P. 1
Proposal Penelitian2

Proposal Penelitian2

|Views: 48|Likes:
Published by Mhd Mhd

More info:

Published by: Mhd Mhd on Oct 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/18/2013

pdf

text

original

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLEPADA MURID KELAS VII SMP NEGERI

2 SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA 1.1 Latar Belakang Fungsi utama bahasa Indonesia adalah sebagai alat komunikasi. Semua orang menyadari bahwa interaksi dan segala macam kegiatan dalam masyarakat akan lumpuh tanpa bahasa. Mengingat pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi, maka dalam proses pembelajaran berbahasa juga harus diarahkan pada tercapainya keterampilan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis, maupun dalam hal pemahaman dan penggunaan. Pengajaran bahasa Indonesia pada dasarnya merupakan salah satu sarana mengupayakan pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia secara terarah. Oleh sebab itu proses pengajaran bahasa diharapkan siswa mempunyai kemmapuan yang memadai untuk menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Dalam pengajaran atau proses belajar mengajar guru memegang peran yang sangat penting. Dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan yaitu guru memegang tugas dan tanggung jawab merencanakan dan melaksanakan pengajaran di sekolah. Pembelajaran menulis merupakan salah satu pembelajaran yang sangat penting diajarkan sejak dini. Tanpa memeliki kemampuan menulis yang memadai sejak dini anak SMP akan mengalami kesulitan belajar pada masa selanjudnya. Kemampuan menulis ini juga berkaitan erat dengan budaya industrial yang merupakan salah satu tuntutan pembangunan nasional pada masa yang akan datang. Budaya Industrial 1

menuntut anggota masyarakatnya memiliki wawasan, sikap dan berbagai kemampuan yang cocok untuk budaya tersebut, maka peran semua pihak sangat diharapkan dalam upaya peningkatan kemampuan menulis murid di sekolah SMP. Melalui kegiatan menulis siswa dapat mengekspresikan pikiran dan perasannya. Hasil tulisan-tulisan tersebut dapat berupa karangan, puisi atau surat. Ketika menulis surat, siswa mengekspresikan pikirannya dan mengolah perbendaharaan kata yang di miliki sedemikian rupa sehingga orang yang membaca isi surat tersebut dapat memahami maksud yang disampaikan sipenulis. Tidak hanya itu penggunaan tanda baca dan huruf kapital yang harus sesuai EYD untuk memudahkan pembaca dalam memahmi isi surat. Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan di SMP N 2 Sawang Kabupaten Aceh Utara bahwa siswa belum menguasai materi menulis surat pribadi dengan baik. Kurangnya kamampuan siswa dalam menulis surat, khusunya surat pribadi tidak semata-mata karena siswanya tetapi kurangnya bimbingan dari guru dan kurang tepatnya guru dalam memilih metode dan perdekatan pembelajaran. Selama ini guru lebih mementingkan hasil belajar siswa dari pada proses pembelajarannya sehingga sehingga siswa kurang termotivasi dan antusias karena tidak adanya bimbingan. Guru cenderung memberikan tugas dengan tema atau judul yang telah ditentukan tanpa memperhatikan minat siswa. Kemampuan (Wina Sanjaya, 2006:126) mengemukan bahwa “Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efesien”. Oleh 2

karena demikian, seorang guru harus terlebih dahulu merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya sebelum strategi yang cocok dalam proses pembelajaran oleh guru sangat diperlukan demi terlaksananya pembelajaran efektif dan efesien. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis tertarik untuk mengadakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi dengan strategi example non example pada Murid Kelas VII SMPN 2 Sawang Kabupaten Aceh Utara, alasan peneliti memilih sekolah tersebut karena peneliti pernah melakukan poraktek dan lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal peneliti. Adapun pengertian dari metode example non example menurut Nadhin (2010 : 1) adalah “taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep, taktik ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan 2 hal yang terdiri dari example dan non example dari suatu definisi konsep yang ada, dan meminta siswa untuk mengklasifikasikan keduanya sesuai dengan konsep yang ada” dengan memusatkan perhatian siswa terhadap example dan non example yang diharapkan akan dapat mendorong siswa untuk menuju pemahaman yang lebih dalam mengenai materi yang ada. Sesuai dengan uraian diatas, maka penulis menetapkan judul dalam penelitian ini. Adapun judul dari penelitian ini adalah “ peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dengan strategi example dan non example pada murid kelas VII SMPN 2 Sawang Kabupaten Aceh Utara. 2. Rumusan masalah 3

Berdasarkan latar belakang masalah penelitian diatas maka peneliti menetapkan rumusan masalah dalam penelitian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis surat pribadi pada murid kelas VII SMPN 2 Sawang Kabupaten Aceh Utara dengan penerapan strategi example dan non example ?. 3. Tujuan Penelitian Sesuai dengan latar belakang dan rumusan masalah tersebut maka penulis menetapkan tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dengan strategi exsample non exsample pada murid kelas VII SMP Negeri 2 Sawang Kbupaten Aceh Utara. 4. Mamfaat penelitian 5. Secara Praktis Hasil penelitian ini secara praktis dapat dimamfaatkan oleh guru dan siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek ketrampilan menulis, khususnya menulis surat pribadi. Bagi siswa, hasil penelitian ini dapat dijadikan tolak ukur penguasaan materi pengajaran tentang menulis surat pribadi. Bagi guru, hasil penelitian dapat menjadi acuan dalam rangka penyusunan rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran tentang materi menulis surat pribadi.

4

5 Secara Teoretis Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam rangka penelitian lanjutan khususnya aspek menulis. Selanjutnya dapat dijadikan salah satu model pemecahan masalah yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.

1.5. Ruang Lingkup Penelitian Ruang lingkup penelitian ini adalah tentang menulis surat pribadi pada murid. Fokus penelitian ini adalah : 1) Keterampilan menulis surat pribadi murid kelas VII SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Utara. 2) Kemamupan murid kelas VII SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Utara, untuk menulis surat pribadi dengan baik yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran example non example.

1.6. Definisi Istilah Untuk menghindari kesalahan penaksiran terhadap istilah yang dipakai pada judul penelitian ini, maka perlu dijelaskan definisi istilah Adapun istilahistilah yang dipakai pada judul dalam penelitian ini adalah : 1) Peningkatan adalah proses atau yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai hasil posotif setelah pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan.

5

2) Kemampuan adalah tingkat kesanggupan siswa dalam menerima materi yang diajarkan. 3) Menulis adalah mengemukan (Fakta dan Opini) melalui teks dengan menggunakan bahasa dan struktur artikel yang mudah dimengerti orang lain sehingga pesan yang disampaikan seperti apa yang dimaksud si penulis. 4) Surat pribadi atau surat prive adalah jenis surat yang dibuat dari seseorang yang ditujukan kepada orang lain dengan tujuan tertentu, dan bersifat tidak resmi karena menekankan aspek kekeluargan. 5) Exampel non example adalah strategi belajar yang menggunakan contohcontoh. Contoh-contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD.

6

BAB II TEORITIS

5.1 Hakikat Kemampuan Menulis. Pada dasarnya kemampuan menulis adalah kemampuan seseorang dalam melukiskan lambing-lambang grafik untuk menyampaikan ide tau gagasan yang dapat dimengerti orang lain. Menulis merupakan kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan dengan tulis menulis dapat juga diartikan sebagai cara berkomunikasi dengan mengungkapkan pikiran, perasaan dan kehendak kepada orang lain secara tertulis. Tulisan adalah suatu sistem komunikasi manusia yang menggunakan tanda-tanda yang dapat dibaca atau dilihat dengan nyata. Penulis bisanya menuangkan apa yang ada dipikirkan dengan melibat perhatian para pembacanya, sehingga apa yang ingin disampaikan dalam bacaannya dapat dipahami oleh pembaca. Tarigan (2001:36) mengemukakan “ menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung tidak tatap muka dengan orang lain”. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspretif. Dalam kegiatan menulis ini, penulis harus terampil memamfaatkan grafologi, struktur kata, dan kosa kata. Keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktek yang banyak dan teratur. Selanjudnya Fauzan (2009:2) mengungkapkan 7

pengertian menulis yaitu “mengemukankan gagasan (fakta dan opini) melalui dengan menggunakan bahasa dan struktur artikel yang mudah dimengerti orang lain sehingga pesan yang disampaikan seperti apa yang dimaksud si penulis”. Tujuan menulis juga dapat memberikan arahan, menjelaskan sesuatu, menceritakan kejadian, memberikan informasi tentang sesuatu yang berlangsung disuatu tempat pada suatu waktu, meringkas atau membuat rangkuman suatu tulisan sehingga menjadi lebih singkat. Berdasarkan pengertian diatas, disimpulan bahwa menulis merupakan salah satu kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan, yaitu melukiskan lambinglambang grafik untuk menyampaikan ide atau gagasan suatu kegiatan atau pesan kepada orang lain.

5.2 Pengertian Surat Menurut Soedjito, dkk (1987:1) “ditinjau dari sifat isinya, surat adalah jenis karangan (komposisi) paparan, dan ditinjau dari fungsinya, surat adalah suatu alat atau sarana komunikasi tertulis”. Didalam paparan pengarang mengemukakan maksud dan tujuannya, dan menjelakan apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh pengarang tersebut. Kemudian surat dipandang sebagai alat komunikasi tulis yang paling efesien, efektif, ekonomis, dan praktis. Komunikasi kepada pihak lain secara tertulis misalnya berupa pengumuman, pemberitahuan, keterangan dan sebagainya, akan sampai pada alamat yang dituju sesuai dengan sumber aslinya. 8

Selanjutnya Nurjamal (dalam http//definisi pengertian, blogspot. Com (2010:1) mendefinisikan “surat adalah sarana komunikasi tertulis antara satu pihak dengan pihak yang saling berkepentingan”. Dalam praktik surat menyurat senantiasa ada informasi atau pesan yang disampaikan, ada pihak pengirim dan penerima informasi atau pesan ada media yaitu tulisan kertas tertulis. Surat menyurat akan terjadi bila minimal ada dua pihak yang saling berkepentingan. Dari kedua pengertian diatas, dapat dirumuskan bahwa surat adalah sehelai kertas tertulis atau lebih yang memuat suatu bahan komunikasi berupa pemberitahuan atau permohonan, undangan dan lain-lain antara pihak pengirim dan pihak penerima. Yang disampaikan seseorang kepada orang atau pihak lain, baik atas nama pribadi atau kedudukannya dalam suatu organisasi, instansi atau perusahaan. Kemuadian Y.S Marajo (2000:66) mengemukakan bahwa surat mempunyai fungsi diantaranya:

a. Sebagai alat komunikasi b. Sebagai wakil atau duta c. Sebagai bahan bukti d. Sebagai pedoman untuk mengambil keputusan lebih lanjut e. Sebagai alat memperpendek jarak, menghemat tenaga dan waktu, f. Sebagai alat ingat, g. Sebagai bukti sejarah dan kegiatan.

9

5.3 Jenis-Jenis Surat 5.3.1 Surat Pribadi Berdasarkan jenisnya, surat dibedakan menjadi surat pribadi atau perorantgan, surat resmi, atau surat dinas, surat niaga, atau surat dagang. Yunus, (Fiant, 2008:2) mengemukakan bahwa “surat pribadi ialah surat yang dikirimkan seseorang kepada orang lain atau suatu organisasi ?instansi”. jika surat ini ditujukan kepada seseorang seperti kawan atau keluarga, maka format dan bahasa surat relative lebih bebas. Akan tetapi, bila surat itu ditujukan kepada pejabat atau instansi seperti surat lamaran pekerjaan, ajuan kenaikan golongan atau pengaduan, maka bentuk dan bahasa surat yang digunakan harus resmi. Kemudian, Soedjito, dkk (1987: 14) berpendapat bahwa “ surat pribadi adalah surat yang berisi masalah pribadi yang ditujukan kepada keluarga, teman atau kenalan. Karena sifatnya akrab dan santai, dalam surat pribadi biasa digunakan bahasa ragam akrab atau ragam santai. Surat pribadi atau surat prive adalah jenis surat yang dibuat dari seseorang yang ditujukan kepada orang lain dengan tujuan tertentu. Karena sifatnya yang tidak resmi dan menekankan aspek kekeluargaan, surat pribadi ini menuntut ketidak formalan dalam pemakaian bahasa. Bentuk penulisan surat pribadi bergantung pada tujuan, situasi, dan penerimaan surat.

a. Sifat Surat Pribadi

10

Surat pribadi memiliki sifat tidak terikat oleh aturan-aturan yang mengingat sebagaimana terdapat pada surat-surat resmi. Demikian juga dengan bahasa yang digunakan bergaya bebas, meski sopan dan hormat kadang juga muncul gaya lucu dan penuh humor untuk menunjukkan keakraban. Jika dilihat dari segi isinya, surat pribadi dapat dibedakan atas dua macam beserta sifat-sifatnya antara lain : 1) Surat yang isinya bersifat prive, yaitu surat yang dikirim kepada teman atau kerabat/keluarga. Surat ini memiliki kebebasan dalam pemakaian bentuk dan bahasa. Bentuk surat pribadi boleh menyimpang dari aturan bentuk surat resmi dan bahasanyapun boleh tidak baku. 2) Surat pribadi yang isinya bersifat resmi, yaitu surat yang dikirim kepada pejabat suatu instansi atau kepada organisasi, misalnya surat lamaran pekerjaan, surat kuasa, surat pernyataan. Surat pribadi yang bersifat resmi harus menggunakan bentuk dan bahasa yang baku.

b. Bentuk Surat Pribadi Dari segi bentuk, surat pribadi lebih bersifat bebas dan memiliki ragam bahasa yang penuh kekeluargaan. Namun demikian, surat pribadi tetap terikat pula oleh ketentuan dan etika seperti lazim surat menyurat. Sebagai contoh, surat pribadi yang ditujukan kepada dinas / instansi tertentu atau guru / wali kelas harus memperhatikan ketentuan yang berlaku pada dinas bersangkutan. Bagian-bagian yang terdapat dalam surat pribadi mencakup. 11

1) Tempat dan pembuatan surat Tempat dan tanggal pembuatan surat perlu dicantumkan. Maksudnya, agar sipenerima surat mengetahui bahwa surat tersebut dibuat di desa, kelurahan, kota atau kabupaten mana. Demikian juga dengan tanggal surat harus jelas, misalnya : Surabaya, 30 April 2008 2) Alamat yang dituju merupakan tempat dimana teman, keluarga tinggal, (alamat orang dikirimi surat). Misalnya : Yth, Ibu Wali Kelas X-3 SMAN 1 Bojo Negoro. 3) Salam Pembuka Etika dalam memulai surat menyurat ibarat kita datang bertemu di rumah teman atau orang lain. Salam pembuka dalam kekeluargaan di samping mengucapkan salam, juga berisi sanjungan dan syukur kepada Allah yang telah melimpahkan Rahmat dan kekuatan kita. 4) Isi Surat Isi surat berkaitan erat dengan tujuan surat. Surat tanpa isi dan surat tanpa tujuan ibarat makanan tanpa gizi. Tidak ada surat tanpa tujuan meskipun bersifat kekeluargaan. 5) Kalimat Penutup Kalimat penutup dalam surat menandakan akhir surat, dan juga tentang penegasan surat. 6) Tanda tangan dan nama terang 12

Tanda tangan dan nama terang perlu dicantumkan sebagai bukti agar di ketahui oleh penerima surat.

c. Contoh Surat Pribadi Medan, 12 Nov 2010 Kepada Yth, Ibu Wali Kelas X-3 SMA N 1 Medan diTempat Dengan hormat, Assalamua’alaikum Wr. Wb.

13

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan dan kekuatan sehingga kita masih dapat melaksanakan aktifitas seperti biasa tanpa kurang dari satu apapun

Bersama dengan surat ini, dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada Ibu wali kelas X-3 SMA Negeri 1 Medan, bahwa saya pada hari ini tidak dapat mengikuti proses pembelajaran seperti biasanya, karena saya dalam keadaan kurang sehat.

Demikian surat ini saya sampaikan dengan senenarnya, atas perhatian ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

Wassalam

Maryam

14

Daftar Pustaka Fauzan 2009. Definisi dan Tujuan Menulis (Online) Http//:Fauzan Prince.bog . com/, diakses 25/05/2010. Fiant, 2008. Surat Pribadi (Online) Http//: Featherandfurr. Blogsport.com, diakses 27/06/2010 Karwono, 2008.Penelitian dan Karakteristik Penelitian tindakan kelas. (Online) Http//:karwono. Wordpress.com Diakses 19/05/2010 Kiranawati, 2007 Model Example Non Example (Online) Http//:Guru PKN. Word Press.com Diakses , 29/06/2010 Marajo, Y.S, 2000 , Modern Correspondance Inggris Indonesia Pengetahuan Dasar Surat MenyuratIndonesia : ACI Nadhim, 2010. Metode Example non Example. (Online) Http//: Nadhirin. Blogspot.com diakses 25/06/2010 Rusdy, 2003. Model Pembelajaran alternative. Jakarta :Pusat Setia, Sanjaya , Wina, 2008 Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Bandung : Kencana \ Soedjito, dkk, 1987, Surat menyurat resmi Bahasa Indonesia , Bandung : Remaja Rosdakarya

15

Tarigan, henri Guntur, 1986 Menulis sebagai suatu keterampilan Bahasa, Bandung Angkasa Tim Penyusun, 2008, Pedoman penulisan Skripsi Bireuen Unimus Usman, Dkk, 2008 Penelitian Tindakan Kelas . Banda Aceh : Darussalam Wena, Made, 2008 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang : Bumi Angkasa.

16

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->