P. 1
Asam folat

Asam folat

|Views: 792|Likes:
Published by Zacky Alfiansyah

More info:

Published by: Zacky Alfiansyah on Oct 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2015

pdf

text

original

TUGAS KELOMPOK MATA KULIAH IPTEK MUTAKHIR PANGAN KESEHATAN DAN GIZI

DOSEN : MINDO LUPIANA, SKM., MKM. KELOMPOK IV M. AMIRUDDIN SUHARTO ARTINA IDA PURBA NUR ZANANI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN TANJUNG KARANG PROGRAM KHUSUS JURUSAN DIII GIZI TH 2012

ASAM FOLAT Pendahuluan Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari gizi, mulai dari karbohidrat, lemak, protein dan vitamin. Agar tubuh kita menjadi sehat kita harus memenuhi kebutuhan gizi tersebut. Oleh karena itu kita perlu mengenal tentang zat tersebut, mulai dari pengertiannya, sumbernya manfaatnya dll. Berikut ini akan dibahas mengenai asam folat

Pengertian Folasin dan folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat, biasanya disebut juga dengan vitamin yang larut air (vit B9). Ikatan-ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbontunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat Manfaat Asam Folat ASAM folat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Vitaminini bekerja untuk memperlancar aktivitas metabolisme dan membantu fungsi nutrisi esensial lainnya. Tanpa asam folat, tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit, mulai dari depresi, kecemasan, kelelahan, insomnia, kesulitan mengingat, lidah merah dan luka hingga gangguan pencernaan. Berikut beberapa manfaat lain dari asam folat:

1. Asam folat dan penyakit jantung. Sejumlah studi ilmiah menyatakan kalau asupan asam folat rendah atau kadar asam folat yang rendah dalam darah bisa memicu perkembangan penyakit jantung koroner. Banyak studi yang menghubungkan rendahnya kadar asam folat dengan peningkatan kadar homocysteine. Homocysteine dinyatakan sebagai faktor risiko utama penyakit jantung yang bisa merusak lapisan dinding arteri. Berita bagusnya, hal ini bisa dicegah dengan mengontrol asupan asam folat. Perbanyak asupan asam folat Anda dengan cara mengonsumsi makanan seperti kacang polong, sayuran hijau, jeruk sitrus, roti dan sereal yang telah diperkaya dengan folat. 2. Asam folat dan DNA. DNA merupakan unsur terpenting dalam proses pembuatan dan mempertahankan kehidupan manusia. Molekul ini mengatur segala sesuatu di tubuh Anda, mulai dari bentuk telinga hingga kemampuan intelektual, tingkah laku dan kepribadian. Selain itu, kemampuan tubuh melawan penyakit juga bergantung pada DNA. Dan asam folat berperan besar dalam proses genetik ini. Untuk membentuk genetik secara tepat, diperlukan asupan asam folat yang cukup. 3. Cacat syaraf lahir (Neural Tube Birth Defects/NTDs). Setiap tahun, ribuan anak menjadi korban NTDs akibat ibu yang kekurangan asam folat, khususnya, pada tiga bulan pertama kehamilan. Angka ini menurun pada ibu yang mengonsumsi asam folat atau multivitamin yang mengandung asam folat sebelum mengalami pembuahan dan selama beberapa bulan pertama kehamilan. Karena itu, perempuan usia subur dianjurkan untuk mengonsumsi 400800 mcg asam folat setiap hari disertai dengan konsumsi makanan yang kaya folat. 4. Menguatkan sistem kekebalan tubuh. Asam folat bekerja dengan menambah produksi sel-sel darah putih, pertahanan utama tubuh. Kekurangan asam folat akan memicu pengerutan

kelenjar thymus dan bongkol getah bening sehingga mengurangi produksi sel darah putih. Untuk menjaga sistem imun, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi 800 mcg folat setiap harinya disertai dengan konsumsi makanan yang kaya folat seperti salmon, whole grain, dan bit. Kesehatan mental. Asam folat merupakan kunci penyeimbang zat kimia otak dan pengatur keakuratan fungsi nutrisi neurotransmitter. Selain itu, asam folat juga mempunyai efek yang sangat kuat terhadap otak dengan cara meningkatkan kadar SAMe (S-adenosylmethionine), yang berfungsi meningkatkan kadar serotonin yang menenangkan. Untuk mengatasi depresi klinis dianjurkan mengonsumsi 800 mcg sehari. (OL-08) . (Sumber: Media Indonesia & Nova)

Sumber Makanan Sumber Asam Folat Memang selama ini asam folat lebih dikenal sebagai tambahan atau suplementasi dalam susu. Namun sebenarnya asam folat sendiri secara alami terkandung dalam makanan sehari-hari kita. Folat terutama terdapat dalam sayuran hijau (istilah folat berasal dari kata latin folium, yang berarti daun hijau), hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacangkacangan, dan jeruk. Dan menurut tabel nutrisi makanan Indonesia, kandungan asam folat yang tinggi terkandung dalam hati ayam, rumput laut, kacang merah, dan kacang kedelai. Vitamin C yang ada dalam jeruk menghambat kerusakan folat. Bahan yang tidak banyak mengandung folat adalah susu, umbi-umbian, dan buah kecuali jeruk.Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan. Oleh sebab itu digantikan oleh susu, karena susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat tinggi.

Fungsi Fungsi Asam Folat Fungsi utama koenzim folat (THFA) adalah memindahkan atom karbon tunggal dalam bentuk gugus formil, hidroksi metil atau metal dalam reaksi penting metabolisme beberapa asam amino dan sintesis asam nukleat. THFA berperan dalam sintesis purin-purin guanin dan adenin serta pirimidin timin, yaitu senyawa-senyawa yang digunakan dalam pembentukan asam-asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat acid (RNA). Folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang dan untuk pendewasaannya. Folat berperan sebagai pembawa karbon tunggal dalam pembentukan hem. Suplementasi folat dapat banyak menyembuhkan anemia pernisiosa.

STRUKTUR DAN SIFAT ASAM FOLAT

Nama IUPAC (2S)-2-[(4-{[(2-amino-4-hydroxypteridin-6-yl)methyl]amino}phenyl)formamido]pentanedioic acid

Asam folat merupakan bagian dari kelompok vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini berbentuk kristal, berwarna oranye kekuningan, tidak berasa dan tidak berbau serta tidak larut dalam zat-zat pelarut lemak seperti alkohol dan eter. Struktur asam folat terdiri dari tiga komponen yaitu inti pteridine, asam para amino benzoate (PABA) dan asam glutamat. Asam folat ini disebut juga folasin, yang merupakan nama generik. Bentuk aktif asam folat adalah tetrahidrofolat, yang terbentuk melalui reaksi reduksi asam folat oleh reduktase L-folat, sehingga terbentuk dihidrofolat. Senyawa ini direduksi oleh reduktase dihidrofolat menjadi tetrahidrofolat (THF). Senyawa THF merupakan carrier pada metabolisme unit 1- karbon aktif, seperti metil, metilen, formil, formimino, metenil, hidroksimetil dan formiat. Senyawa THF juga sebagai sumber unit 1-karbon aktif dalam pembentukkan asam-asam amino glisin, serin dan metionin. Asam folat mempunyai sifat tahan terhadap pemanasan dalam larutan netral dan alkali, tetapi tidak stabil dalam suasana asam dan rusak oleh penyinaran cahaya. Hal ini disebabkan karena asam folat akan terdekomposisi menjadi pterin yang tidak aktif, sehingga asam folat akan kehilangan fungsinya. Kestabilan asam folat juga dipengaruhi oleh kondisi aerobik, dimana dibawah kondisi ini akan terhidrolisis, sedangkan dibawah kondisi anaerob kestabilannya dapat terjaga. Dampak kelebihan Efek samping kelebihan asam folat antara lain : nausea, menurunnya nafsu makan, flatulen/kembung kentut, insomnia, kesulitan berkonsentrasi serta alergi ringan. Reaksi hipersensitifitas (Anaphylaxis, erythema, ruam pada kulit, gatal,perasaan gelisah, rasa berat di dada, pembengkakan pada mulut wajah, bibir dan lidah, kesulitan bernafas akibat bronchospasm).

Efek toksik asam folat yaitu pada dosis lebih dari 100 kali dosis harian yang dianjurkan, asam folat dapat meningkatkan frekuensi kejang pada penderita epilepsi dan memperburuk kerusakan saraf pada orang-orang yang menderita kekurangan vitamin B12.

Dampak kekurangan Kekurangan asam folat menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi intisel terutama sel-sel yang cepat membelah, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus, vagina, dan servik rahim. Kekurangan folat menghambat penyembuhan, menyebabkan anemia megaloblastik dan gangguan darah lain, peradangan lidah (glositis) dan gangguan saluran cerna. Alkohol mengganggu absorbsi dan menungkatkan ekskresi folat. Kekurangan folat dapat terjadi karena kurangnya konsumsi, terganggunya absorbsi, kebutuhan metabolisme yang meningkat akan vitamin ini atau pada pembelahan sel yang berjalan sangat cepat. Pengaruh obat-obatan dan kecanduan alkohol. Kurangnya konsumsi folat terutama terjadi pada masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak dapat memperoleh makanan kaya folat secara teratur. Kurang konsumsi dapat juga terjadi pada manula yang susunan makanannya terbatas. Penggunaan folat dapat mengganggu pada kekurangan protein dan pada keadaan dimana kebutuhan meningkat, seperti pada kehamilan, anemia hemolitik, leukemia, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Gangguan absorbsi terjadi pada kerusakan saluran cerna, pada penyakit coeliac atau pada sprue tropis. Kebutuhan folat meningkat pada kehamilan, menyusui, anemia hemolitik dan leukemia. Bagi ibu hamil Pada ibu hamil, kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/ hari atau sama dengan 2 (dua) gelas susu. Mengkonsumsi asam folat tidak hanya ketika hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan mengkonsumsi asam folat. Asam folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Asam folat bisa mencegah anemia dan menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Deffects) dan sebagai antidepresan. Bagi janin, kekurangan asam folat pada ibu hamil, bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi lahir dengan berat badan rendah, Down’s Syndrome, bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya. Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi.

Kebutuhan Secara umum kebutuhan asam folat tergantung dari umur dan keadaan fisiologisnya. Kebutuhan asam folat menurut National Research Council untuk dewasa normal sebanyak 400 g. Sedangkan kebutuhan minimum perhari adalah sekitar 50 g, tetapi bagi wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi sebanyak 400 g/hari. Jumlah ini mampu mencegah risiko NTD sebanyak 50 – 70%. Kebutuhan ini akan meningkat disaat hamil dan menyusui, dimana kebutuhan minimum meningkat sebanyak 100 g/hari, tetapi dianjurkan berturut-turut sebanyak 600– 800 g/hari (Muchtadi et al., 1993) atau 50% lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Bagi ibu hamil yang sudah pernah mengalami NTD, dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat 4 mg perhari selama 3–4 bulan sebelum hamil kembali. Kebutuhan asam folat sebenarnya dapat tercukupi dengan meningkatkan konsumsi makanan sumber asam folat. Namun sebanyak 80% asam folat akan hilang pada proses pemasakan. Bagi wanita hamil dan menyusui perlu meningkatkan konsumsi folat melalui makanan yang difortifikasi maupun dengan suplementasi asam folat. Penemuan terkini 1. Seorang akademisi dan peneliti senior dari Princeton University Edward C Taylor telah berhasil mengembangkan struktur kimia suatu asam-folat yang kemudian diberi nama pemetrexed. Penemuan ini kemudian dikembangkan untuk tujuan klinis dan bisnis oleh perusahaan farmasi Eli Lilly di Indianapolis. Setelah melalui fase-fase uji klinis, pada tahun 2004, FDA (govermen) menyetujui digunakan untuk pengobatan mesotelioma dikombinasi dengan sisplatin. Empat tahun kemudian, tepatnya September 2008 kembali FDA memberi persetujuan pemetrexed yang dikombinasi dengan sisplatin untuk pengobatan lini-pertama kanker paru jenis karsinoma bukan sel kecil (KPKBSK) non-skuamosa. Saat ini obat tersebut telah digunakan secara luas di seluruh dunia, kemungkinan dalam waktu dekat akan dipasarkan di Indonesia. Dalam pengobatan sebagai kemoterapi, pemetrexed termasuk golongan antimetabolitasam folat. Mekanisme kerja obat ini dengan cara menghambat 3 macam enzim, yaitu thymidilate synthase (TS), dihydrofolate reductase (DHFR) dan glycinamide ribonucleotide transferse (GARFT) yang sangat penting untuk sintesis purine dan pirimidin, sehingga menghambat terbentuknya DNA dan RNA yang berguna untuk pertumbuhan sel, baik sel normal maupun sel kanker.1 Hasil uji klinis membuktikan pemetrexed tidak jauh berbeda efektivitasnya sebagai terapi kanker paru lini-kedua dengan docetaxel. Penggunaan dosis tunggal sangat ditoleransi pasien karena efek samping hematologik dan non hematologik yang ringan. Sebagai pengobatan lini pertama, harus dikombinasi dengan sisplatin atau karboplatin. Pada pengobatan kanker paru tidak diindikasikan untuk karsinoma paru jenis karsinoma sel skuamosa (KSS) dan kanker paru jenis karsinoma sel kecil (KPKSK). Pada penggunaan pemetrexed tidak boleh dilupakan pemberian suplemen asam folat dan vitamin B12, suplemen ini dapat mengurangi efek samping. Juga pemberian steroid, deksametason 4 mg dua kali sehari diberikan sebelum, selama infus pemetrexed dan sesudahnya dapat mencegah tumbulnya rash di kulit. Indikasi dan efek samping pemetrexed tidak berbeda jauh dengan docetaxel

2. Berdasarkan studi, konsumsi asam folat dalam jumlah tertentu di bulan pertama kehamilan dapat mengurangi risiko anak terkena autistik. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengindikasikan keterkaitan antara konsumsi asam folat selama periode awal kehamilan dengan autisme yang diderita oleh anak di dalam janin. Wanita hamil yang mengonsumsi sedikitnya 0,6 miligram asam folat per hari di dalam bulan pertama kehamilan, anak yang dikandungnya memiliki risiko terkena autistik 38 persen lebih rendah. Risiko rendah ini lebih signifikan terutama ketika ibu dan bayi membawa varian genetik spesifik MTHFR 677 C>T. Varian gen tersebut berasosiasi dengan metabolisme folat yang kurang efisien. Peneliti Rebecca Schmidt asal UC Davis MIND Institute yang mengepalai studi, menjelaskan, "Studi ini kongruen dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang menyatakan peningkatan pada perkembangan saraf berhubungan dengan asam folat yang dikonsumsi tubuh." Ia menyarankan para wanita yang tengah mengandung perlu memperhatikan konsumsi suplemen asam folat sejak usia kandungan dini. Schmidt menjelaskan, tim peneliti menelaah data dari 835 orang wanita di California bagian utara. Peserta uji mempunyai anak usia 2-5 tahun dengan gangguan autisme atau perkembangan terhambat, untuk sampai pada kesimpulan hasil temuan ini. Menurut para peneliti, asam folat bisa membantu memberikan semacam proteksi terhadap gangguan pertumbuhan embrionik otak. Melalui fasilitasi reaksi metil DNA, yang berperan dalam mengubah pembacaan kode genetik. Asam folat merupakan bentuk sintesis vitamin B9, salah satu vitamin B yang larut dalam air. Pembuatan asam folat terjadi secara alami dalam makanan. Asam folat dalam bentuk sintetis juga banyak digunakan untuk fortifikasi makanan dan suplemen gizi

Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_folat

http://indonesia.digitaljournals.org/index.php/residn/article/download/176/179
http://ika-swadesi.blogspot.com/2010/03/asam-folat.html http://health.kompas.com/read/2012/06/20/16152537/Konsumsi.Asam.Folat.Selama.Kehamilan.Ba ntu.Cegah.Autisme

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->