P. 1
Pemahaman Perilaku Abnormal

Pemahaman Perilaku Abnormal

|Views: 212|Likes:
Published by They Vartha

More info:

Published by: They Vartha on Oct 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2015

pdf

text

original

NIM Nama

: 1011011085 : I Putu Arya Riana Putra

PEMAHAMAN PERILAKU ABNORMAL Mengkaji pada macam-macam psikoterapi. I. Dasar Teori dari teknik-teknik psikoterapi (ada 7 teknik): Psikoterapi adalah suatu interaksi sistematis antara klien dengan terapis yang menyertakan prinsip-prinsip psikolog untuk melakukan perubahan pada perilaku pikiran dan perasaan klien dengan tujuan membantu klien mengatasi perilaku abnormal, memecahkan masalah dalam kehidupan atau berkembang sebagai individu. 1. Terapi Psikodinamika Sigmund Freud merumuskan teori pertama yang mengembangkan model psikodinamika dan mengembangkan model psikoterapi yang disebut psikoanalis untuk membantu orangorang yang menderita akibat gangguan psikologis. Dasar teori Sigmund Freud yakni mebantu individu untuk memperoleh insight mengenai, dan mengatasi konflik bawah sadar yang dipercayai merupakan akar dari perilaku abnormal. Pendekatan Psikodinamika yang lebih baru bertujuan untuk mengungkapkan motif-motif bawah sadar dan menghancurkan resistansi dan pertahanan psikologis. Fokus terapi psikodinamika modern yakni pada peran ego dan bukan pada peran id. 2. Terapi Perilaku Karena fokusnya pada perubahan perilaku bukan perubahan kepribadian atau menggali masa lalu secara mendalam terapi perilaku relatif singkat, berlangsung umumnya dari beberapa minggu sampai beberapa bulan. Terapi perilaku pertama kali memperoleh perhatian yang besar sebagai cara untuk membantu orang mengatasi ketakutan dan fobia, problem yang sudah terbuka resistem terhadap terapi berorientasi insight. 3. Terapi Humanistik Dasar teori dari terapi humanistik berfokus pada apa yang dialami klien saat ini, disini dan sekarang, daripada masa lalu. Bentuk utama dari terapi humanistik adalah terapi terpusat pada individu yang dikembangkan oleh psikolog Carl Rogers. Terapi terpusat individu menciptakan kondisi hangat dan penerimaan dalam hubungan terapiotik yang membantu klien untuk menjadi lebih sadar dan menerima diri mereka sendiri.

seperti REBT. . 6. 7. Terapi Perilaku rasional-emotif. Dasar teorinya berfokus pada pemecahan konflik pada pasangan yang bermasalah. Seperti yang telah dirumuskan oleh psikiater Aaron Beck dan koleganya. 5. terapi kognitif. termasuk pasangan yang menikah dan tidak menikah. 2. Denagn kata lain terapi keluarga ditujukan untuk membantu keluarga yang bermasalah memecahkan konflik dan masalah mereka sehingga keluaraga berfungsi lebih baik sebagai kesatuan anggota keluarga berkurang stressnya akibat konflik keluarga. Terapis elektrik melampaui batasan teoris yang membedakan 1 aliran psikoterapu dengan yang lain. Terapis keluarga juga berusaha menghindarkan salah satu anggota keluarga untuk dijadikan kambing hitam dari suatu masalah keluarga. Terapi Kognitif Terapi kognitif dasar teorinya berfokus untuk membantu klien mengidentifikasi dan memperbaiki keyakinan? Maladaphrf. Terapi Keluarga. Terapi Kelompok Dasar teori kelompok yakni dimana sebuah kelompok yang anggotanya terdiri dari para klien bertemu bersama dengan seorang terapis. Albert Ellis percaya bahwa adopsi dari keyakinan rasional dan self defeating akan meningkatkan masalah psikologis dan perasaan negative. berfokus pada kognisi maladarphf yang mendorong klien untuk mengenali dan mengubah kesalahan dalam berpikir (diskusi kognitif) yang mempengaruhi mood dan menyebabkan bendanya perilaku. Terapi pasangan. Terapi Elektrik Dasar teori terapi elektrik mungkin menggunakan terapi perilaku untuk membantu klien mengubah perilaku maladarphf khusus. Dasr teorinya adalah membantu anggota keluarga berkomunikasi satu sama lain secara lebih efektif.4. jenis berpikir otomatis dan sikap self defeating yang menghasilkan atau menambah masalah emosional. Terapi Keluarga dan Terapi Pasangan. Terapi Kognitif Beck. Ada 2 terapi yang menonjol: 1.

Terapi psikodinamik masa kini biasanya lebih singkat dan lebih terarah dalam pendekatannya menggali mekanisme pertahanan diri. Membantu individu untuk memperoleh insight tentang konflik. Dan hubungan transference klien. cirinya: 1.Ciri-Ciri dari Teknik Tersebut: Terapi Psikodinamika. . 2. dan menyelesaikan konflik yang tidak disadari.

Pendekatan elektik cenderung lebih tua dan lebih berpengalaman. cirinya hanya digunakan dalam membantu orang-orang mengurangi berat badan dan berhenti merokok. 1.Terapi Perilaku. 2. Penerimaan positif tanpa syarat. Cirinya digunakan pada penanganan penyalahgunaan zat . Terapi kognitif behavioral mengintegrasikan pendekatan behavioral dan kognitif dalam penanganan. . Kesimpulannya yakni ciri-ciri terapi perilaku antara lain: 1. Terapi Humanistik. Teknik Pelalihan ketrampilampilan sosial. cirinya: anggotanya terdiri dari para klien yang bertemu bersama dengan seorang terapis. 4. Terapi Kognitif cirinya. Menerapkan prisnsip-prinsip belajar untuk membantu mereka melakukan perubahan perilaku adaptif 2. cirinya: 1. 2. 2. 3. Terapi elektik diberikan untuk satu klien akan berbeda dengan elektik bagi klien lainnya. 2. Terapi Elektik cirinya: 1. Terapis kognitif behavioral memiliki asumsi bahwa asumsi pola berpikir dan keyakinan mempengaruhi perilaku dan perubahan pada kognis (menghasilkan perubahan perilaku yang diharapkan). Bersifat atau menunjukan empati ((kempuan untuk memahami pengalaman dan perasaan seseorang dari sudut pandang orang tersebut) 4. Teknik aversive conditioning. Terapi terpusat individu dari bentuk terapi humanistic bersifat tidak mengarahkan. Tekinik self control. Terapi Kelompok. Modeling: teknik terapi perilaku untuk membantu individu memperoleh perilaku baru dimana terapis atau individu lain mendemonstrasikan perilaku target yang kemudian ditiru oleh klien. Memfokuskan pada pengalaman subjektif dan kesadaran klien pada saat ini. cirinya digunakan pada penanganan kecemasan sosial dan defisit ketrampilan yang dihubungkan dengan skizafrenra. 3. Terapis kognitif cenderung mengadopsi pendekataan yang lebih halus dan bolaboratif dalam membantu klien menemukan dan mengoreksi dishorsi berpikir. cirinya: 1.

Terapi Perilaku Keunggulannya/kelebihan dari teknik desensitisasi sistematis: Mengatasi fobia dengan cara memperlihatkan stimulus fobia yang secara bertahap makin menakutkan sementara individu dilatih untuk tetap merasa sangat santai. Bentuk yang lebih singkat dan kurang intensif 2. Menganalisis antara teknik 1 dengan teknik yang lain (kelemahan dan kelebihan). Terapis tidak memberikan interpretasi secara berkala. cirinya: 1. Kelemahannya: 1. melainkan terlibat dalam pertukaran verbal yang lebih sering dengan klien. Perbaikan komunikasi antar pasangan. Prosesnya diulang sampai gamabr dapat ditoleransi tanpa kecemasan Keunggulan/kelebihannya teknik modeling: 1. Terpinya membutuhkan dialog yang lebih terbuka dan eksplorasi langsung dari pertahanan klien dan transference disbanding bentuk tradisional. 2. Bertujuan mengungkapkan motif-motif bawah sadar dan menghancurkan resistansi dan pertahanan psikologis 3. Terapi Psikodinamika Pada teknik psikodinamika. Penanganannya relatif bertahap. Fokusnya lebih pada hubungan klien 4. meskipun sebagian psikoanalis terus mempraktikan psikoanalis tradisional dengan cara yang sama dengan Freud. Bentuk penanganan yang lebih singkat dan murah atau lebih intensif 2. Lebih sering diguanakan untuk membantu orang mengatasi perilaku fobia 2. Kelemahan psikoanalisis tradisonal yakni: 1. Membantu mengatasi konflik peran 3.Terapi keluarga dan terapi pasangan. Kelebihan psikodinamika (psikoanalitik/terapi psikodinamika)baru: 1. Klien dan treapis umunya duduk berhadapan 3. berfokus pada klarifikasi komunikasi keluarga 2. Cara yang digunakan yakni mendemonstrasikan perilaku target yang ekmudian ditiru klien 3. Relatif singkat Kelemahannya: .

2. Terapi Perilaku Rational emosi (Albert Ellis) Kelemahanya : 1. REBT dan terapi kognitif Beck mempunyai persamaan yakni membantu klien menggantikan pikiran dan keyakinan self defeating dengan yang lebih rasional. 3. Terapis secara aktif mendapat keyakinan irasional klien dan premis-premis yang mendasar dan membantu klien untuk mengembangkan keyakinan alternative dan adaptif. Persamaannya dengan terapi psikodinamika yakni keduanya mengasumsikan bahwa masa lalu mempengaruhi perilaku dan perasaan pada masa kini. Kelebihan : 1. Terapi Kognitif Ada dua tipe terapi kognitif yang masing-masing terdapat kelemahan dan kelebihan. Kelemahan : 1. Lebih banyak psikoterapis mengidentifikasikan diri dengan orientasi ontegratif disbanding orientasi teraprutik lain.Tidak mudah memunculkan kemungkinan /keberanian pada diri klien meskipun didemonstrasikan perilaku target agar ditiru oleh klien Terapi Humanistik Kelebihannya dengan terapi-terapi lainnya: 1. Terapi Eklektik Kelebihanya dengan terapi-terapi lain atau teknik-teknik lain. terapi humanistik juga lebih berfokus pada apa yang dialami klien saat ini – disini dan sekarang – daripada masa lalu. 2. 1. Lebih berfokus pada kog nisi maladaptive. Lebih percaya atau beradaptasikeyakinan irasional dan self defeating akan meningkatkan masalah psikologis dan perasaan negative. Kelebihan : 1. 2. Terapi humanistic berfokus pada pengalaman klien yang subjektif dan disadari daripada terpi psikodinamika yang cenderung pada proses bawah sadar. Terapi yang mengadopsi cenderung lebih tua dan lebih berpengalaman. Bila gagal dalam pemenuhan harapan rasional dapat mengalami konsekuensi emosional yang negative seperti depresi dan berkurangnya self esteem. Kelemahan : Terapi elektik mungkin menggunakan teknik terapi perilaku untuk membantu klien mengubah perilaku maladaptik khusus. Seperti terapis perilaku. . Terapi Kognitif Beck (Aarun Beck).

Terapi pasangan Kelemahan terapi keluarga 1. Sama-sama berfokus pada perbaikan komunikasi dan analisis hubungan peran dengan tujuan memperbaiki hubungan. Privacy klien lebih terjaga tanpa harus membuka masalah individu tersebut pada kelompok lainnya. 3. kesalahan berfikir (model terapi kognitif). . 2. Lebih murah. Lebih efektif dalam menangani kelompok klien dengan masalah yang sama. 4. Klien tidak ingin membuka masalah mereka kepada orang lain dalam kelompok. Fobia ( model terapi psikodinamika dan medel terapi perilaku modeling ). Terapi individu lebih mahal sebab klien ditangani secara personal. keluhan hysteria ( model terapi psikodinamika) dan motif bawah sadar. Terapi Kelompok Terapi kelompok memiliki beberapa keuntungan dibandingkan penanganan individual. Kelemahanya : 1. Terapi keluarga. Terapi kelompok memberi kesempatan pada anggotanya untuk mengatasi masalah dalam berhubungan dengan orang lain. 1. Kelebihan penanganan individual 1. 1. Kelebihanya terapi keluarga dan terapi pasangan 1. Gangguan yang pantas menggunakan model terapi antaralain 1. Kelemahanya: 1. Kelebihan terapi kelompok 1. keyakinan irasional.1. Agorafobia (Terapi kognitif behavioral). Emosi-emosi negatife seperti kecemasan dan depresi. Terapi individual kurang efektif. 2. 3. 1. 2. I. 1. 1. Perilaku obsesif kompulsif. Lebih mengadopsi pendekatan sistem untuk memahami kerja dari keluarga dan masalah yang dapat muncul dalam keluarga. sebab beberapa klien ditangani dalam waktu yang bersamaan.

5. 6. Keluhan yang berhubungan dengan kecemasan. Perilaku maladaptive (terapi elektif lebih banyak digunakan oleh sejumlah besar psikolog klinis dan konseling). . stress (terapi kelompok). depresi. kurangnya ketrampilan social.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->