P. 1
LAPORAN PRAKTIKUM MATEMATIKA (1)

LAPORAN PRAKTIKUM MATEMATIKA (1)

|Views: 1,949|Likes:
Published by Agus Wedi
LAPORAN MAPLE
LAPORAN MAPLE

More info:

Published by: Agus Wedi on Oct 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/24/2015

pdf

text

original

PROGRAM MAPLE Pengenalan Maple dan Operasi Aritmetika

LAPORAN

Oleh : Nama : Agus Wedi Pratama NIM : 121810301016

JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS JEMBER 2012

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Dengan kemajuan iptek seperti saat ini, banyak software yang telah tersedia untuk menyelesaikan berbagai persoalan matematika seperti MATLAB, MATHEMATICA, atau MAPLE. Ada pula software yang lebih spesifik pada salah satu cabang matematika seperti statistika, yaitu SPSS, SPLUS, SAS, Statistica, dan lain-lain. Software lainnya, misalnya, DERIVE yang lebih banyak memfokuskan pada masalah diferensial, ALCULUS untuk masalah kalkulus, ISETL untuk masalah aljabar, CABRI untuk geometri, dan lain-lain. Adakalanya software yang lebih mendalam pada satu cabang, lebih praktis untuk menyelesaikan masalah. Tetapi adakalanya pula suatu permasalahan

membutuhkan kajian dari berbagai cabang matematika, sehingga untuk suatu fungsi yang dapatdiberikan langsung oleh suatu software, mungkin software lain membutuhkan prosedur yang agak panjang untuk menyelesaikan masalah yang sama. Dalam Praktikum Program Aplikasi Komputer Matematika akan digunakan software aplikasi matematika MAPLE. Diawali dari pengenalan

lingkungan Maple, variabel dalam Maple, fungsi-fungsi, grafik, sampai pada prosedur. Maple adalah suatu program aplikasi komputer untuk matematika yang diproduksi oleh Waterloo Maple Inc., Ontario, Canada. Program ini pada awalnya dikembangkan oleh civitas University of Waterloo, Canada tahun 1988 (http://www.maplesoft.com). Maple merupakan suatu Sistem Komputasi Simbolik (Symbolic Computation System) interaktif yang sangat kuat. Program ini telah banyak digunakan oleh kalangan pelajar, pendidik, matematikawan, statistikawan, ilmuwan dan insinyur untuk mengerjakan komputasi numerik dan simbolik (Garvan, 2002). Beberapa produsen industri dunia juga memakai program ini seperti Boeing, Daimler Chrysler, Nortel dan Raytheon (Tung, 2003).

1.2 Rumusan Masalah 1. Apa itu Maple ? 2. Bagaimana mengoperasikan operasi aritmetika dalam maple ?

1.3 Tujuan dan Manfaat 1.3.1 Tujuan Tujuan praktikum pengenalan software Maple untuk matematika dan pengoperasian aritmetika ini adalah mahasiswa mampu mengoperasikan dan memahami tentang penggunaan software maple dengan tepat dan juga mampu menggunakan simbol-simbol penting operasi aritmetika seperti penambahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), pangkat (^) dan lainnya dalam pengoperasian software maple. 1.3.2 Manfaat

Manfaat yang akan diperoleh dalam praktikum pengenalan software maple dan pengoperasian aritmetika diantaranya adalah: 1. Mahasiswa dapat mengoperasikan software maple dengan tepat, 2. Mahasiswa dapat mengerjakan komputasi bilangan secara exact, 3. Mahasiswa dapat mengerjakan komputasi numerik untuk bilangan yang sangat besar, 4. Mahasiswa dapat mengerjakan operasi aritmetika dan komputasi simbolik dengan sangat baik, 5. Mempermudah mahasiswa untuk mengoperasikan fasilitas untuk membuat dokumen dalam beberapa format.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengenalan Maple

Maple merupakan salah satu software aplikasi yang dapat digunakan untukperhitungan matematika dan sains. Beberapa kelebihannya antara lain bahwa Mapledapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dalam bidangmatematika seperti aljabar, kalkulus, matematika diskrit, numerik dan masih banyaklagi yang lain. Selain itu dalam Maple juga tersedia fasilitas untuk membuat grafikbaik dua dimensi maupun tiga dimensi. Grafik yang dihasilkan dapat dipindah kedalam dokumen lain. Kelebihan Maple yang lain adalah dapat mendukung pemrograman. Dengandemikian, program dalam bentuk fungsi-fungsi baru untuk penggunaan yang bersifat khusus dapat dibuat. Perintah-perintah dasar Maple sangat sederhana dan mudah dipahami olehpengguna pemula sekalipun, sehingga Maple cocok digunakan tidak hanya untuk komputasi sains melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk proses pemahaman danpembelajaran matema-tika serta sains. Dengan proses perhitungan dan visualisasigrafik dalam Maple akan dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep dasar matematika. Maple dibuat dan dikembangkan oleh Waterloo Maple inc. Maple dapat diinstal dalam komputer bersistem operasi Windows maupun Macintosh. Program maple mampu menjadi solusi dalam berbagai topik matematika, seperti analisis numerik, aljabar simbolik, kalkulus, persamaan diferensial, aljabar linear, simulasi dan visualisasi.

2.2

Pengenalan IDE Maple

Dalam subbab ini akan diperkenalkan IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan dari Maple. Gambar 3-1 menunjukkan tampilan lingkungan Maple.

Gambar 3-1. Tampilan IDE Maple Secara garis besar lingkungan Maple terdiri dari menu utama, toolbar, dan jugaworksheet. Bagian worksheet inilah nantinya digunakan untuk menuliskan perintah-perintah Maple untuk perhitungan matematika. Dalam Maple juga terdapat fasilitas palette untuk memudahkan pengguna dalammenuliskan perintah maupun simbol-simbol matematis. Beberapa jenis paletteyangtersedia adalah symbol palette, expression palette, dan matrix palette. Symbol palette digunakan untuk menuliskan simbol-simbol matematika, expression palette digunakan untuk memudahkan dalam menuliskan ekspresi matematikamisalnya integral, deret sigma, bentuk akar dan sebagainya, sedangkan matrix palette digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menuliskan matriks. Sebagai dokumentasi, perintah-perintah yang telah dituliskan dalam worksheet dapatdisimpan ke dalam file. Secara default, ekstensi file worksheet yang disimpan adalah*.mws (maple worksheet). Untuk proses penyimpanan worksheet langkahnya adalahsebagai berikut: 1. Klik menu FILE pada menu utama 2. Klik submenu SAVE atau SAVE AS..

3. Arahkan folder tempat file worksheet akan disimpan dan beri nama fileworksheetnya pada bagian FILE NAME 4. Klik OK 2.3 Pengoperasian Maple Maple bersifat sangat sensitive dalam pemakaian huruf besar dan huruf kecil dalam persamaan matematika. Pada layar maple secara otomatis muncul simbol [ > seperti terlihat pada gambar berikut.

Simbol tersebut menandakan bahwa Maple siap dioperasikan dengan cara menuliskan perintah-perintah di depan symbol tersebut. Kemudian, tulis angkaangka sesuai dengan yang ingin dikerjakan. Misalnya seperti gambar dibawah ini.

Tapi jangan lupa membubuhkan semicolon (;) diakhir perintah untuk mengetahui hasil dari operasi maple. Perintah juga bisa diakhiri dengan colon (:) bila hasilnya tidak ingin ditampilkan tapi tetap diproses. Kemudian, tekan [Enter], hasil :47 Sebaiknya sebelum perintah-perintah diberikan pada operasi aplikasi maple, terlebih dahulu diawali dengan perintah [ > restart ;. Penulisan perintah tersebut agar memori yang sebelumnya digunakan kosong. Program Maple matematika ini mempunyai kemampuan-kemampuan yang dapat digunakan untuk mengoperasikan berbagai operasi matematika. Berikut kemampuan yang ada di program maple :

1. dapat mengerjakan komputasi bilangan secara exact, 2. dapat mengerjakan komputasi numerik untuk bilangan yang sangat besar. 3. dapat mengerjakan komputasi simbolik dengan sangat baik, 4. mempunyai banyak perintah bawaan dalam library dan paket-paket untuk pengerjaan matematika secara luas, 5. mempunyai fasilitas untuk pengerjaan pengeplotan dan animasi untuk grafik baik dimensi dua maupun dimensi tiga. 6. mempunyai suatu antarmuka berbasis worksheet, 7. mempunyai fasilitas untuk membuat dokumen dalam beberapa format, 8. mempunyai fasilitas bahasa pemrograman, yang dapat digunakan untuk menuliskan fungsi, paket, dan sebagainya.

BAB 3 METODOLOGI 3.1 Alat dan Bahan 1. Software Maple 2. PC atau Laptop 3. Alat tulis sebagai catatan penting 3.2 Cara Kerja 1. Hidupkan PC atau Laptop dengan benar 2. Buka program Maple yang sudah diinstal, biasanya sudah ada di dekstop 3. Aplikasi Maple sudah siap untuk digunakan.

BAB 4 PEMBAHASAN 4.1 Sejarah Singkat Maple Maple adalah sistem komputer komersial aljabar. Ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1980 oleh Kelompok Perhitungan simbolik di University of Waterloo di Waterloo, Ontario, Kanada. Sejak tahun 1988, telah dikembangkan dan dijual secara komersial oleh Waterloo Maple Inc (juga dikenal sebagai MAPLESOFT), sebuah perusahaan Kanada juga berbasis di Waterloo, Ontario. Versi utama saat ini adalah versi 16 yang dirilis pada Maret 2012. Konsep pertama dari Maple muncul dari pertemuan pada November 1980 di University of Waterloo. Para peneliti di universitas ingin membeli komputer cukup kuat untuk menjalankan Macsyma. Sebaliknya, diputuskan bahwa mereka akan mengembangkan komputer mereka sendiri sistem aljabar yang akan dapat dijalankan pada komputer biaya yang lebih rendah. Versi terbatas pertama muncul pada bulan Desember 1980 dengan Maple menunjukkan pertama di konferensi dimulai pada tahun 1982. Nama adalah referensi untuk warisan Canadian Maple ini. Pada akhir 1983, lebih dari 50 universitas memiliki salinan Maple diinstal pada mesin mereka. Pada tahun 1984, kelompok penelitian diatur dengan Watcom Produk Inc untuk lisensi dan mendistribusikan Maple. Pada tahun 1988 Waterloo Maple Inc didirikan. Tujuan asli perusahaan adalah untuk mengelola distribusi perangkat lunak. Akhirnya, perusahaan berevolusi untuk memiliki departemen R & D di mana sebagian besar pembangunan Maple yang dilakukan saat ini dengan sisa dilakukan di universitas laboratorium penelitian di seluruh dunia termasuk: Laboratorium Perhitungan simbolik di University of Waterloo dan Pusat Penelitian Ontario untuk Aljabar Komputer di Universitas Western Ontario. Pada tahun 1989, antarmuka pengguna grafis pertama untuk Maple dikembangkan dan disertakan dengan versi 4.3 untuk Macintosh. Versi X11 dan Windows dari antarmuka baru diikuti pada tahun 1990 dengan Maple V. Pada

tahun 1994 edisi khusus dari newsletter yang dibuat oleh pengembang Maple disebut 'MapleTech diterbitkan. Pada tahun 1999, dengan rilis Maple 6, Maple termasuk beberapa Perpustakaan numerik NAG. Pada tahun 2003, saat ini "standar" antarmuka diperkenalkan dengan Maple 9. Antarmuka ini terutama ditulis di Jawa (meskipun bagian, seperti aturan untuk typesetting rumus matematika, ditulis dalam bahasa Maple). Antarmuka Java dikritik karena lambat, perbaikan telah dibuat dalam versi, meskipun Maple 11 dokumentasi merekomendasikan sebelumnya ("klasik") antarmuka untuk pengguna dengan kurang dari 500 MB memori fisik. Ini antarmuka klasik tidak lagi dipertahankan. Antara tahun 1995 dan 2005 pertengahan Maple kehilangan pangsa pasar yang signifikan untuk pesaing karena user interface yang lebih lemah. Pada tahun 2005, Maple 10 memperkenalkan "modus dokumen" baru, sebagai bagian dari antarmuka standar. Fitur utama dari mode ini adalah bahwa matematika yang dimasukkan menggunakan dua masukan dimensi. Pada tahun 2008, Maple 12 menambahkan fitur antarmuka pengguna tambahan ditemukan di Mathematica, termasuk style sheet tujuan khusus, kontrol header dan footer, pencocokan braket, daerah auto eksekusi, template perintah selesai, memeriksa sintaks dan autoinisialisasi daerah. Fitur tambahan yang ditambahkan untuk membuat Maple mudah digunakan sebagai toolbox MATLAB. Pada bulan September 2009 Maple dan MAPLESOFT diperoleh oleh pengecer software Sistem Cybernet Jepang.

4.2

Cara Menginstal Software Maple Software Maple saat ini banyak versi-versinya mulai yang dulu hingga

yang terbaru. Sekarang ini banyak file-file maple di internet yang bisa di download secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Cara menginstalnya pun sangat sederhana sekali seperti menginstal program-program lainnya ke komputer. Pertama kita masuk dulu ke folder maple yang sudah ada di PC ataupun laptop. Kemudian, masuk ke setup kemudian klik instalernya. Seperti menginstal program-program lainnya terus-menerus klik next pada kotak dialog penginstalan

hingga proses penginstalan selesai. Kemudian, pada file masternya buka folder crack kemudian copy lisence yang ada disana. Lisence yang sudah di copy kemudian paste di local disk (c)/ program file/ maple / lisence. Aplikasi maple sudah siap untuk digunakan.

4.3

Cara Mengoperasikan Maple Maple yang sudah diinstal di PC atau laptop bisa langsung dioperasikan.

Cara pengoperasiannya cukup mudah. Klik dua kali pada shortcut maple jika ada pada dekstop PC atau laptop anda. Atau jika tidak ada shortcut bisa juga dibuka di icon start. Kemudian, setelah dibuka akan langsung terbuka worksheet yang siap untuk digunakan. Sebelumnya, untuk mengosongkan memori yang sebelumnya digunakan jangan lupa awali dengan restart.

4.4

Pengoperasian Operasi Aritmetika Operasi Aritmetika merupakan operasi yang dasar dalam maple. Sebab,

operasi ini sangat mudah untuk dilakukan dalam aplikasi maple dan berupa simbol-simbol yang dasar dan mudah untuk diingat. Berikut beberapa simbol dalam pengoperasian Aritmetika.
Simbol + * / ^ Abs Evalf Fungsi Pertambahan Pengurangan Perkalian Pembagian Pangkat Harga mutlak Memberikan nilai numerik

Value Sqrt Exp Sin Cos Infinity Pi

Hasil sederhana Akar Fungsi eksponen Untuk sin Untuk cos Untuk simbol tak terhingga Untuk simbol

Cara penggunaannya sangat sederhana sekali layaknya kita menggunakan kalkulator. Namun, yang membedakan disini dalam penggunaan sama dengannya (=) menggunakan titik koma (;). Contohnya: [> 3+3; kemudian tekan enter untuk mengetahui hasilnya yaitu 6. Untuk penggunaan fungsi lainnya seperti sqrt, abs dan lainnya harus menggunakan tanda kurung pada angkanya. Misal [> sqrt (9); maka hasilnya 3. Contoh lainnya pada maple :

> > sqrt(9); > 8+5; > 8-2; > 9/3; > 3^2; > 5*4;

BAB 5 PENUTUP 5.1 Kesimpulan 1. Maple adalah salah satu paket program atau program aplikasi matematika yang berbasis computer. 2. Pengoperasian operasi aritmetika dalam program maple menjadi operasi yang mendasar karena simbol-simbol yang digunakan merupakan simbol dasar matematika seperti pertambahan dan pengurangan. Berikut diantaranya simbol dalam operasi aritmetika :
Simbol + dan * dan / ^ Sqrt Evalf Fungsi Tambah dan kurang Kali dan bagi Pangkat Menghitung akar Memberikan nilai numerik

5.2

Saran Dalam mengoperasikan aplikasi Maple sebaiknya memerhatikan beberapa

hal yang sangat penting agar dalam penggunaannya bisa valid. Berikut beberapa yang harus diperhatikan dalam pengoperasian maple : 1. Sebelum memulai pengoperasian terlebih dahulu awali dengan restart untuk pengosongan memori. 2. Perhatikan penggunaan huruf besar-kecil dalam penggunaannya, karena akan berbeda perintah. 3. Perhatikan banyaknya penggunaan tanda kurung dalam pengoperasiannya.

DAFTAR PUSTAKA Kartono. 2005. Maple Untuk Persamaan Diffrensial. Yogyakarta: Graha Ilmu. Yuana, Rosihan Ari. Kalkulus Dengan Maple. Surakarta: UNS Press.

Internet: Marwati, Rini. 2008. Pentunjuk Program Aplikasi Komputer Matematika. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/1966062519 90012-RINI_MARWATI/14_HandOutPAKM1.pdf. 02 Oktober 2012. Mahdi Radji’in. 2011. Maple. http://mahdi47.files.wordpress.com/2011/09/maple5.doc. 3 Oktober 2012.

http://beautiful.student.fkip.uns.ac.id/tutorial-maple/tutorial-maple-sejarah-maple/

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->