KALOR

2 Konstanta Joule
I. Tujuan Percobaan Menentukan besarnya konstanta Joule. II. Peralatan 1. 2. 3. 4. Kalorimeter listrik, Catu daya DC Amperemeter, Voltmeter Hambatan geser Termometer, Stopwatch

III. Teori Bila kumparan pemanas suatu kalorimeter listrik dialiri arus listrik, maka panas yang ditimbulkannya akan diterima oleh air, termometer dan tabung kalorimeter itu sendiri. Tara kalor listrik didefinisikan sebagai pembanding antara energi listrik yang digunakan dengan panas yang ditimbulkan. W VIt J = = Joule/Kalori (1) H (N a + M a C a ) ∆ T dengan : Na = nilai air kalorimeter Ma = massa air dalam kalorimeter V = tegangan listrik (Volt) I = arus listrik (Ampere) t = waktu (detik) ∆T = perubahan suhu dalam oC Ca = kalor jenis air IV. Cara Kerja A. Mencari nilai air kalorimeter 1. Timbanglah kalorimeter kosong dan pengaduknya (Mk ). 2. Isi dengan air kira-kira 1 bagian, lalu timbang lagi (Mk+a ).
4

3. 4. 5. 6. 7.

Catat temperatur kalorimeter (ta). Didihkan air dalam beaker glass, catat temperatur air mendidih (tap ). Tambahkan air mendidih kedalam kalorimeter sampai jumlah air 3 bagian.
4

Aduk-aduk dan perhatikan kenaikan temperaturnya. Catat temperatur pada saat setimbang (saat temperatur tidak naik lagi) (ts ) Timbang kembali seluruhnya. (M k+a+p ) = Mtotal 1

2. 4. 2. Energi kalor. 5. 6. hitunglah nilai air kalorimeter ! Dengan menggunakan metode kuadrat terkecil. dimensi dari : Energi listrik. Buat grafiknya. Gambar 1. Susun rangkaian percobaan sesuai dengan gambar 1. Tugas Akhir 1. Tugas Pendahuluan 1. Timbanglah kalorimeter kosong. Mencari Konstanta Joule 1. Kalor jenis dan Konstanta Joule ? Jelaskan apa yang dimaksud dengan “ Tara kalor mekanik “ dan “Tara kalor listrik”? Dapatkah percobaan B (untuk mencari Konstanta Joule) dilakukan tanpa melakukan percobaan A (menentukan Nilai Air Kalorimeter) ? Untuk dapat menetukan besarnya harga Konstanta Joule dari percobaan diatas. 8 3. Masukkan air kira-kira 1 bagian dan timbang lagi. Catat kenaikkan temperatur air setiap 4 menit untuk 10 kali pengamatan. 3. 5. Tanyakan pada asisten kebenaran dari rangkaian saudara sebelum memulai percobaan. data-data apa saja yang akan anda ukur? VI. hitunglah konstanta Joule dari data percobaan B.B. Tentukan kuat arus. 3. 4. 2. Catat temperatur awal air didalam kalorimeter. Dari percobaan A. Dan catat juga tegangannya. 7. 6. V. Bandingkan hasil yang didapat dengan literaturnya ! Berikan kesimpulan dan analisa dari hasil yang didapat ! 2 . Jelaskan proses perubahan Energi yang terjadi pada percobaan Konstanta Joule ini? Bagaimana prinsip bekerjanya Kalorimeter Listrik seperti yang terlihat pada gambar 1 ? Carilah satuan. jaga agar tetap stabil dengan tahanan (hambatan) geser.