Dasar hukumnya ada pada Pasal 56 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, Pasal 41 ayat

(1) Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2004 tentang Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil,setiap perubahan akta catatan sipil dapat dilaksanakan setelah mendapat penetapan Pengadilan Negeri setempat. Yang harus dilakukan oleh anda adalah mengajukan permohonan ganti nama pada Akta Kelahiran kepada Pengadilan Negeri sesuai dengan domisili (tempat tinggal) anda. Lalu setelah penetapan pengadilan negeri tentang perubahan nama tersebut sudah dikeluarkan, wajib dilaporkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta ( sesuai dengan domisili Saudara ) paling lambat 30 ( tiga puluh ) hari kerja sejak diterimanya salinan penetapan Pengadilan Negeri oleh anda untuk dilakukan perubahan nama. Persyaratan perubahan nama di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta adalah sebagai berikut : 1. Penetapan PN tentang Perubahan Nama ; 2. Kutipan Akta Kelahiran ybs; 3. KK dan KTP; 4. Akta Perkawinan orang tua Akta Kelahiran merupakan bukti otentik mengenai identitas seseorang, sehingga dalam pembuatan dokumen lainnya ( termasuk ijazah, KTP dan Paspor) harus berpedoman pada akta kelahiran. Dengan demikian setelah nama anda dalam akta kelahiran diganti, sebaiknya anda juga mengajukan penggantian nama pada dokumen-dokumen yang lainnya lainnya. Lalu, jangan lupa buat bubur merah dan bubur putih..

Fotokopi Kartu Tanda Penduduk. Catatan Sipil selanjutnya akan membuatkan catatan pinggir pada register akta Pencatatan Sipil dan kutipan akta Pencatatan Sipil. Atas usul seorang teman. Berdasarkan pasal 93 ayat (2) Peraturan Presiden No. Atas bantuan dan kerjasama saya ucapkan banyak terima kasih. Selanjutnya.Bung Pokrol yth. Namun. saya mau tanya. saya bingung karena tidak tahu prosedurnya dan bagaimana akibatnya nanti setelah saya berganti nama terhadap ijasah saya dan surat-surat yang saya miliki seperti surat akte lahir. Kutipan Akta Catatan Sipil. bagaimana cara prosedur ganti nama? Soalnya saya begitu tersiksa dan malu dengan nama saya. Dasar hukum: . Hormat saya. surat-surat sehubungan perbankan. Saya seorang pria tetapi nama saya mirip dan lazim dipakai oleh wanita dan kerap jadi bahan tertawaan teman-teman. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan mengatur bahwa perubahan nama dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan negeri tempat pemohon. Dengan akta kelahiran tersebut. namun akan ditambahkan catatan pinggir oleh petugas catatan sipil mengenai perubahan nama tersebut. Prosedurnya adalah: a) Pemohon mengisi dan menyerahkan Formulir Pelaporan Perubahan Nama dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagaimana disebutkan di atas kepada Instansi Pelaksana atau UPTD Instansi Pelaksana. seperti KTP. Fotokopi Kartu Keluarga. dan lain sebagainya. dokumen-dokumen yang wajib dilengkapi dalam hal pencatatan perubahan nama adalah: a) b) c) d) e) Salinan penetapan pengadilan negeri tentang perubahan nama. sertipikat tanah. Semoga bermanfaat. Pejabat Pencatatan Sipil kemudian membuat catatan pinggir pada register akta catatan sipil dan kutipan akta catatan sipil. pemuda X di Bandung Jawaban : Pasal 52 UU No. untuk akta kelahiran Anda nantinya akan tetap sama dengan akta kelahiran yang lama. surat bukti penyimpanan uang di bank. Demikian sejauh yang kami ketahui. saya disarankan untuk ganti nama dan menghubungi Pengadilan Negeri. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Kutipan Akta Perkawinan bagi yang sudah kawin. sertifikat tanah dll? Mohon nasehat dan petunjuk jelas dari Bung Pokrol. perubahan nama tersebut wajib didaftarkan oleh orang yang berubah namanya tersebut kepada Catatan Sipil yang menerbitkan akta Pencatatan Sipil paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya salinan penetapan pengadilan negeri oleh Penduduk. Anda dapat mengurus perubahan nama Anda pada surat-surat. Perubahan nama selanjutnya akan direkam dalam database kependudukan b) c) Jadi.

dengan menunjukkan : 1.1. Keputusan Pengadilan Negeri setempat 3. Panmud Perdata/Meja 1 (dapat) memberikan penjelasan yang dianggap berkenaan dengan permohonan yang diajukan dan menaksir biaya perkara permohonan tersebut (Besarnya panjar biaya perkara diperkirakan harus telah mencukupi untuk menyelesaikan perkara tersebut / Pasal 182 (1) HIR ) dan . 2. Pemohon mengajukan perkara permohonan dengan menyerahkan surat permohonan secara tertulis yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Kuningan (dilampiri Surat Kuasa dan Kartu PERADI yang telah didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Kuningan apabila dikuasakan kepada advokat) dan diterima di Meja 1 Kepaniteraan Perdata. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Perubahan Nama dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setelah mendapat Keputusan Pengadilan Negeri setempat / foto copy Ganti Nama ( bagi WNI keturunan ). KK / Passport ( bagi WNA ) Permohonan | Prosedur Pengajuan Perkara Permohonan: Pemohon mengajukan perkara permohonan di Kepaniteraan Perdata Pengadilan Negeri Kuningan. Undang-Undang No. dengan prosedur sebagai berikut : 1. foto copy Ganti Nama dan SKBRI bagi WNI keturunan 4. 2.. KTP. Akta Catatan Sipil yang akan dirubah 2.

8. Pemohon menyerahkan kembali bukti setoran yang telah divalidasi oleh bank tersebut kepada Meja 1 . selanjutnya Kasir menerbitkan SKUM atas nama pemohon yang dibuat dalam rangkap 3 (telah di cap LUNAS). Berkas perkara permohonan selanjutnya diserahkan ke Meja II untuk deregister dalam register Perkara Permohonan Tahun yang sedang berjalan dan mengajukan berkas perkara tersebut kepada Ketua Pengadilan Negeri Kuningan Cq. pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kuningan. Berkas perkara permohonan yang telah ditetapkan oleh Wakil Ketua dengan dengan menetapkan dan menunjuk Hakim yang akan memeriksa dan mengadili perkara tersebut. guna menunjuk Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara permohonan tersebut.. untuk diajukan kepada Hakim guna menentukan Hari Persidangan oleh Hakim.. 5.1/1952 ) berikut dengan saksi 2 (dua) orang. Pemohon menerima sehelai salinan surat permohonan berikut Lembar I SKUM.. dan selanjutnya Meja III menentukan dan menugaskan Jurusita/Jurusita Pengganti untuk memanggil pemohon untuk hadir dalam persidangan yang telah tentukan. Berkas perkara yang telah ditetapkan tersebut diserahkan kepada Panitera Pengganti. maka perubahannya pun harus melalui penetapan Pengadilan Negeri seperti tertulis dalam Pasal 52 UU No. memberikan pengantar kepada Pemohon untuk membayar panjar biaya perkara ke Rekening Bank ( SEMA No. 2006 tentang Administrasi Kependudukan. pemohon dapat mengambil Salinan Penetapan permohonan di meja III. dimana Lembar I untuk Pemohon. 23 Th. Lembar II untuk Kasir dan Lembar III untuk dilampirkan dalam berkas selanjutnya membuat dan mencatatnya dalam Buku Jurnal Keuangan Perkara Permohonan dalam Tahun yang sedang berjalan. selanjutnya menunggu Panggilan Sidang yang akan dilakukan oleh Jurusita / Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri Kuningan. Pemohon hadir dalam ruang persidangan sesuai dengan hari yang telah ditentukan untuk itu dengan membawa Bukti surat-Surat dan fotocopy yang telah dinazegellen dengan meterai (SEMA No. untuk selanjutnya dilampirkan dalam Perkara Permohonan yang didaftarkan dan diberi nomor urut perkara sebagai perkara permohonan. setelah membayar leges sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (Peraturan Pemerintah No. diserahkan kembali kepada Meja I untuk diproses dan menunjuk Panitera Pengganti yang akan mendampingi Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara permohonan tersebut. Wakil Ketua. 4.53 Tahun 2008. tanggal 23 Juli 2008).3. Jl Siliwangi Kuningan.. Permohonan yang dikabulkan . Prosedur Ganti Nama Prosedur ganti nama Karena Akta Kelahiran merupakan dokumen hukum... 6.. 9. 7.. 04/2008) pada Rekening Pengadilan Negeri Kuningan. Panitera Pengganti melaporkan kepada Meja III tentang hari sidang tersebut dengan menyerahkan sehelai salianan penetapan Wakil Ketua tentang Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut dan sehelai penetapan Hakim tentang hari sidang untuk diarsipkan dalam berkas perkara.. Berikut penjelasan Kepala Bidang .

Menyertakan dokumen berupa KTP suami-istri. Sudhar Indopa. contohnya.Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta. 1. Akta Perkawinan. Pengadilan Negeri akan memerintahkan Kantor Catatan Sipil tempat Akta Kelahiran tersebut diterbitkan untuk mencatat perubahan nama tersebut. Jakarta Timur. Jadi. mengenai prosedur ganti nama. Pengadilan Negeri akan mengeluarkan amar keputusan. cukup menyertakan KTP. 5. 2. 4. dan Akta Kelahiran. 3. Kartu Keluarga. melainkan cukup di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. sementara ia kini berdomisili di Jatinegara. KK. Berdasarkan amar keputusan yang dikeluarkan Pengadilan Negeri tadi. dan Akta Kelahiran anak yang ingin diubah namanya. Berdasarkan amar keputusan itu pula. Setelah menjalani proses persidangan dengan membawa saksi-saksi (biasanya minimal 2 orang) dan melengkapi bukti-bukti yang diperlukan. di balik lembar Akta Kelahiran akan dibuatkan Catatan Pinggir yang memuat keterangan mengenai perubahan nama tersebut. kalau yang bersangkutan lahir di Aceh. Untuk anak 17 tahun ke atas. maka ia tidak perlu repotrepot mengurus ganti nama di Pengadilan Negeri Aceh. . Orangtua (bagi anak di bawah 17 tahun) atau si anak sendiri (bila sudah 17 tahun ke atas) harus mengajukan permohonan ke Panitia Perdata Pengadilan Negeri setempat (sesuai domisilinya) dengan menyebutkan alasan penggantian nama tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful