P. 1
Makalah IAD

Makalah IAD

|Views: 139|Likes:
Published by Adam Bernadi

More info:

Published by: Adam Bernadi on Oct 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2015

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Rabbil Alamin, puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga tugas kolektif yang berbentuk makalah IAD (ilmu alamiah dasar) materi “bumi dalam alam semesta” dapat terselesaikan tepat waktu, meskipun dengan berbagai macam halangan. Makalah ini disusun sebagai bahan diskusi yang akan kami presentasikan dan merupakan implementasi dari program belajar aktif. Dengan tersusunnya makalah ini, kami dapat mengetahui dan memahami awal dari perkembangan IPA itu sendiri yang sangat koheren dengan kegiatan kita sehari-hari. Semoga dengan tersusunnya makalah ini akan membawa dan memberi serta menambah wawasan kita mengenai IPA yang kemudian dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penyusunan makalah ini, penyusun menyadari masih banyak kesalahannya kekhilafan di dalamnya. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa kami harapkan demi penyempurnaan makalah berikutnya.

Ciamis 20 Oktober 2012 Penyusun

BAB I PENDAHULUAN

1.

Latar Belakang Ilmu alamia (I. A) sering disebut ilmu pengetahuan Alam (IPA) dan akhir-

akhir ini ada juga yang menyebut ilmu kealaman yang dalam bahasa inggris disebut Natural Science atau disingkat sclences dan dalam bahasaindonesia sudah lazim digunakan istilah Sains. I. A merupakan ilmu pengetahuan yang dikaji gejala-gejala alam semesta, termasuk bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan perinsip. Ilmu Alamia Dasar (IAD) yang disebut juga dengan (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsepkonsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

2.

Tujuan Diharapkan kepada mahasiswa/mahasiswi dengan adanya makala ini dapat

memudahkan dan memahami konsep perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala alam sampai terwujudnya metode ilmia yang merupakan ciri khusus IPA

BAB II PEMBAHASAN

A. PEMBENTUKAN TATA SURYA & ALAM SEMESTA Teori Asal Mula Alam Semesta Teori Letusan Hebat Berbagai teori tentang jagad raya membentuk suatu bidang studi yang dikenal sebagai kosmologi. Einstein adalah ahli kosmologi modern pertama. Tahun 1915 ia menyempurnakan teori umumnya tentang relativitas, yang kemudian diterapkan pada pendistribusian zat di luar angkasa. Pada tahun 1917 secara matematik ditentukan bahwa tampaknya ada massa bahan yang hampir seragam yang keseimbangannya tak tentu antara kekuatan tarik gravitasi dan kekuatan olek atau kekuatan dorong kosmik lain yang tak dikenal. Pada tahun 1922 seorang ahli fisika Rusia muncul dengan pemecahan soal itu secara lain, yang mengatakan bahwa kekuatan tolak tidak berperan bahkan jagad raya terus meluas dan seluruh partikel terbang saling menjauhi dengan kecepatan tinggi. Karena kekuatan tarik gravitasi, perluasan itu terus melambat. Sebelumnya, partikel-partikel itu telah bergerak keluar bahkan lebih cepat lagi. Dalam model jagat raya ini dahulu perluasan mulai pada saat yang unik yang disebut “letusan hebat”. Teori letusan hebat rupanya begitu berlawanan dengan pengetahuan astronomi zaman sekarang, yang mula-mula sedikit menarik perhatian. Akhirnya sebanyak bintang dalam galaksi Bimasakti bukannya saling menjauhi satu sama lain, tetapi malahan berjalan dalam orbit sirkular mengelilingi wilayah pusatnya yang padat. Akan tetapi, pada tahun 1929 Edwin Hubble, ketika itu ahli astronomi di Observatorium Mount Wilson, mengemukakan bahwa berbagai galaksi yang telah diamatinya sebenarnya menjauhi kita, dan menjauhi yang lain, dengan kecepatan sampai beberapa ribu kilometer per-detik.

Rupanya galaksi-galaksi ini, seperti halnya Bimasakti kita, menjaga keutuhan bentuk internalnya selama waktu yang panjang. Galaksi-galaksi itu secara sendirisendiri mengarungi angkasa raya, kira-kira sebagain unit atau partikel yang bergerak mengarungi ruang angkasa. Teori Einstein dapat diterapkan pada berbagai galaksi, sebagai ganti bintang-bintang. Teori Keadaan Tetap Kalau kita kembali ke tahun 1948, tidaklah ditemukan informasi yang cukup untuk menguji teori letusan hebat itu. Ahli Astronomi Inggris Fred Hoyle dan beberapa ahli astro-fisika Inggris mengajukan teori yang lain, teori keadaan tetap yang menerangkan bahwa jagat raya tidak hanya sama dalam ruang angkasa –asas kosmologi- tetapi juga tak berubah dalam waktu asas kosmologi yang sempurna. Jadi, asas kosmologi diperluas sedemikian rupa sehingga menjadi “sempurna” atau “lengkap” dan tidak bergantung pada peristiwa sejarah tertentu. Teori keadaan tetap berlawanan sekali dengan teori letusan hebat. Dalam teori kedua, ruang angkasa berkembang menjadi lebih kosong sewaktu berbagai galaksi saling menjauh. Dalam teori keadaaan tetap, kita harus menerima bahwa zat baru selalu diciptakan dalam ruang angkasa di antara berbagai galaksi, sehingga galaksi baru akan terbentuk guna menggantikan galaksi yang menjauh. Orang sepakat mengatakan bahwa zat baru itu ialah hydrogen, yaitu sumber yang menjadi asal usul bintang dan galaksi. Penciptaan zat berkesinambungan dari ruang angkasa yang tampaknya kosong itu diterima secara skeptis oleh para ahli, sebab hal ini rupanya melanggar salah satu hukum. Teori Terbentuknya Tata Surya Melihat kenyataan bahwa planet-planet bergerak mengelilingi matahari dengan orbitnya yang berebentuk elips dengan arah peredaran yang sama yaitu berlawanan arah jarum jam jika melihatnya dari kutub utara, ternyata arah revolusi planet-planet dan satelitnya yaitu arah negative. Ini berlawanan dengan yang kita amati di bumi, peredaran harian benda-benda langit seperti matahari,

Akibatnya bentuk bola itu memepat pada kutubnya dan melebar di bagian equatornya bahkan sebagian massa dari kabut gas menjauh dari gumpalan intinya dan membentuk gelang-gelang di sekeliling bagian utama kabut itu.bulan dan bintang berarah positf seperti arah peredaran harian matahari yang terbit di timur lalu naik dan kemudian terbenam di barat. Sedangkan bagian tengah yang berpijar tetap berbentuk gas pijar yang kita lihat sekarang sebagai matahari. Pada waktu bintang itu menjauh sebagian massa dari matahari itu jatuh kembali ke permukaan matahari dan sebagian lain berhamburan di sekeliling matahari inilah yang disebut dengan planetesimal yang kelak . hal ini kemudian memunculkan beberapa teori tentang terjadinya tata surya sebagai berikut: 1. Thomas C. Matahari dan planet berasal dari sebuah kabut pijar yang berpilin di dalam jagat raya. Matahari telah ada sebagai salah satu dari bintang-bintang yang banyak. makin mengecil bola itu makin cepat putarannya. gelang-gelang itu kemudian membentuk gumpalan padat inilah yang disebut planet-planet dan satelitnya. Teori kabut ini telah dipercaya orang selama kira-kira 100 tahun. Chamberlin (1843-1928) seorang ahli geologi dan Forest R. karena pilinannya itu berupa kabut yang membentuk bulat seperti bola yang besar. Teori Nebule atau teori kabut. pada satu waktu ada sebuah bintang yang berpapasan pada jarak yang tidak terlalu jauh akibatnya terjadi pasang naik antara matahari dan bintang tadi. Disebut Planetesimal yang berarti planet kecil karena planet terbentuk dari benda padat yang memang telah ada. Teori Planetesimal. tetapi sekarang telah benyak ditinggalkan karena: (1) tidak mampu memberikan jawaban-jawaban kepada banyak hal atau masalah di dalam tata surya kita dan (2) karena munculnya banyak teori baru yang lebih memuaskan. yang dikemukakan ole Immanuel Kant (1749-1827) dan Piere Simon de Laplace (1796). 2. Adanya realitas yang demikian membuat para ahli astronomi berkesimpulan bahwa tata surya terbentuk dari material yang berputar dengan arah negative. Moulton (1872-1952) seorang astronom.

Kelahiran kesembilan planet itu karena pecahan gas dari matahari yang berbentuk cerutu itu maka besarnya planetplanet iti berbeda-beda yang terdekat dan terjauh besar tetapi yang di tengah lebih besar lagi.kemudian menjadi planet-planet yang beredar pada orbitnya dan mengelilingi matahari. Gumpalan awan itu mengalami pemampatan. teori ini hampir sama dengan teori Planetesimal. . Tata surya terbentuk dari gumpalan awan gas dan debu. Teori ini menjelaskan mengapa planet-planet di bagian tengah seperti Yupiter. 3. Teori Pasang Surut. pada proses pemampatan itu partikel-partikeldebu tertarik ke bagian pusat awan itu membentuk gumpalan bola dan mulai berpilin dan kemudian membentuk cakram yang tebal di bagian tengah dan tipis di bagian tepinya. Saturnus. Uranus dan Neptunus merupakan planet raksasa sedangkan di bagian ujungnya merupakan planet-planet kecil. Sementara bagian yang luar berputar sangat cepat sehingga terpecah-pecah menjadi gumpalan yang lebih kecil. Setelah bintang itu berlalu dengan gaya tarik bintang yang besar pada permukaan matahari terjadi proses pasang surut seperti peristiwa pasang surutnya air laut di bumi akibat gaya tarik bulan. 4. gumpalan kecil ini berpilin pula dan membeku kemudian menjadi planet-planet. Sir James Jeans (1877-1946) dan Harold Jeffreys (1891) keduanya dari Inggris. Partikel-partikel di bagian tengah cakram itu saling menekan dan menimbulkan panas dan berpijar. Teori Awan Debu. dikemukakan oleh Carl von Weizsaeker (1940) kemudian disempurnakan oleh Gerard P Kuiper (1950). bagian inilah yang kemudian menjadi matahari. gumpalan itu membeku dan kemudian membentuk planet-planet. Sebagian massa matahari itu membentuk cerutu yang menjorok kearah bintang itu mengakibatkan cerutu itu terputus-putus membentuk gumpalan gas di sekitar matahari dengan ukuran yang berbeda-beda.

Selain itu. Penzias dan Wilson dianugerahi hadiah Nobel untuk penemuan mereka. sisa radiasi yang ditinggalkan oleh ledakan ini haruslah ada di alam. massanya sangat berat dan tekanannya besar.kemudian bintang yang satu meledak menjadi kepingan-kepingan.5. Gerge Gamov muncul dengan gagasan lain tentang Big Bang. Demikianlah. 6. yang disebut „radiasi latar kosmis‟. Teori Bintang Kembar Teori ini hampir sama dengan teori planetesimal. Alam pada saat itu belum merupakan materi tetapi pada suatu ketika berubah menjadi materi yang sangat kecil dan padat.maka kepingan-kepingan yang lain bergerak mengitari bintang itu dan menjadi planetplanet. Alpher dan Herman. Teori Ledakan (Big Bang). Radiasi ini. dua peneliti bernama Arno Penziaz dan Robert Wilson menemukan gelombang ini tanpa sengaja. Pada tahun 1948. karena adanya reaksi inti kemudian terjadi ledakan hebat. Alam semesta lahir dari singularitas fisis dengan keadaan ekstrem. radiasi ini haruslah tersebar merata di segenap penjuru alam semesta. tidak terlihat memancar dari satu sumber tertentu. Bukti yang ‟seharusnya ada‟ ini pada akhirnya diketemukan.Karena ada pengaruh gaya gravitasi bintang. Teori Big Bang ini semakin menguatkan pendapat bahwa alam semesta ini pada awalnya tidak ada tetapi kemudian sekitar 12 milyar tahun yang lalu tercipta dari ketiadaan. Ia mengatakan bahwa setelah pembentukan alam semesta melalui ledakan raksasa. Massa itu kemudian berserak dan mengembang dengan sangat cepat menjauhi pusat ledakan dan membentuk kelompok-kelompok dengan berat jenis yang lebih kecil dan trus bergerak. diketahui bahwa radiasi ini adalah sisa radiasi peninggalan dari tahapan awal peristiwa Big Bang. akan tetapi meliputi keseluruhan ruang angkasa.Sedangkan bintang yang tidak meledak menjadi matahari. George Gamow. . Pada tahun 1965. menjauhi titik pusatnya. Dentuman besar itu terjadi ketika seluruh materi kosmos keluar dengan kerapatan yang sangat besar dan suhu yang sangat tinggi dari volume yang sangat kecil.Dahulu matahari mungkin merupakan bintang kembar.

67:3) C. Jika alam semesta tak memiliki permulaan dan jika ia telah ada sejak dulu kala. Model Big Bang adalah titik terakhir yang dicapai ilmu pengetahuan tentang asal muasal alam semesta. Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis.Pada tahun 1989. Segala bukti meyakinkan ini menyebabkan teori Big Bang diterima oleh masyarakat ilmiah. . diketahui bahwa konsentrasi hidrogenhelium di alam semesta bersesuaian dengan perhitungan teoritis konsentrasi hidrogen-helium sisa peninggalan peristiwa Big Bang. COBE telah menemukan sisa ledakan raksasa yang telah terjadi di awal pembentukan alam semesta. termasuk Bumi. di dalam kabut. penemuan ini dengan jelas membuktikan teori Big Bang. Al-Mulk.system tata surya kita tidak ada. Bukti penting lain bagi Big Bang adalah jumlah hidrogen dan helium di ruang angkasa. Teori Asal Mula Bumi Lima miliar tahun yang lalu. dibentuk dari materi yang menggumpal.  Proses dimulai sekitar 4. Hanya perlu 8 menit bagi COBE untuk membuktikan perhitungan Penziaz dan Wilson. Maka lihtatlah berulang-ulang.6 miliar tahun yang lalu di pusat nebula matahari. Yang ada hanyalah awan debu dan gas yang secara perlahan berubah bentuk. (QS. Mengenai teori sejarah asal terbentuknya bumi sebagai berikut. NASA mengirimkan satelit COBE (Cosmic Background Explorer). Begitulah. menyerupai gumpalan bola salju. Dinyatakan sebagai penemuan astronomi terbesar sepanjang masa. maka unsur hidrogen ini seharusnya telah habis sama sekali dan berubah menjadi helium. Dalam berbagai penelitian. adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang. COBE ke ruang angkasa untuk melakukan penelitian tentang radiasi latar kosmis. alam semesta ini telah diciptakan oleh Allah Yang Maha Perkasa dengan sempurna tanpa cacat. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang.sembilan planet.

kita tidak akan pernah puas karena sifat curiosity kita. gas dan bahan lain di bagian luarnya menggumpal.  Protoplanet saling bertumbuhan satu sama lain dan menggumpal hingga mencapai ukuran planet (memiliki diameter beberapa ribu kilometer). yang menuntun terciptanya fenomena yang luar biasa.  Kemunculan benua. kerak bumi berupa menjadi benua.  Secara perlahan. kehidupan dengan sangat cepat muncul dari laut. bumitelah diselimuti oleh lautan larva yang berasal dari bebatuan yang terbakar dan luasnya mencapai beberapa kilometre. Bahkan lebih mengejutkan lagi. lapisan udara ini berbeda dengan lapisan udara saat ini.  Planet muda kita juga mengalami aktifitas vulkanik yang melepaskan lapisan udara secara radikal. Hingga ratusan juta tahun.  Sekitar 4. Definisi Sampai sekarang belum ada teori yang benar-benar tepat untuk mengambarkan masa depan alam semesta. membentuk cikal bakal planet. Demikianlah yang akan terjadi jika kita bertanya tentang alam semesta. Keberadaan air dimungkinkan berassal dari kedalaman bumi atau dibawa dari angkasa oleh komet dan membentuk laut.  Bebatun kecil berubah menjadi lebih besar. Pada saat bersamaan. Kehidupan memerlukan beberapa miliar tahun lagi ke daratan. Matahari terbentuk di pusat awan ini. Sementara itu. laut. lautan larva tersebut mendingin membentuk kerak yang dihantam terus menerus oleh berbagai meteor dan komet. namun setelah itu akan muncul beberapa pertanyaan baru. kurang dari satu miliar tahun setelah bumi tecipta. Seringkali kita . Pertanyaan kita sekarang tentang suatu hal pada akhirnya akan terjawab . yaitu kehidupan. atau protoplanet dengan diameter beberapa kilometre. dan lapisan oksigen rendah menghasilkan proses pembentukan molekul yang lebih kompleks. planet tersebut dibombardir secara kuat dan terus menerus oleh bebatuan lain.5 miliar tahun yang lalu.

dan baru mereda pada tahun enampuluhan setelah teori Apungan Benua dari Wegener ini semakin banyak mendapat dukungan. Sebagai tempat tinggalnya. Teori perkembangan muka bumi antara lain dikemukakan oleh beberapa ahli. Jerman. a. takzim dan sampai pada tingkat suatu perenungan bahwa betapa luar biasa kuasa tuhan alam semesta ini. Terdapat kesamaan yang mencolok antara garis kontur pantai timur Benua Amerika Utara dan Selatan dengan garis kontur pantai barat Eropa dan Afrika. Formasi geologi di sepanjang pantai Afrika Barat dari . 1. B. Sejarah Perkembangan Muka Bumi Pengetahuan terhadap bumi memberikan gambaran bahwa bumi pernah melewati fase cair pijar. Keadaan ini telah dibuktikan kebenarannya. manusia berusaha untuk mengetahui seluk beluk tentang Bumi. 1.di mana bagian terluar mengalami pengkristalan menjadi kulit bumi dan sewaktu-waktu mengalami retak. Teori tersebut dipopulerkan pertama kalinya dalam bentuk buku pada tahun 1915 yang berjudul Die Enstehung der Kontinente und Ozeane (Asal Usul Benua dan Lautan). Alfred Lothar Wegener (1880-1930) Ia mengemukakan teori yang disebut Apungan dan Pergeseran BenuaBenua pada tahun 1912 dihadapan perhimpunan ahli geologi di Frankfurt. Buku tersebut menimbulkan kontroversi besar di lingkungan ahli-ahli geologi. Wegener mengemukakan teori tersebut dengan pertimbangan sebagai berikut. heran. Kesamaan pola garis kontur pantai tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya Benua Amerika Utara dan Selatan serta Eropa dan Afrika dahulu adalah daratan yang berimpitan. yang mendapat jawaban membuat hati kita kagum. sehingga magma dapat menerobos ke permukaan.mendapati suatu pertanyaan yang sangat mendasar. sebagai berikut. Berdasarkan fakta bahwa formasi geologi di bagian-bagian yang bertemu itu mempunyai kesamaan. BUMI SEBAGAI PLANET Sampai saat ini Bumi merupakan satu-satunya planet yang terdapat kehidupan dan merupakan tempat tinggal bagi manusia.

sehingga terjadi lipatan-lipatan kulit bumi yang menjadi jajaran pegunungan utara-selatan. Pergerakan benua-benua sampai sekarang pun masih berlangsung. sehingga menimbulkan lipatan Pegunungan Himalaya. b) Samudra Atlantik menjadi semakin luas karena benua Amerika masih terus bergerak ke arah barat. kepalanya gepeng dan samudra dan benua-benua mengapung . Daerah Greenland sekarang ini bergerak menjauhi daratan Eropa dengan kecepatan 36 meter/tahun. membuktikan bahwa daerah Alaska terletak di dekat khatulistiwa pada 200 juta tahun yang lalu.Sierra Leone sampai tanjung Afrika Selatan sama dengan formasi geologi yang ada di pantai Timur Amerika. di dekat pantai barat Amerika Serikat. Tim Peneliti Amerika Serikat (1969) Hasil penelitian tim peneliti dari The New York American Museum of Natural History Ohio State University. dan Whichita State University. b. Pada tahun 1969. Andreas. sedangkan Kepulauan Madagaskar menjauhi Afrika Selatan dengan kecepatan 9 meter/tahun. Benua Pangea tersebut pecah karena gerakan benua besar di selatan baik ke arah barat maupun ke arah utara menuju khatulistiwa. hal dibuktikan dengan makin melebarnya celah yang terdapat di alur-alur dalam samudra. yang terdapat di sepanjang pantai Amerika Utara dan Selatan. Anak benua India semakin menyempit dan makin mendekati ke Benua Eurasia. 2. dahulunya adalah satu benua yang disebut Benua Pangea. yang disebut lahyrintodont (salamander. c) Aktivitas seismik yang luar biasa di sepanjang Patahan St. dari Peru sampai Bahia Blanca. d) Batas Samudra Hindia semakin mendesak ke utara. Dengan peristiwa tersebut maka terjadilah hal-hal sebagai berikut. a) Bentangan-bentangan sendirisendiri. ditemukan fosil tulang rahang binatang amfibi air tawar purba. Benua-benua yang ada sekarang ini.

Dinamakan lempeng karena bagian litosfer itu mempunyai ukuran yang besar di kedua dimensi horizontal (panjang dan lebar) tetapi berukuran kecil ada arah vertikal. sementara lapisan di bawahnya berupa batuan basal yang lebih rapat yang terbentuk melalui bermacam-macam proses.8 milyar tahun dan tersusun dari batuan granit ringan. retas vertikal. Lapisan kerak bumi itu terdiri atas dua bagian. Ketebalan kerak bumi di bawah benua adalah 30 kilometer. Kerak samudra berumur kurang dari 200 juta tahun.badannya besar). lava bantal. Angin dan hujan menggerus kerak benua dan menciptakan pasir. Bukti-bukti tersebut menguatkan teori apungan benua yang beranggapan bahwa 200 juta tahun yang lalu hanya ada satu benua besar di planet bumi ini. debu. yaitu kerak benua (ketebalan sekitar 40 km) dan kerak dasar samudra (ketebalan sekitar 10 km). Karakteristik Pelapisan Bumi a. 2. Pelapisan Bumi (Kerak Bumi) Kerak bumi adalah lapisan yang paling atas dan tipis (seperti kulit ari) yang disebut dengan litosfer. dan gabro berbutir kasar. Dinamika Kerak Bumi Kerak bumi terpecah menjadi sekitar 12 lempeng yang saling bergerak mendatar. terbentuk oleh letusan gunung api sepanjang celah-celah bawah laut (disebut pematang tengah samudra) dengan material penyusun berupa batuan basal. b. serta lumpur yang hanyut ke samudra sehingga terbentuk suatu lapisan sedimen yang sangat tebal sehingga menutup lapisan batuan basal. Lapisan kerak bumi berumur 3. Batuan tertua dijumpai di masa Prakambrium sedangkan batuan yang lebih muda terbentuk selama zaman-zaman pembentukan gunung. Fosil seperti itu ditemui pula di Amerika Selatan dan Afrika. sedangkan di bawah samudra 5 hingga 7 kilometer. .

Berikut adalah penjelasan tentang teori pertemuan lempeng. Kejadian yang dijumpai di daerah divergent junction yaitu : a) Aktivitas vulkanisme laut. . d) Pembentukan tanggul dasar samudra (mid ocean ridge). dan dua lempeng saling berpapasan (transform fault). Di sepanjang zone subduction bermunculan puncak gunung api dan sering terjadi gempa bumi yang kadang-kadang sangat kuat. d) terdapat aktivitas vulkanisme. 1) Dua Lempeng Saling Menjauh (Divergent-Junctions) Peristiwa ini terjadi apabilaarah pergerakan lempeng (baiklempeng benua maupun lem-peng samudra) saling bertolakbelakang. yaitu dua lempeng saling menjauh (divergentjunctions). Contoh perbatasandivergent lempeng samudra ada-lah punggungan samudra danperbatasan divergent lempengbenua adalah Lembah Retak Besar Afrika. Endapan campuran itulah yang dinamakan batuan bancuh atau mélange. b) Aktivitas gempa. c) pembengkakan tepi lempeng benua yang merupakan deretan pegunungan. Dasar palung merupakan tempat perusakan lempeng benua akibat pergesekan dua lempeng dan terjadi pula pengendapan batuan yang berasal dari laut dalam maupun yang diendapkan dari darat.Pergeseran lempeng yang tidak sama mengakibatkan ada tiga jenis batas pertemuan antar lempeng.. Bongkahan lempeng benua yang hancur akibat pergesekan akan menambah campuran bancuh tersebut. c) Perenggangan lempeng yang disertai dengan tumbukan di kedua tepi lempeng. b) terbentuk palung laut di tempat tumbukan itu. dua lempeng saling bertubrukan (subduction zobes). Di daerah tumbukan dua lempeng terjadi beberapa fenomena. 2) Dua Lempeng Saling Menumbuk (Subduction zone) Lempeng dasar samudra yang lebih tipis didesak ke bawah oleh lempeng benua yang lebih tebal dan kaku. yaitu : a) lempeng dasar samudra menunjam ke bawah lempeng benua.

Contoh fenomena yang diakibatkan oleh tumbukan dua lempeng. Jawa.intrusi. Beberapa teori yang dikemukakan untuk mengetahui umur bumi adalah sebagai berikut. dan Nusa Tenggara. e) merupakan daerah hiposentrum gempa baik dangkal maupun dalam yang dapat menyebabkan terjadinya gempa bumi tektonik dan gelombang tsunami. f) penghancuran lempeng akibat pergesekan lempeng. dan dibandingkan dengan kadar garam saat ini yaitu 320 maka dihasilkan perhitungan bahwa bumi telah terbentuk kurang lebih 1000 juta tahun yang lalu. dengan adanya sirkulasi air maka air yang mengalir dari darat ke laut membawa garam-garaman. Pengukuran Umur bumi Asal usul tentang planet termasuk di dalamnya adalah Bumi telah di terangkan di atas. Dengan diketahuinya kenaikan kadar garam tiap tahun. dan g) timbunan sedimen campuran yang dalam geologi dikenal dengan nama batuan bancuh atau melange. a. 3. Selanjutnya manusia berusaha untuk mengetahui tentang umur bumi. 3) Dua Lempeng Saling Berpapasan/Pergeseran Mendatar Di daerah seperti itu terda-pat aktivitas vulkanisme yanglemah dan gempa yang tidakkuat. Pegunungan di pantai Barat Amerika. Dengan mengetahui ketebalan lapisan . dan ektrusi. Teori Kadar Garam Menurut teori ini pengukuran umur bumi didasarkan pada kadar garam di laut. Teori Sedimen Teori ini berdasarkan pada perhitungan lapisan sedimen yang membentuk batuan untuk mengukur umur bumi. b. Gejala pergeseran itu tam-pak pada tanggul dasar samudrayang tidak berkesinambungan. Mula-mula laut merupakan air tawar. deretan pulau Sumatra. Keadaan semacam ini berlangsung terus-menerus sepanjang abad. antara lain Palung Jawa (sebelah Selatan Pulau Jawa).melainkan terputus-putus.

6) Massanya 6600 juta ton. dan jarak rata-rata 149 km. di khatulistiwa 12. . 4. maka dapat diukur umur suatu batuan. 7) Panjang tahun 365 hari 5 jam 48 menit. Dengan memerhatikan perbandingan antara kadar unsur radioaktif dan unsur hasil peluruhan dalam suatu batuan. terdekat 147 km. 1 9) Sudut kemiringan 23 2�. 4) Kecepatan berputar mengelilingi matahari sebesar 106.550 km. Mula-mula bumi merupakan batuan yang sangat panas dan lama kelaamaan mendingin. Berdasarkan teori ini diperkirakan umur bumi adalah 5 sampai 7 ribu juta tahun. Berdasarkan teori sedimen. 8) Panjang hari 23 jam 56 menit. maka dapat dihitung umur lapisan tertua kulit bumi. Teori Radioktif Pengukuran umur bumi menurut teori radioaktif di dasarkan pada peluruhan unsur-unsur radioaktif. dan dibandingkan dengan tebal batuan sedimen yang terdapat di bumi sekarang. Diketahuinya massa dan suhu bumi sekarang. 2) Keliling khatulistiwa adalah 40.200 km/jam.757 km. ahli fisika Elfin dari Inggris memperkirakan bahwa perubahan bumi menjadi dingin memerlukan waktu kurang lebih 20. 3) Jarak dari matahari. 10) Berat jenis 5. jarak terjauh 152 km. Teori Termal Menurut teori termal pengukuran umur bumi didasarkan pada suhu bumi.sedimen rata-rata yang terbentuk tiap tahunnya.714 Km. Keadaan Bumi Selain pengukuran umur bumi para ahli juga melalukan penelitian tentang keadaan bumi sebagai berikut. c.500 km/jam.000 juta tahun. 12) Umur bumi 4700 juta tahun.41 jika dibanding dengan air. sedangkan jari-jari bumi 6.000 km. 5) Kecepatan melepaskan diri dari gravitasi bumi adalah 40. 1) Garis tengah bumi pada kutub 12. 11) Jarak bumi ke bulan 384. d. bumi terbentuk kurang lebih 500 juta tahun yang lalu.378 km.

Silikat. dan Na.900 . c. Pada permukaan bumi terdapat lapisan air yang disebut hidrosfer dan pada bagian bumi yang padat terdiri atas kulit bumi dan centrosfer. Hidrosfer meliputi lautan. Massa jenis lapisan ini sekitar 9. b. 1) Inti Bumi Luar (Outer Core) Inti bumi luar terdapat pada kedalaman 2. Mg. tebalnya kurang lebih 32 km. a.Tersusun oleh susunan batuan Eklogit. 2)Inti Bumi Dalam (Inner Core) Inti bumi dalam terdapat pada kedalaman 5. merupakan bagian yang penting dalam kehidupan manusia yang berupa daratan sebagai tempat tinggal manusia. Kulit bumi. 450 km. merupakan lapisan air yang ada di bumi. Hidrosfer mempunyai pengaruh yang besar terhadap atmosfer karena air yang menguap akan membentuk awan yang selanjutnya menimbulkan hujan dan kembali ke laut dalam suatu siklus yang disebut siklus hidrologi. Intibumi (core) terbagi menjadi 2. Terletak pada kedalaman 400 . Di bawah kulit bumi terdapat inti bumi dan centrosfer. 2) Bagian Tengah Dicirikan dengan landasan kecepatan gelombang gempa yang tinggi. yaitu inti bumi luar (outer core) dan inti bumi dalam (Inner core). Terletak pada kedalaman 450. Tebal atmosfer sekitar 48. Hidrosfer. Atmosfer. Na.6. 6371 km yang terdiri atas besi padat (solid iron). merupakan lapisan gas yang menyelubungi bumi atau dalam kehidupan sehari-hari disebut dengan udara.100 km terdiri atas besi dan sejumlah Silia. danau.000 km dihitung dari permukaan air laut.5. dan oksida besi. Massa jenis lapisan ini sekitar 8. Bumi yang kita tempati diselimuti oleh gas yang disebut dengan atmosfer. 1) Bagian Atas Dicirikan oleh sebaran gelombang gempa rendah. dan es yang terdapat di kutub. 9. Pridotit yang kaya akan mineral-mineral Mg. 5. Ca. Sulfur dan oksigen. terutama gelombang S. silikat. Mantel (Centrosfer) letaknya pada kedalaman 400 km. terdiri atas 3 bagian. Ca. . Kaya akan silikat besi padat. sungai.100 . Struktur Bumi .1000 km.

7. Bukti-Bukti bahwa Bumi Berotasi 1) Percobaan Berzenberg dan Reich (1802) Percobaan yang dilakukan oleh Berzenberg dan Reich adalah menjatuhkan peluru-peluru logam dari ketinggian tertentu. dan SiO 6. Unsur Materi Bumi Materi bumi terdiri atas benda padat. Ternyata peluru-peluru tersebut tidak pernah bisa jatuh tepat di titik yang tegak lurus. Percobaan tersebut dengan menggunakan sebuah bandul besi yang sangat berat. Rotasi Bumi Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada poros ( sumbunya). dan arah perputarannya dari barat ke timur. digantungkan pada tali yang panjangnya lebih dari 60 m. cair. maka peluru-peluru tersebut pasti jatuhnya tepat di bawah titik jatuhnya. 2)Percobaan Ayunan Foucault (1852) Pada tahun 1852 Seorang ilmuwan dari Prancis bernama Foucault melakukan percobaan di kota Paris. . Secara skematik komposisi hancuran bahan padat bumi berdasar ukurannya adalah sebagai berikut. Hal ini membuktikan bahwa bumi selalu berputar. 2900 km. Dalam sekali putaran bumi memerlukan waktu 24 jam. karena kalau bumi itu diam. yaitu dari menara setinggi 110 m. Berdasarkan skema di atas dapat dikatakan bahwa penyusun bumi yang dianggap paling kecil adalah unsur atau elemen.gas. tetapi arah jatuhnya selalu melenceng ke arah timur. a. Terdiri atas Oksida besi padat. dan materi padat berupa batuan. dan dikaitkan pada langit-langit kupel di sebuah gedung Pantheon di kota Paris (49 �LU).3) Bagian Bawah Dicirikan dengan kenaikan kecepatan rambat gelombang gempa selaras dengan bertambahnya kedalaman. Terletak pada kedalaman 1000 . Mg.

karena ada sebuah pin yang diletakkan di bagian bawah bandul. Perbedaan arah angin pasat. Akibat Rotasi Bumi Beberapa kejadian penting sebagai akibat dari rotasi bumi adalah sebagai berikut. yaitu pergerakan dari timur ke barat yang tampak pada benda-benda langit dan matahari. Revolusi Bumi Copernicus adalah orang pertama yang mengemukakan bahwa: • Bumi berputar mengelilingi sumbunya sekali putaran dalam sehari. Setelah beberapa saat dapat terlihat dengan jelas. waktunya berbeda 4 menit. Hal ini menandakan bahwa bumi yang berada di bawah bandul berputar dengan arah yang berlawanan dengan arah gerak jarum jam. Gerak ayunan dari bandul dapat diteliti dan dicatat. kemudian dilepaskan dan dibiarkan berayun. a) Peredaran semu harian benda-benda langit. Perbedaan waktu. terdapat perbedaan daerah waktu di dunia berdasarkan letak garis lintang dan garis bujurnya. b. Tiap 1��jarak dua garis meredian yang berurutan.Mula-mula bandul besar ditarik ke samping. Perbedaan besarnya gaya gravitasi bumi. Pin tersebut akan membuat goresan-goresan kecil pada pasir halus yang diletakkan di dalam bak di bawah bandul tersebut sewaktu bandul berayun.   Bentuk bumi yang pepat. atau tiap 15� berbeda 1 jam. b) c) Peristiwa siang dan malam. . bahwa bidang ayunan bandul tersebut bergeser membuat putaran dengan arah yang sama dengan arah gerak jarum jam. 2.

sebagai berikut. melainkan di samping titik B. berakibat cahaya tidak lagi jatuh di titik B.. bintang tersebut tidak terlihat di B (dengan arah SOB).• Bumi bergerak mengelilingi matahari sekali dalam setahun. tetapi bergerak mengikuti bumi. Bukti-Bukti bahwa Bumi Berevolusi Bumi berevolusi dapat dibuktikan dengan percobaan-percobaan yang dilakukan oleh para ahli. 1) Aberasi (Sesatan Cahaya) Orang melihat sebuah bintang S melalui sebuah teropong O. Bintang-bintang di langit mempunyai jarak yang sangat jauh dari bumi. Akibat Revolusi Bumi Beberapa kejadian penting sebagai akibat dari revolusi bumi adalah sebagai berikut.. . melainkan melenceng ke sampingnya yaitu di titik B. b. teropong berpindah tempat atau berubah arahnya. juga berputar mengelilingi matahari atau yang disebut dengan revolusi. menyebabkan sudut parallaxis bintang-bintang pun sangat kecil. tetapi kenyatanya tidak demikian. Sesuai dengan pendapat Copernicus. maka bumi di samping berputar mengelilingi sumbunya sekali sehari. Hal ini menunjukkan bahwa teropong tersebut tidak diam. Sudut akan semakin kecil jika jarak bintang semakin jauh dari matahari. Gejala ini disebut sesatan cahaya. tetapi dalam arah OS. Bintang seolah-olah bergeser dengan arah yang sama dengan gerakan itu.. a. Orang yang melihat dengan arah OS. 1) Pergeseran matahari antara garis balik utara dengan garis balik selatan. Bersamaan dengan berjalannya cahaya dari titik O sampai B. atau aberasi cahaya. 2) Parallaxis (Beda Lihat) Parallaxis adalah sudut dengan seluruh jari-jari lintasan bumi dilihat dari sebuah bintang. Dapat dilihat bintang tidak lagi dalam arah OS. jika teropong diam maka bintang Sakan tampak gambarnya di titik B.

Lapisan kerak bumi dan bagian di bawahnya hingga kedalaman 100 km dinamakan litosfer. 3) Adanya pergantian musim.100 oC. 4) Peredaran semu tahunan matahari. Secara struktur.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2. 6) Adanya perhitungan tarikh matahari.6 milyar tahun yang lalu. inti dalam merupakan pusat bumi berbentuk bola . Selimut atau selubung (mantle) merupakan lapisan yang terletak di Tabal selimut bumi mencapai 2. merupakan lapisan batuan padat.2) Perubahan lamanya siang dan malam.000 oC. lapisan bumi dibagi menjadi tiga bagian. Suhu di bagian bawah kerak bumi mencapai 1. dengan penyusun utama logam besi (90%). C.370 km. Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2. 5) Adanya zodiak dan rasi-rasi bintang. 3.200 oC. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Permukaan bumi terdiri dari daratan dan lautan. nikel (8%). Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh berbagai jenis mahluk hidup. berbentuk bulat dengan radius ± 6. yang terdiri dari material cair. yaitu sebagai berikut : 1. Inti bumi (core). Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km. 2. Tebal lapisan kerak bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan batuan yang terdiri dari batu-batuan basa dan masam. Bumi merupakan planet dengan urutan ketiga dari sembilan planet yang dekat dengan matahari. Suhu di bagian bawah selimut bumi mencapai 3. Kerak bumi (crush) merupakan kulit bumi bagian luar (permukaan bumi).900 km dan bawah lapisan kerak bumi.STRUKTUR BUMI Bumi telah terbentuk sekitar 4. Lapisan ini menjadi tempat tinggal bagi seluruh mahluk hidup.

serta dari waktu ke waktu untuk uap air.dengan diameter sekitar 2. yakni bagian padat (lithosfer) yang terdiri dari tanah dan batuan. kripton (Kr). ozon (O3). jenis gas yang paling banyak terkandung berturut-turut adalah nitrogen (N2) sebanyak 78. Pada lapisan atmosfer terkandung berbagai macam gas. Gerakan udara dalam atmosfer terjadi terutama karena adanya pengaruh pemanasan sinar matahari serta perputaran bumi. Berdasarkan susunan kimianya. argon sebanyak 0.95%. . metan dan uap air.93%. oksigen (O2) sebanyak 20. tetapi dalam konsentrasi yang jauh lebih rendah. misalnya neon (Ne). Keempat komponen tersebut berinteraksi secara aktif satu sama lain. Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4. sehingga terjadilah perbedaan tekanan udara di berbagai tempat di dalam atmosfer yang dapat menimbulkan arus angin. bumi dapat dibagi menjadi empat bagian.08%. bagian udara (atmosfer) yang menyelimuti seluruh permukaan bumi serta bagian yang ditempati oleh berbagai jenis organisme (biosfer). danau dan sungai. karbon dioksida dan uap air terkandung dalam konsentrasi yang bervariasi dari tempat ke tempat. ATMOSFER Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara menyeluruh dengan ketebalan lebih dari 650 km. Berbagai jenis gas lainnya jufga terkandung dalam atmosfer. proses transfer panas dan perpindahan materi padat. Berdasarkan volumenya. serta karbon dioksida (CO2) sebanyak 0. hidrogen (H2).03%. bagian cair (hidrosfer) yang terdiri dari berbagai bentuk ekosistem perairan seperti laut. A. xenon (Xe). Di antara gas-gas yang terkandung di dalam atmosfer tersebut. helium (He).700 km. misalnya dalam siklus biogeokimia dari berbagai unsure kimia yang ada di bumi. Perputaran bumi ini akan mengakibatkan bergeraknya masa udara.500 oC.

Keberadaan atmosfer yang menyelimuti seluruh permukaan bumi memiliki arti yang sangat penting bagi kelangsungan hidup berbagai organisme di muka bumi. Sebagai penahan meteor yang akan jatuh ke bumi. Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi Menyediakan okisgen dan karbon dioksida. Sungai-sungai akan kering. yaitu : a. atmosfer bumi dapat dibagi menjadi lima lapisan. Tasnpa adanya atmosfer yang mampu menampung uap air. Selain itu. Troposfer Lapisan ini merupakan lapisan yang paling bawah. Fungsi atmosfer antara lain : 1. suhu permukaan bumi bila 100% radiasi matahari diterima oleh permukaan bumi akan sangat tinggi dan dikhawatirkan tidak ada organisme yang mampu bertaham hidup. Kebutuhan tumbuhan akan CO2 juga dapat diperoleh dari atmosfer. sehingga air hanya akan mengumpul di samudera dan laut saja. Berdasarkan perbedaan suhu vertikal. Apabila tidak ada lapian atmosfer. termasuk manusia. Peran atmosfer dalam mengurangi radiasi matahari sangat penting. berada antara permukaan bumi sampai pada ketinggian 8 km pada posisi kutub dan 18 – 19 km . 4. 3. peran atmosfer ini terlihat dalam siklus hidrologi. seluruh air tanah akan merembes ke laut. Dalam mendistribusikan air antar wilayah di permukaan bumi. 2. Mengurangi radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari. maka seluruh air di permukaan bumi hanya akan mengumpul pada tempat yang paling rendah. Pendistribusian air oleh atmosfer ini memberikan peluang bagi semua mahluk hidup untuk tumbuh dan berkembang di seluruh permukaan bumi. atmosfer dapat menyediakan oksigen bagi mahluk hidup.

20. yang tingginya antara 0 – 2 km. Susunan kimia udara troposfer terdiri dari 78. 0. serta karena sebagain besar dinamika iklim berlangsung pada lapisan troposfer. Keadaan di dalam lapisan udara ini tergantung dari keadaan fisik muka bumi. yang tebalnya 2 – 8 km. Setiap kenaikan 100 meter temperaturnya turun turun 0.00005% hidrogen. Tebal lapisan ini 1 – 2 km. Di dalam . Walaupun troposfer hanya menempati sebagian kecil saja dari atmosfer dalam. Lapisan ini dianggap sebagai bagian atmosfer yang paling penting. akan tetapi. Keadaan udara dalam lapisan inilah yang disebut sebagai iklim mikro.0001% kripton. awan pertengahan (alto cumulus lenticularis). Pada lapisan ini suhu udara akan menurun dengan bertambahnya ketinggian. 0. hujan es dan lain-lain. 0. 0. jatuhnya hujan. karena berhubungan langsung dengan permukaan bumi yang merupakan habitat dari berbagai jenis mahluk hidup termasuk manusia. yaitu awan rendah (cumulus).03% asam arang. dari jenis tanaman. tingginya antara 2 – 6 km. ketinggian dari permukaan laut dan lainnya. 0.pada daerah ekuator. yaitu : Lapisan Udara DasarTebal lapisan udara ini adalah 1 – 2 meter di atas permukaan bumi. yang memperngaruhi kehidupan tanaman dan juga jasad hidup di dalam tanah.5 oC. Di lapisan inilah terbentuknya awan. serta 0. Lapisan Udara Adveksi (Gerakan Mendatar)Lapisan ini disebut juga lapisan udara konveksi atau lapisan awan. salju.99 oksigen.000005% xenon. 0. Lapisan Udara BawahLapisan udara ini dinamakan juga lapisan-batasan planiter (planetaire grenslag.93% argon. 90% dari semua masa atmosfer berkumpul pada lapisan ini.00015% helium. Troposfer terbagi lagi ke dalam empat lapisan. Di dalam troposfer terdapat tiga jenis awan. serta awan tinggi (cirrus) yang tingginya antara 6 – 12 km. Di dalam lapisan ini berlangsung semua hal yang berhubungan dengan iklim. planetary boundary layer). Di sini berlangsung berbagai perubahan suhu udara dan juga menentukan iklim.0015% nenon.03% nitrogrn.

Batas lapisan stratosfer disebut stratopouse. ada lapisan stratosfer. b. Serapan radiasi matahari oleh ozon dan beberapa gas atmosfer lainnya menyebabkan suhu udara pada lapisan stratosfer meningkat.83 o C pada musim dingin. Suhu pada bagian atas stratosfer hampir sama dengan suhu pada permukaan bumi. Stratosfer Merupakan bagian atmosfer yang berada di atas lapisan troposfer sampai pada ketinggian 50 – 60 km.80o C pada musim panas dan antara . Lapisan Udara TropopouseMerupakan lapisan transisi antara lapisan troposfer dan stratosfer terletak antara 8 – 12 km di atas permukaan laut (dpl). Pada lapisan ini terdapat derajat panas yang paling rendah. Dengan demikian. yakni antara . sehingga sebagian besar tidak akan mencapai permukaan bumi. sehingga lapisan ini hanya mengandung udara kering. Hawa panas dan dingin yang beradu di sini mengakibatkan kondisi suhu yang berubahubah. Suhu yang sangat rendah pada tropopouse inilah yang menyebabkan uap air tidak dapat menembus ke lapisan atmosfer yang lebih tinggi.lapisan udara ini gerakan mendatar lebih besar daripada gerakan tegak. hujan es). karena uap air segera mengalami kondensasi sebelum mancapai tropopouse dan kemudian jatuh kembali ke bumi dalam bentuk cair (hujan) dan padat (salju.57 o C sampai . suhu akan semakin meningkat dengan meningkatnya ketinggian. Lapisanstratosfer tidak mengandung uap air. profil suhu pada lapisan stratosfer ini merupakan kebalikan dari lapisan troposfer. Ciri penting dari lapisan stratosfer adalah keberadaan lapisan ozon yang berguna untuk menyerap radiasi ultraviolet. Lapisan stratosfer dibagi dalam tiga bagian yaitu : .46 o C sampai . atau lebih tepatnya lapisan ini terletak di antara lapisan troposfer dan ionosfer.

tetapi kemudian turun dan mencapai -72 oC di ketinggian 75 km. yaitu : 1. terletak antara 35 – 50 km dpl. hingga kadarnya akan meningkat dari 5 menjadi 9 x 10-2 cc di dalam 1 m3. Proses pemecahan molekul oksigen dan gas-gas atmosfer lainnya akan menghasilkan panas. yang akan menyebabkan meningkatnya suhu pada lapisan ini.Lapisan udara isoterm.50o C sampai + 50o C. Lapisan udara campuran teratas. dengan suhu . Suhu di lapisan ini akan menurun seiring dengan meningkatnya ketinggian. gas-gas akan terionisasi. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara KENNELY dan HEAVISIDE dan mempunyai sifat memantulkan gelombang radio.c. Suhunya mula-mula naik. terletak antara 50 – 80 km dpl. Suhu pada lapisan ini akan meningkat dengan meningkaknya ketinggian. yakni lapisan mesosfer. Pada lapisan ini. Daerah transisi antara lapisan mesosfer dan termosfer disebut mesopouse dengan suhu terendah 110o C . Suu udara di sini berkisar . dengan suhu antara +50o C sampai -70o C. Mesosfer Mesosfer terletak di atas stratosfer pada ketinggian 50 – 70 km. Lapisan ini tempat terjadinya proses ionisasi tertinggi. pada ketinggian 30 km oksigen diubah menjadi ozon. terletak antara 12 – 35 km dpl. karena pengaruh sinar ultraviolet. Molekul oksigen akan terpecah menjadi oksegen atomik di sini. 2. d. Lapisan Termosfer Berada di atas mesopouse dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km. oleh karenanya lapisan ini sering juda disebut lapisan ionosfer. Lapisan Udara E Terletak antara 80 – 150 km dengan rata-rata 100 km dpl. dengan suhu udara 50o C sampai -55o C.Lapisan udara panas. Ionosfer dibagi menjadi tiga lapisan lagi. Lapisan udara F . Suhu terendah terukur pada ketinggian antara 80– 100 km yang merupakan batas dengan lapisan atmosfer berikutnya.70o C sampai +50o C .

cat. Ekosfer atau atmosfer luar Merupakan lapisan atmosfer yang paling tinggi. Ozon di troposfer ini bersifat racun dan merupakan salah satu dari gas rumah kaca.Terletak antara 150 – 400 km. Selain itu. Daerah yang masih termasuk ekosfer adalah daerah yang masih dapat dipengaruhi daya gravitasi bumi. Di troposfer ozon terbentuk melalui reaksi fotokimia pada berbagai zat pencemar udara. Lapisan ini menerima panas langsung dari matahari. Sedangkan ozon yang terdapat pada lapisan troposfer memiliki efek yang berbeda terhadap bumi dan mahluk hidup di dalamnya. Pembentukan dan perusakan ozon di stratosfer merupakan mekanisme perlindungan bumi dari sinar UV dari matahari. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara APPLETON. walaupun susunan kimianya sama. Ozon terbentuk secara alamiah di stratosfer. beracun. ozon di troposfer juga menyebabkan kerusakan pada tumbuhan. dan zat pembunuh jasad renik yang kuat juga. plastik dan kesehatan manusia. Batas antara ekosfer (yang pada dasarnya juga adalah batas atmosfer) dengan angkasa luar tidak jelas. Pada lapisan ini. kandungan gas-gas atmosfer sangat rendah. benda-benda berada dalam lbentuk atom. Ozon Dalam AtmosferOzon adalah zat oksidan yang kuat. Ozon terdapat dalam lapisan stratosfer dan juga dalam lapisan troposfer. Garis imajiner yang membatasi ekosfer dengan angkasa luar disebut magnetopause. Letaknya lapisan ini antara 400 – 800 km. Ozon biasanya digunakan untuk mensterilkan air isi ulang. . dan diduga suhunya mencapai 1200o C . serta dapat juga digunakan untuk menghilangkan warna dan bau yang tidak enak pada air. Ozon yang terdapat dalam stratosfer berfungsi melindungi manusia dan mahluk hidup di bumi dari penyinaran sunar UV. e. Lapisan udara atomPada lapisan ini.

sebagai hasil evolusi di bumi muncul mahluk hidup yang berklorofil. Kedua reaksi ini secara efektif dapat menghalangi sinar UV ekstrem dan UV-C serta sebagian besar sinar UV-B untuk sampai ke bumi. Pada suhu kamar ozon berupa gas. Kedua reaksi ini juga mengakibatkan naiknya suhu di dalam stratosfer dibandingkan suhu di troposfer. pertambahan jumlah oenduduk dan kemajuan industri serta pembangunan mengakibatkan lapisan ozon ini mulai berlubang. . Inilah mekanisme alam yang melindungi bumi dan penghuninya dari penyinaran UV gelombang pendek yang berbahaya bagi kehidupan. dimana N2O ini merupakan sumber terbentuknya NO.4 oC. sehingga semakin meningkat kadar ozon yang terbentuk. Kira-kira 3 milyar tahun yang lalu. terkondensasi pada suhu -112 oC menjadi zat cair yang berwarna biru. menyerupai rumus kimia molekul oksigen O2 dengan sebuah atom oksigen lebih banyak. semakin banyak pula sinar UV gelombnag pendek yang terhalang oleh lapisan ozon untuk sampai ke permukaan bumi. semakin lama. mulailah terjadi proses fotosintesis yang salah satu hasilnya adalah O2. Dan inilah cikal bakal kehidupan di daratan. seiring berjalannya waktu. melalui reaksi. Ozon yang cair ini akan membeku pada -251. Lubang ozon ini sangat merisaukan karena dengan berkurangnya kada ozon berarti semakin bertambah sinar UV-B yang akan sampai ke bumi. Akan tetapi. Dengan demikian. naiknya kadar N2O karena akibat pembakaran biomassa dan oenggunaan pupuk. pembentukan dan destruksi ozon ada dalam keadaan seimbang. kadar O2 semakin tinggi.Ozon memiliki rumus kimai O3. Ozon yang terbentuk akan kembali pecah menjadi molekul oksigen. sedangkan pada suhu di atas 100 oC ozon dengan cepat mengalami dekomposisi. Dampak bertambahnya sinar UV-B ini akan sangat besar terhadap mahluk hidup di bumi. sehingga kadar ozon terdapat dalam keseimbangan dinamik. Terjadinya lubang ozon ini diakibatkan adanya peningkatan kadar NOx dari pembakaran bahan bakar pesawat. Dari molekol O2. Dalam alam.

sebagai bahan untuk membuat plastik busa. zat kimia yang kita kenal clorofuorocarbon atau CFC berpengaruh sangat besar terhadap perusakan ozon. Energi matahari yang datang di permukaan bumi menyebabkan penguapan air ke bagian atmosfer. tidak terbakar dan sangat stabil karena tidak mudah bereaksi. gletser.Selain itu. Pemanasan oleh sinar matahari menyebabkan suhu air laut di darah tropis lebih panas dibandingkan suhu air laut yang terletak di belahan bumi lainnya. CFC tidak beracun. campuran CFC-11 dan CFC-12 digunakan untuk pendorong aerosol. serta uap air di atmosfer. salju. sungai. Akibatnya. fluor (F) dan karbon (C). . CFC ini adalah segolongan zat kimia yang terdiri atas tiga jenis unrus. CFC inilah yang mendominasi permasalahan perusakan ozon dan menjadi zat yang sangat dicurigai sebagai penyebab terjadinya kerusakan ozon. HIDROSFER Air adalah senyawa gabungan dua atom hidrogen dengan satu atom oksigen menjadi H2O. Perbedaan ini bersamaan dengan perputaran bumi serta arus angin akan menimbulkan arus air di permukaan air laut yang membantu distribusi organismeorganisme di laut. Lapisan air yang menyelimuti permukaan bumi disebut hidrosfer. timbul arus vertikal ke arah permukaan laut di daerah tropis serta arus ke arah dasar laut di daerah kutub. yaitu klor (Cl). Hidrosfer meliputi samudera. melainkan merupakan zat hasil rekayasa manusia. Adanya arus vertikal ini juga mengakibatkan perbedaan tekanan teanan air laut antara daerah tropis dengan daerah kutub. Kemudian di atmosfer uap air ini mengalami kondensasi dan selanjutnya akan jatuh sebagai hujan. Karenanya menjadi zat yang sangat ideal untuk industri. CFC ini tidak ditemukan di alam. B. serta CFC-13 yang biasa digunakan dalam dry cleaning. danau. air tanah. Sekitar 71% permukaan bumi merupakan wilayah perairan. laut. bantal kursi dan jok mobil (CFC-11). CFC banyak digunakan sebagai zat pendingin dalam kulkas dan AC mobil (CFC-12).

MgCl2 10. Tubir samudera yang paling dalam 10 km.22% dari sejumlah garam yang ada di dalam air laut. Secara langsung maupun tidak. Laut Hitam . mengandung lebih banyak garam daripada laut terbuka.88%. Garam-garam ini terlarut dalam air sungai. Berat jenis air laut adalah 1.64%. MgBr20. Air hujan yang jatuh di daratan meresap ke dalam tanah dan ke dalam lapisan-lapisan di bawahnya. K2SO4 2.027. Pada dasarnya yang dimaksud dengan laut adalah masa air asin yang menggenangi sebagian besar permukaan bumi. Bila di lihat dari luar bumi. kandungan garam kapur yang dilarutkan oleh air hujan sangat besar.34%. Besarnya kadar bagi masing-masing garam di laut adalah sebagai berikut : NaCl 77. Pada dasarnya. Kemudian air diuapkan. yaitu sekitar 35%.84 km. Samudera-samudera dan laut-laut Samudera-samudera dan laut-laut menempati 71% permukaan bumi. Hal ini dikarenakan jasad-jasad laut membutuhkan banyak garam kapur untuk menyusun tubuhnya. Laut terasing. laut sangat berpengaruh terhadap kehidupan di permukaan bumi. Laut Tengah memiliki kadar garam lebih tinggi daripada Laut Antlantik.74%. Bila semua air ini diratakan di permukaan bumi dapat mencapai dalamnya 2.60%. disebabkan oleh larutan garam-garamair laut rata-rata mempunyai kandungan garam dan berbagai jenis mineral dengan konsentrasi yang relatif lebih tinggi dibandingkan air sungai atau danau. MgSO4 4. terlihat seperti bulatan air. melarutkan garam-garam yang dapat dilarutkan dan semua ini diangkut sebagai larutan yang amat encer yang mengalir ke laut. akan tetapi kandungan garam kapur di laut amat sedikit. Hal inilah yang mengakibatkan organisme laut memiliki struktur tubuh maupun kondisi fisiologis yang sangat berbeda dengan organisme yang hidup di air tawar. CaSO4 3. melalui peredarannya lagi dan garam tinggal di samudera. dengan rata-ratanya 4 km.76%. yaitu laut yang berhubungan dengan laut terbuka yang belum putus.1. CaCO3 0.

terutama CO2 yang terdapat di laut 27 kali lipat lebih banyak daripada di hawa udara. misalnya Laut Karibia yang t erletak di antara Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan.Berdasarkan kedalamannya. Laut Baltik dan Laut Kaspia. Karenanya.000 meter di bawah permukaan laut.2. samudera dianggap sebagai suatu pengatur kadar CO2 udara. seperti Laut Hutam. Hal ini disebabkan pada laut yang terasing kadar garamnya tidak dialirkan lagi ke tempat lain seperti halnya laut terbuka. serta Laut Pedalaman. Sungai Sungai adalah aliran air tawar melalui suatu saluran menuju laut. zona neritik yang terletak dari wilayah pasang surut sampau kedalaman 200 meter.000 meter di bawah permukaan laut serta zona abisal yang merupakan wilayah laut yang terletak pada kedalaman lebih dari 2. aliran air sungai mempunyai tiga aktivitas. yang hampir seluruhnya dikelilingi daratan. Beberapa manfaat sungai bagi kehidupan kita adalah : .Berdasarkan proses terjadinya. transportasi dan sedimentasi.kadar garamnya lebih tinggi daripda Laut Tengah. Air sungai dapat berasal dari gletser (es). terbagi menjadi laut transgresi yang terjadi karena naiknya permukaan laut. danau yang meluap atau mata air pegunungan. contohnya laut Jepang yang terletak antara Kepulauan Jepang dan Benua Asia yang memisahkannya dnegan Samudera Pasifik. zona batial yang terletak pada kedalaman antara 200 – 2. terbagi menjadi laut tepi yang terletak di antara tepi benua dan kepulauan yang memisahkannya dengan samudera. Laut Tengah yang terletak di antara dua benua. Laut Kaspi dan Laut Mati memiliki kadar garam yang lebih tinggi lagi. Wilayah laut dapat dibedakan menjadi tiga kelompok. yaitu : Berdasarkan letaknya. terbagi menjadi zona litoralyang merupakan wilayah laut yang terletak antara zona pasang naik dan pasang surut. serta laut regresi yang terjadi karena turunnya permukaan laut. Dalam perjalanannya. danau dan atau sungai lain yang lebih besar. ayitu melakukan erosi. air laut juga mengandung gas. laut ingresi yang terjadi karena turunnya daratan akibat proses patahan.Selain mengandung garam.

3.Sebagai sarana transportasi. 3.Sebagai prasarana oleh raga. Rawa air tawar. yang terdapat di sekitar muara air sungai di dekat laut.Danau buatan (waduk) yang merupakan buatan manusia untuk keperluan tertentu. Secara umum air tanah dibedakan menjadi dua. Air Tanah Merupakan air yang terdapat di lapisan tanah di bawah permukaan bumi. Waduk ini antara lain manfaatkan untuk pembangkit listrik. yang terdapat di sekitar sungai-sungai besar. yaitu : Air tanah dangkal. yang terletak di antara dua lapisan batuan kedap air. Rawa Rawa adalah tanah rendah yang selalu tergenang air karena tidak ada pelepasan air (drainase). rawa dapat dibedakan menjadi : a. pengendali banjir.Sebagai sumber air irigasi. Oleh karena itu. Rawa air asin. terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Semakin banyak air hujan yang meresap ke dalam tanah. yaitu rawa yang terdapat di daerah pantai. Danau Danau adalah masa airdalam jumlah besar yang berada dalam satu cekungan atau basin diwilayah daratan.Sebagai tempat budidaya perikanan. danau terbagi menjadi : Danau alam. yang terdapat di atas lapisan batuan kedap air. air rawa bersifat asam.Air tanah dapat juga keluar ke permukaan bumi dalam bentuk sumber air panas yang disebut . Berdasarkan proses terjadinya. Misalnya waduk Jatiluhur dan Saguliang di Jawa Barat. 4. berasal ari air hujan yang meresap ke dalam tanah. pengairan lahan pertanian. rekreasi dan budidaya ikan. b. Rawa air payau.Aliran sungai dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik. Berdasarkan sifatnya. c. semkain banyak pula air yang tersimpan di dalam tanah. Air tanah dalam.

Induk batuan pembentuk litosfer adalah magma. yaitu kerak dan selubung. Dalam wujud aslinya. yang tebalnya 50 – 100 km. erosi maupun proses fisika lainnya menjadi batuan kecil sampai pasir. Lithosfer merupakan lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Lithosfer tersusun dalam dua lapisan. LITHOSFER Lithosfer berasal dari bahasa yunani yaitu lithos artinya batuan. Lithosfer merupakan lempeng yang bergerak sehingga dapt menimbulkan persegeran benua.geyser. dan sphera artinya lapisan. Lithosfer adalah lapisan kulit bumi paling luar yang berupa batuan padat. Tanah terbentuk apabila batu-batuan di permukaan litosfer mengalami degradasi. Geyser merupakan sumber air panas yang erat hubungannya dengan aktivitas vulkanisme. yaitu : . Tanah merupakan sumber berbagai jenis mineral bagi mahluk hidup. Penyusun utama lapisan lithosfer adalah batuan yang terdiri ari campuran antar mineral sejenis atau tidak sejenis yang saling terikat secara gembur atau padat. Magma akan mengalami beberapa proses perubahan sampi menjadi batuan beku. Selanjutnya bagian ini bercampur dengan hasil pemasukan komponen organis mahluk hidup yang kemudian membentuk tanah yang dapat digunakan sebagai tempat hidup organisme. C. Lithosfer terdiri dari dua bagian utama. yaitu batuan cair pijar yang bersuhu sangat tinngi dan terdapat di bawah kerak bumi. Lithosfer memegang peranan penting dalam kehidupan tumbuhan. Melalui proses erosi mineral-mineral yang menjadi usmber makanan mahluk hidup ini seringkali terbawa oleh aliran sungai ke laut dan terdeposit di dasar laut. batuan sedimen dan batuan metamorf. mineral-mineral ini berupa batu-batuan yang treletak berlapis di permukaan bumi.

merupakan benda padat yang terdiri dari endapan di laut pada bagian atas. yang dalam ribuan tahun dapat hancur terurai selama terkena panas. hujan. Hancuran batuan yang diendapkan disebut batuan endapan atau batuan sedimen. Lapisan merupakan bahan yang bersipat elastis dan mepunyai ketebalan rata rata 65 km Batuan Pembentuk Lithosfer Semua batuan pada mulanya dari magma yang keluar melalui puncak gunung berapi. Lapisan sial yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan alumunium. Lapisan sima (silisium magnesium) yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa Si O2 dan Mg O lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. dan batuan lain yang terdapat di daratan benua. Kerak ini menempati dasar samudra 2. Kerak ini yang merupakan benua. Magma yang membeku kemudian menjadi batuan beku. Baik batuan sedimen atau beku dapat berubah bentuk dalam waktu yang sangat lama karena adanya perubahan . angin atau hewan ke tempat lain untuk diendapkan. Selanjutnya hancuran batuan tersebut tersangkut oleh air. serta aktifitas tumbuhan dan hewan. merupakan benda padat yang terdiri dari batuan granit di bagian atasnya dan batuan beku basalt di bagian bawahnya. Kerak benua. granit andesit jenis-jenis batuan metamor. b. Pada lapisan sial (silisium dan alumunium) ini antara lain terdapat batuan sedimen. Magma yang sudah mencapai permukaan bumi akan membeku. Lapisan sial dinamakan juga lapisan kerak. kemudian di bawahnya batuan batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun dari batuan beku gabro dan peridolit. bersifat padat dan batu bertebaran rata-rata 35km.1. senyawanya dalam bentuk SiO2 dan Al2O3. Kerak samudera. Kerak bumi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu : a.

Proses pembekuan magma ini agak cepat sehingga membentuk batuan yang mempunyai cristal yang kurang sempurna. Contohnya riolit dan basalt. Batuan Beku Luar. Batir-butir batuan sedimen berasal dari berbagai macam batuan melalui proses pelapukan. Batuan beku Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku. Karena tempat pembekuannya dekat dengan astenofer. Batuan Beku Gang. . 3. contohnya breksi. terbentuk di bagian celah/gang dari kerak bumi. Magma yang keluar dari bumi mengalami proses pendinginan dan pembekuan Sangat cepat sehingga tidak menghasilkan cristal batuan. pendinginan magmanya sangat lambat serta 2. Batuan Beku Dalam . contohnya batu kapur dan batu giok. hádala batuan beku yang terbentuk di permukaan bumi. sebelum sampai ke permukaan bumi. pembekuannya. Proses pembentukan batuan sedimen disebut diagenesis yang menyatakan perubahan bentuk dari bahan deposit menjadi batuan endapan. a. batuan beku dibagi menjadi : 1. pada kedalaman 15 – 50 km. dan umumnya tidak mengandung fosil. tidak ada pelapisan. b. Secara umum batuan beku mempunyai ciri-ciri homogen dan kompak. baik oleh angin maupun air. adalah batuan beku yang terbentuk jauh di bawah Berdasarkan tempat permukaan bumi. Batuan Sedimen Batuan redimen adalah batuan yang terbentuk karena adanya proses pengendapan. konglomerat dan batu pasir. Sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan. sedimen kimiawi dan sedimen organik. Batuan yang berubah bentuk disebut batuan malihan atau batuan metamorf. yaitu batuan sedimen klastik. Ada beberapa macam batuan sedimen.temperatur dan tekanan. Sedimen klastik berupa campuran hancuran batuan beku.

tekanan yang kuat serta waktu yang lama. yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. besi. Secara entimologi. Faktor yang mempengaruhi perubahannya adalah suhu yang tinggi.Sedimen organic berupa endapan sisa sisa hewan dan tumbuhan laut contohnya batu gamping dan koral c. Lithosfer bagian atas merupakan tempat hidup bagi manusia. Dengan demikian dapat diartikan biosfer adalah lapisan tempat tinggal mahluk hidup. D. emas. atau batuan kuarsa menjadi kuarsit Lithosfer merupakan bagian bumi yang langsung berpengaruh terhadap kehidupan dan memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan di bumi. Sistem ini mencakup semua mahluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya sebagai kesatuan utuh. Contohnya adalah batu kapur (kalsit) yang berubah menjadi marmer. batu bara. Selanjutnya lithosfer bagian bawah mengandung bahan bahan mineral yang sangat bermanfaat bagi manusia. biosfer berasal dari dua kata. nikel dan timah. Bahan bahan mineral atau tambang yang berasal dari lithosfer bagian bawah diantaranya minyak bumi dan gas. hewan dan tanaman. Termsuk semua bisofer adalah semua bagian permukaan bumi yang dapat dihuni oleh mahluk hidup. Manusia melakukan aktifitas di atas lithosfer. Pemahaman mengenai biosfer sangat penting untuk pengelolaan sumberdaya hayati. Batuan Malihan (Batuan Metamorf) Batuan malihan atau metamorf adalah batuan yang telah mengalami perubahan baik secara fisik maupun kimiawi sehingga menjadi batuan yang berbeda dari batuan induknya. terutama karena perkembangan flora dan fauna yang semakin berkurang. Biosfer Biosfer merupakan sistem kehidupan paling besar karena terdiri dari gabungan ekosistem yang ada di planet bumi. . Salah satu penyebabnya adalah terjadinya degradasi hutan akibat kebakaran ataupun pembukaan hutan untuk pemukiman.

F. mineral maupun komponen-komponen penyusun atmosfer. terdapat di dataran tanah Sumatera. E. yaitu : a. Mesosfer terletak di antara 50 km dan 80-85 km dari permukaan bumi. termosfer. b. Di dalamnya hidup beraneka ragam mikro-plankton yang amat cepat pertumbuhannya. sebagai gambut pantai.BENUA DAN SAMUDRA 1. Udara yang terdapat di sini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi. D. Gambut terletak di antara atosfre dan litosfer. Secara fisik biosfre ini terbagi tiga. di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat. Kebanyakan meteor yang sampai ke bumi biasanya terbakar di lapisan ini.Organisme hidup tersusun oleh berbagai unsur yang berasal dari biosfer. pada lain pihak tumbuh juga dalam hidrosfer. Proses terbentuknya Benua . baik air. terdapat pada tanah dataran Jawa (Pangandaran) dan Sumatera serta di tanah pegunungan Jawa dan Sulawesi. Lapisan gambut mengandung semua macam garam makanan tanaman yang terlarut dalam air tanah. Gambut ombrogin. Gambut dibagi menjadi beberapa daerah. Astenosfer Astenosper merupakan lapisan dibawah lempeng tektonik. yang menjadi tempat bergeraknya lempeng benua. Antara lapisan Mesosfer dengan lapisan atermosfer terdapat lapisan perantara yaitu Mesopause . MesosferMesosfer adalah lapisan udara ketiga. saat suhunya berkurang dari 290 K hingga 200 K (18oC hingga − 73oC). Salah satu bentuk dari lingkungan hidrosfer adalah terbentuknya gambut. Gambut topogin. Gambut merupakan suatu bentuk organis sebagai asal mula pembentukan batu bara. hidrosfer dan atmosfer. yaitu litosfer. sedangkan umur jasad-jasad tersebut sangat pendek dan ketika mati akan terendap dalam rawa. Kalimantan dan Irian.

Posisi Benua a). Secara astronomis benua asiaberada pada 840 LU – 110 LS dan 250 BT – 1710 BB.Benua adalah daratan yang luas sehingga bagian tengah benua tersebut tidak mendapat pengaruh angin laut sama sekali.000 sepertiga daratan duniaTerbesar kedua setelah benuaasiaTerluas KeempatTerluas ketiga Benua tertua di Dunia Belum dihuni manusia karena diselimuti abadi salju 2. Akan tetapi benua itu tidak dapat ditempati manusia. 6. Benua Asia Benua asiamembentang mulai dari sebelah barat. . AsiaAmerikaEropaAfrika 51.4. Eropa. Amerika.507. yaitu Benua Asia.56810.81742.000 15. Australia.188.2.500.63030. Luas enam benua di permukaan bumi No Nama Benua Luas (KM2) Keterangan hampir 1.945. Yaitu benua antartika. Dibumi ada 5 benua (panca benua) yang didiami manusia. Australiadan Baru Antartika Selandia 8. Afrika.290. Sebetulnya masih ada satu benua lagi di belahan bumi selatan yang terwujud kawasan es. yaitu Afrika dan Eropa hingga samudra pasifik disebelah timur.000 Luas 5.053.3.

c). Batas sebalah timur adalah laut merah dan samudra Hindia. laut Hitam. benua Afrika dilalui garis 23.290. Benua ini juga dilalui oleh garis Meridian (garis bujur 00). sedangkan sebelah barat dan selatan adalah samudra Atlantik. Laut Greenland. terusansuez.Batas sebelah barat benuaAsiaadalah benua Eropa dan pegunungan ural. Benua Afrika dilalui oleh garis katulistiwa (ekuator) yang hampir membagi benua ini menjadi bagian utara dan bagian selatan yang sama besarnya. Di sebelah timur.000 km2. Danau laut Kaspia. Laut Kaspia. Benua Afrika Benua Afrika mempunyai luas 30. Sedangkan di sebelah barat dipisahkan oleh selat bering yang sempit dengan benuaAsia. yaitu Labrador. b). selat dardanello. sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan samudra Atlantik. d). Secara astronomis benua . dan laut beaufort di utara. dan Palung Argentia. Disebelah timur. secara astronomis. Selain itu. laut tengah. Di sebelah timur dibatasi oleh samudra Atlantik dengan beberapa palung. Disebelah Selatan berbatasan dengan samudra Pasifik dan Palung Pasifik tenggara. wilayah ini berbatasan dengan benua Asia (Pegunungan Ural.50 LU (Garis balik utara) dan garis 23. benua Amerika terletak antara 840 LU – 560 LS dan 150 BT – 1790 BB. laut hitam. Benua Amerika Secara astronomis.Amerika Utara. Benua Eropa Benua Eropa berbatasan dengan Samudra Arktik (Laut Es) di sebelah utara. Secara geografis batas benua Amerika adalah samudra Arktik (Laut Es). Benua Afrika disatukan dengan Benua Asia oleh terusanSuez. selat Bosporus. Sedangkan selatGibraltardan laut tengah (laut mediterania) memisahkan benua Afrika dengan benua Eropa.50 LS (Garis Balik Selatan).Brazil. dan selat Bosporus). pegunungan Kaukasus. dan laut merah. benua Afrika terletak pada 350LU – 340 LS dan 170 BT – 520 BB. Benua Asia dibatasi oleh selat bering dan samudra Arktik dan Samudra Hindia.

samudra pasifik dikelilingi oleh pegunungan muda dunia (Pegunungan Andes) yang membentang di benua Amerika bagian barat. Dibagian timur. sedangkan pada tahun 1770 James Cook menyatakan pesisir timur Australia sebagai wilayah Inggris dan memberi nama New South Wales. pegunungan Forrestal. BenuaAustralia Australia ditemukan oleh Penjelajah Belanda William Janze yang mendarat pada tahun 1606. Selain itu. b). Luas keseluruhan benua Eropa adalah 10. Beberapa daerah yang tinggi dikawasan kutub selatan diantaranya pegunungan Ellsworth. Penduduk asli adalah suku Aborigin. Di peta.Eropa berada pada antara 3600 LU – 800 LS dan 600 BT – 100 BB. Benua Antartika Benua Antartika sering pula disebut kutub Selatan. 3. dilihat dari bentuk alam keadaan iklim posisi Lintang 110 LS – 470 LS menyebabkan benua Australia terbagi menjadi dua zona iklim. yaitu antara 110 LS dan 230 LS merpakan wilayah iklim tropis serta 23.507. terutama disebelah barat dan selatan. Karakteristik Samudra Atlantik . sedangkan penduduk asli menggunakan bahasa daerah yang dinamakan bahasa Aborigin f). di wilayah samudra pasifik yang sangat luas banyak bertebaran pulau-pulau dan kepulauan. Samudra ini menutuipi 1/3 bagian permukaan bumi. Bahasa pergaulan sehari-hari sebagai bahasa nasional ialah bahasa Inggris. Karakteristik samudra a). yaitu bagian dari jalur Sirkum Pasifik. wilayah kutub selatan secara langsung berbatasan dengan laut Ross / laut Amundsen dan laut weddel. pengunungan Quen maus dan pegunungan ross. samudra pasifik dilalui oleh garis bujur (meridian) 1800 yang menjadi bta penanggalan Internasional dan batas belahan bumi antara bujur barat (BB) dan Bujur Timur (BT). Karakteristik Samudra Pasifik Samudra pasifik merupakan samudra terluas dan terdalam di dunia.50dan 470 merupakan iklim sedang. 630 KM2. e).

Samudra Artktik merupakan lautan yang tertutup es dan berada di kutub Utara. laut Siberia timur. terdapat benuaAsia(bagian utara) Rusia. Kepulauan Inggris. d). Di bagian selatan samudra Hindia terdapat benua Antartika di kutub Selatan. dan benua Antartika. dan Pulau Inandia) dan bagian utara (Pulau Islandia dan tanah Hijau). Benua Amerika ( bagian utara). tanah Hijau (Greenland). laut Barents. Samudra Atlantik di kelilingi oleh benua-benua besar. laut Beufort. dan pulau Islandia . Kepulauan Svedrup. Benua Amerika bagian timur laut (Pulau Bahin. Kepulauan Andaman. Di sekeliling samudra Hindia banyak bertebaran daratan.Samudra Atlantik merupakan samudra yang berada di belahan bumi bagian barat. benua Eropa bagian barat (Teluk Biscaye. teluk Machenzie. yaitu Benua Afrika. laut scotia. Karakteristik Samudra Hindia Samudra Hindia disebut juga samudraIndonesia. benua Afrika (bagian timur) dan benuaAsia(Bagian Selatan). Selain benua terdapat pulau dan kepulauan. c). terutama berbatasan dengan benua Afrika bagian barat. Semenanjung Melville) dan bagian selatan terdapat di pulau Gergia selatan. yaitu kepulauan Maladewa. dan pulau Reunion. Pulau Mauritius. benua Eropa bagian utara. seperti benuaAustralia. Kepulauan Nicobar. Disekitarnya. Tantung Barrow. berupa benua-benua besar. Teluk Amunzen. laut putih. laut Norwegia. pulau Wrangel. Karakteristik Samudra Artktik.

742 km.848 m di atas permukaan laut) dan titik terendah adalah di Mariana Trench (10. Struktur Bumi Bumi memiliki lapisan-lapisan yang terdiri dari Inti Bumi. Titik tertinggi di Bumi terletak di Gunung Everest (8. terletak di pusat Bumi dan berdiameter sekitar 7. Lapisan mantel Bumi merupakan pengisi 83% volume Bumi. . Pembentukan benua dan samudra Benua & samudra adalah hamparan daratan yang sangat luas yang pada bagian tengahnya bersifat kering karena tidak mendapat pengaruh dari angin laut yan basah dan lembab. a. yakni lapisan yang mengelilingi inti dengan ketebalan 2. Bumi sebagai planet. dengan diameter ekuator 43 km lebih besar dari diameter Kutub Utara ke Kutub Selatan.000 km dan mantle (lapisan mantel). C. Diameternya rata-rata adalah 12. Bumi adalah planet berbentuk bulat dengan sedikit pepat di ekuator (khatulistiwa).900 km. nabula dan satelit-satelit. Pembentukan tata surya dan alam semesta alam semesta mencakup keseluruhan benda-benda alam yang terdiri dari galaxy.BAB III PENUTUP Kesimpulan. yaitu lapisan tipis yang ada di permukaan Bumi dan mempunyai ketebalan dari 0 hingga 40 km. Kulit bumi. planet-planet. bintang-bintang. b. Kulit Bumi terdiri dari lapisan tipis batuan dengan padatan silikat yang ada di bagian luarnya.911 m di bawah permukaan laut. matahari. D.

I. Maskoeri. · Maskufa. Jackues Fortin. cet. Ilmu Alamiah Dasar.merbabu. 2008. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.wordpress. 2005. 2008.DAFTAR PUSTAKA · Purnama. · Ismail al-Jawisy. Jakarta: Rineka Cipta. Nathalie.wikipedia. penerjemah. Jogjakarta: Garailmu. Jakarta: Gaung Persada Press. · Fredette Claude Lefleur. Bandung: Rosda. Danang. Understanding The Universe. Muhammad.wikipedia. Ilmu Alamiah Dasar.org/wiki/Laurasia (tanggal akses : 19 Maret 2011) http://en. Heri.org/wiki/Gondwana (tanggal akses : 19 Maret 2011) . · http://hbis.html (tanggal akses : 19 Maret 2011) http://yudi81. cet. 2009. · Tjasyono HK. · Jasin. 2009. Pengantar Kosmografi. Hendro Setyanto.com/2009/10/07/teori-tata-surya-dan-teori-big-bang/tata surya-2/ http://id. · Endarto. Maha Besar Allah Atas Semua Ciptaan-Nya. Jakarta: Rajawali Pers. I.com/artikel/terbentuknya_bumi. 2006. Ilmu Falaq. 2009.wordpress. Bayong.com/2009/01/16/sejarah-bumi-sejak-superkontinenpangaea-hingga-saat-ini/ (tanggal akses : 19 Maret 2011) http://en. Ilmu Kebumian dan Antariksa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->