Disusun Oleh : Eva Rachmawati (13

)

3)Memar sendi. 4) Urai sendi yaitu memar sendi yang diikuti lepasnya ujung tulang dari persendian. gangguan persendian. Apabila tulang yang patah sampai keluar kulit disebut patah tulang terbuka. Gangguan Mekanis Tulang Gangguan mekanis pada tulang dapat terjadi akibat jatuh atau benturan dengan benda keras (pukulan). umumnya terjadi pada tulang pipa. kelainan tulang dapat terjadi akibat infeksi. dan kesalahan sikap.Kelainan dan Penyakit pada Tulang Manusia Orang yang mengalami patah tulang biasanya dirawat dengan memasang ”gips” pada daerah tulang yang patah. dapat diperbaiki karena periosteum akan membentuk kalus (sambungan). Kelainan atau gangguan tersebut sering terjadi dan dapat Anda amati di sekitar Anda. gangguan fisiologis. Gangguan ini dapat menyebabkan hal-hal berikut.14. misal kaki. 1) Fisura atau retak tulang. Selain karena gangguan mekanis (misalnya pada patah tulang). 2) Fraktura atau patah tulang. apabila selaput sendi mengalami robek. Lakukanlah kegiatan berikut agar Anda lebih paham tentang penanganan gangguan mekanis pada tulang . sedangkan jika tidak sampai keluar kulit disebut patah tulang tertutup. A. Menurut Anda apa maksud kaki orang itu ”di gips” Dapatkah tulangnya yang patah itu tersambung kembali? Patah tulang merupakan salah satu dari gangguan atau kelainan pada tulang. Lihat Gambar 4.

Akibatnya pertumbuhan tulang terganggu sehingga bentuk kaki membelok keluar (berbentuk huruf X) atau membengkok ke dalam (berbentuk huruf O). disebut juga megalochephalus.B. 1) Lordosis yaitu jika bagian leher dan panggul terlalu membengkok ke depan. 3) Osteoporosis yaitu pengeroposan tulang yang terjadi karena kekurangan hormon sehingga tulang mudah patah dan rapuh. Gangguan Fisiologis Tulang Gangguan ini mengakibatkan kelainan di antaranya berupa: 1) Hidrocephalus yaitu suatu kelainan yang ditandai pengumpulan abnormal cairan spinal dan terjadi pelebaran rongga dalam otak sehingga kepala membesar. . 3) Skoliosis yaitu jika bagian punggung membengkok ke kanan atau ke kiri. 2) Mikrocephalus yaitu gangguan pertumbuhan tulang tengkorak akibat kekurangan zat kapur saat pembentukan tulang pada bayi. C. Kesalahan Sikap Tulang Kesalahan sikap (misal sikap duduk) dapat mengakibatkan beberapa kelainan berikut. Biasanya terjadi pada anak-anak dalam masa pertumbuhan. 2) Kifosis yaitu jika bagian punggung terlalu membengkok ke belakang. 4) Rakhitis yaitu gangguan tulang karena kekurangan vitamin D.

Asam urat yang tinggi dalam darah diangkut dan ditimbun dalam sendi yang kecil. Biasa terjadi karena usia tua. b) Osteoartritis yaitu suatu penyakit kemunduran. Dislokasi yaitu sendi bergeser dari kedudukan semula. 4) Nekrosis yaitu kerusakan pada cakraepifisis tulang hingga sebagian tulang mati dan mengering. 2. 1) Artritis eksudatif yaitu peradangan pada sendi dan terisi cairan nanah. E. di antaranya sebagai berikut. Artritis dibedakan sebagai berikut. Infeksi Sendi Tulang Kelainan tulang akibat infeksi antara lain sebagai berikut. 3. Artritis yaitu peradangan pada satu atau beberapa sendi dan kadang-kadang posisi tulang mengalami perubahan. Terkilir atau keseleo yaitu tertariknya ligamen akibat gerak yang mendadak. 3) Layuh sendi atau layuh semu yaitu suatu keadaan tidak bertenaga pada persendian akibat rusaknya cakraepifisis tulang anggota gerak. Lakukanlah tugas berikut agar Anda lebih jelas tentang kelainan akibat kesalahan-kesalahan sikap ini. 2) Artritis sika yaitu peradangan sendi sehingga rongga sendi menjadi kering (kekurangan minyak sinoval). c) Reumathoid yaitu suatu penyakit kronis yang terjadi pada jaringan penghubung sendi. D. sendi tulang rawan menipis dan mengalami degenerasi. . Akibatnya ujung-ujung ruas jari tangan membesar.15. biasanya pada jari-jari tangan.Ketiga kelainan pada tulang punggung dapat Anda amati pada Gambar 4. Ankilosis yaitu persendian yang tidak dapat digerakkan karena seolah-olah kedua tulang menyatu. a) Gout artritis yaitu gangguan persendian akibat kegagalan metabolisme asam urat. Gangguan Persendian Tulang Persendian dapat mengalami beberapa kelainan atau gangguan. 4. Kuman sifilis dan TBC juga dapat menyebabkan infeksi sendi. 1. Sendi membengkak dan terjadi kekejangan pada otot penggeraknya.

4. Keseleo / Terkilir / Sprained Terkilir atau keseleo adalah gangguan sendi akibat gerakan pada sendi yang tidak biasa. Kelainan / Gangguan Pada Tulang Belakang / Spinal Manusia 1. Ankilosis / Ankylosis Ankilosis adalah gangguan pada sendi di menyababkan sendi tidak dapat digerakkan di mana ujung-ujung antar tulang serasa bersatu. Salah satu contoh artritis yang terkenal adalah rematik. 3. Skoliosis / Scoliosis / Skeliosis Skoliosis adalah suatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke samping baik kiri atau kanan yang membuat penderita bungkuk ke samping. Kelainan / Gangguan Pada Sendi Manusia 1. dipaksakan atau bergerak secara tiba-tiba.F. Dislokasi / Dislocation Dislokasi adalah gangguan pada sendi seseorang di mana terjadi pergeseran dari kedudukan awal. Umumnya kesleo bisa menyebabkan rasa yang sangat sakit dan bengkak pada bagian yang keseleo. 2. Sublubrikasi Sublubrikasi adalah kelainan pada tulang belakang pada bagian leher yang menyebabkan kepala penderita gangguan tersebut berubah arah ke kiri atau ke kanan. Kiposis / Kyphosis Kiposis adalah suatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke depan yang mengakibatkan penderita menjadi terlihat bongkok 2. . 3. Lordosis Lordosis adalah suatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke belakang yang mengakibatkan penderita menjadi terlihat bongkok ke belakang. G. 4. Artritis / Arthritis Artritis adalah radang sendi yang memberikan rasa sakit dan terkadang terjadi perubahan posisi tulang.

Kelainan bawaan. Mikrosefalus / Microcephalus Mikrosefalus adalah kelainan pertumbuhan terkorak kepala yang menyebabkan kepala penderita terlihat lebih kecil dari normal. I. dll. Degeneratif. Trauma. Osteoporosis Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang rapuh. maupun yang non spesifik. Radang/inflamasi. kelainan metabolik (seperti kelainan tulang pada hiperparatiroid.H. dll 2. Umumnya osteoporisis disebabkan oleh hormon jantan / betina yang kurang sempurna atau akibat kekurangan asupan kalsium untuk tulang. 2. 3. misal:osteogenesis imperfecta. osteomielitis sypilis. Permasalahan mengenai penyakit tulang adalah sangat kompleks. dll 6. 3. dan lain sebagainya. 4. Kelainan/Gangguan Retak Tulang / Patah Tulang / Fraktura / Fracture Fraktura tulang adalah ratak tulang atau patah tulang yang umumnya terjadi akibat benturan. kelainan tulang yang belum diketahui sebabnya (seperti paget’s disease of the bone). dll). Kelainan / Gangguan Fisiologik 1. sindrom marfan. Fraktura tulang sederhana yaitu keretakan tulang yang tidak melukai organ-organ yang ada di sekelilingnya. tekanan. cervical pain. berbagai macam patah tulang akibat kecelakaan dan sebagainya. baik yang spesifik seperti osteomielitis TBC. Rakitis / Rachitis / Rakhitis Rakitis adalah penyakit tulang yang terjadi akibat kurang vitamin D sehingga umumnya menyebabkan bentuk tulang kaki bengkok membentuk huruf O atau X. seperti avitaminosis. mengenai kategori. Kelainan ini bisa primer akibat proses menua. keropos dan mudah patah. atau sekunder akibat kelainan tulang yang lain. kelebihan beban. Fraktura kompleks adalah keretakan tulang yang menyebabkan luka pada organ di sekitarnya. secara umum penyakit pada tulang seperti penyakit pada anggota tubuh lainnya dapat digolongkan sebagai berikut: 1. Termasuk di sini penyakit yang tidak dapat digolongkan dalam kategori di atas. 5. primer dan sekunder termasuk dalam dalam golongan ini. berbagai tumor jinak dan ganas. sindrom Aperts. Contoh: low back pain. Tumor. neck shoulder arm syndrom. .

2. bila tulang yang patah merobek kulit Fisura.    Patah tulang tertutup. ada yang bisa dengan obat-obatan atau dengan bedah. tentu berdasarkan penyakitnya. patah tulang terbuka dan fisura. Berikut ini adalah gambar struktur tulang yang normal dan yang terkena osteoporosis. Patah tulang terbuka.Mengenai gejala dan penatalaksanaan. Kelainan akibat penyakit Osteoporosis Osteopororsis adalah suatu penyakit dimana terjadi penurunan massa tulang (pengurangan jaringan tulang) terutama terjadi pada tulang spongiosa. bila tulang yang patah tidak merobek kulit. Ada yang dapat diobati berdasarkan penyebabnya. bila tulang hanya retak . J. Pada penyakit ini proses penghancuran tulang melebihi proses pembentukan tulang. GANGGUAN DAN KELAINAN PADA TULANG 1. dll. penyinaran. Penyakit ini terjadi terutama pada wanita kulit putih usia lanjut setelah menopause. ada juga yang hanya berdasarkan gejala yang timbul (simtomatis). Kelainan akibat kecelakaan Fraktura Fraktura atau patah tulang dibedakan menjadi patah tulang tertutup.

Sublubrikasi adalah kelainan pada tulang belakang pada bagian leher yang menyebabkan kepala penderita gangguan tersebut berubah arah ke kiri atau ke kanan. c. Gangguan yang dapat terjadi pada otot antara lain sebagai berikut : 1. Kifosis yaitu tulang belakang bagian punggung dan pinggang terlalu membengkok ke belakang. Skoliosis yaitu tulang belakang terlalu membengkok ke samping kanan atau kiri. Stiff atau kaku leher yaitu leher terasa kaku dan terasa sakit jika di gerakkan. 4. Atrofi yaitu keadaan otot mengecil sehingga tidak mampu berkontraksi. d. kekurangan kapur akan menyebabkan penyakit osteomalasia. b. Kelainan akibat kekurangan gizi Kekurangan vitamin D Vitamin D atau kalsiferol adalah vitamin yang diperlukan untuk kalsifikasi (penulangan) pada tulang. oleh karena itu. Pada mamalia. Stiff dapat terjadi akibat karena adanya peradangan pada otot trapesius leher 3. Hernia abdominalis yaitu sobeknya dinding perut yang lemah sehingga usus merosot ke bawah. Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis. Kelainan karena sikap tubuh yang salah a. K. biasanya dapat terlihat pada pertumbuhannya yang terganggu dari kaki berbentuk O atau X. GANGGUAN ATAU KELAINAN PADA OTOT Otot adalah alat gerak aktif.3. 2. . vitamin D dapat disintesis oleh tubuh dari provitamin D dengan bantuan ultraviolet. sedangkan pada orang dewasa. Lordosis yaitu tulang belakang bagian leher dan punggung terlalu membengkok ke depan. jika terjadi gangguan pada otot maka akan sangat menganggu sistem gerak.

Kram yaitu kontraksi otot atau sekumpulan otot yang terjadi secara mendadak dan singkat . 5. Umumnya kesleo bisa menyebabkan rasa yang sangat sakit dan bengkak pada bagian yang keseleo. 6. Hipertrofi yaitu kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus menerus secara berlebihan. GANGGUAN ATAU KELAINAN PADA OTOT Sendi merupakan hubungan antartulang sehingga tulang dapat digerakkan. Sehingga menyebabkan otot menjadi kejang-kejang. kram dapat terjadi karena kurangnya aliran darah ke otot. Dislokasi / Dislocation Dislokasi adalah gangguan pada sendi seseorang di mana terjadi pergeseran dari kedudukan awal. Salah satu contoh artritis yang terkenal adalah rematik. Sprained atau terkilir atau keseleo adalah gangguan sendi akibat gerakan pada sendi yang tidak biasa. 2. Gangguan yang dapat terjadi pada persendian adalah sebagai berikut: 1. dipaksakan atau bergerak secara tiba-tiba. 3. L.4. Tetanus yaitu kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Artritis adalah radang sendi yang memberikan rasa sakit dan terkadang terjadi perubahan posisi tulang. . Ankilosis adalah gangguan pada sendi menyababkan sendi tidak dapat digerakkan di mana ujung-ujung antar tulang serasa bersatu. Hubungan dua tulang disebut persendian(artikulasi). 4.