MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

KELOMPOK 1: HEFRIYANTY RONASARI (05091003019) DEBORAH (05121003035) SHAFIRA NABILLA (03121003017) M. IKHWAN (03121003001)

kesenian.B. hukum. kepercayaan. kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. kebudayaan itu bersifat abstrak.. Menurut E.KEBUDAYAAN. adat istiadat dan lain kemampuankemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. sehingga dalam kehidupan sehari-hari.. Tylor (Primitive Culture): Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan. moral. .

BUDAYA CIPTA RASA KARSA Kemampuan berpikir Yang menimbulkan Ilmu pengetahuan Karya seni / Kesenian Kehendak untuk hidup sempurna. mulia dan bahagia .

WUJUD KEBUDAYAAN GAGASAN PERILAKU (AKTIFITAS) BENDA HASIL BUDAYA .

PROSES PEMBUDAYAAN Enkulturasi Sosialisasi Akulturasi Difusi Asimilasi .

adat. dan peraturan yang hidup dalam kebudayaannya. .ENKULTURASI Proses mempelajari dan menyesuikan alam pikiran serta sikap individu dengan sistem norma.

.Sosialisasi  Proses seorang individu dari masa anakanak hingga masa tuanya. Belajar pola-pola tindakan dalam interaksi dengan segala macam individu di sekelilingnya yang menduduki beraneka macam peranan sosial yang mungkin ada dalam kehidupan seharihari.

AKULTURASI Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. . Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

Penyebaran dari individu ke individu lain dalam batas satu masyarakat disebut difusi intramasyarakat.DIFUSI Proses penyebaran unsur kebudayaan dari satu individu ke individu lain. Sedangkan penyebaran dari masyarakat ke masyarakat disebut difusi intermasyarakat. dan dari satu masyarakat ke masyarakat lain. .

 Faktor perkawinan campuran.ASIMILASI Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. . Faktor-faktor yang memudahkan Asimilasi:  Faktor toleransi  Faktor adanya simpati terhadap kebudayaan yang lain.

dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. dan antar negara saling terhubung dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. perjalanan. . budaya populer. investasi.PERUBAHAN KEBUDAYAAN DARI LOKAL MENUJU GLOBAL  Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu. kelompok. Memiliki hubungan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan.

dan alatalat musik lainnya .piano dari pada alat musik asli daerahnya seperti angklung.Contoh dari perubahan kebudayaan dari lokal menuju global salahnya adalah anak muda jaman sekarang baik yang tinggal dikota maupun didesa lebih bisa memainkan alat musik moderen yang berasal dari negara lain seperti gitar. gamelan.drum.bass.

. Kesenjangan Sosial ketidakseimbangan perubahan antara kebudayaan materill dan imaterill.Dampak Globalisasi   Guncangan Budaya ketidaksesuaian unsur kebudayaan yang berbeda sehingga menghasilkan pola kehidupan sosial yang tidak serasi fungsinya.

THATS ALL .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful