dan dekstop publising. 17 Oktober 2010 evolusi CBIS Dalam materi ini saya membahas tentang evolusi CBIS berdasarkan teknologi nya. sekretaris. menyimpan dan mengambil agenda pertemuan (jadwal kerja).3. oleh penerima dapat diambil melalui telepon juga. dan pelengkap serta bukan pengganti. Mengurutkan berdasar prioritas 4. http://samruddin. Surat elektronik /E-mail ialah Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim. Beberapa contoh aplikasi OA yaitu pengolahan kata. imaging. Dalam beberapa hal tiap subsistem CBIS identik dengan organisme hidup yakni lahir. Proses evolusi tersebut dinamakan siklus hidup sistem (system life cycle – SLC). PAX.html Minggu.com/2010/10/evolusi-cbis. matang. dan pesan yang telah terkirim. tumbuh. pemecahan masalah. menyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminak komputer dan alat penyimpanan. E-mail. pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus hidup sistem. Pengolahan kata yaitu Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas yang berkaitan dengan penyiapan dokumen yang tercetak. Kalender elektronik Penggunaan jaringan komputer untuk membuat.tapi pertama saya ingin menjeloaskan terlebih dahulu pengertian dari hal yang menyangkut evolusi CBIS. Tujuan dari OA ialah mengurangi biaya administrasi. Tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer. dan pegawai administrasi.blogspot. Kelompok pemakai OA adalah pekerja terdidik (manajer dan profesional). . Walau banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka untuk pengembangan sistem berbasis komputer.

Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya. Data Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi. informasi. Informasi Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.Jadi pada intinya. Sistem Informasi Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi. Objek yang tidak memiliki kaitan dengan unsur-unsur dari sebuah sistem bukanlah komponen dari sistem tersebut. dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif. baik abstrak maupun nyata. sistem informasi dan basis komputer.sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas. koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Berikut penjelasan masing-masing istilah tersebut. http://onlydirks.blogspot. sistem.com/2010/10/evolusi-cbis. penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Dalam hal ini juga menejleskan bahwa semakin maju dan semakin kedepan dunia teknolohi akan semakin maju dengan atau tanpa system CBIS.Pengertian CBIS Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan. Secara teori. Sistem Sistem merupakan entitas. Berbasis Komputer Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. tepat.html . Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data. cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain.