Kelompok 4 : Riduandi

Fajar Eri Narendra Annory Langga O Muhammad Thoriq Donny Nur P

org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia . Kaidah. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar sipenerima dan pengirim bahasa harus menguasai bahasanya masing . http://organisasi.masing. aturan dan polapola yang dibentuk mencakup tata bunyi.Definisi/Pengertian Bahasa  Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi. tata bentuk dan tata kalimat.

http://organisasi.Bahasa  Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbitrer yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. dan dipakai oleh masyarakat untuk bermunikasi. Arbitrer sendiri tidak adanya hubungan antara lambang bunyi dengan bendanya.org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia .

. Kata-kata yang terucap tersambung menjadi untaian kalimat. Kosa kata yang digunakan bersama-sama dengan bunyi bahasa. membentuk jati diri bahasa tersebut sebagai bahasa alami.Bahasa lisan  Bahasa lisan adalah suatu bentuk komunikasi yang unik dijumpai pada manusia yang menggunakan katakata yang diturunkan dari kosakata dengan berbagai macam nama yang diucapkan melalui organ mulut.

1968.Ragam Bahasa  Suatu ragam bahasa tidak tertutup kemungkinannya untuk menggunakan bentuk kosakata ragam bahasa baku. 1980) http://organisasi.. Spradley. agar dapat menjadi anutan bagi masyarakat pengguna bahasa Indonesia. Jadi yang perlu diperhatikan dalam bahasa lisan adalah cara berbicara. dan topik pembicaraan. (Fishman ed.org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia .

atau dalam kesempatan nonformal lainnya. di pasar. http://organisasi. dan ragam lisan yang nonstandar.org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia .Ragam Lisan  Ragam lisan adalah bahasa yang diujarkan oleh pemakai bahasa. ceramah. Kita dapat menemukan ragam lisan yang standar. misalnya pada saat orang berpidato atau memberi sambutan. misalnya dalam percakapan antar teman. dalam situasi perkuliahan.

Sering dapat berlangsung tanpa alat bantu. e. f.Ciri – ciri Ragam Lisan  a.Kesalahan dapat langsung dikoreksi.Tergantung situasi.Memerlukan orang kedua/teman bicara. .Dapat dibantu dengan gerak tubuh dan mimik wajah serta intonasi. g. ruang & waktu. d. c. kondisi.Tidak harus memperhatikan unsur gramatikal. hanya perlu intonasi serta bahasa tubuh. b.Berlangsung cepat.

Berdasarkan situasi dan pemakaian  Ragam bahasa baku lisan didukung oleh situasi pemakaian sehingga kemungkinan besar terjadi pelesapan kalimat. hal itu tidak mengurangi ciri kebakuannya. ketepatan dalam pilihan kata dan bentuk kata serta kelengkapan unsur-unsur di dalam kelengkapan unsur-unsur di dalam struktur kalimat tidak menjadi ciri kebakuan dalam ragam baku lisan.org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia . Walaupun demikian. karena situasi dan kondisi pembicaraan menjadi pendukung di dalam memahami makna gagasan yang disampaikan secara lisan. Namun. http://organisasi.

intonasi. dan gerakan tubuh dapat bercampur menjadi satu untuk mendukung komunikasi yang dilakukan.Berkomunikasi Dengan Bahasa Lisan  Bahasa lisan lebih ekspresif di mana mimik.org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia . Lidah setajam pisau / silet oleh karena itu sebaiknya dalam berkata-kata sebaiknya tidak sembarangan dan menghargai serta menghormati lawan bicara / target komunikasi. http://organisasi.

 Shinta harus bikin penulisan ilmiah  Dia lagi baca Koran  Ibu bilang kita harus pulang  Mereka tinggal di Menteng http://organisasi.org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia .Contoh bahasa lisan berdasarkan kosakata:  Ibu bilang kala kita harus belajar.

Kesimpulan  Berdasarkan uraian tersebut dijelaskan bahwa bahasa lisan adalah suatu komunikasi pada manusia yang sering di ucapkan oleh mulut dalam kehidupan seharihari dengan mengunakan kata-kata alami dan bunyi bahasa tersebut secara bersama-sama. http://organisasi.org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia .