P. 1
01. Menggambar Teknik

01. Menggambar Teknik

|Views: 39|Likes:

More info:

Published by: Hidayat BhabyHacker ExconeVers on Oct 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2013

pdf

text

original

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

MENGGAMBAR TEKNIK

Oleh :

Dr. Muh.,Yahya, M.Kes, M.Eng. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Menggambar Teknik

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Pendahuluan
1. FUNGSI GAMBAR TEKNIK Gambar merupakan sebuah alat untuk menyatakan maksud, terutama bagi orang-orang teknik. Oleh karena itu gambar sering juga disebut sebagai bahasa Teknik. Sebagai bahasa teknik, diharapkan sebuah gambar dapat meneruskan keterangan-keterangan secara tepat & obyektif. Sebagai Suatu alat Komunikasi, Gambar mengandung maksud tertentu, yaitu perintah-perintah atau informasi dari pembuat gambar (perencana) untuk disampaikan kepada pelaksana atau pekerja di lapangan (bengkel) dalam bentuk gambar kerja yang dilengkapi dengan keterangan yang berupa kode, simbol yang mempunyai satu arti atau maksud tertentu. Adapun Fungsi Gambar Teknik 1. Sebagai Penyampaian Informasi 2. Sebagai Dokumentasi, pengawetan dan penyimpanan 3. Sebagai Penuangan Gagasan Untuk Pengembangan
Menggambar Teknik

Sebagai Penyampaian Informasi Apabila kita mengamati proses pembuatan produk/komponen mesin. Gambar tersebut digunakan sebagai petunjuk untuk menentukan bentuk dan ukuran-ukuran produk/komponen mesin yang akan dibuat. Menggambar Teknik .Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar 1. selalu kita temukan gambar.

Sebagai Dokumentasi. Untuk ini diperlukan cara penyimpanan . pengawetan dan penyimpanan Gambar merupakan data teknis yang tepat.Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar 2. kodifikasi nomor urut gambar dan sebagainya. Menggambar Teknik . Teknologi dari suatu perusahaan dipadatkan dan dikumpulkan pada gambar. tetapi gambar-gambar digunakan sebagai bahan informasi untuk perencanaan baru di kemudian hari. Oleh karena itu gambar bukan saja diawetkan untuk mensuplai bagian-bagian produk untuk perbaikan.

Menggambar Teknik . sekaligus untuk penuangan gagasan-gagasan baru untuk pengembangan. tetapi berfungsi juga sebagai peningkat daya berfikir.Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar 3. Sebagai Penuangan Gagasan Untuk Pengembangan Dengan demikian gambar tidak hanya melukiskan gambar.

Selain ISO sebagai sebuah badan internasional. dan di Amerika ada ANSI (American National Standart Institute).ketentuan dan aturan-aturan yang berupa Normalisasi atau Standarisasi yang sudah ditetapkan oleh ISO (International Organisation for Standarisation) yaitu sebuah badan/lembaga internasional untuk standarisasi. misalnya Di Jerman ada DIN (Deutsche Indutrie Normen). di Jepang ada JIS (Japanese Industrial Standard). di Belanda ada NNI (Nederland Normalisatie Institut). di negara-negara tertentu ada yang memiliki badan standarisasi nasional yang cukup dikenal diseluruh dunia. STANDARISASI GAMBAR Didalam penggambaran ada ketentuan.Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar 2. Di negara kita pun punya standar nasional pertama namanya SII (Standar Industri Indonesia) sekarang berganti menjadi SNI (Standar Nasional Indonesia). Menggambar Teknik .

operator perakitan. para perencana produk. Orang-orang terkait tersebut antara lain siswa pada kelompok teknologi dan industri.Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Standar gambar teknik merupakan suatu keseragaman yang telah disepakati bersama dengan tujuan untuk menghindari salah pengertian dalam komonikasi teknik. Untuk itu membuat suatu gambar yang baik dan memenuhi syarat serta dapat dipahami oleh orang lain memerlukan peralatan yang memenuhi syarat dan teknik menggambar yang benar Menggambar Teknik . Orang-orang terkait dalam bidang gambar teknik perlu mengetahui tentang standar. operator mesin. mekanik dan pengontrol mutu dari suatu produk/mesin.

dan mesin gambar. jangka. 1. Ukuran pokok kertas gambar adalah Ao mempunyai luas 1m2. mistar dan penggaris segitiga. pensil. meja gambar. Ukuran Ao A1 A2 Panjang (mm) 1189 841 594 Lebar (mm) 841 594 420 Ukuran A3 A4 A5 Panjang (mm) 420 297 210 Lebar (mm) 297 210 148 Menggambar Teknik . rapidograph. mal. sablon.Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Alat-alat Gambar Alat yang diperlukan dalam pembuatan gambar teknik antara lain: kertas gambar. Panjang dan lebarnya mempunyai perbandingan 1 : √2. Kertas Gambar Kertas gambar yang sering digunakan adalah kertas putih dan kertas kalkir. busur derajat.

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Ukuran A 0 Ukuran A 2 Ukuran A 1 Ukuran A 4 Ukuran A 3 Ukuran A 5 Menggambar Teknik .

Pensil Gambar 3. Rapidograph 6. Penghapus dan pelindung Penghapus 10 Meja Gambar dan Mesin Gambar Menggambar Teknik . Mistar Skala 8. Jangka 5. Mistar Gambar/Penggaris Segitiga 4.Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar 2. Busur Derajat 9. Sablon dan Mal Kurva 7.

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Macam-macam Garis dan Penggunaannya Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Penulisan huruf dan angka tegak Macam-macam Huruf dan Angka Penulisan huruf dan angka miring Dasar ukuran diambil dari tinggi h dari huruf besar. Angka perbandingan tinggi dan lebar huruf diambil dari perbandingan ukuran kertas yang distandar yaitu  2. Menggambar Teknik . 14 dan 20 mm.5. 5. Daerah standar tinggi huruf adalah sebagai berikut : 2. 3.5.7.

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Contoh Kepala Gambar Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Penggambaran Garis Gores dan Garis Bertitik Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Jenis Garis Berbagai jenis garis yang biasa digunakan dalam gambar teknik Menggambar Teknik .

Menggambar Teknik .Pd.Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Created By Zulhaji. S.

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar pensil Back Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar penggaris Back Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar jangka Back Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar rapidograph Back Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Sablon dan mal kurva sablon Back Mal kurva Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Back Mal bentuk Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Mistar skala Back Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Busur derajat Back Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar penghapus Back Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Meja dan Mesin gambar Back Menggambar Teknik .

Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Created By Zulhaji. S. Menggambar Teknik .Pd.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->