P. 1
Cos Phi Meter

Cos Phi Meter

|Views: 2,280|Likes:
Published by Mahmud Hasan

More info:

Published by: Mahmud Hasan on Oct 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

pdf

text

original

Kelompok 3 10. Febri ramandani 11. Hakam rahmatullah 12. Hasan mahmud 13. Jiwandono 14.

Kanuri

Cosphi meter (Cos ϕ).
 Cosphimeter adalah alat yang digunakan untuk

mengetahui, besarnya faktor kerja (power factor) yang merupakan beda fase antara tegangan dan arus. Dalam pengertian seharihari disebut pengukur Cosinus phi (ϕ ). Tujuan pengukuran Cos ϕ atau pengukur nilai cosinus sudut phasa adalah memberikan penunjukan secara langsung dari selisih phasa yang timbul antara arus dan tegangan.

Jenis-jenis cos ϕ meter
 1. cos ϕ Elektro Dinamis  Cosphimeter ini dapat dilihat seperti pada gambar di bawah ini :

 Cara kerja dari alat diatas adalah apabila cos ϕ= 1

akibatnya torsi akan bekerja pada kumparan penunjuk yang akan membentuk bidangnya tegak lurus dengan sumbu magnet bersama kumparan F1=F2 yaitu bersesuaian dengan posisi jarum penunjuk cos ϕ =1  Dan apabila cos ϕ = 0 akibatnya tidak ada torsi pada kumparan penunjuk tetapi torsi yang bekerja pada kumparan penyeimbang akan membuat bidangnya tegak lurus dengan sumbu magnet bersama dari F1 = F2.

 2. cos ϕ type besi putar  Cosphimeter ini dapat dilihat seperti pada gambar di bawah

ini:

 Cara kerja alat di atas adalah fluk bolak

balik yang di hasilkan kumparan berinteraksi dengan fluk-fluk yang dihasilkan oleh kumparan arus yang menyebabkan sistem membentuk posisi yang di tentukan oleh sudut faktor daya beban. Meskipun demikian alat ukur dikalibrasi untuk membaca faktor daya cos ϕ secara lang sung bukan besarnya ϕ.

 3. cos ϕ meter dengan Azas Kumparan Silang
 Cosphimeter ini dapat dilihat seperti pada gambar di bawah

ini :

 Cara kerja alat diatas adalah dua buah

kumparan yang terpasang siku-siku terhadap satu sama lain. pada kumparan ini terpasang sebuah poros yang tidak dipegang oleh pegas atau jenis kekuatan lain. Oleh karena itu kumparan silang ini bapat berputar secara bebas sejauh 360°.

Cara pemasangan cos phi meter

Teknik Pengukuran dengan Cos Phi Meter
 harus dilakukan dengan melihat tepat diatas jarum

penunjuk. Dengan demikian dibaca harga pada garis skala Pembacaan harga pada alat ukur cosphimeter secara cermat ang tertulis tepat dibawah runcing jarum. Bila tidak melihat tepat diatas penunjuk akan terbaca harga sebelah kiri atau disebelah kanan dari garis sebenarnya, kesalahan ini disebut paralaks. Untuk menghindari paralaks tersebut runcing jarum dari alat cermat dibuat berupa sayap tipis dan dipasang cermin kecil dibawah runcing jarum skala. Dalam posisi baca yang benar, maka jarum runcing dan bayangannya pada cermin harus tepat satu garis tipis.

 Cara merubah batas ukur pada alat ukur

cosphimeter dilakukan dengan menambah atau mengurangi tahanan sebelum besaran listrik masuk ke komponen utama alat ukur dengan perbandingan nilai tertentu terhadap nilai tahanan alat ukur, sehingga besaran sebenarnya yang masuk pada komponen utama alat ukur tetap pada batas semula.

 Untuk menghitung Cos ϕ dengan menggunakan

rumus:

 Keterangan:

P = daya dalam satuan watt V = tegangan dalam satuan volt I = arus listrik dalam satuan amper

Perinsip Kerja Cosphimeter
 Pengukuran Cos f berdasarkan pada dasar-dasar gerak

listrik dapat dianggapsebagai Pengukuran kumparan silang. Kumparan didalamnya terdiri darikumparan arus dan kumparan tegangan.
cos phi meter banyak digunakan dan terpasang pada:  Panel pengukuran mesin pembangkit  Panel gardu hubung, gardu induk  Alat pengujian, alat penerangan

Pertanyaan
1. Terdapat tiga macam cos φ, sebutkan

kelebihan dan kekurangan pada masing masing cos φ ? (bobby , kelompok 2)

jawab
a. cos φ elektro dinamis • kelebihan : alat ukur tidak dipengaruhi oleh perubahan frekuensi atau bentuk gelombang • Kekurangan : Pada frekuensi lain ( Jika timbul harmonis ) reaktansi L akan berubah sehingga magnitut dan fasa arus yang melalui C2 akan salah dan menyebabkan error pembacaan yang serius. b. Cos φ besi Putar  Kelebihan : alat ukur inimkuat dan relatif murah, memiliki skala sampai dengan 360 derajat, dan semua kumparan merupakan kumparan tetap sehingga tidak ada hubungan listrik pada bagian yang tidak berputar.  Kekurangan : terdapat error akibat kerugian histerisis dan arus eddy current dan pada bagian inti besi – kerugian tersebut berubah akibat dengan berubahnya beban dan frekuensi. c. Cos φ azas kumparan silang  Kelebihan : pada kumparan ini tidak dihasilkan medan putar, tidak ada kecenderungan pada sistem yang berputar untuk terus menerus berputar pada satu arah.

pertanyaan
2. Bagaimana cara penggunaan Cos φ meter ?

(ahmad / 01 )

Jawab

Cara pemasang cos φ ini

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->