 o o o

o o o o 

Direktur Direktur merupakan pimpinan tertinggi perusahaan yang diangkat oleh dewan komisaris, adapun tugas-tugas direktur adalah: Memimpin seluruh dewan atau komite eksekutif Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi (biasanya bekerjasama dengan MD atau CEO) Memimpin rapat umum, dalam hal: untuk memastikan pelaksanaan tata-tertib; keadilan dan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat; menyesuaikan alokasi waktu per item masalah; menentukan urutan agenda; mengarahkan diskusi ke arah konsensus; menjelaskan dan menyimpulkan tindakan dan kebijakan Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar Memainkan bagian terkemuka dalam menentukan komposisi dari board dan sub-komite, sehingga tercapainya keselarasan dan efektivitas Mengambil keputusan sebagaimana didelegasikan oleh BOD atau pada situasi tertentu yang dianggap perlu, yang diputuskan, dalam meeting-meeting BOD. Menjalankan tanggung jawab dari direktur perusahaan sesuai dengan standar etika dan hukum, sebagai referensi dalam penyelesaian masalah Accounting Merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara komprehensif dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung pencapaian target financial perusahaan. Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan. Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan. Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan. Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan. Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan. Manajer Marketing

o o

o

o

o

o

o 

Memonitor perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan kapasitas produksi terisi secara optimal Memonitor jumlah stock seluruh Dept. Sales & Marketing untuk memastikan umur stock perusahaan tidak melebihi target yang telah ditentukan. 1) 2) 3) a Marketing. jadwal kunjungan serta system promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan. produk yang akan dilaunching. Executive Ass. dan peraturan intern perusahaan serta menerapkan manajemen biaya. untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal. sistem. mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan pemasaran bersama S & M Supervisor(s) untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien. 1) 2) a c.o o o o o o o Merencanakan. a f. 1) 2) a b. a d. terdiri dari : Food Production Food and Beverage Service Room Division. antara lain: a. Menentukan harga jual. terdiri dari : Reservation Convention Purchasing Engineering Accounting Personnel F & B Division. untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan Menerapkan budaya. Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan Menganalisa dan memberikan arah pengembangan design & warna. Manajer a Kedua bagian ini memiliki subordinat. terdiri dari : Housekeeping Front Office . a e. General Manajer b.

Kantor Depan. termasuk pengamanan terhadap asset tidak bergerak perusahaan Tugas dan tanggung jawab : 1) Melaksanakan penjagaan dengan maksud mengawasi masuk/keluarnya orang atau barang dan mengawasi keadaan atau hal-hal yang mencurigakan di sekitar tempat tugasnya 2) Melakukan perondaan di sekitar kawasan kerjanya menurut rute dan . dengan fungsi : Pelayanan Pemesanan Kamar (reservation service) Pelayanan Penanganan Barang-barang tamu (porter/bell captain/desk service) Pelayanan Informasi (Information service) Pelayanan Check-in dan Check-out Tamu (reception atau Front Office) Kasir Kantor Depan      Nama Jabatan : Karyawan Hubungan Organisas i : Bertanggung jawab kepada Manajer Ringkasan pekerjaan : Melaksanakan kegiatan operasioanal Margo Sport Centre setiap harinya Tugas dan tanggung jawab : 1) Menumbuhkan antusiasme pelanggan sepanjang waktu – Menyambut dan berinteraksi dengan setiap pelanggan – Member ikan tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan dan mengucapkan terima kasih kepada setiap pelanggan 2) Memelihara kualitas operasional Margo Sport Centre – Mengikuti kebijakan dan prosedur operasional yang ada – Bertindak secara professional dengan mempergunakan “Keterampilan seorang Bintang” dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua pelanggan dan mitra kerja 3) Keuangan – Menginput transaksi pada mesin cash register dan menerima pembayaran dari customer – Membuat laporan transaksi harian yang dikirimkan kepada bagian Finance & Marketing • Nama Jabatan : Kebersihan Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Manajer Ringkasan pekerjaan : Memelihara kebersihan area Margo Sport Centre setiap harinya Tugas dan tanggung jawab : 1) Melaksanakan tugas kebersihan sesuai dengan daftar nama tugas dan mengikuti standar pembersihan dan bekerja sebagai bagian dari tim 2) Bertindak secara profesional dengan mempergunakan “Keterampilan seorang Bintang” dalam melaksanakan tugasnya • Nama Jabatan : Keamanan Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Manajer Ringkasan pekerjaan : Menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan / kawasan kerja.Sedangkan masing-masing bagian dapat dijabarkan sbb : A.

6) Memegang kunci Margo Sport Centre. kecuali kunci ruangan Office Management dan gudang Nama Jabatan : Finance & Marketing Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Manajer Ringkasan pekerjaan : Bertanggung jawab terhadap keuangan dan melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan dan membangun image yang baik tenatang perusahaan Tugas dan tanggung jawab : 1) Tanggung jawab keuangan – Melaporkan secara berkala mengenai penggunaan dan pemasukan dana perusahaan – Mencatat pengadaan dana secara utuh dan tetap pada waktunya – Membuat laporan keuangan tahunan – Mengatur A/R dan A/P perusahaan serta pembayaran pajak – Menjalankan tugas yang diberikan oleh Manajer untuk melakukan kegiatan keuangan dalam pencapaian tujuan perusahaan – Mengelola dana anggaran perusahaan untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan – Mengkaji biaya produksi yang tinggi – Menghitung gaji bulanan karyawan – Membayar pembelian perlengkapan dan peralatan kantor – Memegang kunci cadangan ruangan kantor yang dibawa pulang 2) Tanggung jawab pemasaran – Mengatur kebutuhan dan keinginan pasar potensial – Mengatur pemberian fasilitas dalam promosi dan penjualan – Mengatur produk yang lebih efektif dan efisien – Bertanggung jawab untuk mencari dan mendapatkan prospek .waktu tertentu dengan maksud mengadakan penelitian dan pemeriksaan terhadap segala sesuatu yang tidak wajar dan tidak pada tempatnya yang dapat atau diperkirakan menimbulkan ancaman dan gangguan 3) Mengadakan pengawalan uang/barang bila diperlukan dan disesuaikan dengan kebutuhan 4) Mengambil langkah-langkah dan tindakan sementara bila terjadi suatu tindakan pidana. badan atau harta benda orang banyak serta memberikan pertolongan dan bantuan penyelamatan. antara lain sebagai berikut : – Mengamankan tempat kejadian perkara – Menangkap pelakunya (hanya dalam hal ketangkap tangan) – Menolong korban – Melaporkan / meminta bantuan Polri 5) Memberikan tanda-tanda bahaya atau keadaan darurat melalui alat alarm dank kode-kode / isyarat-isyarat tertentu bila terjadi kebakaran. bencana alam atau kejadian-kejadian lain yang membahayakan jiwa.

House Keeping. kerapian dan kelengkapan kebutuhan ruangan umum Staf-staf Pembantu : . 2. dan keperluan-keperluan lain) Room Supervisor : Bertugas melaksanakan pengawasan terhadap proses pekerjaan yang dilaksanakan oleh Roomboy   Bagian Ruangan Tamu (Public Area Supervisor) yang dibantu oleh Houseman Tanggung Jawab : menjaga dan atau memeliharakebersihan. dan per periode  akuntansi  – Memastikan semua mesin pencatat transaksi dan penanganan uang  tunai berfungsi dengan baik aTanggung jawab personalia – Melatih dan mengembangkan karyawan agar dapat memenuhi standar perusahaan dalam beroperasi dan melayani pelanggan – Mendorong keikutsertaan karyawan untuk mencapai target perusahaan dan rencana peningkatan – Menentukan susunan kebutuhan karyawan harian dan mingguan. dengan fungsi sbb : Bagian Kamar Tamu (Room Supervisor) yang dibantu oleh room boy Tanggung Jawab : Menjaga dan/atau kebersihan.pelanggan atau proyek baru – Bertanggung jawab untuk menindaklanjuti proyek agar prospek dapat berubah menjadi pelanggan – Bertanggung jawab atas hubungan perusahaan dengan pihak luar Nama Jabatan : Manajer Hubungan Organisas i : Bertanggung jawab kepada pemilik usaha Ringkasan pekerjaan : Bertugas memimpin dan menangani hal-hal yang berkaitan dengan operasional perusahaan baik internal maupun eksternal Tugas dan tanggung jawab : 1) Tanggung jawab keuangan  – Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut keuangan  perusahaan baik operasional sehari-hari maupun kebutuhan yang  bersifat tidak terjadwal  – Berkontribusi terhadap profitabilitas Margo Sport Centre dengan  mencar i peluang untuk meningkatkan penjualan. dan menjadwalkan waktu libur karyawan – Memecahkan persoalan dan keluhan dari para karyawan. membuat keputusan rekruitmen dan penghentian karyawan. mewawancarai. handuk. kerapihan dan kelengkapan kamar-kamar tamu Staf-staf Pembantu : 1. melakukan evaluasi kerja dan peninjauan gaji serta membuat teguran untuk karyawan manakala perlu       B. a Room Boy : Bertugas melaksanakan pembersihan. menjadwalkan dan membagi secara adil jam kerja karyawan. melakukan seleksi calon karyawan. merapikan dan melengkapi kebutuhan tamu di kamar (seperti sabun mandi. mengatur  persediaan barang serta mengontrol biaya produksi dan tenaga kerja  – Memanage laporan keuangan harian. mingguan.

dan pelipatan sehingga siap untuk dipergunakan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran (yang harus diketahui bagian ini)      a E. melakukan langkah-langkah pemasaran yang berurutan. kamar mandi.Klasifikasi Metode Pelayanan Makanan ………. 3. merapikan dan melengkapi kebutuhan ruangan umum. 2. Pengendalian Produksi Makanan : Perkiraan Produksi. Record Penjualan Minuman. Pencegahan Kecurangan. dan restoran.Prosedur Pembelian ……….seragam karyawan hotel. Standard Hasil Pengolahan Minuman. Room Supervisor : Bertugas melaksanakan pengawasan terhdap proses pekerjaan yang dilaksanakan oleh Houseman  Bagian Linan (Linen Section) Tanggung Jawab : bagian yang bertanggung jawab atas penyimpanan. Standar Ukuran Porsi Minuman Pengendalian Biaya Makanan dan Minuman: Analisis Pendapatan dan Pengeluaran.  Bagian Binatu (Loundry Supervisor). melakukan pemasaran berkelanjutan. Pencegahan terhadap bahan yang terbuang. Prinsip-prinsip Awal Pemasaran Lingkungan Pemasaran Hotel Konsep Pemasaran Peningkatan Penjualan Proses Manajemen Promosi Bagian Personalia . yaitu linan yang dipergunakan di kamar tidur. juga bagian ini menerima pekerjaan cucian tamu (valet) dan juga pencucian pakaian. a Houseman : Bertugas melaksanakan pembersihan. melakukan riset pemasaran. a Executive Housekeeper : memiliki tanggung jawab atas kelengkapan dan kebersihan jenis-jenis linan yang digunkan oleh hotel. selain itu. Manajemen Informasi  Bagian Pelayanan : ………. kelengkapan. yang dibantu oleh washer attd Tanggung Jawab : Melaksanakan pemeliharaan seluruh jenis linan yang dipergunakan oleh operasional hotel.Pengendalian Produksi Makanan a D. pengeringan. bagian ini juga memberikan masukan-masukan ataupun saran-saran tentang kualitas jenis linan yang akan dibeli.Kebijakan : Kebijakan Financial. kegiatan pemasaran merupkan upaya seluruh unit yang ada dalam hotel ini. kriteria menu. Standard hasil Pengolahan. kebersihan dan kerapihan seluruh jenis-jenis linan yang dibutuhkan untuk keperluan operasional Hotel. Makanan dan Minuman (Food and Beverage)  Bagian Produksi : 1. melakukan kerja sama dengan usaha-usaha yang ada di dalam usaha pariwisata. Record Penjualan Makanan. Penetapan Harga. 2. ………. jenis menu ………. Standard Resep Makanan. penyediaan.Daftar Makanan dan Minuman (Menu) : disesuaikan dengan tiga kebijakan di atas. isi menu.1. Standard Ukuran Porsi Makanan Pengendalian Produksi Minuman : Perkiraan Produksi. Kebijakan Pemasaran dan Kebijakan Catering………. Staf-staf Pembantu : 1. Putaran Menu. Pemeliharaan tersebut dilakukan dengan cara pencucian. Bagian Pemasaran Yaitu : berfungsi memuaskan kebutuhan. keinginan dan tujuan-tujuan tamu. Standard Resep Minuman.

Mengkoordinasikan penyiapan dan mengawasi kelancaran acara event/function 9. 3. Menyusun anggaran FB Production kitchen. Menyusun rencana kerja dan menilai pelaksanaanya 3. pengikhtisaran. Bagian Pembelian Bagian ini memiliki kewajiban untuk melakukan pembelian bahan/barang yang diperlukan untuk operasionalisasi pelayanan hotel ini. Merumuskan kebijaksanaan pengendalian biaya operasional 5. Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung 6. Mengusulkan kepada atasan. Assistant Food & Beverage Manager Uraian tugas dan tanggungjawabnya: 1. Food & Beverage Director Uraian tugas dan tanggungjawabnya: 1. Mengawasi jadual operasional bawahannya 4. Menjalin hubungan dengan rekan dan tamu 11. sistem penyajian. Menyelenggarakan briefing di dalam departemen 8. Mengkoordinasi kegiatan operasi di outlet food & beverage service 2. Memonitor pelaksanaan store room requisition 6. strategi penjualan. Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan antar kitchen. Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik . Bagian Akuntansi Yaitu berfungsi : melakukan pencatatan. Melakukan analisa tentang pesaing 3. Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan 7. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan 7. F&B service dan stewarding 5. Melaksanakan kelancaran operasional berbagai kegiatan yang ada kaitan kerja dengan food & beverage department 8. Memonitor hasil inventaris fisik di bagian kitchen. tentang penyesuaian prosedur dan kebijakan di lingkungan food & beverage department jika diperlukan 2. Memberi arahan dan petunjuk kepada bawahan . dan penyajian hasil transaksi-transaksi a G. Mengkoordinasi persiapan dan mengawasi kelancaran penyelenggaraan function/event 3. penggolongan. mengarahkan pelaksanaan serta menilai keberhasilan 2. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan 12. Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan 10. F& B service dan stewarding 2. Restaurant & Bar Manager Uraian tugas dan tanggungjawabnya: 1. Menetapkan menu.Mengorganisasi seluruh data – data mengenai pekerja – pekerja yang ada di hotel ini a F. F&B service dan Stewarding 4.

Mengatasi keluhan tamu 9. Memeriksa personel hygiene. Melengkapi kelengkapan. grooming dan sanitasi 8. Membantu untuk membuat laporan monthly report F&B sales 6. Membuat jadual kerja bawahan 15. Mengawasi disiplin bawahan 16. Memeriksa kelengkapan. Melakukan penilaian kerja bawahan 18. Mengawasi dan membantu kelancaran ketepatan pelaksanaan pelayanan penjualan dan penyajian makanan dan minuman 6. Membantu head waiter melaksanakan tugasnya 2. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat . Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik 11. Assistant (Head Waiter Captain) Uraian tugas dan tanggungjawabnya: 1. Menjalin hubungan baik dengan tamu 12. Membantu kelancaran pelaksanan inventaris pisik 12. Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan clear up 11. 5. Membuat repair dan maintanance order 7. grooming and sanitasi 10. Menjalin hubungan baik dengan tamu 14. 4. Mengatur pembagian “station” 7. Meneliti ketepatan daily sales report 4. Membuat daily sales report 4. Mengani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan 8.4. Menangani langsung pelayanan tamu VIP 8. Menangani permasalahan tamu 17. Menyelenggarakan briefing harian. ketepatan pengadaan”store room requisition” 13. Menjalin dan membina hubungan dengan tamu 5. ketepatan dari mise en place 3. Menangani langsung pelayanan tamu VIP (Very important Person) 10. Mengawasi dan mengarahkan kelancaran pelayanan bawahan 10. Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan 7. Mengawasi penyimpangan penggunaan par stock 2. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat 12. Mendampingi sous chef dalam penataan buffet 9. Memonitor dan mengawasi personal hygiene. Menangani keluhan tamu 6. Melengkapi penyimpanan dan penggunaan par stock 5. Head Waiter Uraian tugas dan tangungjawabnya: 1. Menangani dan mengawasi langsung pelayanan tamu VIP 11. Memeriksa kelengkapan dan ketepatan dari “mise en place” 3. Mengarahkan dan mengawasi kelancaran pelayanan di restoran 5. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat . Menangani dan memonitor suatu perubahan dan penyimpangan dalam kegiatan operasional 9.

Menangani permasalahan tamu 16. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat 8. Melaksanakan dan mengikuti perintah captain dalam menjalankan tugas-tugasnya 11. Melakukan pembersihan area kerja 12. Memelihara suasana kerja yang sehat 4. Room Service Order Taker Uraian tugas dan tanggungjawabnya: 1. Mengatur pembagian “station” serta mengawasi pelaksanannya 9. standard receipt.6. Mengarahkan. Mempersiapkan kelengkapan tehnis pelayanan 2. Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik 12. supplies 8. Melakukan penyiapan table set up dan clear up 10. grooming dan sanitasi 10. Melakukan penilaian kerja bawahan 17. mengawasi kelancaran pelayanan 7. Menghadiri briefing harian 7. Mengawasi disiplin bawahan 15. Melaksanakan persiapan set up-mise en place 3. penyajian. standard beverage cost bersama dengan F&B cost control 6. penggunaan bar stock 2. Memeriksa personel hygiene. Mengawasi kelancaran. pencatatan room service order dan menyampaikan kepada room service captain 2. Mengatasi keluhan tamu 8. Melakukan pelayanan langsung kepada tamu 4. Waiter/ Waitress Uraian tugas dan tanggungjawabnya: 1. Menghadiri briefing head waiter . Menyusun standard portion. Chief Bartender Uraian tugas dan tanggungjawabnya: 1. Melaksanakan penyajian hidangan kepada tamu 6. Menjalin hubungan dengan tamu 13. Mengawasi penyimpanan. wares. Membuat daily sales report 4. Melaksanakan clear up dari meja tamu 7. Mengambil pesanan/order tamu dari captain untuk diteruskan kepada kitchen 5. ketepatan pelaksanaan mixing drinks. Mempersiapkan dan mengambil kebutuhan linen napkin. Menyarankan dan membantu tamu dalam pemilihan menu 3. Mengumpulkan dan mengantarkan soiled linen dan dirty dishes ke laundry/stewarding 9. Menangani penerimaan. Memeriksa kelengkapan. ketepatan dari mise en place 3. Menangani langsung pelayanan tamu VIP 11. Melengkapi kelengkapan. ketepatan pengadaan”store room requisition” 13. penjualan dan pelayanan 385 5. Membuat repair dan maintanace order 14.

etika menerima telepon. dan mengevaluasi karyawan front office 10. Front Office Manager melaporkan tugasnya kepada General Manager dan staff bawahan dari Front Office Manager adalah staff dari front office. Ringkasan pekerjaan Duty Manager adalah mendukung pekerjaan operasional . b) Membuat jadwal kerja Duty Manager. 2) Deskripsi Pekerjaan Assistant Front Office Manager 19. a) Menyeleksi. Front Office Supervisor. c) Memantau operasional di front office 24. GRO. h) Menangani keperluan tamu yang membutuhkan bantuan 29. d) Menyambut tamu VIP 13. f) Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu. menempatkan. Tugas pokok dari Front Office adalah : 9. a) Membantu pekerjaan front office manager dalam hal control dan administrasi 22. e) Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diselesaikan oleh bawahannya 14. Area kerja Front Office Manager adalah Front Office area. Ringkasan pekerjaan Front Office Manager adalah menciptakan kepuasan tamu. Area kerja duty manager adalah front office dan seluruh hotel yang ada hubungan dengan tamu di hotel. dan memberikan kesan positif terhadap tamu di area kerjanya. dan mengkoordinir beberapa tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaanya. melatih. 8. menganalisis operasi. dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan dan rata – rata harga kamar 18. g) Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan memberikan peringatan dan sanksi bagi yang melanggar ketentuan 16. receptionist. i) Membuat budget tahunan. c) Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar 12. 3) Deskripsi Pekerjaan Duty Manager 30. dan standard operasional yang ada di hotel 11. Staff bawahan dari Assistant Front Office Manager adalah Duty Manager. g) Menghadiri briefing pagi manajemen hotel dan mewakili front office manager saat berhalangan hadir 28. dan Business center. dan Business center. 20. tingkat hunian maupun keuntungan dan kerugian di bagian kantor depan 15. f) Terjun langsung ke operasional hotel pada saat tamu ramai 27.5. Ringkasan pekrjaan assistant front office manager adalah membantu kelancaran tugas di front office. h) Meningkatkan kualitas dan prestasi karyawan yang berprestasi denagn memberikan penghargaan 17. menggantikan front office manager ketika berhalangan. Area kerja Assistant Front Office Manager adalah Front Office area. Tugas pokok Assistant Front Office Manager adalah 21. d) Mengarahkan dan mengawasi terhadap pekerjaan reception dan conclerge 25. dan Supervisor level lainnya di department Front Office. b) Memastikan bahwa semua staff di front office menguasai sistem komputer hotel. e) Memimpin briefing pada waktu shift malam 26. 7. telephon operator. Executive floor. Deskripsi Pekerjaan Front Office Manajer 6. Executive floor. dan Concierge 23.

4) Executive Lounge Manager 38. 49. Tugas Pokok : 61. f) Menyambut tamu VIP bersama dengan Front Office Manager 37. Tugas pokok : 44. bar. keselamatan training dan pengembangan staf. Area Kerja : 39. a) Membantu tugas front office manager dan assistant front office manajer dalam melaksanakan tugas operasional di front office 32.kantor depan secara menyeluruh dan mengontrol operasional lintas departemen untuk shift tertentu. § Mengarahkan tugas operasional penerimaan tamu di front office . § Melaksanakan evaluasi karyawan dan meninjau penampilan keseluruhan. § Memastikan bahwa laporan dan korespondensi untuk departemen telah terpenuhi dengan tepat dan teliti 45. § Membantu dalam membangun efisien tim dengan memperhatikan kesejahteraan. § Mengawasi dan memesan barang kebutuhan di lantai eksekutif 48. 5) Front Desk Supervisor 56. Area Kerja : 57. b) Mendukung kelancaran proses chek-in dan chek-out di front office 33. § Memastikan bahwa staf mendapat informasi yang cukup mengenai kebijaksanaan hotel sehubungan dengan pemadam kebakaran. § Executive Lounge 40. Atasan langsung Duty Manager adalah Front Office Manager. dan kamar tamu 35. mendiskusikan penampilan dan bidang untuk perbaikan 50. tunjangan dan keamanan. lounge koridor. § Mengawasi para staf selalu melakukan metode dan standar yang telah ditetapkan 51. Assistant Front Office Executive Lounge Manager Executive Assistant Lounge 55. Menjamin kepuasan tertinggi tamu dan staf menurut standar pelayanan sesuai dengan ketentuan di lantai eksekutif serta bertanggungjawab atas segala aspek operasional di lantai eksekutif. d) Mengontrol operasional di seputar front office antara lain : lobby. kesehatan. sedangkan staff bawahan Duty Manager adalah front office supervisor. Memberikan layanan penerimaan dan keberangkatan tamu di hotel dengan memberikan petunjuk kepada staff front desk serta mengontrol kode akses komputer di front desk 60. concierge. § Front Office 58. 52. § Memastikan bahwa jadwal telah ditetapkan dengan baik 46. 53. § Mempelajari dan mengevaluasi operasional dan standar prosedur di executive lounge serta memberikan saran untuk perubahan yang diperlukan. c) Menangani kesulitan tamu dan staff di front desk 34. e) Membuat laporan setiap shift tentang temuan dan kejadian selama jam kerjanya 36. guest relation officer. Susunan Organisasi 54. front office staff. Tugas pokok duty manager adalah: 31. restaurant. Ringkasan Pekerjaan : 42. dan business center secretary. 43. § Executive Rooms 41. § Memastikan bahwa data tamu selalu diperbaharui 47. Ringkasan Pekerjaan : 59.

§ Pintu masuk hotel 72. Area kerja : pusat bisnis 87. Susunan organisasi 84. § Memastikan bahwa semua staff di bagian concierge mendapatkan training tentang hotel sistem. standar penampilan serta filosofi hotel 79. Atasan langsung Business Centre Supervisor : assistant FOM 89. a) Mengawasi staf untuk menjamin kepuasan tamu yang maksimal melalui penghargaan diri dan perhatian yang sangat hangat dan tepat. kedisiplinan dan efisiensi semua karyawan di bawah pengawasannya serta berinisiatif untuk mengambil tindakan bila diperlukan 94. Area Kerja : 71. 88. § Mengimplementasikan visi dan misi perusahaan 81. § Counter 75.62. lobby. § Mengarahkan langkah persiapan penerimaan grup 66. Area kerja : front office. § Memberi persetujuan transaksi paid out tamu untuk jumlah tertentu 64. sosial dan keagamaan 82. Staff bawahan Business Centre Supervisor : Businesss Centre Secretary 90. Ringkasan pekerjaan : mengatur dan mengarahkan segala aspek fungsi dari pusat bisnis untuk mencapai kepuasan yang tertinggi dari tamu. sebagai penyedia informasi tentang aktivitas rekreasi. § Bell desk 74. § Memastikan bahwa sarana komunikasi yang berupa papan informasi (sign board) di lobby selalu benar dan akurat. Ringkasan Pekerjaan : 76. biaya pengeluaran departemen seharihari untuk menjamin bahwa pengeluaran tidak melebihi anggaran. 8. c) Memberikan penilaian terhadap penampilan. § Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diatasi oleh Front Desk Agent 63. 7. § Lobby 73. d) Mengontrol dan menganalisa secara berkelanjutan. § Mengatur jadwal setiap staff front desk 67. pengaturan reservasi tiket pesawat dan angkutan darat serta laut. 92. § Menyediakan peta kota. Tugas Pokok : 78. lobby. Duty Manager Front Desk Supervisor Front Desk Agent 69. 6) Chief Concierge 70. Tugas Pokok : 91. 83. kamar tamu . Memastikan bahwa semua tamu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan di area pintu masuk hotel. Deskripsi pekerjaan Business Centre Supervisor 86. 95. § Memberi persetujuan penggunaan housebank oleh Front Desk Agent 65. 93. Front Office manager Chief Concierge Bellboy. etiket bertelepon. b) Mengatur dan menyediakan arahan yang baik untuk keseluruhan maupun pelakasanaan sehari-hari dan administrasi untuk seemua bagian dalam pusat bisnis. bell desk 77. Doorman 85. § Memberikan training ke staff tentang : prosedur penanganan barang bawaan untuk VIP dan rombongan serta penanganan keluhan tamu 80. Susunan Organisasi 68. Deskripsi pekerjaan Bell Captain 96.

Tugas Pokok : 100. Atasan langsung : Chief Concierge 99. 101. 106.97. 104. room 103. d) Memastikan luggage room bersih dan teratur e) Mengontrol setiap barang yang disimpan atau masih berada di lobby mempunyai f) Mengatur bellboy untuk menyiapkan trolley atau kendaraan barang dalam g) Mengarahkan semua bellboy di setiap shift kerja a) Mengatur tugas setiap bellboy b) Menerima dan menyimpan barang tamu yang dititipkan di concierge c) Mencatat dan membukukan setiap barang tamu yang telah disimpan di luggage tanda pengenal/pass nomor barang yang jelas menjemput bus rombongan yang akan ke hotel . Ringkasan pekerjaan : mengurus barang bawaan tamu pada saat datang. 105. selama menginap di hotel maupun akan pergi meninggalkan hotel 98. 102.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful