MENATA DAN MENYIAPKAN TROLLEY

Buku catatan ( Block Note ). seorang roomboy / roomaid harus mempersiapkan peralatan kerja. meliputi : 1.Persiapan Peralatan Sebelum menjalankan tugas. . Kunci Kamar ( Key Room ) 3. termasuk linen dan guest supplies dan menempatkannya ke dalam room attendant trolley. Pelpen atau Pensil 4. Formulir Pramugraha ( Roomboy Control Sheet ) 2.

Persiapan unutk seluruh perlengkapan yang harus dibawa dengna menggunakan room attendant trolley diatur sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan pramugaraha dalam bertugas. Sebelum penempatan lena dan selesai membersihkan kamar. Secara berkala. Penempatan lena. Yang perlu diperhatikan oleh pramugraha pada saat menata trolley adalah sebagai berikut : 1. guest supplies. roda trolley harus diberi pelums agar lancar pada saat didorong dan tidak menimbulkan suara yang mengganggu tamu. dustinglah trolley terlebih dahulu 2. . alat serta bahan pembersih dalam trolley harus seragam dan konsisten 3.masing rack trolley.Menata Perlengkapan Room attendant trolley adalah kereta kerja yang digunakan oleh pramugraha untuk membawa lena dan perlengkapan lainnya dalam melaksanakan pekerjaannya. Semua perlengkapan diatur dengan rapih pada masing .

Tekhnik Pembersihan Trolley 1. yaitu tekhnik membersihkan debu dengan menggunakan dust cloth yang lembab. Dump Dusting. Teknhnik pembersihan trolley dilakukan dengan dua cara. yaitu membersihkan debu dengan menggunakan dust cloth yang kering. Dusting. yaitu : a. seorang pramugraha harus menyimpan dan mengudangkan perlengkapan yang ada di trolley ke pantry. Tekhnik pembersihan trolley Setelah melakukan pembersihan kamar. Sebelum dan sesudah digunakan sebaiknya trolley dibersihkan secara rutin. Trolley di dusting setelah perlengkapan yang ada di trolley digudangkan b. . Tekhnik ini dilakukan apabila debu atau kotoran di trolley sulit diangkat atau dibersihkan dengan tekhnik dusting.

pemakaian dan sebelum penyimpanan. secara berkala roda trolley harus diberi pelumas supaya lancar pada saat didorong. pengawas maupun penyelia. . tindakan kontrol yang baik adalah pada saat pengambilan. 2. Supaya alat dan bahan pembersih tersebut dapat dipergunakan secara efektif maka perlu diadakan penggudangan yang teratur.c. dan tidak menimbulkan suara yang tidak enak didengar oleh telinga. baik oleh pihak pekerja. Penggudangan perlengkapan trolley Semua alat dan bahan pembersih yang sangat banyak dipergunakan setiap saat oleh karyawan yang cukup banyak.

Harus bersih dan kering b. Dilipat dan diatur rapih c.Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam kontrol dan penggudangan alat. Disimpan dalam keadaan kering d. Harus bersih dan kering b. Sikat yang tidak bisa digantung. ditengadahkan 2.alat dan bahan pembersih adalah sebagai berikut : 1. Penggudangan Lena a. Dikelompokkan menurut jenisnya . Ditumpuk dengan rapih supaya menghemat tempat 3. Sikat dan sapu hendaknya digantung c. Kotoran yang melekat harus disikat b. Penggudangan Sapu Dan Sikat a. Penggudangan Alat Penampung a.

Harus dalam keadaan bersih dan kering b. Perikasa seluruh komponennya d.4. tidak terbalik. Ditempatkan pada tempat yang telah ditentukan c. dsb ) . Dikelompokkan menurut jenisnya b. Bersihkan seluruh bagian alat b. Penggudangan Alat Pelindung dan Pembantu a. Diautr dengna rapih supaya tidak mengganggu lalu lintas dan menghemat ruangan atau tempat 5. Kabel harus dililtkan dengna rapih c. Penggudangan Alat – Alat Mekanik ( Vacuum Cleaner ) a. diadakan pemeliharaan dan perbaikan 6. Secara periodic. Penggudangan Alat dan Pembersih a. disimpan di tempat teduh. Perhatikan petunjuk – petunjuk tertentu ( jangan sampai disimpan atau ditaruh dekat dengan korek api. Ditutup dengan ketat dan rapih d. Sebaiknya setiap tempat atau container berisi nama atau merk bahan pembersih yang ada di dalamnya e.

Mencocokkan danmencatat alat serta bahan pembersih sebelum menggudangkan atau menyimpan .hari. Seperti : a. Mencatat supplies yang habis dalam melaksanakan tugas c. Mencatat semua alat dan bahan pembersih yang diambil pada “ equipment and supplies daily control sheet ” b.Cara penggudangan yang baik adalah tindakan yang dilakukan untuk mencegah hilangnya alat dan bahan pembersih dalam kegiatan sehari.

SEKIAN TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful