P. 1
Peran a

Peran a

|Views: 126|Likes:
Published by faztmob

More info:

Published by: faztmob on Oct 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

Peran BUMN,BUMD,BUMS bagi perekonomian Indonesia

:
BUMN memiliki peranan penting dalam perekonomian, yaitu sebagai berikut. 1) BUMN dapat mengelola dan menggunakan cabang-cabang produksi yang pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara maksimal demi tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat pada umumnya. 2) Pemerintah melalui perusahaan negara (BUMN) dapat melayani masyarakat secara maksimal. 3) BUMN menjadi salah satu sumber pendapatan negara yang berasal dari pendapatan nonpajak. 4) BUMN dapat menyediakan lapangan pekerjaan sehingga dapat membantu mengatasi pengangguran. 5) BUMN dapat membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

Berikut adl peran BUMD dalam menunjang penyelenggaraan pemerintah daerah : 1. 2. 3. 4. 5. Melaksanakan kebijakan pemerintah daerah di bidang ekonomi dan pembangunan. Pemupukan dana bagi pembiayaan pembangunan. Mendorong peran serta masyarakat dalam bidang usaha. Memenuhi barang dan jasa bagi kepentingan masyarakat. Menjadi perintis kegiatan yg tak diminati masyarakat.

BUMS memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional, antara lain: 1. meningkatkan penerimaan devisa negara dari perusahaan swasta yang melakukan kegiatan ekspor dan impor; 2. membantu pemerintah mengusahakan kegiatan produksi dalam rangka meningkatkan kemakmuran masyarakat;
3. 4.

meningkatkan lapangan kerja untuk mengatasi pengangguran; membantu pemerintah meningkatkan penerimaan negara melalui berbagai pajak.

Keterkaitan BUMN,BUMD dan BUMS:
Semuanya merupakan organisasi/ badan usaha yg mempunyai tujuan ekonomis (profit). Bedanya bisa dilihat dari anggota/kepemilikan, modal, organisasinya, pembagian keuntungan. BUMN,BUMD & BUMS pada intinya sama yaitu kumpulan orang/lembaga yang terikat dlm suatu ikatan kerjasama (perusahaan) dengan menyetorkan sejumlah dana yg akan dijadikan modal untuk mendirikan usaha(saham). pengurus (Komisaris & Direksi) ditunjuk oleh pemegang saham dalam RUPS begitu juga halnya pembagian laba akan dibagi dalam bentuk deviden sesuai dgn persentase kepemilikan saham. Antara BUMN & BUMS beda hanya di kepemilikan saham dimana BUMN saham mayoritas dimiliki oleh pemerintah sedangkan BUMS sebaliknya.Dan perbedaan BUMN dan BUMD adalah jika BUMN modal dari pemerintah pusat sedangkan BUMD dari pemerintah daerah.Dan ketiga badan usaha tersebut memiliki

keterkaitan dalam membangun perekonomian Negara Indonesia,dengan adanya lowongan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia,memperluas pasar faktor-faktor produksi dan menyumbangkan dana yang berupa pajak,cukai dll.

<><><> Adanya BUMN,BUMD dan BUMS sangat membantu meski peran BUMN dan BUMD kurang terlihat bagi masyarakat sekitar karena hanya orang-orang yang berpendidikan tinggi yang mampu bekerja di tempat tersebut,sedangkan BUMS sangat terlihat perannya dalam mengurangi pengangguran di daerah sekitar karena tidak harus bergelar S1 atau sejenisnya.Seperti perusahaan kayu lapis Surya Mandiri,pabrik roti Mirasa dan Super Indo yang menggunakan tenaga dari orang-orang sekitar pabrik tersebut sehingga jumlah pengangguran di daerah tersebut berkurang.

Kesimpulan: Jadi dapat disimpumpulkan jika semua badan usaha entah milik pemerintah atau swasta memiliki peran yang penting dalam perekonomian Negara.Karena ketiga badan usaha ini samasama telah membuka lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia dan ambil bagian dalam menambah kas dan devisa Negara yang sangat penting fungsinya bagi perekonomian Indonesia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->