/var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734.

doc

MODUL KE-1
Mata Kuliah : “ Pengantar Bisnis” ( 3 SKS )
Buku Literatur : 1. Jeff Mudura, “Intrudction to Business”, second edition South Western Collage Publishing, 2001 2. Murti Sumarni, John Suprihanto, “ Pengantar Bisnis”, Liberty, 2001 3. Ricky W. Griffin, Ronald J. Ebert, “ Business Prentice Hall”, 1996 4. Vernon A. Musselman, John H. Jackson, “ Introduction to Modern Business “, 9th edition, Pentice Hall, Inc, 2000 5. Sodang P. Siagian, “ Etika Bisnis”, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta , 1996 6. Basu Swasta DH, Ibnu Sukotjo W., “ Pengantar Bisnis Modern”, 4th edistion, Liberty, 2004 7. Maskur Wiratmo, “Pengantar Kewiraswastaan : Kerangka Dasar memasuki Dunia Bisnis”, Edisi 2 , BPFE, 2000

Pengantar Bisnis Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata-kata “ Bisnis”. dan seringkali pula terdengar pula pertanyaan seseorang : “ Apa bisnis anda sekarang ? “ atau “ ada bisnis apa ? boleh ikut tidak ….dan sebagainya. Dari ilustrasi ini maka apakah sebenarnya definisi dari Bisnis itu ?

Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB

Agus Arijanto SE
PENGANTAR BISNIS

bentuk-bentuk baru dari teknologi./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734. Sedangkan laba adalah merupakan selisih antara penerimaan bisnis dengan biaya-biaya yang dikeluarkan dari bisnisnya. Sehingga kita harus mengetahui apakah sistem ekonomi itu ? Sistem ekonomi adalah : “suatu sistem Negara dalam mengalokasikan sumber daya di antara warganegara-warganegaranya “ Pusat Pengembangan Bahan Ajar . dan kesempatan-kesempatan internasional yang dapat menjanjikan pertumbuhan produksi. konsumsi dan pertumbuhan pekerjaan yang tak terbatas. para pemilik organisasi bisnis mendapatkan laba dari resiko yang diambil sewaktu menginvestasikan uang dan waktu mereka.doc Bisnis adalah : Suatu kegiatan perorangan ataupun organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan mendapatkan keuntungan (laba). Tentunya laba ini merupakan salah satu pendorong bagi pelaku-pelaku bisnis untuk memulai dan mengembangkan kegiatan binisnya. bagaimanapun juga . Dewasa ini . Jika hendak melakukan kegiatan bisnis tentunya. sehingga diharapkan akan dapat menyerap para pencari kerja / pengangguran. Selanjutnya. bisnis memproduksi sebagian besar barang dan jasa yang kita konsumsi. bisnis pelayanan.UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS . Sistem Ekonomi suatu negara akan mempengaruhinya. Bisnis juga memperkerjakan sebagian besar tenaga kerja.

UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS . Wirausahawan adalah orang-orang yang memulai bisnisnya dan membuat keputusan-keputusan untuk memperluas bisniskecil menjadi bisnis besar.000 orang di seluruh dunia. Sehingga dalam kegiatan operasionalnya menggunakan tenaga kerja sebanyak itu dari tenaja kerja terampil sampai dengan perencana keuangan. sumber daya yang digunakan oleh bisnis-bisnis di suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa. penguji rasa sampai dengan supir dll. Modal : dalam memperoleh dan menggunakan sumber daya material dan tenaga kerja memerlukan modal. wirausaha dan sumber daya alam. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . modal. berkembang dan tumbuh menjadi besar. Sumber daya yang termasuk tenaga kerja. Modal adalah dana yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu perusahaan.doc Faktor-faktor Produksi Perbedaan utama dalam system ekonomi adalah terletak pada bagaimana cara mengelola faktor-faktor produksi yaitu ./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734. Modal tersebut dibutuhkan baik untuk memulai suatu bisnis maupun untuk menjaga kegiatan perusahaan tersebut dapat berahan hidup. memperkerjakan sekitar 165. Tenaga kerja . orang-orang yang bekerja di bisnis-bisnis mencerminkan tenaga kerja atau Sumber daya manusia ( SDM ) mencakup kontribusi orangorang baik fisik maupun mental sewaktumereka terlibat dalam produksi perekonomian. Contoh : Perusahaan rokok “Philips Morris “ Inc.

air . 2. faktor produksi yang dimiliki oleh pemerintah. Sumber daya alam adalah merupakan bahan dasar yang disediakan oleh alam. kandungan mineral dan tumbuh-tumbuhan. yang lainnya . Adapun jeniss-jenis sistem ekonomi ada 2 (dua) macam yaitu : 1. Sistem ekonomi dapat dibedakan dari cara-cara membuat keputusan mengenai produksi dan alokasi.doc Pelaku bisnis ini menggunakan kesempatan-kesempatan (Opportunities) dan meneria resiko yang ada dalam menciptakan dan menjalankan bisnis. Perekonomian pasar yaitu suatu mekanisme bagi pertukaran barang dan jasa tertentu antara pembeli dan penjual. kepemilikannya bersifat pribadi. Perekonomian terpimpin yaitu perekonomian yang mengandalakan pemerintah pusat untuk mengendalikan semua atau sebagian besar factor-faktor produksi dan untuk membuat semua atau sebagian besar keputusan produksi.UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS ./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734. Jenis-jenis sistim ekonomi Jenis-jenis sistem ekonomi yang berbeda akan mengelola faktor-faktor produksi dengan cara-cara yang berbeda pula. Pada beberapa sistem. *) Kapitalisme adalah perekonomian pasar yang memberikan kemungkian kepemilikan pribadi atas produksi dan yang mendorong ke-wirausahawan Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Sumber daya alam yang paling umum adalah tanah. Biasanya perekonomian dengan individu-individu mengontrol keputusan-keputusan produksi dan alokasi melalui penawaran dan permintaan.

publisitas sangat simpang siur sehingga hampir tidak seorang pun mengetahui bagaimana cara mengajukan tawaran untuk membeli perusahaan yang ada.Di bekas Republik Soviet Ukraina. *) Perekonomian Campuran ( Mixed market ) adalah sistem ekonomi yang menonjolkan sifat-sifat keduanya perekonomian terpimpin dan perekonomian pasar.UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS . swastanisasi berhasil digandakan dengan suatu program untuk menarik investasi asing dalam bisnis-bsins milik Negara. Bisnis Negara yang telah diswastanisasi kurang dari 10 % dan proses ini dihentikan dari bulan Juli s/d September 1994. Khusunya. hampir pada sebagian besar Negara-negara bekas Blok Timur sekarang menerapkan mekanisme pasar melalui proses yang disebut sebagai swastanisasi – proses pengubahan perusahaan pemerintah menjadi perusahaan milik pribadi. sehingga hasilnya bermacammacam : . laba memotivasi pelaku bisnis untuk menggunakan sumber daya secara efisien dan untuk menghasilkan barang-barang yang diinginkan konsumen. Sebagai contoh .doc dengan menawarkan keuntungan sebagi suatu intensif. Dalam perekonomian pasar tersebut. lemahnya hukum-hukum bea cukai dan rendahnya perpajakan telah menarik modal dari Negara tetangga Pusat Pengembangan Bahan Ajar ./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734. Sebagai tambahan. bekas republic soviet yang lainnya. Sehingga organisasi bisnis yang tidak efisienkan kalah dalam kompetisi. sebagai contoh suatu parlemen yang didominasu komunis telah berhasil menghalangi sebagaian besar proses swastanisasi . .di Estonia. Proses ini tentunya akan dilaksanakan secara berbeda di masing-masing Negara.

Dalam perekonomian pasar gabungan seperti itu. pemerintah dapat mengontrol perbankan. Sedangkan penawaran adalah kemauan dan kemampuan produsen untuk menawarkan suatu barang atau jasa untuk di jual. Hukum permintaan : Pembeli akan membeli (permintaan) lebih banyak terhadap suatu barang atau jasa jika harganya turun dan permintaan sedikit jika harga barang atau jasa meningkat . Dalam sistem ekonomi terpimpin yang sering juga disebut Sosialis adalah pemerintah memiliki dan menjalankan industri-industri terpilih.doc Scandinavia./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734. Dalam bisnsi tentunya juga akan memperhatikan permintaaan & penawaran akan barang dan jasa.UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS . seperti toko-toko pakaian dan restoran merupakan bisnis pribadi. Walaupun ditimpa masalah politik. Adapun yang dimaksud dengan Permintaan adalah kemauan dan kemampuan pembeli untuk membelusuatu barang atau jasa. dan industri-industri yang menghasilkan barang-barang dasar seperti minyak dan baja. Bisnis-bisnis yang kecil. Hukum penawaran : Produsen akan menawarkan (penawaran) lebih banyak produk barang atau jasa untuk dijual ketika harganya meningkat dan jika harga barang menurun maka penawaran akan sedikit. 2. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . komunikasi. Estonia menikmati mata uang yang stabil dan laju inflasi 35 % ( sebagai perbandingan laju inflasi Rusia sekitar 1200% ). transportasi. Pada umumnya. permintaan dan penawaran mengikuti “ Hukum “ dasar : 1.

Kurva permintaan adalah grafik yang menunjukkan berapa banyak satuan produk yang akan diminta (dibeli) pada harga yang berlainan. pertama kali diterbitkan tahun 1776 ekonom Scotlandia Adam Smith menyatkan bahwa kepentingan masyarakat paling baik dilayani oleh perusahaan swasta ( Private Enterprise) yaitu suatu sistem yang memperbolehkan individu yang mengejar kepentingan Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Perusahaan Swasta./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734. b. Kekurangan adalah situasi dimana yang jumlahnya yang diminta melebihi jumlah yang disediakan. c. Kurva penawaran adalah grafik yang menunjukkan berapa banyak satuan produk akan disediakan (ditawarkan untuk dijual) pada harga yang berbeda-beda. d. Dalam buku “The Wealth of Nations”.doc Dari hukum permintaan dan penawaran di atas maka perlu juga diketahui adanya : a. Pada keadaan surplus yaitu suatu situasi dimana jumlah barang atau jasa yang ditawarkan melebihi jumlah yang diminta. Harga pasar (atau harga keseimbangan) adalah harga yang memaksimalkan keuntungan dengan jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Daftar permintaan dan penawaran yaitu : penilaian hubungan antara tingkat permintaan dan penawaran yang bebeda pada tingkat harga yang berbeda.UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS . Pada tingkat kesediaan barang dan jasa di pasar sering kita denganr istilah “surplus” atau “ kekurangan” .

Perekonomian pasar juga berdasarkan pada konsep yang sama dengan pengusahaan oleh swasta. (1) semua perusahaan dalam Pusat Pengembangan Bahan Ajar . d./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734. Pada saat yang bersamaan. Dalam persaingan ini ada dua kondisi yang harus dipenuhi yaitu .doc mereka sendiri tanpa pembatasan dari pemerintah. serta hak untuk membeli yang diinginkan atau menjual apa yang dimiliki c. Persaingan murni adalah pasar atau industri yang dicirikan oleh jumlah yang sangat besar atas perusahaan-perusahaan kecil yang memproduksi sebuah produk yang sama. Persaingan yaitu perlombaan antara bisnis untuk mendapatkan sumber daya atau pelanggan yang sama. menggunakan dan menjual hampir setiap bentuk properti b. Laba yaitu sebagai pelaku bisnis memilki hak untuk menentukan tingkat keuntungan yang diharapkan.UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS . pengusahaan oleh swasta membutuhkan beberapa keberadaan 4 (empat) elemen : a. Hak milik pribadi yaitu hak untuk membeli. Para ahli ekonomi telah mengindentifikasi empat tingkat persaingan dasar dlam sistem perusahaan swasta : a. invisible hands competition akan membuat bisnis memproduksi produk-produk terbaik se-efisien mungkin dan menjualnya pada harga yang paling rendah. memilki. Pada visi”murni” Smith dan pada kenyataannya. Kebebasan memilih yaitu hak untuk menjual tenaga maupun kehalian yang dimiliki kepada siapa pun . Tingkat Persaingan Bisnis.

c. b. Persaingan Monopolistik yaitu pasar atau industri dicirikan oleh : (1) sejumlah besar pembeli (2) jumlah penjual relatif besar yang mencoba membedakan produk-produk dari para pesaingnya. Monopoli adalah pasar atau industri dengan hanya ada satu produsen yang dapat menerapkan harga produk-produknya. d. Tabel : Pusat Pengembangan Bahan Ajar . *) monopoli alami yaitu industri dengan satu perusahaan dapat menyediakan semua barang atau jasa yang dibutuhkan dengan cara yang paling efisien./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734.UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS . Oligopoli yaitu pasar atau industri yang dicirikan oleh penjual yang sedikit (umumnya berskala besar) dengan kekuatan untuk mempengaruhi harga produk-prduk mereka.doc suatu industri harus berskala kecil (2) jumlah perusahaan dalam industri tersebut harus besar.

Pusat Pengembangan Bahan Ajar . mudah sukar diatur pemerintah identik sama dpt serupa atau berbeda tdk ada persaingan barang atau jasa secara langsung tdk ada beberapa beberapa cukup besar Tujuan Perekonomian Hampir sistem ekonmimemili tiga tujuan yang besar yaitu : Stabiltas ekonomi./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734. Ancaman yang terbear dalam stabilitas ekonomi adlah inflasi yaitu hargaharga barang dan jasa tinggi dan jumlah uang yang beredaar sedikit.doc TINGKAT PERSAINGAN Karateristik Contoh Jumlah Pesaing Persaingan Murni Petani lokal Banyak Persaingan Monopolistik Toko alat tulis Banyak.pesaing Tkt. tapi kurang dari persaingan murni relatif mudah Oligopoli Industri baja Beberapa Monopoli PLN Tidak ada Kemudahan masuk pasar Kesamaan dari barang atau jasa yg ditawarkan perush.pengawasan atas harga oleh masing-2 perush. petumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi (pemerataan kesempatan kerja) Yang dimaksud dengan stabilitas ekonomi adalah : Kondisi dengan keseimbangan antara uang yang tersedia dalam suatu perekonomian dan baran-barang yang diproduksi di dalamnya tetap sama. Dalam hal ini nilai uang turun dan kemampuan daya beli masyarakat menjadi rendah.UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS .

Seorang buruh pabrik baha yang berhenti di suatu kota mencari pekerjaan sebagai programmer computer termasuk dalam katergori ini. d./var/www/apps/conversion/releases/20121024195125/tmp/scratch_4/115114734. Penganguran adalah : tingkat tidak adanya pekerjaan di antara orang-orang yang aktif mencari pekerjaan. Kategori ini termasuk tenaga insinyur yang baru berhenti kerja tapi akan segera mendapatkan pekerjaan baru. pemasukan dan produksi . b. Depresi Ekonomi adalah resesi yang sangat hebat dan sangat lama. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . c. Dan keadaan yang lebih parah lagi.doc Selain itu ada juga ancamana lainnya adalah resesi ekonomi yaitu masa yang dicirikan oleh penurunan pekerjaan .UMB Agus Arijanto SE PENGANTAR BISNIS . Pengangguran musiman (seasonal unemployment ) mempengaruhi orang-orang keluar dari kpekerjaan karen sifatnya musiman. Kondisi dimana banayak perusahaan hanya untuk bertahan hidup dibisnisnya. Pengangguran structural ( strukstural unemployment ) menimpa orang-orang yang kurang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang ada. buruh banguan dll. Penganguran friksional ( frictional unemployment) mempengaruhi orang-orang yang keluar dari pkerjaan untuk sementara waktu sambil mencaripekerjaan baru. Penganguran siklis ( Cylical Unemployment ) terjadi ketika kegiatan perekonomian berkurang membuat orang-orang keluar dari pekerjaan. Pada sebagian besar seperti sector pertanian. Ada 4 (empat ) bentuk penggangguran yaitu : a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful